Cara Perpanjang Stnk Tahunan Dan Lima Tahunan


STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan bermotor merupakan salah satu dokumen resmi yang dikeluarkan oleh SAMSAT yang merupakan dokumen berharga yang wajib untuk dimiliki setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor sebagai bukti bahwa kendaraan tersebut adalah milik dia.
Selain STNK, terdapat juga BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor dan juga Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB yang merupakan dokumen penting juga yang menjadi dokumen penting kepemilikan kendaraan bermotor.
Setiap tahunnya tentu saja pemilik kendaraan bermotor wajib memperpanjang pajak tahunan sehingga wajib mengunjungi SAMSAT untuk bisa memperoleh pengesahan tahunan yang ditandai dengan adanya cap stempel pada kotak di dalam STNK yang tersedia.
Tidak hanya setiap tahun, namun STNK juga harus diperpanjang di SAMSAT setiap 5 tahun sekali. Jika sudah 5 tahun pemilik kendaraan tidak hanya akan mendapatkan cap saja, namun juga pengendara akan mengganti plat nomor baru dan juga STNK baru.
Cara Lengkap Perpanjang STNK Tahunan dan Lima Tahunan Namun banyak warga Indonesia yang saat ini masih beranggapan jika cara perpanjang STNK di SAMSAT akan terdapat pungli di mana-mana dan juga bisa memakan banyak waktu.
Padahal, anggapan ini salah karena setiap prosedur dan prosesnya sangat mudah dilakukan, hal terpenting adalah melengkapi segala persyaratannya dan sabar karena disini membutuhkan waktu untuk menunggu setiap prosedurnya.
Sebenarnya, cara lengkap perpanjang STNK di SAMSAT ini sangat mudah dan tidak begitu merepotkan jika anda sudah mengetahui syarat dan juga syarat-syaratnya.
1. Syarat Perpanjang STNK Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, perpanjang STNK tidak selamanya ribet dan memakan banyak waktu jika kita mengetahui syarat perpanjangan STNK. Untuk itu, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa syarat perpanjang STNK:
Motor yang ingin diperpanjang STNK. Satu lembar BPKB asli dan juga fotokopi. KTP asli dan siapkan fotokopiannya dimana KTP nya adalah pemilik kendaraan yang sesuai dengan STNK. STNK asli dan juga STNK fotokopi. 2. Cara Lengkap Perpanjang STNK Setelah anda menyiapkan semua syarat untuk perpanjangan STNK. Anda boleh langsung datang ke Samsat dengan membawa beberapa syarat-syarat tersebut dan lakukan beberapa prosedur cara lengkap perpanjang STNK di Samsat yang sudah saya tuliskan dibawah ini.
a) Cek Fisik Motor Setelah anda sampai di Samsat, anda langsung saja datang ke loket pendaftaran cek fisik kendaraan dan mengambil nomor antrian.
Setelah itu anda tinggal menunggu nomor antrian anda dipanggil dan kendaraan anda akan dicek fisiknya biasanya cek fisik nomor rangka dan nomer mesin kendaraan.
Secara dasar, cek fisik kendaraan tidak akan ditarik biaya. Namun jika ternyata anda diwajibkan untuk membayar dan andamerasa terkena pungli. Sebaiknya anda laporkan saja kejadian tersebut, karena cek fisik tidak pernah ditarif biaya.
b) Validasi Hasil Cek Fisik Setelah melakukan cek fisik kendaraan tentu saja anda akan mendapatkan hasil validasi dari cek fisik yang dilakukan tersebut. Anda berikan saja hasil cek fisik beserta STNK asli yang anda bawa tersebut ke bagian legalisasi hasil cek fisik kendaraan.
Dan lokasi dari bagian legalisasi hasil cek fisik ini biasanya tidak berada jauh dari lokasi cek fisik kendaraan. Sementara untuk waktu dari pengecekan dan validasi hasil cek fisik ini tidak memakan waktu lama, hanya 15 menit saja.
c) Isi Formulir dan Daftar Pembayaran Pajak Berikutnya anda harus mengambil formulir dan isi secara lengkap formulir pendaftaran pengambilan formulir STNK jika anda kurang mengerti maka anda dapat bertanya kepada petugas.
Kemudian berkas-berkas yang sudah anda siapkan tersebut, selanjutnya anda gabungkan bersamaan dengan berkas cek fisik yang sudah divalidasi dan juga formulir pendaftaran yang telah anda isi.
Kemudian Anda berikan semua berkas tersebut ke bagian loket pendaftaran dan tunggu sampai anda dipanggil oleh penjaga loket tersebut.
d) Bayar Pajak Saat nama anda sudah dipanggil, anda hanya perlu membayar pajak di kasir sesuai dengan angka yang dicetak pada lembaran pajak.
Setelah anda membayar pajak, nantinya anda akan memperoleh dua lembar bukti pembayaran. Dua lembar tersebut yang pertama adalah lembar berwarna putih untuk pengambilan plat nomor dan yang kedua adalah lembar biru yang digunakan untuk mengambil STNK baru.
Anda hanya perlu mengambil plat nomor baru dan juga STNK baru setelah menukarkan dua lembar bukti tersebut. Sebelumnya, anda harus memastikan data yang tertulis di STNK apakah sudah sesuai dengan data atau belum.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.wendyandriyan.info/cara-perpanjang-stnk-tahunan-dan-lima-tahunan/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cuba Cara Ni Buat Aktiviti Rangsang Otak Bayi Baru Anak Makin Bijak Aktif

