Catat Teks Arab Latin Sholawat Fatih Faedah Dan Keutamaannya


Sholawat Fatih adalah salah satu shalawat yang kerap dibaca masyarakat di Indonesia.  Sholawat ini sebagaimana namanya (Fatih = Pembuka) adalah lafal shalawat yang diharapkan menjadi wasilah atau perantara harapan kita kepada Allah agar segala macam kebuntuan dan kemacetan persoalan yang sedang dihadapi dapat terbuka.


 Adapun teks arab dan juga latinnya dari lafal sholawat fatih berikut terjemahannya adalah sebagai berikut:


 اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allāhumma shalli wa sallim wa bārik ‘alā sayyidinā Muhammadinil Fātihi limā ughliqa, wal khātimi limā sabaqa, wan nāshiril haqqā bil haqqi, wal hādī ilā shirātin mustaqīm (ada yang baca 'shirātikal mustaqīm'). Shallallāhu ‘alayhi, wa ‘alā ālihī, wa ashhābihī haqqa qadrihī wa miqdārihil ‘azhīm.

Artinya,“Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

Mengapa shalawat ini disebut Sholawat al-Fatih?  Sholawat ini disusun oleh al-'Arif al-Kabir Sayyid Muhammad al-Bakri. 


Shalawat al-Fatih adalah salah satu ciri khas dari Tarekat Tijani. Diantara keistimewaan shalawat fatih tidak ada yang menyimpang dari ayat atau kandungan Alquran, tetapi harus diingat bahwa Shalawat al-Fatih bukan sebagian dari Alquran.

Syeikh Ahmad Tijani ra. belum pernah memberi suatu pernyataan sedikitpun bahwa Shalawat al-Fatih itu sebagian dari Alquran, kitabullah, hadits qudsi atau wahyu kenabian. Beliau juga belum pernah menyatakan Shalawat al-Fatih lebih utama dari Alquran atau mengimbanginya. Tidak ada satu kalam pun yang melebihi Alquran, begitulah yang ditegaskan oleh Syeikh Ahmad Tijani.

Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW ada yang menggunakanwasallam/wasallim dan ada yang tidak menggunakan wassallam/wassallim.[1]

Sholawat yang menggunakan wasallam/wasallim adalah shalawat orang mu'min dari firman Allah SWT:

Yaa Ayyuhalladziina aamanuu shalluu 'alahii wasallimuu tasliimaa

Kalau shalawat itu dari firman Allah SWT :

Innallaaha wa malaaikatahuu yushalluuna 'alan nabiy

dan orang mu'min hanya menirukan saja, maka shalawat itu tanpa wasallam/wasallimsebagaimana Shalawat al-Fatih dan lainnya.

Ketika Syeikh Ahmad bin Muhammad ditanya: Mengapa Sholawat al-Fatih tidak ada wasallim-nya?
Beliau menjawab: Haakadzaa minal ghaaib, demikianlah dari al-ghaaib.


Lama sekali Al-Quthb Asy-Syeikh Muhammad bin Abil Hasan Al-Bakri As-Shiddiq beribadah, munajat dan mohon kepada Allah SWT agar diberi shalawat yang pahala-pahala, sirr-sirr, faidah-faidah dan keistimewaan semua shalawat masuk di dalamnya.

Kemudian malaikat datang membawa kain bertuliskan Shalawat al-Fatih dengan tulisan cahaya, sebab itu diberi nama Shalawat Al-Bakriyah sebagaimana juga diberi nama Al-Yaaqutatul Faridah- permata Yaqut yang tidak ada duanya, tetapi kemudian terkenal dengan Shalawat al-Fatih.

Setelah 16 tahun (1180-1196 H) dalam usia 46 tahun Al-Quthbul Maktum Asy-Syeikh Ahmad bin Muhammad bin Asy-Syarif Al-Hasani At-Tijani ra. berjumpa Sayyidul Wujud SAW dalam keadaan jaga tidak dalam tidur/mimpi dan diberi ijazah Shalawat Al-Fatih dan diberi penjelasan tentang pahalanya, sirr-nya, faedahnya dan keistimewaannya juga tingkatan memberi ijazah pada orang lain.

Tingkatan Ijazah yang pertama:

1. Yang pertama harus yakin bahwa Shalawat Al-Fatih itu langsung dari Allah SWT, bukan karangan makhluk
2. Harus talqin dari yang mendapat izin menalqinnya. Ijazah ini untuk umum
Syeikh Ahmad berkata: Talqinkan Shalawat Al-Fatih itu kepada manusia agar mereka mati membawa iman.

