Inilah 14 Negara Yang Sudah Melarang Pemakaian Cadar


Isu pelarangan cadar atau niqab sedang heboh di Indonesia. Alasannya Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi melarang penggunaan cadar di kalangan aparatur sipil negara (ASN) sebab mereka harus mematuhi aturan seragam di instansi pemerintah.
Sejatinya pelarangan cadar sudah diberlakukan di berbagai negara di dunia.
Bahkan negara yang banyak penduduknya muslim pun ada yang memberlakukan pelarangan cadar.
Beberapa negara yang melarang penggunaan cadar memiliki banyak berbagai pertimbangan.
Mulai dari alasan keamanan, membatasi ideologi radikal, merawat tradisi, hingga mengedepankan asas kehidupan bersama.
Bahkan jika ada warga negaranya yang nekat memakai cadar, mereka dikenakan denda atau dipenjara.
Seperti dilansir dari NU Online dikutip dari laman DW dan BBC, berikut negara-negara yang melarang pemakaian cadar, niqab, burka, atau sejenisnya:
1. Maroko
Otoritas Maroko melarang pembuatan dan penjualan cadar sejak 2017 karena alasan keamanan. Sejumlah analis menilai, larangan cadar di Maroko dimaksukkan untuk membatasi persebaran ideologi radikal.
Meski demikian, tidak ada legislasi resmi mengenai larangan penggunaan cadar bagi perempuan.
2. Tunisia
Tunisia juga merupakan negara Afrika yang melarang penggunaan cadar. Aturan ini diterapkan setelah terjadi dua serangan teror maut di Ibu Kota Tunis pada Juni 2019 lalu.
Diketahui, pelakunya memakai cadar. Sejak saat itu, Tunisia menerbitkan aturan bahwa perempuan dilarang memakai cadar ketika memasuki lembaga publik atau kantor pemerintahan.
3. Chad
Chad menerapkan aturan larangan bercadar sejak 2015, menyusul dua serangan bom bunuh diri yang diklaim oleh kelompok ekstremis, Boko Haram.
Dilaporkan, pelaku memakai cadar ketika menjalankan aksinya. Larangan bercadar di negeri yang penduduknya mayoritas muslim itu tidak hanya di kantor pemerintahan, tetapi di semua ruang publik.
4. Prancis
Prancis merupakan negara Eropa pertama yang melarang penggunaan cadar. Pada 2010 lalu, Prancis melarang muslimah mengenakan cadar di semua ruang publik.
Mereka hanya diperbolehkan memakai cadar di mobil atau tempat ibadah, dan rumah tentunya. Namun pada Juli 2014, kelompok hak asasi (HAM) menggugat larangan itu.
Namun Mahkamah HAM Eropa menolak gugatan itu. Alasannya, larangan pemakaian cadar dinilai mengedepankan asas ‘kehidupan bersama,’ daripada pembatasan hak individu.
5. Belgia
Setelah mengamati proses legislasi larangan penggunaan cadar di Prancis, Belgia akhirnya melarang pemakaian cadar pada 2011.
Otoritas Belgia melarang semua pakaian yang menutupi wajah di tempat-tempat umum seperti taman atau jalan. Jika perempuan kedapatan mengenakan cadar, maka dia akan didenda jutaan atau dipenjara selama tujuh hari.
6. Belanda
Pada 1 Agustus 2019, Belanda mulai mengefektifkan larangan penggunaan cadar di gedung dan transportasi publik.
Belanda disebutkan membutuhkan 14 tahun sebelum akhirnya menerapkan aturan ini. Keamanan menjadi alasan kenapa otoritas Belanda menerapkan aturan ini.
7. Denmark
Denmark menerapkan aturan larangan pemakaian cadar pada Agustus 2018. Otoritas Denmark menjatuhkan denda puluhan juta bagi mereka yang melanggarnya.
Semenjak aturan itu diterapkan, setidaknya ada 39 kasus pelanggaran cadar yang telah digulirkan terhadap 22 perempuan.
8. Jerman
Jerman melarang penggunaan cadar bagi perempuan ketika mereka sedang mengemudikan kendaraan. Selain itu, para hakim, pegawai negeri, dan tentara juga dilarang mengenakan cadar.
Untuk tujuan identifikasi, perempuan bercadar di Jerman akan diminta untuk membuka cadarnya.
9. Austria
Austria memberlakukan larangan pemakaian cadar pada Oktober 2017. Di negara ini, siapapun tidak diperkenankan mengenakan cadar di ruang-ruang publik seperti sekolah dan pengadilan.
10. Bulgaria
Parlemen Bulgaria meloloskan RUU larangan bercadar pada 2016. Jika perempuan memakai cadar di tempat umum, maka mereka akan didenda.
11. Norwegia
Norwegia juga akan menjatuhkan denda bagi mereka yang mengenakan cadar atau aksesoris yang menutupi wajah di lembaga-lembaga pendidikan. Aturan itu mulai berlaku pada Juni 2018.
12. Tajikistan
Otoritas Tajikistan melarang penggunaan cadar bagi perempuan. Larangan bercadar di Negara Asia Tengah yang penduduknya mayoritas muslim itu tidak berkaitan dengan keamanan atau pun radikalisme, namun dimaksudkan untuk merawat tradisi dan budaya lokal. Mereka tak ingin diinvasi tradisi Arab.
13. Sri Lanka
Sri Lanka melalui Undang-undang Darurat Sipil menetapkan larangan bercadar bagi muslimah. Larangan itu menyusul serangan teror mematikan yang terjadi pada Hari Paskah, 21 April 2019 dan menewaskan 259 orang.
Kelompok Muslim Sri Lanka mengkritik larangan tersebut dan menganggapnya tidak perlu karena sebelumnya hampir semua ulama negeri itu sudah melarang penggunaan cadar dengan alasan keamanan.
14. China
Otoritas China melarang pemakaian cadar bagi muslimah di Provinsi Xinjiang. Xinjiang merupakan provinsi yang terletak di China bagian barat di mana minoritas Muslim Uighur tinggal.
Laporan Human Right Watch dan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan, Muslim Uighur dilarang mengenakan simbol-simbol keagamaan, termasuk cadar bahkan hijab. Muslim Uighur juga sering mengalami pelanggaran HAM oleh pemerintah di sana.
Sumber: okezone.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/inilah-14-negara-yang-sudah-melarang-pemakaian-cadar/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Menag Saya Tak Melarang Cadar Dan Celana Cingkrang Hanya Rekomendasi

