Cek Fakta Wapres Ma Ruf Amin Sebut Negara Berpenduduk Mayoritas Islam Susah Majunya Ini Faktanya


Beredar kabar yang mengklaim bahwa Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, negara berpenduduk mayoritas Islam susah majunya.
Pernyataan tersebut merupakan judul artikel situs hops.id, sebagai berikut:
“Wapres Maruf Amin: Negara berpenduduk mayoritas Islam susah majunya”
Berikut isi artikelnya:
Wakil presiden (Wapres) Maruf Amin menyebut jika sebagian besar negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam susah untuk maju. Hal ini pula yang terjadi pada Indonesia.
Pernyataan ini bukan sekadar ungkapan belaka, sebab dia turut menjabarkan sejumlah faktor, mengapa bisa demikian.
Menurut Wapres Maruf Amin, susahnya maju negara berpenduduk agama Islam karena menerapkan cara pikir konservatif dalam kehidupan sehari-hari. Maka, ekonomi dan pendidikan pun menjadi tertinggal.
“Cara berpikir konservatif menjadi salah satu penyebab mengapa negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim masih tergolong underdevelopment country dan mengalami ketertinggalan dalam ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya,” kata Wapres Maruf Amin saat menyampaikan ceramah yang disiarkan TVRI, disitat Antara, Senin 11 Mei 2020.
Wapres Maruf Amin kemudian menilai cara berpikir tersebut semakin berkembang akhir-akhir ini, khususnya ketika muncul kelompok-kelompok masyarakat yang berpikir bahwa kemurnian Islam harus dibangun dengan cara tekstualis.
“Cara berpikir seperti itu memang sudah mulai berkembang akhir-akhir ini, ketika isu kemurnian Islam harus dibangun dengan kemudian kita mengalami kemunduran berpikir dan mengarah pada cara pikir yang sangat tekstual,” katanya.
Kelompok konservatif tersebut, lanjut Wapres Maruf Amin, biasanya menolak adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dianggap tidak sesuai dengan pemahaman mereka terhadap ajaran agama Islam secara tekstual.
Padahal, kata dia, pemahaman secara tekstual dan konservatif itu tidak sesuai dengan salah satu sabda Nabi Muhammad SAW.
Cara berpikir konservatif tersebut juga menghambat upaya-upaya dalam mewujudkan peradaban Islam.
Untuk membangun kembali peradaban Islam, kata Wapres Maruf Amin, pola pikir wasathi atau moderat harus ditanamkan dan dikembangkan di negara Islam dan negara berpenduduk mayoritas Muslim.
“Cara berpikir konservatif seperti itu menghambat dan kontraproduktif terhadap upaya membangun kembali peradaban Islam. Oleh karena itu, cara berpikir wasathi dapat menjadi pijakan kuat untuk kita membangun kembali peradaban Islam yang kuat,” katanya.
Benarkah Wapres Maruf Amin menyatakan negara berpenduduk mayoritas Islam susah maju? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.
Penelusuran Fakta
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim pernyataan Wapres Maruf Amin negara berpenduduk mayoritas islam susah maju, dengan mengunjungi situs antaranews.com yang menjadi sumber klaim.
Penelusuran pada situs antaranews.com mengarah ke artikel berjudul “Wapres: Konservatisme buat negara berpenduduk Islam sulit berkembang”
Berikut isinya:
Jakarta (ANTARA) Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan sebagian besar negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam sulit berkembang dan mengalami ketertinggalan di bidang ekonomi karena masih konservatif dalam menerapkan ajaran agama di kehidupan sehari-hari.
“Cara berpikir konservatif menjadi salah satu penyebab mengapa negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim masih tergolong underdevelopment country dan mengalami ketertinggalan dalam ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya,” kata Wapres Ma’ruf Amin saat menyampaikan ceramah yang disiarkan TVRI dari kediaman Wapres di Jakarta, Minggu.
Ma’ruf Amin menilai cara berpikir tersebut semakin berkembang akhir-akhir ini, khususnya ketika muncul kelompok-kelompok masyarakat yang berpikir bahwa kemurnian Islam harus dibangun dengan cara tekstualis.
“Cara berpikir seperti itu memang sudah mulai berkembang akhir-akhir ini, ketika isu kemurnian Islam harus dibangun dengan kemudian kita mengalami kemunduran berpikir dan mengarah pada cara pikir yang sangat tekstual,” katanya.
Kelompok konservatif tersebut, lanjut Wapres, biasanya menolak adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi karena dianggap tidak sesuai dengan pemahaman mereka terhadap ajaran agama Islam secara tekstual. Padahal, kata dia, pemahaman secara tekstual dan konservatif itu tidak sesuai dengan salah satu sabda Nabi Muhammad SAW.
Cara berpikir konservatif tersebut juga menghambat upaya-upaya dalam mewujudkan peradaban Islam. Untuk membangun kembali peradaban Islam, kata Ma’ruf, pola pikir wasathi atau moderat harus ditanamkan dan dikembangkan di negara Islam dan negara berpenduduk mayoritas Muslim.
‘Cara berpikir konservatif seperti itu menghambat dan kontraproduktif terhadap upaya membangun kembali peradaban Islam. Oleh karena itu, cara berpikir wasathi dapat menjadi pijakan kuat untuk kita membangun kembali peradaban Islam yang kuat,” katanya.
Dalam artikel tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan, sebagian besar negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam sulit berkembang dan mengalami ketertinggalan di bidang ekonomi karena masih konservatif.
Dalam artikel tersebut, tidak terdapat pernyataan Ma’ruf Amin negara berpenduduk mayoritas Islam susah majunya.
Kesimpulan
Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak mengeluarkan pernyataan negara berpenduduk mayoritas Islam susah majunya.
Dalam artikel yang menjadi sumber klaim, Wapres Ma’ruf Amin menyatakan, konservatisme membuat negara berpenduduk Islam sulit berkembang.
Sumber: liputan6.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/cek-fakta-wapres-maruf-amin-sebut-negara-berpenduduk-mayoritas-islam-susah-majunya-ini-faktanya/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Wapres Ma Ruf Amin Ajak Umat Kembali Ke Pola Pikir Rasulullah Pasca Pandemi Covid 19

