Jauhi Sifat Panjang Angan Angan


Jauhi Sifat Panjang Angan-angan Di antara akhlak yang tercela adalah panjang angan-angan. Panjang angan-angan disebut juga thulul amal atau thulul amad, adalah terlalu banyak mengangankan perkara dunia dan cinta dunia. 
Definisi thulul amal dijelaskan para ulama:
وقال المناويّ: الأمل: توقّع حصول الشّيء، وأكثر ما يستعمل فيما يستبعد حصوله
أمّا طول الأمل: فهو الاستمرار في الحرص على الدّنيا ومداومة الانكباب عليها مع كثرة الإعراض عن الآخرة
“Al-Munawi mengatakan: al-amal artinya mengangankan terjadinya sesuatu. Namun istilah ini lebih sering digunakan untuk sesuatu yang kemungkinannya kecil untuk diraih.
Adapun thulul amal artinya: terus-menerus bersemangat mencari dunia dan mencurahkan segala hal untuk dunia, dan di sisi lain, banyak berpaling dari urusan akhirat” (Nudhratun Na’im fi Makarimil Akhlaq, 10/4857).
Al-amal (angan-angan) berbeda dengan ath-tham’u (tamak) dan ar-raja’ (cita-cita). Al-amal adalah perkara yang kemungkinannya kecil untuk diraih, sedangkan tamak adalah berlebihan menginginkan perkara yang mudah diraih, adapun cita-cita adalah mengharapkan sesuatu yang mungkin diraih. Ini digambarkan oleh al-Munawi:
من عزم على سفر إلى بلد بعيد يقول أملت الوصول ولا يقول طمعت، لأنّ الطّمع لا يكون إلّا فى القريب، والأمل في البعيد، والرّجاء بينهما، لأنّ الرّاجي يخاف ألّا يحصّل مأموله
“Seseorang yang ingin pergi safar ke tempat yang sangat jauh, maka ia akan mengatakan: aamaltul wushul bukan thama’tul wushul. Karena tamak itu tidak dilakukan kecuali kepada yang dekat. Sedangkan al-amal hanya kepada yang jauh saja. Adapun ar-raja’, di antara keduanya. Karena orang yang raja’ (bercita-cita) ia khawatir apa yang diangankan itu tidak tercapai” (Nudhratun Na’im fi Makarimil Akhlaq, 10/4857).
Celaan terhadap sifat thulul amal
Allah dan Rasul-Nya mencela sifat panjang angan-angan. Di dalam al-Qur’an al-Karim, Allah ta’ala berfirman:
وَلَا يَكُونُوا كَالَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِن قَبْلُ فَطَالَ عَلَيْهِمُ الْأَمَدُ فَقَسَتْ قُلُوبُهُمْ ۖ وَكَثِيرٌ مِّنْهُمْ فَاسِقُونَ
“Janganlah kalian seperti orang-orang yang telah diberikan kitab (Ahlul Kitab) sebelumnya, panjang angan-angan mereka sehingga rusak hati mereka. Dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik” (QS. al-Hadid: 16).
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
لا يَزالُ قَلْبُ الكَبِيرِ شابًّا في اثْنَتَيْنِ: في حُبِّ الدُّنْيا وطُولِ الأمَلِ
“Hati orang yang sudah tua akan senantiasa seperti anak muda dalam menyikapi dua hal: cinta dunia dan panjang angan-angan” (HR. al-Bukhari no. 6420).
Manusia cenderung memiliki angan-angan terhadap dunia yang panjang, banyak dan berlebihan. Ini digambarkan dalam hadis Abdullah bin Mas’ud dan Anas bin Malik berikut ini.
Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
خَطَّ النبيُّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ خَطًّا مُرَبَّعًا، وخَطَّ خَطًّا في الوَسَطِ خَارِجًا منه، وخَطَّ خُطَطًا صِغَارًا إلى هذا الذي في الوَسَطِ مِن جَانِبِهِ الذي في الوَسَطِ، وقَالَ: هذا الإنْسَانُ، وهذا أجَلُهُ مُحِيطٌ به – أوْ: قدْ أحَاطَ به – وهذا الذي هو خَارِجٌ أمَلُهُ، وهذِه الخُطَطُ الصِّغَارُ الأعْرَاضُ، فإنْ أخْطَأَهُ هذا نَهَشَهُ هذا، وإنْ أخْطَأَهُ هذا نَهَشَهُ هذا
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membuat garis berbentuk persegi empat dan membuat garis lain di tengah-tengahnya yang keluar dari garis persegi empat tadi. Beliau juga membuat lagi beberapa garis kecil-kecil di tengah-tengah sampai ke pinggiran garis yang tengah, lalu beliau bersabda, “Ini adalah manusia dan ini adalah ajalnya meliputi diri manusia tadi, atau memang telah meliputinya. Garis yang keluar dari kotak ini adalah angan-angannya, sedangkan garis-garis kecil ini adalah halangan-halangannya. Jika ia terluput dari yang ini (bencana ini), ia terkena yang satunya lagi. Dan jika ia luput dari yang ini, maka ia tentu akan terkena oleh yang itu” (HR. Bukhari no.6417).
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
هذا ابنُ آدمَ وهذا أجلُه ؛ ووضع يدَه عند قَفَاهُ ، ثمَّ بسطَها فقال : وثَمَّ أمَلُهُ وثَمَّ أمَلُهُ وثَمَّ أمَلُهُ
