Hukum Orang Muslim Yang Meninggalkan Sholat Dengan Sengaja


Sayyid Sâbiq menjelaskan dalam Fiqh as-Sunnah bahwa ibadah yang pertama kali diwajibkan kepada Nabi Muhammad saw. dan umatnya adalah salat.
Ia diberikan langsung oleh Allah secara istimewa dan tanpa perantara ketika malam isra’-mikraj. Bahkan wasiat terakhir Nabi saw. sebelum wafat kepada seluruh umat Islam adalah salat.
Ditetapkannya malam isra’-mikraj sebagai awal pensyariatan salat, menurut Sayyid Muḥammad Ḥaqî an-Nâzilî dalam Khazînah al-Asrâr Jalîlah al-Ażkâr, karena malam itu merupakan waktu paling utama, keadaan, dan munajat paling mulia.
Secara historis, salat bukan merupakan ibadah baru yang diberikan oleh Allah kepada umat manusia. Imam Nawawî al-Jâwî menyebutkan dalam Bi aś-Śimâr al-Yâni’ah fî ar-Riyâḍ al-Badî‘ah bahwa jauh sebelum Nabi Muhammad saw. lahir, para nabi sudah melaksanakan ibadah salat, seperti: subuh dilaksanakan oleh Nabi Adam as.; zuhur dilaksanakan oleh Nabi Daud as. (pendapat lain mengatakan Nabi Ibrahim as.); asar dilaksanakan oleh Nabi Sulaiman as. (pendapat lain mengatakan Nabi Yunus as. atau Nabi ‘Uzair as.); magrib dilaksanakan oleh Nabi Isa as. (pendapat lain mengatakan Nabi Daud as.atau Nabi Ya‘qub as.).
Sementara salat isya dilaksanakan oleh Nabi Musa as. (pendapat lain mengatakan Nabi Yunus as. atau Nabi Muhammad saw.). 
Setelah Nabi Muhammad saw. menemui Allah ketika malam isra’-mikraj, maka kelima salat tersebut diwajibkan kepada beliau dan seluruh umat Islam untuk dilaksanakandalam sehari-semalam sesuai dengan waktunya masing-masing.
Bahkan Ibn Kaśîr menyebutkan salah satu hadis yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad saw.melaksanakan salat berjemaah terlebih dahulu di Baitul Maqdis (masjid Al-Aqsa) sebelum menghadap Allah di Sidratul Muntaha.
Dalam kesempatan itu, beliau menjadi imam dan makmumnya adalah seluruh nabi yang pernah diutus oleh Allah (Tafsîr al-Qur’ân al-‘Aẓîm, 2000: 1086).
Peristiwa ini diabadikan secara indah dalam salawat Tarḥîm, karya Syekh Mahmoud Khalil al-Hussary, seraya menyebutkan bahwa yang bermakmum kepada Nabi Muhammad saw. waktu itu adalah seluruh penghuni langit (wa taqaddamta li aṣ-ṣalâh fa ṣallâ kullu man fî as-samâ’ wa anta al-imâm).
Oleh karena itu, tidak heran apabila salat dalam Islam menempati posisi yang sangat mulia. Ia merupakan kewajiban paling agung kedua setelah syahadat.
Wahbah az-Zuḥailî menjelaskan bahwa perbuatan yang paling disukai oleh Allah setelah iman adalah salat itu sendiri.Tidak lain dan tidak bukan karena salat adalah tiang agama, sebagaimana disebutkan langsung oleh Rasulullah saw. (al-Fiqh al-IslâmiywaAdillatuhû, 1985, I: 499 & 82).
Kenyataan ini membuat para ulama fikih berbeda pendapat mengenai: apakah Muslim yang meninggalkan salat secara sengaja sudah keluar dari Islam (kafir) atau tidak?
Kelompok pertama yang terdiri dari kalangan mazhab Ḥanafî, Mâlikî, asy-Syâfî, dan aẓ-Ẓâhirî tetap menganggap Islam (tidak kafir).
Sedangkan kelompok kedua yang terdiri dari mazhab Ḥanbalî, Imam Isḥâq, Imam Ibn al-Mubârak, dan Imam asy-Syaukânî menganggap Muslim yang meninggalkan salat dengan sengaja adalah kafir.
Perbedaan kedua kelompok ulama ini terutama sekali disebabkan oleh perbedaan dalil yang mereka gunakan. Dalam hal ini, adalah ayat al-Qur’an dan hadis yang dijadikan landasan dalam menetapkan masalah tersebut (IbnRusyd, Bidâyah al-Mujtahid, 2005, I: 77 dan al-Fiqh al-Islâmiy, hlm. 502-505).
Namun demikian, Wahbah az-Zuhaili lebih condong kepada pendapat kelompok pertama, yaitu Muslim yang meninggalkan salat secara sengaja adalah tetap Islam (tidak kafir).
Hal ini berdasarkan beberapa dalil qaṭ‘î yang menyebutkan bahwa orang yang pernah mengucapkan syahadat (Muslim) tidak akan kekal dalam neraka.
Beberapa hadis menyebutkan secara jelas bahwa akan keluar dari neraka orang yang pernah mengucapkan kalimat lâilâha illâ allâh (tidak ada Tuhan selain Allah), sedang di dalam hatinya terdapat kebaikan (iman), baik hanya seberat sehelai rambut yang tipis, gandum, maupun zarah, (al-Fiqh al-Islâmiy, hlm. 505).
Wallahu ‘alam
Sumber: bincangsyariah.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/hukum-orang-muslim-yang-meninggalkan-sholat-dengan-sengaja/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
12 Restoran Mesra Muslim Di Tokyo Untuk Anda Mendapatkan Ramen Halal