Wapres Ma Ruf Amin Ajak Umat Kembali Ke Pola Pikir Rasulullah Pasca Pandemi Covid 19

papar berkaitan - pada 11/5/2020 - jumlah : 310 hits
Ma ruf mencatat dengan penerapan cara berpikir yang diajarkan Rasulullah peradaban Islam pernah mencapai masa kejayaannya Pada masa itu lahir berbagai ilmu pengetahuan yang menjadi dasar peradaban modern saat ini
Cek Fakta Tidak Benar Jack Ma Sebut 2020 Tahun Untuk Bertahan Hidup

Cek Fakta Tidak Benar Jack Ma Sebut 2020 Tahun Untuk Bertahan Hidup

papar berkaitan - pada 12/5/2020 - jumlah : 320 hits
Klaim terkait kutipan Jack Ma yang menyebutkan tahun ini tahun untuk bertahan hidup adalah tidak benar Kutipan tersebut bersumber dari sebuah video hasil editan dengan suara yang bukan suara Jack Ma
Wapres Ma Ruf Amin Minta Kampus Tingkatkan Sdm Berdaya Saing Global

Wapres Ma Ruf Amin Minta Kampus Tingkatkan Sdm Berdaya Saing Global

papar berkaitan - pada 16/5/2020 - jumlah : 138 hits
Dia menuturkan produktivitas tenaga kerja Indonesia belum menjadi yang terbaik di ASEAN Berdasarkan data Asian Productivity Organization Databook 2019 posisi produktivitas per pekerja Indonesia berada pada peringkat ke 5 dari 10 negara ASEA...
Masuki Nuzulul Quran Wapres Ma Ruf Ajak Umat Bermunajat Lawan Covid 19

