Inilah Rahasianya Mengapa Nabi Muhammad Menganjurkan Untuk Puasa Senin Kamis



Puasa Senin-Kamis. Tiga kalimat ini sangat populer dikalangan masyarakat indonesia, karena ini bagian dari ibadah utama bagi umat islam. Banyak yang menilai Puasa Senin-Kamis ini dianjurkan, karena selain pahalanya yang besar, juga keutamaan puasa ini sendiri yang memberikan manfaat besar bagi yang menjalankannya.

Mengapa Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita untuk puasa sunnah pada tiap hari Senin dan Kamis? Dalam sebuah hadits yang disampaikan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda :
“Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi)
Pintu-pintu surga di buka pada dua hari tersebut, yaitu Senin dan Kamis. Pada saat inilah orang-orang Mukmin diampuni, kecuali dua orang Mukmin yang sedang bermusuhan.

Dalil yang menguatkan hal ini adalah hadits yang tertulis dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Karena itu, selayaknya bagi seorang Muslim untuk menjauhkan diri dari memusuhi saudaranya sesame Muslim, atau memutuskan hubungan dengannya, ataupun tidak memperdulikannya dan sifat-sifat tercela lainnya, sehingga kebaikan yang besar dari Allah Ta’ala ini tidak luput darinya.

Keutamaan hari Senin dan Kamis yang lainnya, bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias berpuasa padakedua hari ini.

Dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, ia mengatakan,

“Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin danKamis”. (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad)

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam menyampaikan alasan puasanya pada kedua hari ini dengan sabdanya,

“Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari senin dan Kamis, makaaku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkanaku dalam keadaan berpuasa.”(HR. At Tirmidzi dan lainnya)

Dalam shahih Muslim dari hadits Abu Qatadah radhiallahu ‘anhu bahwaRasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam pernah ditanya tentang puasa hari Senin, beliau Shalallahu ‘alaihi wassalam menjawab,

“Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya Al-Qur’an kepadaku pada hari tersebut.” (HR.Muslim)

Ash-Shan’ani rahimahullah berkata, “Tidak ada kontradiksi antara dua alasan tersebut.” (Lihat Subulus Salam)

Berdasarkan hadits-hadits di atas maka di sunnahkan bagi seorang Muslim untuk berpuasa pada dua hari ini, sebagai puasa tathawwu’ (sunnah).

Keutamaan berikutnya yang dimiliki hari Kamis, bahwa kebanyakan perjalanan (safar) Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam terjadi pada hari Kamis ini.

Beliau menyukai keluar untuk bepergian pada hari Kamis. Sebagaimana tercantum dalam Shahih Bukhari bahwa Ka’ab bin Malik radhiallahu ‘anhu mengatakan: “Sangat jarang Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam keluar (untuk melakukan perjalanan) kecuali pada hari Kamis.”

Dalam riwayat lain juga dari Ka’ab bin Malik radhiallahu ‘anhu: “Bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (menang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis,” (HR.Bukhari).

Diambil dari berbagai sumber.
Credit Gambar: Rumahwakaf

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.yangpenting.com/2018/10/inilah-rahasianya-mengapa-nabi-muhammad.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Usaha Dan Doa Untuk Beroleh Rahmat Allah Subhanahu Wa Ta Alla Dan Syafaat Nabi Muhammad 8504

Usaha Dan Doa Untuk Beroleh Rahmat Allah Subhanahu Wa Ta Alla Dan Syafaat Nabi Muhammad 8504

papar berkaitan - pada 24/10/2018 - jumlah : 386 hits
Usaha dan doa untuk beroleh Rahmat Allah Subhanahu Wa ta alla dan Syafaat Nabi Muhammad Sangat Wajar Umat Islam Marah Terhadap Pembakaran Kalimat Tauhid Selasa 23 Oktober 2018 14 17 Foto Anggota Barisan Ansor Serbaguna membakar bendera tauh...
Ini Alasannya Mengapa Nabi Muhammad Melarang Sayyidina Ali Poligami

Ini Alasannya Mengapa Nabi Muhammad Melarang Sayyidina Ali Poligami

papar berkaitan - pada 20/10/2018 - jumlah : 470 hits
Rasulullah Shalalahu Alaihi Wa Sallam memang memiliki sekitar sembilan istri dan semuanya memberikan kontribusi besar dalam kemajuan umat islam hingga saat ini Kesembilan istri tersebut memang di khususkan untuk Rasulullah sedangkan kita ha...
Guru Pengiring Ini Jelaskan Kenapa Pelajar Ini Menangis Ketika Melihat Kain Nabi Muhammad Saw

Guru Pengiring Ini Jelaskan Kenapa Pelajar Ini Menangis Ketika Melihat Kain Nabi Muhammad Saw

papar berkaitan - pada 9/10/2018 - jumlah : 258 hits
KUALA TERENGGANU Rakyat negeri ini berpeluang melihat secara dekat lebih 22 barangan milik Rasulullah SAW yang dipamerkan di Pusat Dagangan Terengganu di sini selama sebulan Guru Pengiring Ini Jelaskan Kenapa Pelajar Ini Menangis Ketika Mel...
Nabi Ibrahim Contoh Ikutan Manusia

Nabi Ibrahim Contoh Ikutan Manusia

papar berkaitan - pada 19/10/2018 - jumlah : 421 hits
Beberapa Sifat Nabi Ibrahim Yang Wajar Dicontohi Oleh Semua Manusia ALLAH S W T berfirman yang bermaksud Dan ingatlah ketika Nabi Ibrahim diuji oleh Tuhannya dengan beberapa Kalimah suruhan dan larangan maka Nabi Ibrahim pun menyempurnakann...
Unta Nabi Muhammad Sallahualaihiwassallam 8418

Unta Nabi Muhammad Sallahualaihiwassallam 8418

papar berkaitan - pada 16/10/2018 - jumlah : 226 hits
Islam Kisah Nabi MengEsakan Allah Subhanahu Wataalla 9 Unta Nabi Muhammad SawKetika itu kami bersama Nabi besar Muhammad Saw tengah berada dalam sebuah peperangan Tiba tiba datang seekor unta mendekati beliau lalu untu tersebut berbicara Ya...
Ini Waktu Terbaik Melaksanakan Akad Nikah Sesuai Anjuran Nabi Muhammad

Ini Waktu Terbaik Melaksanakan Akad Nikah Sesuai Anjuran Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 24/10/2018 - jumlah : 224 hits
Menikah termasuk perkara yang dianjurkan dalam Islam Setiap laki laki dan perempuan yang sudah siap secara materi dan mental maka sebaiknya mereka untuk segera menikah Namun kapan waktu terbaik melaksanakan akad nikah dalam Islam Dalam kita...
Setiap Senin Dan Kamis Seluruh Mukmin Diampuni Allah Kecuali 2 Orang Ini

Setiap Senin Dan Kamis Seluruh Mukmin Diampuni Allah Kecuali 2 Orang Ini

papar berkaitan - pada 15/10/2018 - jumlah : 221 hits
Hari Senin dan Hari Kamis adalah dua hari yang istimewa Sebab pada hari itu seluruh orang mukmin yang tidak menyekutukan Allah akan diampuniNya Kecuali dua orang Duh siapakah dua orang yang tidak mendapat ampunan Allah di hari ketika seluru...
7 Amalan Bulan Safar Sesuai Anjuran Nabi Muhammad Yang Datangkan Pahala Berkali Kali Lipat

7 Amalan Bulan Safar Sesuai Anjuran Nabi Muhammad Yang Datangkan Pahala Berkali Kali Lipat

papar berkaitan - pada 11/10/2018 - jumlah : 241 hits
Bulan Safar diyakini oleh beberapa orang sebagai bulan yang penuh bala dan mendatangkan banyak kesialan Karena adanya kepercayaan ini banyak yang memilih melakukan amalan amalan tertentu guna menghindari musibah yang akan menimpa dirinya di...
Menghina Nabi Muhammad Bukan Kebebasan Bersuara

Menghina Nabi Muhammad Bukan Kebebasan Bersuara

papar berkaitan - pada 26/10/2018 - jumlah : 330 hits
STRASBOURG 17 Safar 1440H Jumaat Mencemarkan nama baik Nabi Muhammad melebihi batas kebebasan berucap yang dibenarkan kata Mahkamah Hak Asasi Manusia Eropah Keputusan itu dibuat setelah mendapati seorang wanita Austria dituduh atas kesalaha...
Towards More Comprehensive Pension Reform

3 Sebab Kenapa Kashmir Menjadi Pilihan Traveler Malaysia

Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia

Should Stakeholders Sue Bloomberg To Prove 2nd Casino Licence Claim For Johor S Forest City Is Sheer Slander

Jetama Taja Sabah Fc Rm5 Juta Musim Ini

Tak Sekolah

Legoland Malaysia Resort Empowers Teachers And Students To Conquer The Legoland School Challenge 2024



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Leha Leya Lawa Tonton

Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3


Drama Racun Rihanna Lakonan Intan Najuwa Rita Rudaini

Bunga Paling Seram Di Dunia

Logo Autentik Untuk Produk Asli Madu

Ucapan Hari Jadi Ucapan Lawak Untuk Kawan Islamik

Hadiah Hari Guru 40 Idea Hadiah Yang Menarik

Gara Gara Al Bani Menuduh Iamam Bukhari Kafir Karena Takwil