Jadi Mualaf Bule Belgia Ini 2 Hari Belajar Melafalkan Akad Nikah


Humoris dan banyak tertawa. Itulah kesan pertama saat bertemu dengan Olivier Van Merris, bule asal Belgia yang baru saja mempersunting gadis Palangka Raya bernama Septian Mugi Rahayu, Jumat (28/12) lalu.
Akad nikah dilakukan di kafe Jalan Kariraman. Momen bahagia itu tak akan pernah dilupakan oleh kedua pasangan. Juga tak pernah disangka-sangka sebelumnya oleh Oliver.
Pernikahan dilangsungkan sesuai syariat Islam. Oliver yang menjadi mualaf harus menyesuaikan diri. Mulai dari pelafalan akad nikah yang agak sulit hingga ke budaya dan ajaran Islam.
Beruntung, jauh sebelumnya dia sudah memiliki banyak teman muslim dan juga membaca beberapa buku Islam.
“Tapi tetap stres saat membacakan akad nikah. Untung saja penghulunya humoris,” ucap bule kelahiran 3 November 1982 itu.
Ia mengaku butuh waktu dua hari untuk belajar melafalkan ucapan akad. Namun semuanya berbuah manis. Akad pernikahan yang dipimpin Kepala KUA Jekan Raya Supiani, berjalan sukses.
Walaupun tidak mengerti seratus persen bacaan dan doa bersama, Oliver mengaku merasakan emosi spiritual saat itu.
“Saya senang menikah dengan Ayu dan bisa kenal keluarganya. Banyak perjuangannya untuk bisa menikah,” ucap pencinta gado-gado ini. “Itu perjuangan sekali,” imbuhnya.
Olivier pun menceritakan singkat petualangannya ke Indonesia. Dia menginjakkan kaki pertama kali di Bangka Belitung.
Saat itu masih belum ada ketertarikan sama sekali dengan orang Indonesia. Kemudian dia bertemu dengan Willy, seorang pengajar bahasa Inggris.
“Sudah tiga tahun ini saya ke Asia, karena pusing dan lelah bekerja di Barat. Saya ingin jalan-jalan. Saya ketemu Pak Willy, bapak angkat saya di Bangka Belitung. Saya belajar bahasa Indonesia di sana. Saya juga mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak yang malu berbahasa Inggris,” ucapnya.
Setelah satu minggu, dia memutuskan kembali ke Belgia untuk bekerja. Namun setelah enam bulan di sana, dia kangen Indonesia.
Ingin bertemu lagi dengan teman-temannya di Bangka Belitung, sekaligus ingin jalan-jalan ke Papua dan daerah lainnya di Indonesia yang memiliki destinasi wisata alam.
“Indonesia memang panas, tapi saya cinta. Satu tahun yang lalu saya kembali ke Indonesia. Jalan kaki ke Papua dan bertemu teman-teman lama. Lalu saya pasang aplikasi chatting internet, namanya Badoo. Meskipun sebenarnya tidak suka, tapi saya coba-coba,” katanya saat dibincangi di Wisma Cendrawasih.
Melalui aplikasi inilah, akhirnya dia mengenal Septian Mugi Rahayu. Sebenarnya saat itu wanita dengan panggilan akrab Ayu menggunakan aplikasi chattingbernama Tinder. Namun kedua aplikasi ini saling terkoneksi.
“Eh saya Tinder ya, bukan Badoo. Kami cuma sehari pakai aplikasi itu, habis itu sayang (oliver, red) pengin hapus aplikasinya dan chatting lewat WhatsApp,” sahut Ayu.
Berkenalan melalui aplikasi jodoh, tidak lantas membuat laki-laki 36 tahun itu langsung ingin menikah. Dia tahu jika bertemu di internet harus berhati-hati.
Tetapi setelah bercerita ke ayah angkatnya sepulangnya dari Papua, dia diberi saran untuk mendatangi kekasih hatinya ke Palangka Raya.
“Saat itu Willy menyuruh saya untuk datang langsung bertemu Ayu dan melihat seperti apa keluarganya. Akhirnya saya ke sini dan tinggal sekitar tiga hari,” bebernya kepada Kalteng Pos (Jawa Pos Group).
Januari 2018 pacaran. Meski menjalani long distance relationship (LDR), namun setiap libur bekerja, pria berkulit cerah ini datang ke Kota Palangka Raya menemui pujaan hatinya.
Pasalnya, ia bekerja sebagai insinyur dan diberikan libur sebulan setelah dua bulan bekerja.
Juni 2018, ia memutuskan untuk menikah karena memang merasa sudah satu pandangan, sejalan, dan satu komitmen.
Kenapa bisa jatuh cinta dengan Ayu? Pria kelahiran Kota Brussels ini mengaku sangat simpel. Alasannya, karena terpesona dengan kejujuran perempuan 33 tahun ini.
Walaupun banyak perempuan Indonesia yang suka dengan dia, tapi Ayu lebih jujur kepadanya. Mulai dari status dirinya sebagai janda yang memiliki satu anak hingga pekerjaan dan kepribadiannya.
“Ayu jujur, dia sudah punya anak. Saya lihat dari awal sudah jujur, pasti akan lebih nyaman ke depannya,” katanya.
Sementara itu, Kepala KUA Jekan Raya Supiani mengaku, memang diperlukan persiapan khusus saat menikahkan dua orang berbeda kewarganegaraan. Mulai dari kelengkapan berkas sampai tata cara akad nikah.
“Saya sampai belajar sedikit bahasa Belgia, tapi alhamdulillah lancar. Akad juga tanpa kendala. Sekali pelafalan langsung sah,” ucap dia.
Pernikahan berbeda negara juga memerlukan berbagai penyesuaian. Mulai dari kultur budaya sampai kebiasaan yang sangat jauh berbeda.
Juga perlu komitmen bersama yang kuat agar tidak mudah bercerai di tengah perjalanan bahtera pernikahan.
“Tapi mereka bagus. Mempelai laki-laki juga komitmen dengan agama Islamnya dan akan selalu menjaga mempelai perempuan,” tutupnya.
Sumber: jawapos.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/jadi-mualaf-bule-belgia-ini-2-hari-belajar-melafalkan-akad-nikah/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Inspirasi Kebaya Wanita Putih Untuk Akad Nikah Prewedding