Masuki Nuzulul Quran Wapres Ma Ruf Ajak Umat Bermunajat Lawan Covid 19

papar berkaitan - pada 10/5/2020 - jumlah : 183 hits
Wakil Presiden Ma ruf Amin mengatakan 10 hari kedua di Bulan Ramadan adalah ayyamul maghfirah
5 Fakta Tentang Negara Brazil Yang Mungkin Anda Tak Tahu

5 Fakta Tentang Negara Brazil Yang Mungkin Anda Tak Tahu

papar berkaitan - pada 7/5/2020 - jumlah : 443 hits
Negara Brazil pasti sinonim dengan negara bola sepak dimana banyak melahirkan pemain bola sepak handalan yang terkenal seluruh dunia ketika ini Sebenarnya selain daripada itu ada lagi beberapa fakta menarik berkaitan Brazil yang mungkin and...
Cek Fakta Foto Orang Boleh Duduk Berhadapan Dengan Kabah Ini Penjelasannya

Cek Fakta Foto Orang Boleh Duduk Berhadapan Dengan Kabah Ini Penjelasannya

papar berkaitan - pada 30/4/2020 - jumlah : 181 hits
Foto yang diunggah akun Facebook Haji Apeh Dollar bukanlah seorang petugas kebersihan melainkan polisi Arab Saudi Foto tersebut sudah beberapa kali dipelintir oleh berbagai akun media sosial Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah ditutup un...
Bank Negara Perlu Berada Di Sisi Peminjam Ketika Susah Ku Li

Bank Negara Perlu Berada Di Sisi Peminjam Ketika Susah Ku Li

papar berkaitan - pada 2/5/2020 - jumlah : 292 hits
Tengku Razaleigh Hamzah BANK Negara Malaysia diminta bertimbang rasa dan perlu berada di sisi pemimjam ketika dalam keadaan ekonomi yang sukar ketika ini Ahli Parlimen Gua Musang Tengku Razaleigh Hamzah berkata sepatut Bank Negara mengambil...
Cek Fakta Disinformasi Kasus Gula Merah Palsu Di Banyumas

Cek Fakta Disinformasi Kasus Gula Merah Palsu Di Banyumas

papar berkaitan - pada 5/5/2020 - jumlah : 247 hits
Informasi tentang gula merah palsu yang terbuat dari bahan kimia dan kecap manis bekas adalah disinformasi Informasi ini merupakan kasus lama dan sudah diungkap petugas setempat
Cek Fakta Hoaks Elisa Granato Relawan Uji Coba Vaksin Corona Meninggal Dunia

Cek Fakta Hoaks Elisa Granato Relawan Uji Coba Vaksin Corona Meninggal Dunia

papar berkaitan - pada 1/5/2020 - jumlah : 206 hits
Klaim Elisa Granato meninggal dunia usai uji coba vaksin virus corona tidak benar atau hoaks Sampai saat ini Elisa Granato masih hidup
Standby Guys Pengurangan Subsidi Petrol Bakal Bermula

Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Ultimate Guide To Ghibli Park

Anak Batuk Lama Sangat Jangan Biarkan Kesan Pada Anak Ni Mak Ayah Kena Tahu

Reforms Not A Panacea For Weak Ringgit Says Economist

Will The Middle East Conflict Derail Our Economy



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Keputusan Ujian Penilaian Kelas Al Quran Dan Fardu Ain Tahun 2023

Honor Malaysia Bakal Lancar Empat Produk Baharu Pada 22 April

Finding Your Inner Peace Buddha Statues And The Path To Mindfulness

Bayi Meninggal Dunia Selepas Diberi Makan Cahaya Matahari

Banjir Besar 5 Negara Ragut Ratusan Nyawa

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah