Diam Diam Baca Chatting An Di Hp Suami Istri Bolehkah Dalam Islam



Dalam islam, boleh nggak sih suami ngecek diam-diam HP istri atau sebaliknya?
Nah, sebelum ke sana, kita harus mafhum bahwa upaya memeriksa diam-diam telepon genggam orang lain bisa diartikan sebagai tindakan untuk mencari tahu rahasia pribadi orang lain.
Tindakan ini pada dasarnya merupakan praktik tercela yang dilarang sebagaimana tercantum dalam Surat Al-Hujurat ayat 12.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا “Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan sangka (kecurigaan) karena sebagian dari sangka itu dosa. Jangan memata-matai orang lain…,” (Surat Al-Hujurat ayat 12).
Pada hadits riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk menjauhi tindakan tercela, yaitu saling mengintai, mendengki, membenci, dan saling memutuskan ikatan persahabatan.
التَّحَسُّسُ هُوَ الاِسْتِمَاعُ إِلَى حَدِيثِ الْغَيْرِ، وَهُوَ مَنْهِيٌّ عَنْهُ لِقَوْل رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلاَ تَجَسَّسُوا وَلاَ تَحَسَّسُوا وَلاَ تَحَاسَدُوا وَلاَ تَبَاغَضُوا وَلاَ تَدَابَرُوا، وَكُونُوا عِبَادَ اللَّهِ إِخْوَانًا “Tahasus (mencari tahu dengan pancaindra) salah satunya mendengarkan percakapan orang lain. Tahasus dilarang dalam agama berdasarkan hadits Rasulullah SAW, ‘Jangan kalian memata-matai, jangan menyalahgunakan pancaindra (untuk mencari tahu orang), jangan saling mendengki, jangan saling membenci, jangan memutuskan tali ikatan. Jadilah hamba Allah yang bersaudara,’ (HR Muslim),” (Lihat Wizaratul Awqaf was Syu`unul Islamiyyah, Al-Mausu’atul Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah, [Kuwait, Darus Safwah: 1997 M/1417 H], cetakan pertama, juz V, halaman 292).
Praktik pengintaian, “nguping”, dan tindakan yang digambarkan oleh orang sekarang ini dengan istilah “kepo” sejatinya dilarang oleh agama Islam kecuali ada kepentingan tertentu, yaitu kepentingan perang, pengadilan, dan kepentingan lainnya.
Oleh karena itu, ulama menyatakan tiga hukum pengintaian (tajasus) dan “nguping”, yaitu, haram sebagaimana keterangan Al-Qur’an dan hadits, wajib dalam situasi perang, dan mubah demi kepentingan pengadilan, (Lihat Wizaratul Awqaf was Syu`unul Islamiyyah, Al-Mausu’atul Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah, [Kuwait, Darus Safwah: 1997 M/1417 H], cetakan pertama, juz X, halaman 162).
Lalu bagaimana dengan pengintaian seorang suami atau istri dengan cara membaca secara mencuri chatting atau percakapan hp milik pasangannya?
Pertanyaan ini tidak mudah dijawab dengan haram, wajib, atau mubah seperti keterangan di atas. Pertanyaan ini menurut kami adalah persoalan pelik.
Tetapi kami akan menjawab secara umum bahwa perkawinan seharusnya dibangun di atas dasar keterbukaan, kepercayaan, dan penghormatan sehingga tidak ada kecurigaan yang berujung pengintaian.
التراضي أساس في عقد الزواج “Sikap saling ridha merupakan asas dalam ikatan perkawinan,” (Lihat Syekh Wahbah Az-Zuhayli, Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh, (Beirut, Darul Fikr: tanpa catatan tahun), juz X, halaman 548).
Dengan prinsip ridha, keterbukaan, kepercayaan, dan penghormatan, suami maupun istri seyogianya tidak perlu melakukan pengintaian atau kepo dengan memeriksa hape pasangan masing-masing. Keduanya seyogianya saling menghormati privasi pasangannya.
Meski demikian, dalam realitasnya prinsip-prinsip itu sulit dipraktikkan oleh masing-masing pasangan suami-istri.
Prinsip-prinsip itu semakin sulit dipraktikkan dalam situasi yang pasangannya kedapatan pernah melakukan sejenis pengkhiatan atas ikatan perkawinan atau ada indikasi-indikasi ke arah itu.
Kami menyarankan suami-istri untuk menghormati privasi pasangannya, dan menjaga kepercayaan yang diberikan oleh pasangan masing-masing agar tercipta suasana kehidupan rumah tangga penuh ketenteraman, tanpa hantu kecurigaan.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/diam-diam-baca-chatting-an-di-hp-suamiistri-bolehkah-dalam-islam/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ikuti Perintah Dukun Suami Istri Kubur Bayinya Hidup Hidup Karena Dianggap Akan Bawa Sial

Ikuti Perintah Dukun Suami Istri Kubur Bayinya Hidup Hidup Karena Dianggap Akan Bawa Sial

papar berkaitan - pada 25/1/2019 - jumlah : 208 hits
Sepasang suami istri di India tega mengubur hidup hidup anak mereka yang masih bayi karena terpengaruh hasutan dari seorang dukun yang mereka ikuti Jumat Dikutip dari The Sun bayi malang tersebut dikubur hidup hidup oleh oleh bibinya yang d...
Seringnya Para Suami Bertampang Biasa Menikahi Istri Berparas Cantik Memesona Kata Para Ahli Ini Lo Alasannya