Lafal teks shalawat fatih ini dikutip dari Kitab Perukunan Melayu. Dalam kitab itu terdapat kutipan dari Syekh Al-Arif Al-Kubra yang menyebutkan semacam khasiat atas pembacaan shalawat fatih tersebut.   “Kata Syekh Al-Arif Al-Kubra, ‘Barang siapa membaca shalawat ini seumur hidupnya sekali, niscaya ia dipelihara Allah Ta‘ala dari api neraka dan mewajibkan baginya husnul khatimah,’” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Al-‘Aidrus: tanpa tahun], halaman 52).

Pada prakteknya, kadang redaksi dari sholawat Fatih ini ada yang sedikit berbeda, namun artinya sama. Yang juga sering dipakai adalah teks sholawat fatih di bawah ini:


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ، الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ .

Para ulama memperkenalkan banyak lafal shalawat. Hal ini tidak menjadi masalah. Yang perlu dihindari adalah penggunaan lafal yang tidak layak bagi para nabi dan rasul seperti lafal “rahimahullāh atau rahimahumullāh”, “radhiyallāh ‘anhu atau ‘anhum”, atau “karramallāhu wajhahū atau ‘anhum.”

 ولا يجوز الدعاء للنبي صلى الله عليه وسلم بغير الوارد كرحمه الله بل المناسب واللائق في حق الأنبياء الدعاء بالصلاة والسلام 

Artinya, “Tidak boleh mendoakan Nabi Muhammad SAW dengan lafal yang tidak warid seperti lafal ‘Rahimahullāhu’. Tetapi lafal yang sesuai dan layak untuk para nabi dan rasul adalah lafal shalawat dan salam,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Kasyifatus Saja, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah], halaman 4).

Itulah lafal teks sholawat fatih dalam bahasa arab dan latin berikut terjemahannya. Shalawat ini biasa dibaca setelah shalat lima waktu, saat tahlilan arwah, dan saat berdoa pada kesempatan keagamaan lainnya. Semoga Allah membiasakan mulut dan hati kita dalam membaca shalawat dan kalimah thayyibah lainnya. Semoga bermanfaat.



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://wiridamalandoa.blogspot.com/2020/04/catat-teks-arab-latin-sholawat-fatih.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Covid 19 Akhirnya Fitnah Terhadap Arab Saudi Dalam Urusan Haji Dan Umrah Terjawab

Covid 19 Akhirnya Fitnah Terhadap Arab Saudi Dalam Urusan Haji Dan Umrah Terjawab

papar berkaitan - pada 8/4/2020 - jumlah : 317 hits
Oleh Anasz 1 Jika kita mengikuti perkembangan dunia terutama sekali yang melibatkan pengurusan haji dan umrah antara isu yang tidak akan dilepaskan oleh pembenci negara tauhid ini adalah pengurusan haji dan umrah oleh kerajaan Arab Saudi 2 ...
Dinar Emas Arab Ga Ada Nih Wajar Negara Maju Semua Beza Dengan Kita Bai 10141

Dinar Emas Arab Ga Ada Nih Wajar Negara Maju Semua Beza Dengan Kita Bai 10141

papar berkaitan - pada 8/4/2020 - jumlah : 227 hits
Katanya satu hari nanti Malaysia akan punya simpanan emas 100 kali lipat dan kemungkinan besar lebih dari total simpanan emas kesepuluh puluh negara yang tersebut Siapakah kepimpinan mereka di kala itu Kamu dia dan pastinya aku tak mungkin ...
Ibadah Haji Kerajaan Arab Saudi Belum Keluar Kenyataan Rasmi

Ibadah Haji Kerajaan Arab Saudi Belum Keluar Kenyataan Rasmi

papar berkaitan - pada 9/4/2020 - jumlah : 295 hits
Dr zulkifliKerajaan Arab Saudi belum mengeluarkan kenyataan rasmi berhubung pelaksanaan ibadah haji tahun ini kata Menteri di Jabatan Perdana Menteri Senator Datuk Seri Dr Zulkifli Mohamad Al Bakri Katanya beliau telah mengadakan perjumpaan...
Belum Ada Kenyataan Rasmi Dari Arab Saudi Berkenaan Haji

