Cek Fakta Benarkah Konser Virtual Covid 19 Perayaan Ulang Tahun Ke 100 Pki Ini Faktanya


Beredar isu bahwa konser amal yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam rangka perayaan ulang tahun ke-100 Partai Komunis Indonesia (PKI). Isu ini berembus di media sosial.
Adalah akun facebook Agus Baldie yang turut mengembuskan isu tersebut pada Senin 18 Mei 2020.
Akun ini mempertanyakan apakah konser beberapa waktu lalu merupakan rangkaian acara ulang tahun ke-100 PKI atau tidak.
“Hanya di Indonesia, Corona dilawan pakai konser. Ups… Ternyata 23 mei adalah ulang tahun ke 100 PKI Konser = ulang tahun?,” tulis akun Agus Baldie.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 365 emotikon, 75 komentar dan dibagikan sebanyak 2.300 kali.

Penelusuran
Dari penelusuran kami, isu bahwa konser amal yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam rangka perayaan ulang tahun ke-100 Partai Komunis Indonesia (PKI), adalah salah. Faktanya isu itu tidak bisa dipertanggungjawabkan.
Dilansir Antaranews.com, Ketua MPR Bambang Soesatyo menjelaskan konser virtual bertajuk “Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona” merupakan gagasan para seniman dan pekerja seni.
Bambang berharap konser yang dijadikan sarana penggalangan dana itu, dapat meringankan beban para pihak terdampak covid-19.
“Konser ini memperkuat solidaritas para pemimpin dan kehadiran negara dalam membantu masyarakat menghadapi pandemi covid-19,” kata Bambang seperti dilansir Antaranews.com, Minggu 17 Mei 2020.

Bambang menegaskan pilihan media konser virtual lantaran lagu dianggap punya daya magis yang luar biasa dalam menenangkan jiwa.
Pula grup musik Bimbo yang dipilih, karena dikenal dengan baik hampir oleh semua kalangan.
“Setidaknya (konser virtual) ini bisa menjadi penggerak solidaritas bagi pihak lain yang ingin melakukan hal serupa (penggalangan dana dalam bentuk lain),” beber dia.
Dilansir Medcom.id, konser yang telah berlangsung pada Minggu malam 17 Mei 2020 itu, berhasil mengumpulkan donasi melebihi Rp4 miliar dalam tempo dua jam.
Sejumlah pihak mempertontonkan semangat gotong-royong meringankan beban sesama.
“Ada kesadaran publik untuk berbagi bagi saudara nya yang kesulitan karena efek covid-19. Jiwa gotong royong menjadi Roh bangsa optimis semua rintangan dan kesulitan bisa kita atasi bersama,” kata Staf khusus Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo seperti dilansir Medcom.id, Senin 18 Mei 2020.
Benny menjelaskan gerakan komunitas ini merupakan model bersama sebagai bangsa untuk optimis menatap masa depan.
Selain itu, kerjasama semua pihak, serta penyerahan diri terhadap Yang Maha Kuasa merupakan kunci keberhasilan bangsa.
“Gerakan komunitas inilah model bersama sebagai bangsa untuk optimis menatap masa depan. Kebersamaan para elit politik, pelaku ekonomi dan masyarakat kunci dalam menatap ke depan. Kita yakin Tuhan yang maha Maha rahim akan membantu bangsa ini keluar masa sulit,” tegas Benny.