Seringnya Para Suami Bertampang Biasa Menikahi Istri Berparas Cantik Memesona Kata Para Ahli Ini Lo Alasannya

papar berkaitan - pada 25/1/2019 - jumlah : 229 hits
Sering banget viral bukti hal macam ini masih tabu Ya katanya nih gara gara para suami lebih tertarik pada penampilan sedangkan para istri lebih tertarik pada yang memberikan kenyamanan Hmm kamu setuju nggak nih
Bolehkah Solat Ketika Azan Masih Berkumandang Baca Ini Ramai Orang Zaman Sekarang Yang Masih Keliru

Bolehkah Solat Ketika Azan Masih Berkumandang Baca Ini Ramai Orang Zaman Sekarang Yang Masih Keliru

papar berkaitan - pada 26/1/2019 - jumlah : 544 hits
SEMBAHYANG KETIKA AZANMENUNAIKAN SEMBAHYANG KETIKA AZAN DILAUNGKANSoalan Bolehkan saat azan dilaungkan Allahu Akbar Allahu Akbar seseorang itu terus menunaikan solat Jawapan Seseorang yang mengerjakan sembahyang ketika azan masih dilaungkan...
Tak Diberi Password Hp Istri Bakar Suami

Tak Diberi Password Hp Istri Bakar Suami

papar berkaitan - pada 20/1/2019 - jumlah : 326 hits
Seorang ibu rumah tangga di Desa Pandawangi Kecamatan Jerowaru Lombok Timur Nusa Tenggara Barat tega membakar suaminya sendiri Penyebabnya pun sepele hanya tidak diberi password untuk membuka ponsel suaminya Peristiwa terjadi pada Sabtu sor...
Kepada Suami Yang Suka Sangat Bergurau Nak Berpoligami Tu Sila Baca Hadam Nukilan Ini Hargai Isteri Anda

Kepada Suami Yang Suka Sangat Bergurau Nak Berpoligami Tu Sila Baca Hadam Nukilan Ini Hargai Isteri Anda

papar berkaitan - pada 12/1/2019 - jumlah : 602 hits
Tercengang dengar luahan dan penyesalan sahabat saya ustaz Mohamed Iqbal Alivi tentang gurau bab poligami dengan isteri Baru baru ni beliau baru je dapat cahaya mata Comel anak dia Lepas habis program di pasir gudang lepas solat semua ajak ...
Tak Bisa Berdandan Istri Dianiaya Suami Di Pekalongan

Tak Bisa Berdandan Istri Dianiaya Suami Di Pekalongan

papar berkaitan - pada 24/1/2019 - jumlah : 209 hits
Kasus kekerasan dalam rumah tangga dilaporkan seorang istri di Polres Pekalongan Rabu Korban MA melaporkan suaminya berinisal AK alias Badur atas tuduhan penganiayaan Dalam pengakuannya sang istri merasa sudah tidak tahan atas perlakuan sua...
Jasad Suami Istri Korban Mobil Tenggelam Di Sungai Wampu Ditemukan

Jasad Suami Istri Korban Mobil Tenggelam Di Sungai Wampu Ditemukan

papar berkaitan - pada 21/1/2019 - jumlah : 222 hits
Jasad Suami Istri Korban Mobil Tenggelam di Sungai Wampu Ditemukan Jasad Nurhayati lebih dulu ditemukan sekitar pukul 07 00 Wib Sementara jasad suaminya ditemukan sekitar pukul 09 00 Wib Keduanya ditemukan warga
Satu Keluarga Cina Masuk Islam Di Rawang Ini Puncanya Subhanallah

Satu Keluarga Cina Masuk Islam Di Rawang Ini Puncanya Subhanallah

papar berkaitan - pada 26/1/2019 - jumlah : 347 hits
Satu Keluarga Cina Masuk Islam Di Rawang Ini Puncanya SUBHANALLAH Satu Keluarga Cina Masuk Islam Di Rawang Ini Puncanya SUBHANALLAH
Imam Ghazali Hujjatul Islam

Imam Ghazali Hujjatul Islam

papar berkaitan - pada 26/1/2019 - jumlah : 328 hits
Semua mengenali Imam al Ghazali sebagai seorang ulama bukan saja dalam bidang tasawuf tetapi juga dalam bidang fiqh dan falsafah Berikutan jasanya yang besar kepada umat Islam beliau diberi gelaran Mujaddid dan Hujjatul Islam Antara karyany...
Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Boycott Gone Sour Malays Returning To Mcdonald S Insulted And Called Dogs Pigs By Fellow Malays

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak

Filem Mustaqim



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


Membongkar Kejayaan Pembayaran Dan Pemenang Di Wecopytrade Dan Wemastertrade

Kaswi Gula Melaka

Effective Networking In Business

Doa Masuk Pasar Baca Doa Ini Apabila Pergi Ke Pasar

Lafaz Tasbih Kaffarah Sebagai Doa Pembersih Majlis

Rabbana Atina Fid Dunya Hasanah