Khayalan Jokowi Tentang Ibu Kota Baru Di Kalimantan Timur


Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah tak sekadar memindahkan kantor pemerintahan dalam rencana pemindahan ibu kota negara baru ke Kalimantan Timur. Jokowi menyatakan pemerintah turut membangun sebuah kota dengan istilah 'smart metropolis'.

"Pemerintah akan membangun kota yang hebat, smart metropolis," kata Jokowi saat sambutan dalam Pembukaan Indonesia Instructure Week 2019 dan Indonesia Infrastructure Development Financing 2019, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (6/11).

Jokowi lantas menyampaikan bayangannya ketika tinggal di ibu kota baru itu. Ibu kota negara baru ini rencananya akan dibangun di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.


Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyatakan ibu kota baru nanti terbagi dalam beberapa wilayah. Pertama, akan terdapat wilayah pusat pemerintahan sendiri.

Kemudian, kata Jokowi, juga terdapat wilayah khusus pengembangan teknologi dan inovasi seperti 'silicon valley' di Amerika Serikat (AS). Jokowi menyebut akan terdapat juga wilayah khusus pendidikan kelas dunia.

"Di mana universitas-universitas yang terbaik itu ada di situ, ada juga clutser untuk layanan kesehatan yang kelasnya dunia, dan cluster wisata," ujar Jokowi.

"Ini lah yang ada di bayangan kita. Sehingga kita ingin ibu kota yang baru ini akan menjawab keinginan kehidupan kota yang belum ada di Indonesia," kata mantan wali kota Solo itu.

Jokowi menyebut ibu kota baru bakal memberi kualitas hidup tertinggi bagi penghuninya. Kota tersebut juga bebas emisi. Masyarakat juga akan lebih banyak melakukan aktivitas dengan berjalan kaki, bersepeda, maupun memakai transportasi publik yang bebas emisi.

"Kota yang dinamis, harga terjangkau, dan betul betul kota yang menggembirakan. Kota yang masyarakatnya majemuk, terbuka, yang toleran, yang penuh dengan gotong royong. Inilah bayangan yang ada di benak saya," tutur Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan saat ini pemerintah tengah menggelar lomba desain ibu kota baru yang diikuti sekitar 755 peserta. Menurutnya tiga gagasan besar soal desain ibu kota pengganti DKI Jakarta akan ditentukan pada akhir bulan ini.

"Setelah itu akan diolah lagi, akan lebih didetailkan dalam bentuk yang lebih, karena ini gagasan makro, akan dikecilkan jadi gagasan mikronya," ujarnya.

Namun, kata Jokowi, yang paling penting dalam pemindahan ibu kota negara ini bukan sekadar pindah lokasi, tetapi juga menggeser pola pikir, sistem, hingga budaya dalam kehidupan bermasyarakat. Ia mengatakan perlu menginstal ulang tata kehidupan di ibu kota baru.

"Kita memang harus menginstal sistem baru di kota ini. Jangan hanya pindah lokasi, pindah tempat, bukan itu. Artinya pindah tempat tapi juga pindah sistem, pindah budaya, pindah budaya kerja, dan pindah pola pikir," ujarnya. (fra/fea)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191107011731-20-446209/khayalan-jokowi-tentang-ibu-kota-baru-di-kalimantan-timur

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/11/khayalan-jokowi-tentang-ibu-kota-baru.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Jadi The Best City On The Earth

Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Jadi The Best City On The Earth

papar berkaitan - pada 7/11/2019 - jumlah : 260 hits
Jokowi punya mimpi Ibu kota baru bisa melebihi Dubai Uni Emirate Arab yang memiliki jargon kota paling bahagia Setidaknya ibu kota baru harus menjadi kota terbaik dan paling inovatif di dunia
Mahu Kalahkan Dubai Ibu Negara Baru Indonesia Bakal Jadi Kota Terbaik Dunia Jokowi