Cuba Cara Ni Buat Aktiviti Rangsang Otak Bayi Baru Anak Makin Bijak Aktif

papar berkaitan - pada 27/1/2022 - jumlah : 133 hits
Kita merasakan anak kecil diusia setahun ke atas paling perlu dirangsang Hakikatnya bayi kecil kita yang baru beberapa bulan juga sudah bersedia dirangsang dalam pelbagai aktiviti yang bersesuaian Penulis Keibubapaan berkongsi tip dan aktiv...
Cara Membuat Baca Selengkapnya Di Aplikasi Whatsapp

Cara Membuat Baca Selengkapnya Di Aplikasi Whatsapp

papar berkaitan - pada 27/1/2022 - jumlah : 206 hits
Mau ngeprank teman di WhatsApp Kamu bisa mengikuti tutorial cara baca selengkapnya whatsapp yang akan dibahas kali ini Berbicara mengenai WhatsApp saya yakin kebanyakan orang sudah paham betul dengan layanan chatting gratis dari Meta Inc in...
Nostalgia Iklan Jadul Ketik Reg Spasi Cara Mudah Wujudkan Impian

Nostalgia Iklan Jadul Ketik Reg Spasi Cara Mudah Wujudkan Impian

papar berkaitan - pada 27/1/2022 - jumlah : 155 hits
Sebagai anak gaul zaman dulu kamu pasti pernah percaya sama iklan iklan absurd berikut ini
Cara Remove Background Image Tanpa Jejaskan Kualiti Gambar

Cara Remove Background Image Tanpa Jejaskan Kualiti Gambar

papar berkaitan - pada 27/1/2022 - jumlah : 227 hits
Cara Remove Image Background Gambar Kualiti HDSituasi paling kerap berlaku apabila ambil gambar produk untuk tujuan review mahupun untuk simpanan peribadi tapi hasil gambar kurang memuaskan disebabkan background yang kurang sesuai Kali ini ...
5 Cara Mudah Mengganti Nomor Hp Di Akun Prakerja

5 Cara Mudah Mengganti Nomor Hp Di Akun Prakerja

papar berkaitan - pada 26/1/2022 - jumlah : 144 hits
Setiap peserta patut mengetahui cara mengubah nomor HP di Prakerja Nomor kartu SIM atau nomor ponsel mutlak adalah sesuatu yang amat penting dalam menjalani proses Prakerja Cara Mengganti Nomor HP di Akun Prakerja Selain belajar yang pentin...
Cara Mudah Buat Kerepek Ngaku Arrowhead Sedap Rangup

Cara Mudah Buat Kerepek Ngaku Arrowhead Sedap Rangup

papar berkaitan - pada 26/1/2022 - jumlah : 153 hits
Sedapnya Kerepek Ngaku Arrowhead ni Bila tiba musim perayaan Ngaku Arrowhead ni memang banyak di jual di pasaraya Ia merupakan salah satu snek kudapan wajib ada Berbentuk bulat dan sedikit bertangkai Ngaku biasanya dijadikan Memang sedap Na...
Aku Ceraikan Isteri Ikut Kehendak Dia Sebab Dia Tak Pandai Buat Air Ikut Tekak Keturunan Kami

Nak Rasa Cromboloni Sedap Boleh Ke Flour Crown Jitra

Stop The Drip Stay Warm A Guide To Oil Tank Replacement Services

Harga Kesihatan Memastikan Suplemen Makanan Dilindungi Di Malaysia

Don T Wait For A Leak Proactive Planning For Oil Tank Replacement

Kempen Pn Dijangka Menggila Selepas Usaha Serang Kerajaan Tak Berhasil

Kelantan Kereta Rumah Ditembak Suspek Diburu Polis

Pm Perlu Terus Tekan Untuk Menaikkan Gaji Minima Ke Rm2000



Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia


Calon Bersatu Prk Kkb Tunggang Isu Kematian Teoh Beng Hock

Buasir Otak Tv Macam Mana Nak Masuk Rumah Kalau Kunci Hilang

Pk House By 8x8 Design Studio Co In Calatagan Philippines

Melinda Dadew Humansan Chord

Tamil News Editor Served Legal Letter From Deputy Minister S Aide

Kkb Polls Boycotting The Ballot Box Unproductive Says Yeoh