Menag Saya Tak Melarang Cadar Dan Celana Cingkrang Hanya Rekomendasi

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 135 hits
Setelah menuai pro kontra Menteri Agama Fachrul Razi membantah melarang penggunaan niqab atau cadar pada Aparatur Sipil Negara dan celana cingkrang di lingkungan pemerintahan Fachrul mengaku hanya sebatas memberikan rekomendasi
Ketua Pwnu Papua Sepakat Larangan Pemakaian Cadar

Ketua Pwnu Papua Sepakat Larangan Pemakaian Cadar

papar berkaitan - pada 7/11/2019 - jumlah : 166 hits
Anggota Pokja Agama Majelis Rakyat Papua Toni Wanggai Ketua PWNU Papua Toni Wanggai sepakat kebijakan Menteri Agama Fachrul Razi soal larangan penggunaan cadar bagi ASN Jayapura Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Papua Toni Wanggai sepa...
Menag Fachrul Razi Wacanakan Larang Pemakaian Cadar Di Instansi Pemerintah

Menag Fachrul Razi Wacanakan Larang Pemakaian Cadar Di Instansi Pemerintah

papar berkaitan - pada 31/10/2019 - jumlah : 182 hits
Mantan Wakil Panglima TNI itu menyebut pemakaian cadar atau tidak bukan menjadi tolak ukur ketakwaan seseorang Bahkan menurut dia tidak ada ayat yang mewajibkan penggunaan cadar
Pergerakan Negara Negara Berkecuali Kekal Relevan