Inspirasi Kebaya Wanita Putih Untuk Akad Nikah Prewedding

papar berkaitan - pada 22/12/2018 - jumlah : 1241 hits
Tak bisa dipungkiri bahwa warna putih menjadi tren busana pengantin sejak dulu Hal ini tak terkecuali dengan busana pengantin berupa kebaya Pada umumnya mempelai wanita lebih memilih mengenakan kebaya pengantin warna putih di acara akad nik...
7 Kali Cubaan Akad Nikah Suami Kena Buat Sebab Nama Terlalu Pendek Adakah Ini Nama Paling Pendek Dalam Dunia

7 Kali Cubaan Akad Nikah Suami Kena Buat Sebab Nama Terlalu Pendek Adakah Ini Nama Paling Pendek Dalam Dunia

papar berkaitan - pada 21/12/2018 - jumlah : 257 hits
ISKANDAR PUTERI Ada kisah di sebalik setiap nama yang setiap manusia di dunia ini Bagaimana nama seseorang diperolehi juga pasti ada kisah atau rahsia di sebaliknya Ada di antara kita yang mempunyai nama ringkas panjang atau berkait dengan ...
Menteri Pupr Targetkan Pendataan Bangunan Rusak Akibat Tsunami Banten Selesai 5 Hari

Menteri Pupr Targetkan Pendataan Bangunan Rusak Akibat Tsunami Banten Selesai 5 Hari

papar berkaitan - pada 24/12/2018 - jumlah : 230 hits
Pemerintah menargetkan proses evakuasi korban tsunami Banten dan pendataan bangunan rusak selesai selama lima hari ke depan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan rekontruksi bangunan yang rusak akan dilak...
Puas Saya Mencarinya Tragedi Hari Keluarga Anak Hilang Rupanya Lemas Dalam Kolam Renang Hotel

Puas Saya Mencarinya Tragedi Hari Keluarga Anak Hilang Rupanya Lemas Dalam Kolam Renang Hotel

papar berkaitan - pada 24/12/2018 - jumlah : 442 hits
Puas saya mencarinya Tragedi hari keluarga anak hilang rupanya lemas dalam kolam renang hotelSeorang kanak kanak lelaki dilaporkan lemas dalam kolam renang di sebuah hotel renang Dalam kejadian di Batu 12 Jalan Pantai Port Dickson mangsa Mo...
Peringati Hari Ibu 100 Anak Di Kediri Basuh Kaki Ibunda

