Inilah Manusia Yang Tidak Akan Pernah Merugi Di Dunia Dan Akhirat



Sebagian orang mengira, bahwa ketika diberi kenikmatan kekayaan yang berlimpah, dia telah beruntung dan terhindar dari kerugian. Anggapan seperti ini tidak benar. Karena semua manusia itu merugi , kecuali yang memiliki empat sifat.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan saling menasehati supaya menaati kebenaran dan saling menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS Al-Ashr: 1-3).
Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di rahimahullah berkata: Allah Subhanahu wa Ta’ala bersumpah dengan menggunakan waktu yaitu malam dan siang , yang merupakan saat amal perbuatan seluruh hamba dilakukan, bahwa semua manusia itu merugi, tidak beruntung. Kerugian itu bertingkat-tingkat, ada rugi total, seperti orang yang rugi dunia dan akhirat, tidak masuk surga justru masuk neraka jahim; ada yang rugi dari satu sisi, tapi tidak dari sisi yang lain.
Oleh karena itu Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan bahwa kerugian itu menimpa semua orang, kecuali orang-orang yang memiliki empat sifat :
1. Beriman terhadap perkara yang diperintahkan oleh Allah Azza wa Jalla supaya diimani. Dan iman itu tidak akan ada kalau tidak ada ilmu. Jadi ilmu merupakan bagian dari iman. Iman tidak akan sempurna kecuali dengan ilmu.
2. Beramal saleh. Ini mencakup seluruh perbuatan baik, yang lahir maupun yang batin, yang berkaitan dengan hak Allah maupun hak para hambaNya, yang wajib maupun yang sunah.
3. Nasehat menasehati dengan al-haq. Al-haq adalah iman dan amal saleh. Maksudnya mereka saling menasehati, saling menganjurkan serta saling memberikan motivasi untuk melaksanakannya.
4. Nasehat menasehati supaya tetap sabar dalam melaksanakan perbuatan taat, sabar dalam meninggalkan perbuatan maksiat dan sabar menerima takdir Allah yang pedih.
Maka ketika seorang muslim dan mukmin berhasil menyempurnakan empat sifat di atas, berarti telah selamat dari kerugian dan meraih keberuntungan yang besar.
Banyak orang yang bersedih dan merasa rugi ketika gagal masuk ke sekolah favorit, gagal dalam bisnis, gagal meraih cita-cita dunia dan lain sebagainya. Tidak bisa dipungkiri ini memang kerugian yang harus diantisipasi. Hanya saja, dia harus ingat bahwa, dunia bukan tujuan.
Juga jangan dilupakan bahwa di sana ada kerugian yang berakibat sangat fatal dengan sakit yang tak terperikan yaitu kerugian akhirat. Kerugian yang diakibatkan oleh kekufuran, kesyirikan dan berbagai perbuatan maksiat lainnya yang berujung di neraka dan terhalang dari surga. Inilah kerugian hakiki.
Allah Azza wa Jalla memerintahkan Rasul-Nya supaya mengumumkan kepada manusia, bahwa agama beliau adalah mentauhidkan Allah Azza wa Jalla dalam ibadah.
قُلِ ٱللَّهَ أَعْبُدُ مُخْلِصًا لَّهُۥ دِينِى
“Katakanlah: Hanya Allah saja yang aku ibadahi dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agamaku. ( QS Az-Zumar: 14).
Selanjutnya Allah mengancam akan menimpakan kerugian yang nyata di akhirat bagi orang-orang musyrik, orang-orang yang beribadah kepada selain Allah Azza wa Jalla .
Allah Azza wa Jalla berfirman:
فَٱعْبُدُوا۟ مَا شِئْتُم مِّن دُونِهِۦ ۗ قُلْ إِنَّ ٱلْخَٰسِرِينَ ٱلَّذِينَ خَسِرُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ وَأَهْلِيهِمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۗ أَلَا ذَٰلِكَ هُوَ ٱلْخُسْرَانُ ٱلْمُبِينُ
“Maka sembahlah olehmu (hai orang-orang musyrik) apa yang kamu kehendaki selain Dia. Katakanlah: Sesungguhnya orang-orang yang rugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari kiamat. Ingatlah yang demikian itu adalah kerugian yang nyata. (QS Az-Zumar: 15).
Apa yang menimpa orang-orang musyrik di diakhirat merupakan kerugian yang nyata.
Allah Subhanahu wa Ta’ala melanjutkan firman-Nya:
لَهُم مِّن فَوْقِهِمْ ظُلَلٌ مِّنَ ٱلنَّارِ وَمِن تَحْتِهِمْ ظُلَلٌ ۚ ذَٰلِكَ يُخَوِّفُ ٱللَّهُ بِهِۦ عِبَادَهُۥ ۚ يَٰعِبَادِ فَٱتَّقُونِ
“Bagi mereka lapisan-lapisan dari api di atas mereka dan di bawah merekapun lapisan-lapisan (dari api). Demikianlah Allâh menakut-nakuti para hamba-Nya dengan adzab itu. Maka bertakwalah kepada-Ku Hai hamba-hamba-Ku. (QS Az-Zumar: 16).
Masuk neraka adalah kerugian hakiki, sedangkan kesuksesan yang hakiki adalah masuk surga serta diselamatkan dari neraka.
Allah berfirman:
كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۖ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ ٱلنَّارِ وَأُدْخِلَ ٱلْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا مَتَٰعُ ٱلْغُرُورِ
“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (QS Ali Imran: 185).
Semoga Allah Azza wa Jalla menyelamatkan kita dari tipu daya dunia dan menjadikan kita termasuk orang-orang meraih keberuntungan yang hakiki, selamat dari kerugian sebenarnya. Hanya Allah Tempat memohon pertolongan.
Wallahu ‘Alam
Artikel asli : sindonews.com
The post Inilah Manusia yang Tidak Akan Pernah Merugi di Dunia dan Akhirat appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/12/28/inilah-manusia-yang-tidak-akan-pernah-merugi-di-dunia-dan-akhirat/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Hisab Dunia Meringankan Hisab Akhirat