Pergerakan Negara Negara Berkecuali Kekal Relevan

papar berkaitan - pada 27/10/2019 - jumlah : 156 hits
JOHORTIMES MY Please Subscribe to JohorTimes Youtube https www youtube com channel UCBGyB6bgPwLLTOahiWTGuFQ Facebook https www facebook com johortimes my Twitter https www twitter com JohorTimes Instagram https www instagram com JohorTimes ...
Dulu Peguam Negara Gugur Kes Guan Eng Siti Kassim Ltte

Dulu Peguam Negara Gugur Kes Guan Eng Siti Kassim Ltte

papar berkaitan - pada 28/10/2019 - jumlah : 336 hits
Adakah suspek ISIS Daesh perlu dinilai semula jika LTTE tak didakwa BANGI 28 Safar 1441H Ahad Semua pihak ternanti nanti pendirian Peguam Negara Tommy Thomas dalam mengendalikan siasatan membabitkan individu dalam DAP berkaitan kes kumpulan...
Dap Musuh Negara Pertahan Agenda Komunis

Dap Musuh Negara Pertahan Agenda Komunis

papar berkaitan - pada 28/10/2019 - jumlah : 282 hits
Parti tamak haloba tiada taat setia kepada Yang Di Pertuan AgongBANGI Parti paling dominan dalam kerajaan Malaysia DAP tiada collective responsibility apabila mempertikai tindakan Kementerian Dalam Negeri mengharamkan komik propaganda komun...
Tahap Keselamatan Kesihatan Negara Dipuji Pakar Who

Tahap Keselamatan Kesihatan Negara Dipuji Pakar Who

papar berkaitan - pada 28/10/2019 - jumlah : 228 hits
JOHORTIMES MY Please Subscribe to JohorTimes Youtube https www youtube com channel UCBGyB6bgPwLLTOahiWTGuFQ Facebook https www facebook com johortimes my Twitter https www twitter com JohorTimes Instagram https www instagram com JohorTimes ...
Banyuwangi Bmx International 2019 Diikuti 253 Atlet Dari 19 Negara

Banyuwangi Bmx International 2019 Diikuti 253 Atlet Dari 19 Negara

papar berkaitan - pada 27/10/2019 - jumlah : 235 hits
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga mengatakan selain melombakan kelas C1 race seperti tahun tahun sebelumnya tahun ini juga mengkompetisikan kelas Hors Class satu level lebih tinggi dari kelas C1 race
Poster Hari Ibu 2024 Contoh Poster Dengan Background Menarik

Terokai Kehidupan Moden Di Eka Heights Memperkenalkan Lumira

Lumira Eka Heights Menawarkan Kediaman Selesa Dengan Sentuhan Moden

Kkb Result Shows More Malays Backing Govt Says Selangor Mb

14 Tahun Solo Raja Azura Kembali Bersuami

Viral Mengajak Youtuber Cantik Korea Selatan Ke Hotel Pegawai Kanan Kementerian Digantung Tugas

Japan Crowned Champions In Sultan Azlan Shah Cup For First Time

Jenazah Siti Hawa Mohamad Isa Selamat Dikebumikan Mangsa Lemas Kereta Terjunam Dalam Tali Air



Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka


Presiden Pbsnt Kongsi Perkembangan Terkini Akhyar Rashid

E Kyc Syarat Pengeluaran Kwsp Rm250 Ke Atas Bagi Akaun 3

Penerangan Akaun 3 Kwsp Syarat Dan Cara Keluar Duit Kwsp Akaun 3

Dah Jumpa Sebab Kalah Pn Kata Sebab Pengundi Luar

Jaringan Tunggal Hidalgo Bantu Sri Pahang Fc Kutip Tiga Mata Tewaskan Kelantan Darul Naim Fc

Ziarah Kubur Arwah Mak Pah