“Ini adalah anak cucu Adam, ini ajalnya mengitarinya, yang ada ditengah ini manusia dan garis-garis ini halangan-halangannya, bila ia selamat dari yang ini ia digigit oleh yang ini (maksudnya kematian), sementara garis yang di luar adalah angan-angan” (HR. at-Tirmidzi no.2334, dishahihkan al-Albani dalam Shahih at-Tirmidzi).
Para salafus shalih juga mencela sifat panjang angan-angan. Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu mengatakan:
إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ اتِّبَاعُ الْهَوَى، وَطُولُ الْأَمَلِ. فَأَمَّا اتِّبَاعُ الْهَوَى فَيَصُدُّ عَنِ الْحَقِّ، وَأَمَّا طُولُ الْأَمَلِ فَيُنْسِي الْآخِرَةَ
“Perkara yang paling aku takutkan adalah mengikuti hawa nafsu dan panjang angan-angan. Adapun mengikuti hawa nafsu, ia akan memalingkan dari kebenaran. Adapun panjang angan-angan, ia akan membuat lupa akan akhirat” (Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliya’, 1/76).
Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu juga mengatakan:
لا يطولنّ عليكم الأمد ولا يلهينّكم الأمل فإنّ كلّ ما هو آت قريب، ألا وإنّ البعيد ما ليس آتيا
“Janganlah kalian panjang angan-angan, dan jangan sampai kalian terlena oleh panjang angan-angan. Sesungguhnya semua yang sedang terjadi itu yang dekat. Dan sesuatu yang jauh adalah yang belum datang” (HR. Ibnu Majah no. 3 secara marfu‘, namun yang shahih adalah mauquf dari Ibnu Mas’ud. Disebutkan Ibnul Qayyim dalam al-Fawaid, hal. 200).
Sikap yang benar terhadap dunia
Sikap yang benar, persedikit angan-angan dalam urusan dunia, lebih banyak fokus dan perhatian pada urusan akhirat. 
Seperti orang yang mampir untuk singgah, maka sedikit sekali urusannya dengan tempat singgahnya. Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ’anhu, ia berkata:
أخَذ رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم بمَنكِبي فقال : ( كُنْ في الدنيا كأنك غريبٌ أو عابرُ سبيلٍ ) . وكان ابنُ عُمرَ يقولُ : إذا أمسيْتَ فلا تنتَظِرِ الصباحَ، وإذا أصبحْتَ فلا تنتظِرِ المساءَ، وخُذْ من صحتِك لمرضِك، ومن حياتِك لموتِك
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam merangkul bahuku lalu bersabda: ‘Jadilah engkau di dunia ini seperti orang asing atau orang yang mampir di tengah perjalanannya’. Lalu Ibnu Umar mengatakan: ‘jika engkau ada di sore hari, maka jangan menunggu hingga pagi, jika engkau berada di pagi hari, maka jangan menunggu hingga sore. Manfaatkan waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu, manfaatkan waktu hidupmu sebelum matimu’” (HR. al-Bukhari no. 6416).
Bahaya panjang angan-angan
Orang yang panjang angan-angan akan lupa terhadap akhirat dan lupa terhadap nikmat-nikmat yang Allah janjikan bagi orang yang taat kepada-Nya. Serta akan lupa akan kerasnya azab Allah di akhirat bagi orang yang bermaksiat kepada-Nya. Orang yang panjang angan-angan akan kurang kesabarannya untuk menahan diri terhadap syahwat dan akan sering lalai dari melakukan ketaatan. Panjang angan-angan akan membuat orang mati-matian mengusahakan kebahagiaan lahiriyah di dunia dan ia akan tenggelam dalam kenikmatan dunia yang fana. Orang yang panjang angan-angan hatinya akan keras dan air matanya akan mengering, serta akan berambisi tinggi terhadap dunia. Orang yang panjang angan-angan akan mudah melakukan maksiat dan jauh dari ketaatan. Orang yang panjang angan-angan akan cenderung mudah menzalimi orang lain dan melanggar hak-hak orang lain. (Nudhratun Na’im fi Makarimil Akhlaq, 10/4867).
Demikian uraian yang ringkas ini, semoga bermanfaat. Semoga Allah menjauhkan kita dari sifat panjang angan-angan dan menjadikan kita para hamba yang berambisi pada akhirat.
***
Oleh Ustadz Yulian Purnama, S.Kom.
Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android. Download Sekarang !!
Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
REKENING DONASI: BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://konsultasisyariah.com/38756-jauhi-sifat-panjang-angan-angan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Youtuber Tarik Tudung Akui Insaf Hati Tak Tenteram Saya Tak Fikir Panjang

Youtuber Tarik Tudung Akui Insaf Hati Tak Tenteram Saya Tak Fikir Panjang

papar berkaitan - pada 8/7/2022 - jumlah : 187 hits
Seorang YouTuber yang dikenali sebagai Nick mengakui insaf dan bermuhasabah diri selepas didakwa di mahkamah atas kesalahan melakukan prank atau gurauan menarik tudung dua orang wanita Menurut laporan Harian Metro Nick atau nama sebenarnya ...
Fokus Kepada Aktiviti Penambahbaikan Kecil Sahaja Untuk Dapatkan Hasil Jangka Panjang Yang Besar

Fokus Kepada Aktiviti Penambahbaikan Kecil Sahaja Untuk Dapatkan Hasil Jangka Panjang Yang Besar

papar berkaitan - pada 8/7/2022 - jumlah : 203 hits
Bagaimana nak bina syarikat atau perniagaan yang ada usahakan sekarang berdaya maju dan mampu bersaing dalam keadaan yang mencabar Untuk perkataan mampu bersaing tu rasanya lebih jelas jika pinjam perkataan Bahasa Inggeris resilience Bisnes...
Ikan Pelik 18 Kaki Panjang Ditemui

Ikan Pelik 18 Kaki Panjang Ditemui

papar berkaitan - pada 7/7/2022 - jumlah : 153 hits
Seekor ikan laut raksasa aneh yang mirip seperti seekor ular besar sepanjang 18 kaki berwarna cerah ditemui oleh seorang pengajar aktiviti menyelam Ikan pelik berukuran 5 meter tersebut dilaporkan mampu untuk mencapai sehingga 15 meter panj...
Antara Angan Dan Impian

Antara Angan Dan Impian

papar berkaitan - pada 18/7/2022 - jumlah : 230 hits
Sejak berkereta baru kereta lama asyik terbenam di kotak parking office suami sahaja Suatu malam suami ajak keluar makan angin dengan kereta lamanya untuk panaskan enjin Aku Mana pernah menolak kalau untuk jalan jalan hihi Best friend forev...
Angan Angan Sejak Umur 12 Tahun Remaja Lelaki Yakin Gayakan Tuksedo Penuh Labuci Dengan Skirt Untuk Acara Sekolah

