Jalan Jalan Kehidupan 9292




Ustadz Budi Ashari: Waktu Terbaik untuk Berdagang
by Saad Saefullah“SIAPAPUN yang menginginkan manfaat duniawi, haruslah berpengetahuan luas, dan siapa pun yang menginginkan manfaat di akhirat, haruslah juga berpengetahuan luas.” Imam Syafi’.
Nasihat yang sangat indah yang layak ditulis dengan tinta emas. Apa yang akan terjadi pada kita jika kita melakukan sesuatu, baik dalam urusan agama atau duniawi, tanpa pengetahuan yang memadai?
BACA JUGA: Ini Nasihat Ustadz Budi Ashari Agar Kita Tak Sempat Maksiat
Dalam urusan agama, melakukan hal-hal tanpa pengetahuan akan membuat kita melakukan inovasi. Dan dalam urusan duniawi, kita dapat melakukan hal-hal yang melanggar hukum, yang akan menjerumuskan kita ke dalam malapetaka.
Jauh sebelum itu, Khalifah Umar Ibn Khattab, semoga Allah meridhoinya, telah memberikan nasihatnya kepada semua muslim soal berdagang. “Tidak ada yang boleh berdagang di pasar kita kecuali yang berpengetahuan luas, karena jika tidak, dia pasti akan mengonsumsi riba.” (Pernyataan dengan teks seperti ini telah dikutip oleh Ibn Abdil Bar Al Maliki).
BACA JUGA: Budi Ashari: Jika Anak di Usia Muda Tidak Mau Tuntut Ilmu, Takbiri dan Kafani Dia
Ustadz Budi Ahsari, Lc.,  yang selama ini konsern terhadap pendidikan Islam, menuturkan sekilas tentang perdagangan. Sumber video adalah YouTube dengan akun @Masjid Al-Irsyad TV.https://www.islampos.com/ustadz-budi-ashari-waktu-terbaik-untuk-berdagang-140647/

Kisah Lucu “Mencuri Pertama Kali” Ustadz Abdul Somad
by Saad Saefullah USTADZ Abdul Somad, Lc., MA., dalam memberikan tausiyah, bukan hanya benar-benar penuh akan keilmuan. Tapi kalau kita perhatikan juga sering kali ada potongan-potongan kisah yang segar dari beliau. 
BACA JUGA: Wudhu seperti Dicontohkan Nabi, Ini Penjelasan Ust Abdul Somad
Seperti dalam video berikut ini, Ustadz Somad menceritakan tentang “pengalaman pertama mencuri”. Mencuri? Hah, yang benar? Siapa yang mencurinya? Simak dulu video yang diambil dari akun YouTube @Para Pejalan ini.https://www.islampos.com/kisah-lucu-mencuri-pertama-kali-ustadz-abdul-somad-140643/

Air Bercampur Kaporit (klorin), Bolehkah Dipakai Wudhu?
by SodikinIlustrasi air bercampur kaporit. Foto: Batamnews
KALSIUM hipoklorit atau yang biasa dikenal kaporit adalah salah satu jenis desinfektan berbentuk bubuk putih yang biasa digunakan di air PDAM atau kolam renang. Tujuannya untuk menjernihkan dan membunuh bakteri-bakteri patogen yang tersebar pada air PDAM atau kolam renang.

Kaporit akan terpecah di dalam air sehingga menghasilkan oksigen dan gas klorin yang berbau menyengat dan sifatnya melebur menjadi satu dengan air.

Penggunaan kaporit harus disesuaikan dengan konsentrasi yang dibutuhkan dan batas aman yang telah ditetapkan oleh badan regulasi. Konsentrasi kaporit yang kurang dapat menyebabkan bakteri patogen yang ada di kolam renang tidak terbabat habis sehingga bisa menyebabkan penyebaran penyakit menular.

BACA JUGA: Wudhu Sebelum Tidur, Dapatkan 16 Keutamaan ini

Sedangkan konsentrasi kaporit yang berlebihan akan menyebabkan bahaya bagi kesehatan karena gas klorin yang tersisa pada air kolam renang. Jadi takarannya harus tepat.

