Cara Menghitung Hpp Produksi Bakso Menggunakan Zahir Accounting Standar


Kalimat dalam paragraf diatas merupakan permintaan dari salah seorang klien Blogger Borneo ketika pertama kali bertemu langsung sekitar 2 (dua) tahun lalu di Blok M Coffee Jalan Pancasila Pontianak.
Awal mulanya sempat mengira calon klien ini berdomisili di kota Pontianak dan sekitarnya, ternyata setelah ketemuan baru tahu Beliau dan istrinya baru tiba dari Balai Karangan, Kabupaten Sanggau, sebuah daerah dekat wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.
Blogger Borneo sempat tertegun karena sejak membawa bendera PT Zahir Internasional sejak 10 tahun lalu, baru kali ini bertemu dengan seorang calon klien dengan latar belakang pengusaha bakso yang ingin menggunakan sistem komputer akuntansi Zahir Accounting untuk menghitung semua pengeluaran dan penerimaan hariannya.
Sistem Akuntansi Usaha Bakso Sudah menjadi kebiasaan bagi Blogger Borneo, khusus untuk urusan permintaan untuk pemasangan aplikasi akuntansi UMKM selalu meminta untuk dapat bertemu langsung buat berdiskusi sebelum lanjut ke proses selanjutnya.
Pada prinsipnya, menjual program akuntansi ini tidak semudah menjual smartphone ASUS Zenfone 5 atau notebook yang Blogger Borneo gunakan sekarang yaitu ASUS S430. Ketika ada calon klien menghubungi dan menyatakan ketertarikannya menggunakan Zahir Accounting, maka sebagai product representative untuk wilayah Kalimantan Barat, Blogger Borneo harus membuat janji untuk bertemu langsung untuk berdiskusi terlebih dahulu.
Jika pada tulisan sebelumnya, Blogger Borneo menuliskan kisah para pemilik usaha Kratom di Pontianak yang menggunakan Zahir Accounting untuk mempermudah mereka dalam mencatat pengeluaran dan pendapatan hariannya, sekarang kita lihat bagaimana program akuntansi UMKM di Indonesia ini bisa membantu pengusaha bakso di Balai Karangan ini.
Sistem Produksi Secara umum, usaha bakso masuk dalam kategori bidang produksi karena memproses bahan baku ditambah dengan bahan-bahan tambahan lainnya yang kemudian diolah menjadi adonan. Setelah itu, proses pembentukan menjadi pentolan-pentolan dilakukan dan langsung dimasukkan dalam tempat rebusan hingga matang.
Karena calon klien ini merupakan pengusaha bakso sapi, maka otomatis bakso yang dibuat adalah Bakso Daging Sapi. Alhamdulillah untuk saat ini, tepatnya di minggu kedua bulan Oktober 2019 usaha produksi baksonya ini telah mendapatkan Sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Barat.
Menghitung HPP Usaha Bakso Dalam proses produksi, menghitung Harga Pokok Pembelian (HPP) tidak semudah proses dagang karena adanya penambahan beberapa jenis pengeluaran operasional ketika memproduksi produk bakso daging sapi. Selain bahan baku dalam bentuk daging sapi, harus ditambahkan juga beberapa bahan tambahan lainnya seperti: Tepung, Garam, Penyedap Rasa, Bahan Pengenyal, Es Batu, dan lain sebagainya.
Image: Dok. Pribadi Proses Adonan
Setelah bahan baku dan bahan-bahan tambahan lainnya dimasukkan dan diolah, tidak langsung menjadi produk bakso jadi. Bentuk hasil produksinya masih dalam bentuk adonan bakso. Setelah adonan jadi baru proses pembentukan menjadi pentolan-pentolan bakso dilakukan.
Proses Pembentukan
Proses pementolan (istilah umum untuk proses pembentukan adonan menjadi pentol bakso) bisa dilakukan secara manual menggunakan tangan atau otomatis menggunakan mesin. Agar hasil pentolannya lebih bagus, disarankan menggunakan mesin pementol otomatis karena ukurannya standar sehingga bentuknya semua sama.
Sampai disini sebenarnya proses produknya baksonya sudah selesai, sekarang tinggal mau dijual secara kiloan kepada para pedagang bakso atau dikemas lagi dalam bungkusan-bungkusan kecil dengan isi pentol bakso disesuaikan dengan keinginan.
Hitungan Bakso Per Butir Sekarang bagaimana jika kita ingin mengetahui bagaimana cara menghitung HPP Bakso sampai per butirnya, apakah hal seperti ini bisa dilakukan. Memang jika dilihat sekilas, prosesnya akan sedikit lebih ribet karena banyak item masuk dalam proses produksi ini. Lagipula untuk dapat menghitung secara rinci dan akurat, acuannya harus standar.
Asumsinya seperti ini:
Pembelian Bahan Baku, seperti: Daging Sapi. Pembelian Bahan Tambahan. seperti: Tepung, Garam, Bumbu Penyedap, Bahan Pengenyal, dan lain sebagainya. Semua Bahan Baku dan Bahan Tambahan ini masuk dalam stok persediaan dengan harga belinya masing-masing. Sekali produksi adonan nilai HPP nya langsung bisa diketahui ketika diinput dalam sistem Zahir Accounting. Adonan bakso ini statusnya adalah Produk dalam Proses.
Asumsi Hitungan Bakso Anggaplah untuk sekali proses produksi adonan bakso HPP keseluruhan adalah Rp. 500.000,-, selanjutnya dilihat berapa butir bakso yang dihasilkan. Misalnya jadinya 1000 pentol bakso, ini berarti HPP per butir bakso sama dengan Rp. 500,- (Rp. 500.000,- / 1000 Pentol). Nah ternyata mudah menghitung HPP bakso per butirnya bukan?
Memang secara hitungan seperti ini bisa dengan mudah diketahui, akan tetapi bagaimana ketika prosesnya terjadi setiap hari dan beberapa kali produksi. Tak terbayangkan jika kita harus melakukan perhitungan ini setiap hari secara berulang-ulang dan terus menerus. Makanya wajar jika sangat jarang penjual bakso khususnya di Kalimantan Barat melakukan perhitungan seperti ini.