12 Restoran Mesra Muslim Di Tokyo Untuk Anda Mendapatkan Ramen Halal

papar berkaitan - pada 3/7/2019 - jumlah : 519 hits
Ramen adalah salah satu perkara yang mesti dicuba oleh mana mana pengembara muslim ketika di Jepun kerana tidak mudah untuk mendapatkan versi halal dan asli di rumah Kenyal mee ramen yang dihidangkan dengan sup yang lazat sukar untuk melepa...
Bantahan Filem Innocence Of Muslim Dan Kartun Nabi Muhammad S A W

Bantahan Filem Innocence Of Muslim Dan Kartun Nabi Muhammad S A W

papar berkaitan - pada 2/7/2019 - jumlah : 367 hits
BANTAHAN FILEM INNOCENCE OF MUSLIM DAN KARTUN NABI MUHAMMAD S A WSAYA SEBAGAI SEORANG UMAT ISLAM MEMBANTAH DENGAN SEKERAS KERASNYA DENGAN PENGELUARAN FILEM TERSEBUT DAN JUGA KARTUN NABI MUHAMMAD YAND DITERBITKAN OLEH AKHBAR MINGGUAN PERANCI...
Cops Warn Kedah Group Planning To Nab Amorous Muslim Couples

Cops Warn Kedah Group Planning To Nab Amorous Muslim Couples

papar berkaitan - pada 5/7/2019 - jumlah : 243 hits
Deputy Inspector General of Police Mazlan Mansor warns vigilante group against resorting to any illegal action PETALING JAYA Bukit Aman has warned a Kedah based group known for nabbing amorous Muslim couples not to act against the law amid ...
Muslim Ngos Protest China S Treatment Of Uyghurs

Muslim Ngos Protest China S Treatment Of Uyghurs

papar berkaitan - pada 6/7/2019 - jumlah : 292 hits
A group of 30 protesters lined up outside the China Embassy in Kuala Lumpur today urging Beijing to release Uyghurs detained in Xinjiang political re education camps Holding a large banner and placards in the afternoon sun protesters repeat...
Jom Viral Cheese Kek Leleh Kek Cheese Terbaik Keluaran Muslim