Mahu Kalahkan Dubai Ibu Negara Baru Indonesia Bakal Jadi Kota Terbaik Dunia Jokowi

papar berkaitan - pada 7/11/2019 - jumlah : 423 hits
Menjelang 2020 rancangan pemindahan ibu negara baru Indonesia dari Jakarta ke wilayah Kalimantan Timur di pulau Borneo akan dimulakan Susulan itu Presiden Indonesia Joko Jokowi Widodo dalam satu kenyataannya berkata ibu kota tersebut akan m...
Menengok Persiapan Tni Amankan Calon Ibu Kota Baru

Menengok Persiapan Tni Amankan Calon Ibu Kota Baru

papar berkaitan - pada 3/11/2019 - jumlah : 251 hits
TNI terus mempersiapkan diri jelang pemindahan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur Pagi tadi pasukan pemukul Yonif 611 Awang Long menggelar latihan pertempuran kota mengantisipasi terjadinya ancaman di wilayah ibu kota negara
Esdm Ibu Kota Baru Butuh Tambahan Pembangkit Listrik 1 555 Mw

Esdm Ibu Kota Baru Butuh Tambahan Pembangkit Listrik 1 555 Mw

papar berkaitan - pada 26/10/2019 - jumlah : 180 hits
Berdasarkan RUPTL PLN 2019 2028 tambahan pembangkit sampai dengan tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Timur hanya sebesar 691 MW maka masih diperlukan tambahan pembangkit baru sekitar 864 MW di wilayah tersebut
Tni Akan Tambah Ribuan Personel Di Ibu Kota Baru Diprioritaskan Putra Daerah

Tni Akan Tambah Ribuan Personel Di Ibu Kota Baru Diprioritaskan Putra Daerah

papar berkaitan - pada 25/10/2019 - jumlah : 165 hits
Selain itu lanjut Subiyanto TNI juga akan menambah Alutsista mengingat wilayah teritorial Kodam VI Mulawarman juga berbatasan dengan Malaysia
Ump Di Ibu Kota Baru Ditetapkan Rp 2 9 Juta Di 2020

Ump Di Ibu Kota Baru Ditetapkan Rp 2 9 Juta Di 2020

papar berkaitan - pada 4/11/2019 - jumlah : 249 hits
Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menetapkan Upah Minimum Provinsi pada 2020 sebesar Rp 2 981 378 72 Angka ini naik sekitar Rp 200 ribu dari upah 2019 sebesar Rp2 747 561
Dpr Minta Polisi Tertibkan Penggunaan Skuter Listrik Di Jalanan Ibu Kota

Dpr Minta Polisi Tertibkan Penggunaan Skuter Listrik Di Jalanan Ibu Kota

papar berkaitan - pada 14/11/2019 - jumlah : 200 hits
Menurut Sarifuddin jika pihak kepolisian tidak melakukan langkah pencegahan tak tertutup kemungkinan akan jatuh korban Mengingat jalur dilewati skuter bisa mengganggu pejalan kaki yang sedang berjalan
Wakil Panglima Tni Warisan Orde Baru Yang Kini Dihidupkan Kembali Oleh Jokowi

Wakil Panglima Tni Warisan Orde Baru Yang Kini Dihidupkan Kembali Oleh Jokowi

papar berkaitan - pada 7/11/2019 - jumlah : 226 hits
Presiden Joko Widodo alias Jokowi kembali menghidupkan posisi Wakil Panglima TNI Berdasarkan laman setneg go id posisi itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Tetaplah Beriadah Di Bulan Ramadan

Honor Pad 9 Tablet Terbaik Untuk Berhibur Dan Kerja Mula Dijual Seluruh Negara Pada 28 Mac

Perumahan Izara Bayu Sutera Kediaman Idaman Tepi Tasik Dengan Ciri Smart Home

8 Resepi Air Balang Viral Di Bazar Ramadhan

Lirik Lagu Raya Mana Nabila Razali

Diet If Yang Berkesan Menurut Pakar

Sesi Tukar Duit Raya Di Maybank



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Senarai Cerita Filem Terbaru 2024 Di Pawagam

Habiskan Duit Bayar Kepada Pakar Yang Pandai Beri Penjelasan Cara Dia Hilangkan Masalah

Restoran Rebung 2 Di Putrajaya

Effective Email Marketing Strategies

Konsert Melly Friends Kuala Lumpur 2024