Fungsi Fungsi Manajemen Beserta Penjelasannya



Fungsi Manajemen merupakan tugas yang dilaksanakan secara sistematis dan terorganisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang dilakukan oleh manajer pada kegiatan manajemen. Berikut ini adalah fungsi manajemen yang dikemukakan oleh para ahli.
Fungsi-Fungsi Manajemen Beserta Penjelasannya
1. Planning (Perancangan)
Planning adalah proses menentukan apa yang ingin dicapai dan cara mencapainya yang didasarkan pada metode atau logika tertentu dan rasional.
2. Organizing (Pengorganisasian)
Organizing adalah proses mengatur dan mengalokasikan tugas, pekerjaan, wewenang dan peran-peran, termasuk koordinasi hubungan antarbagian, baik secara vertical maupun horizontal dalam suatu struktur yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.
3. Actuating (Pelaksanaan)
Actuating adalah usaha menggerakan anggota kelompok, sehingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran dan tujuan perusahaan.
4. Resourcing (Pengaturan Sumber Daya)
Resourcing adalah pengaturan sumber daya dalam memfasilitasi sumber daya yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan pencapaian tujuan organisasi.
5. Communicating (Komunikasi)
Communicating adalah kegiatan mengkomunikasikan semua informasi yang berkaitan dengan tugas, fungsi, dan tanggung jawab kepada semua sumber daya yang ada. Dengan demikian, mereka mengetahui dan memahami tugas serta fasilitas yang dibutuhkan dan memiliki untuk mengerjakannya.
6. Leading (Kepemimpinan)
Leading adalah kegiatan mempengaruhi atau menggerakan perilaku manusia anggota organisasi, baik secara individu maupun kelompok, serta mengarahkan mereka dalam pelaksanaan tugas-tugas. Dengan demikian, tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien.
7. Motivating (Pemberian Motivasi)
Motivating adalah kegiatan memberikan motivasi, inspirasi, semangat, dan dorongan kepada pegawai melalui pemahaman motivasi yang ada di dalam dan di luar diri pegawai. Hal ini bertujuan untuk membantu pegawai mencapai produktivitas kerja yang optimal.
8. Controlling (Pengawasan)
Controlling adalah proses pengukuran pelaksanaan kerja atau kinerja actual dengan membandingkan hasil dan standar organisasi, serta tujuan. Selain itu, pada tahap ini, diambil tindakan korektif jika dibutuhkan/terjadi masalah.
9. Coordinating (Kordinasi)
Coordinating adalah salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan dan kekosongan kegiatan dengan menghubungkan, menyatukan, dan menyelaraskan pekerjaan bawahan. Dengan demikian, terjalin kerja sama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi.
10. Staffing (Melengkapi Tenaga Kerja)
Staffing adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak tahap merekrut tenaga kerja, pengembangannya, sampai dengan usaha agar setiap pegawai berdaya guna maksimal bagi perusahaan.
11. Commanding/Directing (Memerintah)
Commanding atau Directing adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, atau intruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing. Hal ini bertujuan agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
12. Budgeting (Menyusun Anggaran)
Budgeting adalah fungsi manajemen berupa pengikhtisiaran system anggaran keuangan, baik itu system keuangan untuk jangka pendek, menengah, maupun Panjang.
13. Reporting (Pelaporan)
Reporting adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan dan pemberian keterangan mengenai segala hal dan kegiatan yang berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi. Pelaporan dilakukan secara lisan atau tertulis sehingga penerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelaksanaan tugas pegawai yang memberi laporan.
14. Forecasting (Peramalan)
Forecasting merupakan kegiatan meramalkan, memproyeksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan.
Guna melaksanakan manajemen secara efektif dan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, diperlukan alat-alat(tools). Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan. Tools tersebut dikenal dengN 6M yang terdiri atas hal-hal berikut ini.
1. Man (Manusia)2. Materials (Bahan-bahan)3. Machines (Mesin-mesin)4. Methods (Metode-metode)5. Money (Uang)6. Markets (Pasar)

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.wendyandriyan.info/2019/11/fungsi-fungsi-manajemen-beserta-penjelasannya..html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed:+wendyandriyan/BeeB+(Blog+Wendy)

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pengelompokan Jenis Jenis Pajak Beserta Penjelasannya

Pengelompokan Jenis Jenis Pajak Beserta Penjelasannya

papar berkaitan - pada 9/11/2019 - jumlah : 119 hits
Dalam Hukum Pajak terdapat pembagian jenis jenis pajak yang dibagi dalam berbagai pengelompokan atau pembagian sebagai berikut Pengelompokan Pajak Menurut Golongannya1 Pajak Langsung yaitu pajak yang dimaksudkan untuk dipikul sendiri oleh y...
Batuuban 3 Bot Pukat Tunda C Beserta 14 Warga Asing Ditahan Polis Marin

Batuuban 3 Bot Pukat Tunda C Beserta 14 Warga Asing Ditahan Polis Marin

papar berkaitan - pada 30/10/2019 - jumlah : 40 hits
BATU UBAN 26 Oktober 2019 Sikap tamak pengusaha bot nelayan pukat tunda C membawa padah apabila bot mereka di tahan oleh Pasukan Polis Marin Wilayah Satu Batu Uban Pulau Pinang di Perairan Tanjung Piandang pada jarak kira kira 10 batu nauti...
Macam Macam Jenis Helm Beserta Keunggulan Dan Kelemahannya