Belum Ada Kenyataan Rasmi Dari Arab Saudi Berkenaan Haji

papar berkaitan - pada 9/4/2020 - jumlah : 195 hits
Kerajaan telah bertemu duta besar negara itu untuk dapat penjelasanKUALA LUMPUR Belum ada sebarang kenyataan rasmi yang dikeluarkan oleh pihak Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi berhubung penangguhan ibadah haji bagi tahun ini berikutan ...
Setelah Pemerintahnya Kini Warga Dan Pengusaha Arab Ikut Bersedekah Demi Memerangi Corona

Setelah Pemerintahnya Kini Warga Dan Pengusaha Arab Ikut Bersedekah Demi Memerangi Corona

papar berkaitan - pada 10/4/2020 - jumlah : 262 hits
Setelah Kerajaan Arab Saudi memberikan kebijakan dan bantuan kepada warga miskin demi mencegah penyebaran virus corona kini para warga yang mampu dan sektor swasta ikut berperan andil dalam membantu masyarakat miskin Begitu juga dengan lemb...
Jom Buat Roti Arab

Jom Buat Roti Arab

papar berkaitan - pada 7/4/2020 - jumlah : 415 hits
Roti Arab500 gm tepung gandum1 sdb yis1 sdb susu tepung2 sdb butter2 sdb gula1 biji telor1 cawan airGaramCaraSatukan semua bahan dah uli sehingga elastik Biarkan adunan sehinggan kembang 2 kali ganda Tumbuk2 adunan untuk buang angin dlm tep...
Covid 19 Ini Pendirian Arab Saudi Tentang Ibadah Haji 2020

Covid 19 Ini Pendirian Arab Saudi Tentang Ibadah Haji 2020

papar berkaitan - pada 6/4/2020 - jumlah : 236 hits
Ekoran penularan wabak Covid 19 masih membimbangkan Ini keputusan pendirian Arab Saudi berkenaan perlaksanaan ibadah Haji bagi tahun ini Baca selanjutnya Covid 19 Ini Pendirian Arab Saudi Tentang Ibadah Haji 2020
Islam Tidak Benarkan Umatnya Berbohong Walau Dalam Bahasa Arab

Islam Tidak Benarkan Umatnya Berbohong Walau Dalam Bahasa Arab

papar berkaitan - pada 5/4/2020 - jumlah : 223 hits
Miqdad ZakariaTantawi kata Surat Haji Hadi tu adalah surat peribadi Kalau nak baca Bacalah yang bahasa arab Jangan baca terjemahan kalau nak tahu Inilah masalah lebai PAS Kalau ye pun surat peribadi Islam sama sekali tidak membenarkan penga...
Anwar Jumpa Trilionaire Arab Hadi Kenal Ke

Anwar Jumpa Trilionaire Arab Hadi Kenal Ke

papar berkaitan - pada 5/4/2020 - jumlah : 570 hits
Via WhatsApp Actually Tokoh yang benar2 layak untuk dapat menarik pelaburan dari Asia Barat ialah DSAI CONTOH sahaja Kumpulan Dallah Al Baraqa Sheikh Abdullah Kamel membuat kunjungan hormat ke atas DSAI dan bersedia untuk membuat pelaburan ...
Lirik Campak Bintang Faizal Tahir M Nasir

Two In Five Malaysians Might Quit If Required To Work More In Office Randstad

Lumira Di Eka Heights Kehidupan Bermakna Yang Dinantikan

Lumira Eka Heights Seremban Perumahan Gaya Hidup Moden

Plaza Premium Group Expands Flight Club Dining Brand At Kuala Lumpur International Airport Terminal 1

Dap S Dilemma Red Lines And Kuala Kubu Baharu

Ustadz Yang Membodoh Bodohi Jemaahnya Kata Frans Donal Di Bali By Dr H

Catat Nekad Berhaji Tanpa Visa Haji Bisa Dideportasi Dari Arab Saudi



10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria


Beli Saldo Paypal Via Bank Line By Bank Hana

Akhirnya Dapat Beli Sobek

Selesai Sesi Marhaban 2024 1445h

3 Ayat Pelaris Jualan Tak Perlu Sebut Brand

Breakthrough Your Fitness Plateau Vo2 Max Testing Personalized Plans

Tiada Desakan Mb Perlis Letak Jawatan Setiausaha Agung Pas