Hisab Dunia Meringankan Hisab Akhirat

papar berkaitan - pada 24/12/2020 - jumlah : 200 hits
Al hisab secara bahasa berarti al addu wa al muh sabatu yang artinya hitungan perhitungan Kata hisab dapat dipahami sebagai usaha menghitung hitung amaliah negatif diri Sebagaimana pasien yang menginginkan dirinya sehat maka ia akan datang ...
Pernah Disindir Gemar Selfie Bersama Pemimpin Dunia Najib Dedah Bukan Suka Suka

Pernah Disindir Gemar Selfie Bersama Pemimpin Dunia Najib Dedah Bukan Suka Suka

papar berkaitan - pada 15/12/2020 - jumlah : 255 hits
Bekas Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak mengakui mempunyai lebih banyak masa untuk melayari media sosial selepas tidak lagi memegang jawatan dalam kerajaan Menerusi platform media sosial pelbagai kandungan dikongsi Najib termasuk penga...
Penggunaan Vaksin Covid 19 Dipersetujui Mufti Dan Badan Berautoriti Fatwa Dunia

Penggunaan Vaksin Covid 19 Dipersetujui Mufti Dan Badan Berautoriti Fatwa Dunia

papar berkaitan - pada 25/12/2020 - jumlah : 318 hits
Dr Zulkifli Mohamad Al Bakri telah mengumumkan bahawa penggunaan vaksin COVID 19 adalah diharuskan ke atas manusia dan ia wajib diambil bagi menjaga diri daripada kemudaratan Hal ini adalah berdasarkan keputusan daripada Mesyuarat Khas Jawa...
Mediatek Menjadi Pengeluar Cip Telefon Pintar Terbesar Dunia Pada Suku Ketiga 2020

Mediatek Menjadi Pengeluar Cip Telefon Pintar Terbesar Dunia Pada Suku Ketiga 2020

papar berkaitan - pada 25/12/2020 - jumlah : 248 hits
Counterpoint Research kini telah berkongsi data berkaitan cip pemprosesan yang digunakan pada telefon pintar bagi suku ketiga 2020 yang lepas Melalui apa yang dilihat MediaTek telah memegang pasaran sebanyak 31 pada suku ketiga 2020 lepas m...
Kisah Malang Tahun Duka 2020 Covid 19 Bayangi Rencah Kehidupan Dunia Sepanjang Tahun Ini