Kita tahu bahwa yang bisa membuat air menjadi najis adalah benda najis atau benda yang terkena najis kemudian tercampur dengan air sehingga membuat perubahan netralitas air.

Di sini, karena kaporit bukan berasal dari benda najis, setidaknya dapat disepakati bahwa air yang tercampur dengan kaporit tidak akan menjadi mutanajjis dalam arti air yanag tercampur dengan kaporit hukumnya tetap suci. Lalu air kaporit apakah tetap bisa menyucikan? Ini yang perlu kita telaah lebih lanjut. Mari kita teliti di kitab Al-Umm karya Imam Syafi’i:

وَإِذَا وَقَعَ فِي الْمَاءِ شَيْءٌ حَلَالٌ فَغَيَّرَ لَهُ رِيحًا أَوْ طَعْمًا، وَلَمْ يَكُنْ الْمَاءُ مُسْتَهْلَكًا فِيهِ فَلَا بَأْسَ أَنْ يَتَوَضَّأَ بِهِ وَذَلِكَ أَنْ يَقَعَ فِيهِ الْبَانُ أَوْ الْقَطْرَانُ فَيَظْهَرُ رِيحُهُ أَوْ مَا أَشْبَهَهُ. وَإِنْ أَخَذَ مَاءً فَشِيبَ بِهِ لَبَنٌ أَوْ سَوِيقٌ أَوْ عَسَلٌ فَصَارَ الْمَاءُ مُسْتَهْلَكًا فِيهِ لَمْ يُتَوَضَّأْ بِهِ؛ لِأَنَّ الْمَاءَ مُسْتَهْلَكٌ فِيهِ إنَّمَا يُقَالُ لِهَذَا مَاءُ سَوِيقٍ وَلَبَنٍ وَعَسَلٍ مَشُوبٌ
Artinya: “Jika ada air kemasukan benda halal (suci) kemudian mengubah bau dan rasanya sedangkan antara benda yang membuat berubah dan air tidak melebur jadi satu, maka wudhu menggunakan air yang seperti ini hukumnya sah. Misalnya ada air kemasukan kayu atau pelangkin (tir/ter) kemudian baunya menyengat atau sejenisnya.”

Jika ada orang mengambil air, lalu dicampuri dengan susu, tepung atau madu sehingga airnya larut menjadi satu, maka wudhu dengan air seperti ini hukumnya tidak sah. Karena air larut bersama benda dan mengubah netralitas nama air, bisa menjadikan namanya berubah menjadi air tepung, air susu, air madu yang tercampur. (Muhammad bin Idris As-Syâfi’i, Al-Umm, [Dârul Ma’rifah, Beirut, 1990], juz 1, halaman 20).

https://www.islampos.com/air-bercampur-kaporit-bolehkah-dipakai-wudhu-140626/




Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://peceq.blogspot.com/2019/03/jalan-jalan-kehidupan-9292.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Mengukur Serta Mengukir Bahagia Dalam Kehidupan 9278

Mengukur Serta Mengukir Bahagia Dalam Kehidupan 9278

papar berkaitan - pada 22/3/2019 - jumlah : 663 hits
Tawadhu adalah sifat yang sangat diidam idamkan oleh setiap orang Orang yang paling tinggi kedudukannya adalah mereka yang tidak melihat kedudukannya sendiri Maka hendaklah kamu bertawadhu dan tidak menonjolkan diri Jauhilah sikap takabbur ...
Bagaimana Kehidupan Manusia Di Akhirat Kelak Ini 7 Kenikmatannya

Bagaimana Kehidupan Manusia Di Akhirat Kelak Ini 7 Kenikmatannya

papar berkaitan - pada 21/3/2019 - jumlah : 197 hits
Kenikmatan dunia ada batasnya baik berkaitan materi waktu tempat dan lainnya Berbeda dengan kehidupan akhirat yang kekal nan abadi Beruntung orang yang mampu memenejemen segala urusan dunianya sebagai sarana mendapatkan keuntungan diakhirat...
Tragedi Masjid Christchurch Kehidupan Masa Kecil Brenton Tarrant Hingga Tertarik Pada Senjata Api