Peringati Hari Ibu 100 Anak Di Kediri Basuh Kaki Ibunda

papar berkaitan - pada 24/12/2018 - jumlah : 326 hits
Dalam acara tersebut 100 ibu duduk di kursi yang disediakan selanjutnya anak anaknya duduk bersimpuh di kaki ibunya masing masing Perlahan mereka membasuh kaki ibunya dengan air sebagai wujud bakti anak kepada orang tua
3 Hari Lahir Anak Demam Kuning Normal Cuma Serius Atau Tak Jururawat Ini Kongsikan Bacaannya

3 Hari Lahir Anak Demam Kuning Normal Cuma Serius Atau Tak Jururawat Ini Kongsikan Bacaannya

papar berkaitan - pada 23/12/2018 - jumlah : 3623 hits
Bayi yang baru lahir berisiko menghidap demam kuning atau dikenali sebagai jaundis Biasanya 50 ke 60 peratus bayi yang lahir cukup bulan mengalami jaundis pada minggu pertama hingga ke minggu kedua selepas dilahirkan Jaundis juga biasanya b...
Pln Upayakan Jaringan Listrik Di Banten Pulih Hari Ini

Pln Upayakan Jaringan Listrik Di Banten Pulih Hari Ini

papar berkaitan - pada 23/12/2018 - jumlah : 167 hits
PT Perusahaan Listrik Negara mengupayakan agar seluruh jaringan listrik di wilayah Banten dapat segera pulih kembali pasca tsunami Sabtu malam Diketahui jaringan listrik banyak yang putus diakibatkan terkena pepohonan yang tumbang akibat sa...
Tol Sei Rampah Tebing Tinggi Difungsikan Hari Ini Gratis Hingga 2 Desember 2019

Tol Sei Rampah Tebing Tinggi Difungsikan Hari Ini Gratis Hingga 2 Desember 2019

papar berkaitan - pada 24/12/2018 - jumlah : 269 hits
Seksi 7 yang difungsikan yaitu dari Sei Rampah menuju Tebing Tinggi Jalur ini dinyatakan fungsional mulai 24 Desember 2018 hingga 2 Desember 2019 Selanjut ruas jalan itu ditutup kembali untuk persiapan uji kelaikan Jalur tol ini sengaja dif...
Setelah Kelahiran Bayi Wajib Langsung Didaftarkan Bpjs Maksimal 28 Hari Setelahnya

Setelah Kelahiran Bayi Wajib Langsung Didaftarkan Bpjs Maksimal 28 Hari Setelahnya

papar berkaitan - pada 24/12/2018 - jumlah : 283 hits
Bayi yang baru lahir dari peserta JKN KIS wajib didaftarkan ke BPJS Kesehatan paling lama 28 hari sejak dilahirkan Aturan ini berlaku tiga bulan sejak Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 diundangkan
Igp Chief Editor Of English Portal To Be Questioned Over Forest City Casino Claim

8 Tip Tingkatkan Sales Homestay Anda

Cara Memasarkan Homestay Anda

Dapatkan Porsche Design Honor Magic6 Rsr Di Honor Experience Store Terpilih Pada 5 Mei

Samsung Knox Empowering Consumer Security In The Galaxy A55 5g

Dr Zaliha Terus Kunci Mulut Berkaitan Titah Adendum Minta Rujuk Ulasan Pm

Moisturizer Terbaik 2024 Tekstur Water Based 9 Kebaikan Yang Sesuai Untuk Semua Jenis Kulit

Help Shape Ai With Malaysian Values Says Anwar



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan


Buah Ciku 10 Khasiat Pelbagai Jenis Penyakit

Terkejut Dr M Rakib Sampai Di Pelabuhan Udara Bandung

Cara Atasi Rambut Gugur Dengan Mudah

Medical Follow Up With Dato Dr Marina Di Kpj Seremban

Sarapan Di Kacang Pool Haji Larkin

Menginap Di Swiss Garden Hotel Melaka