Kisah Malang Tahun Duka 2020 Covid 19 Bayangi Rencah Kehidupan Dunia Sepanjang Tahun Ini

papar berkaitan - pada 25/12/2020 - jumlah : 259 hits
Kisah malang tahun duka 2020 mesej mesej positif yang disampaikan figura penting Krismas Santa Klaus di media sosial telah menjadikan suasana yang suram lebih optimis dan mengujakan Santa merujuk perjuangan global untuk membendung penularan...
Hiburan Umur 50 Tahun Masih Jadi Heroin Che Ta Buktikan Dirinya Masih Relevan Dalam Dunia Seni

Hiburan Umur 50 Tahun Masih Jadi Heroin Che Ta Buktikan Dirinya Masih Relevan Dalam Dunia Seni

papar berkaitan - pada 26/12/2020 - jumlah : 335 hits
Menjadi warga emas bukanlah penghalang buat pelakon cantik Rozita Che Wan untuk terus kekal relevan dalam dunia seni Meskipun sudah mencecah umur 50 tahun Rozita yang sudahpun 13 tahun menceburi dunia lakonan pastinya sudah mempunyai banyak...
Wanita Dari Turki Ini Digelar Wanita Tercantik Di Dunia Tahun 2020

Wanita Dari Turki Ini Digelar Wanita Tercantik Di Dunia Tahun 2020

papar berkaitan - pada 26/12/2020 - jumlah : 328 hits
Hande Erc el seorang wanita dari Turki telah mendapat gelaran Wanita Tercantik Dunia 2020 seperti yang dinilai oleh Top Beauty World Memperoleh markah 9 168 daripada pelbagai sisi penilaian Ercel telah dinobatkan sebagai pemenang daripada b...
Wali Kota Solo Bangsa Indonesia Tidak Perlu Kecewa Piala Dunia U 20 2021 Ditunda

Wali Kota Solo Bangsa Indonesia Tidak Perlu Kecewa Piala Dunia U 20 2021 Ditunda

papar berkaitan - pada 26/12/2020 - jumlah : 251 hits
FX Hadi mengungkapkan kalau ditunda menjadi tahun 2023 saat pandemi sudah reda wisatawan mancanegara dan suporter bisa masuk stadion Dengan pemasukan tiket suporter dan wisatawan tersebut negara akan diuntungkan
Seorang Lagi Mangsa Tragedi Langgar Kerbau Di Lapor Telah Meninggal Dunia Awal Pagi Ini

Seorang Lagi Mangsa Tragedi Langgar Kerbau Di Lapor Telah Meninggal Dunia Awal Pagi Ini

papar berkaitan - pada 25/12/2020 - jumlah : 416 hits
KUANTAN Seorang lagi mangsa kemalangan dengan seekor kerbau di Jalan Kg Lamir Kg Ubai Pekan kelmarin disahkan meninggal dunia di Hospital Tengku Ampuan Afzan awal pagi ini Mangsa dikenali sebagai Allahyarham Syed Amirul Hidayat Syed Kamarul...
Pas Anggap Terlalu Awal Bincang Pertukaran Mb Perlis

Opening Young People S Eyes To Workers Rights

Calon Bersatu Prk Kkb Tidak Dapat Sokongan Parti Pas

Penyokong Diseru Jalankan Tanggungjawab Sebagai Pemilik Sabah Fc

Dumbing Down Our Education System Via Politicians And Theocrats

Bila Duit Nak Masuk

Perasaan Bila Orang Namakan Kucing Mereka Dgn Nama Anda

Deep Dive 5 Historic Lots From Gooding S Geared Online Sale



Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia


First Impressions Make A Powerful Impact With A Creative Digital Business Card

Restoran Di Jepun Buang 25 Set Nasi Lemak Kena Tipu Ejen Dari Malaysia

Kumpulan Pro Palestin Kecam Kehadiran Syarikat Bekal Senjata Kepada Israel

Prk Kkb Boleh Tak Umno Tarik Undi Melayu

Bonus R 5000 Jogue Ca A T Queis Onlin

Calon Bersatu Prk Kkb Tunggang Isu Kematian Teoh Beng Hock