Tragedi Masjid Christchurch Kehidupan Masa Kecil Brenton Tarrant Hingga Tertarik Pada Senjata Api

papar berkaitan - pada 17/3/2019 - jumlah : 573 hits
Tragedi Masjid Christchurch Kehidupan Masa Kecil Brenton Tarrant Hingga Tertarik Pada Senjata Api
Jika Berasa Down Letih Dan Serabut Ini Mungkin Datang Dari Persekitaran Dan Kehidupan Kita Kaunselor

Jika Berasa Down Letih Dan Serabut Ini Mungkin Datang Dari Persekitaran Dan Kehidupan Kita Kaunselor

papar berkaitan - pada 23/3/2019 - jumlah : 228 hits
488 SHARES Bukan mudah menjadi seorang ibu yang menguruskan semua urusan rumah tangga dia lah memasak dia lah yang melayan anak anak dia lah yang ke sana ke sini menguruskan segala urusan untuk memastikan semua urusan selesai dengan baik Ka...
Inilah Kehidupan

Inilah Kehidupan

papar berkaitan - pada 24/3/2019 - jumlah : 264 hits
Hidup ini kekadang kita boleh bertolak ansur dengan orang tetapi ada masanya orang tak boleh nak bertolak ansur dengan kita Jika permudahkan urusan orang lain Allah mudahkan urusan kita Jika merancang sebaiknya tetapi kekadang ada juga caca...
Ketika Sampai Pada Titik Jenuh Kehidupan

Ketika Sampai Pada Titik Jenuh Kehidupan

papar berkaitan - pada 27/3/2019 - jumlah : 385 hits
Ketika Sampai pada Titik Jenuh Kehidupan Oleh Rijal Habibulloh Assalamu alaikum Wr Wb Menjalani hidup ini tidaklah mudah tapi apapun yang terjadi harus kita lewati dengan ikhlas sepenuh hati sampai kita kembali kepada sang Ilahi Akan ada sa...
Kehidupan Dan Cabarannya 9291

Kehidupan Dan Cabarannya 9291

papar berkaitan - pada 25/3/2019 - jumlah : 251 hits
Bahaya Salah Memilih Temanby ALLAH berfirman dalam surat ke 25 Al Furqan ayat 27 29 mengkisahkan tentang penyesalan ahli neraka yang dahulu di dunia tersesat karena salah dalam memilih teman Dan hari orang yang zalim menggigit dua tangannya...
Mengindahkan Kehidupan 9288

Mengindahkan Kehidupan 9288

papar berkaitan - pada 25/3/2019 - jumlah : 322 hits
Ingin Dikabul Ketika Sujud Berdoalahby foto FotoliaSETIAP insan tentu memiliki kebutuhan dan keinginan untuk melengkapi perjalanan hidupnya di dunia Untuk memenuhinya tentu membutuhkan perjuangan Dan perjuangan sebesar apapun tidak akan ber...
Gsk Sokong Kepentingan Imunisasi Dewasa Dalam Kalangan Rakyat Malaysia

Pm Anwar Meets With Indonesia S Finance Minister For Discussions In Riyadh

Nga Kor Ming S Influence In Dap On The Rise

Irma Hasmie Enggan Komen Status Perkahwinan Apa Yang Penting Allah Jaga Hati Fikiran Kami

Gear Up For Standard 1 Registration

Senarai Cawangan Atm Bank Islam Di Seluruh Negeri Kelantan

Salah Besar Kalau Kembali Kepada Quran Dan Sunnah Saja Tambah Ulil Amri

Suami Tukang Masak Dadah Isteri Tolong Edar



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Racun Rihanna Slot Samarinda TV3

5 Adaptasi Permainan Video ke TV dan Filem Paling Berjaya Setakat Ini

10 Fakta Biodata Erysha Emyra Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Cinta Untuk Sekali Lagi Astro Ria

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Leha Leya Lawa Tonton

Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia


Adapting To Consumer Behavior

App Inarah

Aktiviti Majlis Mesra Aidilfitri Tnb Peringkat Korporat Ppim 30 04 2024

Majlis Watikah Pelantikan Pengawas Pemimpin Muda

Rukun Bacaan Dalam Solat Jenazah

Marsha Hening Rindu Chord