Jom Viral Cheese Kek Leleh Kek Cheese Terbaik Keluaran Muslim

papar berkaitan - pada 6/7/2019 - jumlah : 915 hits
Assalamualaikum dan salam sejahterarasakan kelainan Cheese Kek Leleh resepi terbaik yang diadun dengan Cheese berkualiti sekali rasa mesti nak lagi hubungi melalui WhatsApp untuk pertanyaan dan tempahanKlik link dibawah atau lawati Page FB ...
Mengapa Muslim Yang Subuh Berjamaah Lebih Sejahtera Ini Penjelasannya

Mengapa Muslim Yang Subuh Berjamaah Lebih Sejahtera Ini Penjelasannya

papar berkaitan - pada 30/6/2019 - jumlah : 210 hits
Masyarakat muslim yang sholat Subuh berjamaah ternyata relatif lebih sejahtera daripada masyarakat muslim yang tidak sholat Subuh berjamaah Temuan itu disampaikan oleh Ustadz Rofiul Fata setelah melakukan pengamatan di sejumlah desa Desa de...
Dapatkan Bekalan Ikan Bilis Keluaran Muslim

Dapatkan Bekalan Ikan Bilis Keluaran Muslim

papar berkaitan - pada 30/6/2019 - jumlah : 440 hits
Pernah tak kita terfikir dari mana ikan bilis itu datang sebelum kita makan Pernah tak kita terfikir kadang sesetengah penjual ikan bilis mereka menjemur ikan bilis di tempat yg lapang dan terbuka dan disitu jugalah tempat tempat anjing ber...
Pelaku Keganasan Anti Muslim Di India Dituntut Dikenakan Tindakan Tegas

Pelaku Keganasan Anti Muslim Di India Dituntut Dikenakan Tindakan Tegas

papar berkaitan - pada 28/6/2019 - jumlah : 207 hits
MALAYSIA DATELINE Badan Bukan Kerajaan Islam Malaysia menuntut supaya tindakan tegas segera dikenakan terhadap pesalah Jharkhand Lynching di India pada 17 Jun lalu Dalam satu kenyataan hari ini Presiden MAPIM Mohd Azmi Abdul Hamid Presiden ...
Kematian Seorang Pria Muslim Jadi Pertanda Isu Sektarian Masih Menghantui India

Kematian Seorang Pria Muslim Jadi Pertanda Isu Sektarian Masih Menghantui India

papar berkaitan - pada 27/6/2019 - jumlah : 255 hits
Pemukulan yang terjadi di Distrik Seraikela Kharsawan sebelah timur Negara Bagian Jharkhand itu bisa terlihat berlangsung cukup lama karena sebagian cuplikan memperlihatkan terjadi pada siang hari dan di bagian terjadi pada malam hari
Lirik Campak Bintang Faizal Tahir M Nasir

Two In Five Malaysians Might Quit If Required To Work More In Office Randstad

Lumira Di Eka Heights Kehidupan Bermakna Yang Dinantikan

Lumira Eka Heights Seremban Perumahan Gaya Hidup Moden

Plaza Premium Group Expands Flight Club Dining Brand At Kuala Lumpur International Airport Terminal 1

Dap S Dilemma Red Lines And Kuala Kubu Baharu

Ustadz Yang Membodoh Bodohi Jemaahnya Kata Frans Donal Di Bali By Dr H

Catat Nekad Berhaji Tanpa Visa Haji Bisa Dideportasi Dari Arab Saudi



10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria


Apa Itu Sakit Sciatica Dan Rawatannya

Alas Meja Baru Beli Di Mr Diy

Kerajaan Tak Perlu Layan Najib Razak

Kek Coklat Lembab Dengan Taburan Cheedar Cheese

Sebuah Tempat Yang Terkenal Dengan Legenda Mitosnya Gunung Santubong Akan Merangkumi Anda Dengan Pengalaman Yang Unik

Sivasangari Dinobatkan Sebagai Atlit Bulan Sukan Dunia