Angan Angan Sejak Umur 12 Tahun Remaja Lelaki Yakin Gayakan Tuksedo Penuh Labuci Dengan Skirt Untuk Acara Sekolah

papar berkaitan - pada 6/7/2022 - jumlah : 125 hits
SEORANG remaja lelaki berusia 16 tahun mencvri tumpuan ramai selepas tiba di majlis prom sekolahnya dengan memakai tuksedo berlabuci dan skirt labuh paras lantai Dia disambut dengan sorakan murid murid dan guru guru apabila tiba dalam persa...
Teresek Kacang Panjang Kelantan

Teresek Kacang Panjang Kelantan

papar berkaitan - pada 9/7/2022 - jumlah : 450 hits
Saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Aidil Adha kepada semua follower saya Jangan lupa selagi hayat dikandung badan menyimpan duit sedikit sedikit supaya kita dapat mengerjakan ibadah ini Bila kita dah mati tidak lagi ianya boleh dikerj...
Trauma Panjang Luka Di Bahu Anak Terkena Manik Sofa Hati Hati Kalau Ada Sofa Katil Jenis Ini

Trauma Panjang Luka Di Bahu Anak Terkena Manik Sofa Hati Hati Kalau Ada Sofa Katil Jenis Ini

papar berkaitan - pada 9/7/2022 - jumlah : 167 hits
Siapa sangka hiasan manik di bahagian sofa yang sangat canti sebenarnya boleh membahayakan nyawa anak Nampak selamat tetapi sekali terkena panjang lukanya Itulah yang berlaku kepada anak kecil Puan Anis yang mengalami luka selepas tertoreh ...
Saya Perlu Hafal Skrip Panjang Park Eunbin Pilih Babak Paling Sukar Dalam Extraordinary Attorney Woo

Saya Perlu Hafal Skrip Panjang Park Eunbin Pilih Babak Paling Sukar Dalam Extraordinary Attorney Woo

papar berkaitan - pada 25/7/2022 - jumlah : 155 hits
Ramai pasti sudah mengetahui tentang watak peguam autisme yang dibawa oleh Park Eun bin dalam Extraordinary Attorney Woo ARTIKEL BERKAITAN Seperti wataknya Woo Young woo Park Eun bin juga merasakan bahawa ada babak yang berat untuk dilakuka...
Ppim Seru Semua Kaum Di Malaysia Bersatu Buang Sifat Dendam Dengki Malakat Tribune 07 07 2022

Ppim Seru Semua Kaum Di Malaysia Bersatu Buang Sifat Dendam Dengki Malakat Tribune 07 07 2022

papar berkaitan - pada 7/7/2022 - jumlah : 202 hits
KUALA LUMPUR Ketua Aktivis Persatuan Pengguna Islam Malaysia Datuk Nadzim Johan menyeru seluruh rakyat Malaysia untuk bersatu mengatasi masalah perpecahan kaum di negara ini Menurut beliau penyatuan kaum itu boleh dilakukan melalui industri...
Hiburan Gagal Bayar Tunggakan Rm4 96 Juta Untuk Pesanan Pelitup Muka Jovian Apparel Disaman Pembekal

Gulai Udang Nenas

Govt To Continue Using E Jamin Bail System

Article 153 Of The Federal Constitution Does Not Bar Opening Uitm To Non Bumiputera

Stay Fashionably Fit With Huawei Fit 3 Now Available From Rm559

Proses Pengubahsuaian Malaykord Baru

Pekerjaan Firma Prop Dalam Mencari Pedagang Terbaik

Pas Showing It Should Lead Pn Says Analyst



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya


Mulut Kering Ketika Bangun Tidur

Sijil Pemilikan Kenderaan Reka Bentuk Baru 2024

Yuka Kharisma Cinta Indah Buat Kanda Chord

Apakah Sebaik Baiknya Manusia

Konstabel Muhamad Syafik Seorang Yang Berani Menjadi Kebanggaan Seluruh Warga Pahang

Beach Boy A Surf Ready Yamaha Wr155r Scrambler From Thailand