Macam Macam Jenis Helm Beserta Keunggulan Dan Kelemahannya

papar berkaitan - pada 11/11/2019 - jumlah : 57 hits
Salah satu alat pengaman saat berkendara yang wajib kamu gunakan adalah helm atau penutup kepala Helm akan menghindarkan pemakainya dari Artikel ditulis oleh dan dipublikasikan pertama kali di Hak cipta oleh
Muncikari Jl Buat Manajemen Khusus Tawarkan Publik Figur Pa Lewat Online

Muncikari Jl Buat Manajemen Khusus Tawarkan Publik Figur Pa Lewat Online

papar berkaitan - pada 27/10/2019 - jumlah : 90 hits
Dikonfirmasi soal jaringan prostitusi online ini Leo menjelaskan saat ini pihaknya tengah mendalami adanya dugaan jaringan prostitusi lebih besar yang melibatkan para publik figur Sebab hal itu diakuinya nyata suda ada dan terulang kembali
6 Zodiak Yang Punya Manajemen Waktu Kacau Balau

6 Zodiak Yang Punya Manajemen Waktu Kacau Balau

papar berkaitan - pada 31/10/2019 - jumlah : 17 hits
6 Zodiak yang selalu kesulitan mengatur waktu dua di antaranya adalah Scorpio dan Leo
Pengertian Sistem Ekonomi Campuran Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian Sistem Ekonomi Campuran Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

papar berkaitan - pada 29/10/2019 - jumlah : 97 hits
Pengertian sistem ekonomicampuran yaitu suatu sistem ekonomi yang di satu sisi pemerintah memberikan kebebasan kepada masyarakat dalam berusaha melakukan suatu kegiatan ekonomi akan tetapi di sisi lain pemerintah mempunyai campur tangan dal...
Benarkah Main Gadget Saat Hujan Deras Berisiko Tersambar Petir Berikut Penjelasannya

Benarkah Main Gadget Saat Hujan Deras Berisiko Tersambar Petir Berikut Penjelasannya

papar berkaitan - pada 16/11/2019 - jumlah : 47 hits
NOAA atau National Oceanic and Atmospheric Administration menjelaskan terdapat tiga faktor utama yang memengaruhi petir menyerang yaitu ketinggian bentuk runcing dan isolasi yang menjadi faktor dominan sambaran petir
Lebih Baik Mana Isotonik Atau Air Putih Biasa Saat Cuaca Panas Ini Penjelasannya

Lebih Baik Mana Isotonik Atau Air Putih Biasa Saat Cuaca Panas Ini Penjelasannya

papar berkaitan - pada 28/10/2019 - jumlah : 25 hits
Pakar kesehatan mengingatkan agar kebutuhan air tubuh dipenuhi demi mencegah masalah semisal dehidrasi saat menghadapi suhu udara yang belakangan ini terasa sangat panas Namun perlukah sampai meminum cairan isotonik untuk menggantikan caira...
Begini 5 Tahapan Ketika Seseorang Jatuh Cinta Menurut Sains Semua Fase Ada Penjelasannya

Begini 5 Tahapan Ketika Seseorang Jatuh Cinta Menurut Sains Semua Fase Ada Penjelasannya

papar berkaitan - pada 27/10/2019 - jumlah : 59 hits
Jadi bukan ujug ujug langsung cinta dan jadian semua ada prosesnya Walau awalnya benci setengah mati bisa jadi itu fase awalnya
Guru Berusia 22 Tahun Jadi Sasaran Pelajar Kerana Terlalu Cantik

Petua Mudah Halau Kucing Suka Buang Najis Di Halaman Rumah

Pasar Vietnam Terbesar Bakal Dibuka Di Malaysia Mac 2020

Bosan Jadi Manusia Lelaki Ini Memilih Untuk Jadi Kambing

Bangkai Mammoth Berusia 10000 Masih Berdarah Ditemui Di Siberia

Buat Nasi Goreng Guna Nasi Sejuk Sebabkan Keracunan

Isyarat Jelas Buat Mahathir

The Drawers House By Mia Design Studio In Vung Tau Vietnam



Pertarungan Kentut Samurai pada Zaman Edo Jepun

Jonathan Kura Kura Gergasi Haiwan Darat Paling Tua Di Dunia Yang Masih Hidup

5 Foto Adik Erra Fazira Yang Ramai Tak Tahu

5 Punca Utama Berlakunya Perang Dunia Kedua WW2

Keputusan Markah Peserta Konsert Gegar Vaganza 6 2019 Minggu Keenam


Superdeal Year End Holiday 2019

Banyak Darah Seram Macam Nak Pengsan Tajul

Latihan Bersedekah

Tg Piai Ini Huraian 10sen Ibrahim Ali

Breaking Ji Chang Wook Favourably Considering Script For Luca As His Next Drama

Pakatan Di Aibkan Di Prk Tg Piai Tapi Tidak Untuk Dap Dan Anwar