Berikut isi artikel selengkapnya:
Konser Bersatu Melawan Corona Berhasil Kumpulkan Donasi Rp4 Miliar
Jakarta: Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona yang digelar Minggu malam 17 Mei 2020, berhasil mengumpulkan donasi melebihi Rp4 miliar dalam tempo dua jam. Semangat bergotong-royong menjadi penyebabnya.
“Ada kesadaran publik untuk berbagi bagi saudara nya yang kesulitan karena efek covid-19. Jiwa gotong royong menjadi Roh bangsa optimis semua rintangan dan kesulitan bisa kita atasi bersama,” kata Staf khusus Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo, melalui pesan elektronik yang diterima Medcom.id, Senin 18 Mei 2020.
Benny menjelaskan, acara penggalangan dana ini menggambarkan kesadaran dan kepedulian publik terhadap saudara sebangsa yang terkena efek covid 19. Hal ini sejalan dengan falsafah negara Indonesia.
“Keutaman gotong royong kita miliki menjadi modal sosial dan budaya menggerakkan kesadaran publik untuk yakin bahwa bangsa mampu mengatasi kesulitan kita hadapi akibat covid 19,” tutur Benny.
Jiwa gotong-royong, kata Benny, juga menjadi roh yang membangkitkan optimistis bersama. Sehingga hal ini membuat masyarakat Indonesia mampu bersama-sama menyelesakan semua rintangan yang ada.
“Jiwa gotong-royong menjadi roh bangsa optimis semua rintangam dan kesulitan bisa kita atasi bersama,” tegas Benny.
Benny menjelaskan gerakan komunitas ini merupakan model bersama sebagai bangsa untuk optimis menatap masa depan. Selain itu kerjasama semua pihak, serta penyerahan diri terhadap Yang Maha Kuasa merupakan kunci keberhasilan bangsa.
“Gerakkan komunitas inilah model bersama sebagai bangsa untuk optimis menatap masa depan. Kebersamaan para elit politik , pelaku ekonomi dan masyarakat kunci dalam menatap ke depan. Kita yakin Tuhan yang maha Maha rahim akan membantu bangsa ini keluar masa sulit,” tandas Benny.
Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona digelar MPR bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).
Tayangan Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona akan di-relay beberapa stasiun televisi swasta yakni ANTV, INews, Metro TV, Net TV, dan O Channel.
Donasi terkumpul dari Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona sepenuhnya diserahkan kepada para seniman dan pekerja seni yang terdampak Covid-19. Donasi ini disalurkan melalui Yayasan Generasi Lintas Budaya yang dipimpin Olivia Zalianty.
Di sisi lain, inisiatif memancing rasa kepedulian semua pihak ini tidak lepas dari cibiran.
Di antaranya foto para pengisi dan pembawa acara yang beredar di media sosial.
Meski sejak awal Bambang mengaku, pihaknya telah berusaha mematuhi protokol kesehatan ala covid-19.
Namun ia menegaskan foto bersama itu sebuah kesalahan. Ia pun tak segan meminta maaf secara terbuka kepada publik.
“Sayalah orangnya. Bukan yang lain. Karena mereka telah bekerja sukarela tanpa honor termasuk Bimbo. Bahkan beberapa seniman, musisi dan kru serta anggota tim di antaranya merogoh kocek sendiri untuk mensukseskan acara Berbagi Kasih Bersama Bimbo,” tegas Bambang seperti dilansir Republika.co.id, Selasa 19 Mei 2020.

Kesimpulan
Isu bahwa konser amal yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam rangka perayaan ulang tahun ke-100 Partai Komunis Indonesia (PKI), adalah salah. Faktanya isu itu tidak bisa dipertanggungjawabkan.
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok.
Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
Misleading contentdibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
Sumber: medcom.id


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/cek-fakta-benarkah-konser-virtual-covid-19-perayaan-ulang-tahun-ke-100-pki-ini-faktanya/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cek Fakta Tidak Benar Jack Ma Sebut 2020 Tahun Untuk Bertahan Hidup

Cek Fakta Tidak Benar Jack Ma Sebut 2020 Tahun Untuk Bertahan Hidup

papar berkaitan - pada 12/5/2020 - jumlah : 322 hits
Klaim terkait kutipan Jack Ma yang menyebutkan tahun ini tahun untuk bertahan hidup adalah tidak benar Kutipan tersebut bersumber dari sebuah video hasil editan dengan suara yang bukan suara Jack Ma
Cek Fakta Hoaks Pemerintah Beri Dana Bantuan Dampak Covid 19 Rp2 Juta

Cek Fakta Hoaks Pemerintah Beri Dana Bantuan Dampak Covid 19 Rp2 Juta

papar berkaitan - pada 21/5/2020 - jumlah : 251 hits
Faktanya pemerintah tidak pernah mengeluarkan program bantuan untuk masyarakat senilai Rp 2 juta dan pendataan atau registrasi penerima bantuan melalui instansi resmi seperti Kementrian sosial Dinas sosial kelurahan dan RT RW setempat
Cek Fakta Disinformasi Paru Paru Pasien Covid 19 Yang Sembuh Tetap Rusak

Cek Fakta Disinformasi Paru Paru Pasien Covid 19 Yang Sembuh Tetap Rusak

papar berkaitan - pada 19/5/2020 - jumlah : 200 hits
Klaim paru paru pasien Covid 19 yang sudah sembuh akan tetap rusak salah Sangla Institute memberikan klarifikasi terkait unggahan berisi pernyataan Prof Dr Zhong Nan Shan tidak valid karena tidak didukung oleh data ilmiah yang jelas
Cek Fakta Tidak Benar Video Plandemic Yang Berisi Konspirasi Terkait Covid 19

Cek Fakta Tidak Benar Video Plandemic Yang Berisi Konspirasi Terkait Covid 19

papar berkaitan - pada 11/5/2020 - jumlah : 252 hits
Video berjudul Plandemic yang berisi tentang teori konspirasi terkait Covid 19 adalah tidak benar Beberapa klaim dalam video tersebut juga bertentangan dengan nasihat para medis
Cek Fakta Wapres Ma Ruf Amin Sebut Negara Berpenduduk Mayoritas Islam Susah Majunya Ini Faktanya

Cek Fakta Wapres Ma Ruf Amin Sebut Negara Berpenduduk Mayoritas Islam Susah Majunya Ini Faktanya

papar berkaitan - pada 14/5/2020 - jumlah : 278 hits
Beredar kabar yang mengklaim bahwa Wakil Presiden Ma ruf Amin mengatakan negara berpenduduk mayoritas Islam susah majunya Pernyataan tersebut merupakan judul artikel situs hops id sebagai berikut Wapres Maruf Amin Negara berpenduduk mayorit...
Selamat Menyambut Hari Ulang Tahun Kelahiran Ke 73

Selamat Menyambut Hari Ulang Tahun Kelahiran Ke 73

papar berkaitan - pada 16/5/2020 - jumlah : 406 hits
DAY 59 Hari kedua puluh dua RamadanSemalam Hari pertama aku kembali bertugas di Hari ini hari kedua Sepatutnya aku hanya bertugas semalam dan hari Khamis depan tapi disebabkan kerja yang memerlukan tindakan segera aku kena siapkan dalam ben...
Budak 9 Tahun Berjaya Siapkan 100 Ppe Untuk Petugas Hospital

Budak 9 Tahun Berjaya Siapkan 100 Ppe Untuk Petugas Hospital

papar berkaitan - pada 11/5/2020 - jumlah : 418 hits
Nur Afia Qistina Zamzuri baru 9 tahun tapi dah berjaya siapkan 100 pasang uniform PPE untuk kegunaan petugas di Hospital Tuanku Ampuan Najihah Kuala Pilah Terima kasih adik Afia Semoga dipermudahkan urusan adik sekeluarga 9 tahun tapi dah b...
Medallion Sempena Ulang Tahun Ke 60 Bank Negara Malaysia Sebagai Bank Pusat

Medallion Sempena Ulang Tahun Ke 60 Bank Negara Malaysia Sebagai Bank Pusat

papar berkaitan - pada 11/5/2020 - jumlah : 517 hits
Medallion Sempena Ulang Tahun BNM Ke 60 Sebagai Bank Pusat Medallion khas yang didatangkan dalam set 3 dalam 1 ini direka secara eksklusif sebagai cenderahati untuk kakitangan Bank Negara Malaysia sempena ulang tahun ke 60 BNM sebagai Bank ...
Selamat Ulang Tahun Ke 37 Uiam

Selamat Ulang Tahun Ke 37 Uiam

papar berkaitan - pada 22/5/2020 - jumlah : 411 hits
Selamat ulang tahun UIAM Taman Ilmu dan Budi Genap 10 tahun aku meninggalkan tempat ini Tak terkira banyak pengalaman manis di sini Belajar sambil menerapkan dalam diri nilai Islami Jodoh pun bertemu di sini 2004 2010 lamanya berada di sini...
The Evolution Of Adult Entertainment

Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Apabila Sang Profesor Datang Melawat

Azmin Pledges To Tell All On May 11

Isn T Akmal S Call To Reject Passport Renewal Based On Bm Fluency A Disservice Amid Looming Kkb Polls

Honor X7b Telefon Pintar 5g Kini Di Kedai Seluruh Negara Pada Rm899

Selepas Menjadi Penumpang Umno Bakal Terkubur Pada Pru16



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


Berebut Kasih

Tinggi Protein Dan Mikronutrien Ini Manfaat Ikan Susu Untuk Kesihatan

Upiak Hari Raya Duit Tak Ada Chord

Nadia Rosli Hati Yang Tercemar Chord

Cara Hilangkan Parut Jerawat Dengan Cepat

Kwsp Akaun 3 Apa Yang Perlu Anda Tahu