Video diatas merupakan demo dari aplikasi Zahir Accounting Standard 6.0 yang bisa digunakan untuk melakukan pencatatan akuntansi keuangan untuk pemilik usaha bakso. Secara umum gambarannya seperti itu, jika masih merasa bingung bisa langsung menghubungi: 0811-56-1982 (Product Representative Zahir Accounting Kalimantan Barat). (DW)
 


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/cara-menghitung-hpp-produksi-bakso/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
5 Cara Efektif Untuk Menjaga Tekanan Darah Tanpa Menggunakan Obat

5 Cara Efektif Untuk Menjaga Tekanan Darah Tanpa Menggunakan Obat

papar berkaitan - pada 28/10/2019 - jumlah : 322 hits
Menderita masalah tekanan darah tinggi juga bisa membuat seseorang berisiko mengalami risiko komplikasi kesehatan Walau begitu terdapat sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tekanan darah tanpa menggunakan obat
Cara Menulis Ayat Untuk Menjual Secara Online Menggunakan Teknik Nail

Cara Menulis Ayat Untuk Menjual Secara Online Menggunakan Teknik Nail

papar berkaitan - pada 5/11/2019 - jumlah : 351 hits
Teknik NAIL ini saya belajar melalui sebuah buku yang ditulis oleh Philip Hesketh yang berjudul How To Persuade Influence People Powerful techniques to get your own way more often Saya jumpa buku ini dari Perpustakaan Negara Malaysia Kalau ...
Cara Menggunakan Chkdsk Periksa Keadaan Hard Disk

Cara Menggunakan Chkdsk Periksa Keadaan Hard Disk

papar berkaitan - pada 5/11/2019 - jumlah : 387 hits
Assalamualaikum dan salam sejahtera anda tengah sedap layan cerita tiba tiba terdapat bluescreen mengatakan masalah pada hard disk seperti gambarajah dibawah Langkah pertama yang anda perlu lakukan matikan komputer anda tukar salah satu pow...
Cara Mudah Menghitung Hari Bulan Dan Jam Baik Untuk Menikah Menurut Tradisi Jawa Komplet

Cara Mudah Menghitung Hari Bulan Dan Jam Baik Untuk Menikah Menurut Tradisi Jawa Komplet

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 215 hits
Boleh percaya boleh nggak tapi ternyata perhitungan tanggal baik menurut Jawa itu ada alasan dan sejarah di baliknya lo
Dua Jenis Usaha Bidang Kratom Di Pontianak Gunakan Zahir Accounting 6 0

Dua Jenis Usaha Bidang Kratom Di Pontianak Gunakan Zahir Accounting 6 0

papar berkaitan - pada 2/11/2019 - jumlah : 228 hits
Sebelum masuk lebih lanjut dalam pembahasan ini secara khusus Blogger Borneo tidak akan membuka identitas dari 2 klien pengguna aplikasi komputer akuntansi Zahir Accounting di kota Pontianak ini karena bidang usahanya masih terkait dengan j...
Cara Tingkatkan Kualiti Sesebuah Gambar Dengan Hanya Menggunakan Aplikasi Wechat

Cara Tingkatkan Kualiti Sesebuah Gambar Dengan Hanya Menggunakan Aplikasi Wechat

papar berkaitan - pada 6/11/2019 - jumlah : 524 hits
Tutorial kali ni aku nak tunjukkan kepada anda bagaimana anda boleh mengubah gambar anda kepada gambar yang lebih baik seakan akan High Definition gitu Sebenarnya cari ini dapat mengembalikan kualiti gambar yang lama iaitu kebiasaanya gamba...
Panduan Menggunakan Corel Draw X3 Ilmukomputer Com Cara Belajar Corel Draw

Panduan Menggunakan Corel Draw X3 Ilmukomputer Com Cara Belajar Corel Draw

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 289 hits
Hallo selamat pagi sesi kali ini akan membawa pembahasan mengenai cara belajar corel draw Panduan Menggunakan Corel Draw X3 IlmuKomputer Com simak selengkapnya Author Corel Draw X3 melambangkan salah ahad software desain ilustratif yang ama...
Cara Buat Bubur Lambuk Terengganu Dengan Ulam Berkhasiat

Cara Buat Bubur Lambuk Terengganu Dengan Ulam Berkhasiat

papar berkaitan - pada 26/10/2019 - jumlah : 563 hits
Dekat nak bulan puasa teringin pula nak makan bubur lambuk Apa yang menyebabkan bubur lambuk berbeza dari bubur biasa kerana bahan bahannya terdiri dari pelbagai antaranya daun kesom daun kadok pucuk paku hijau dan daun kunyit BAHAN BAHAN 5...
Cara Menanam Pisang Berangan

Cara Menanam Pisang Berangan

papar berkaitan - pada 26/10/2019 - jumlah : 691 hits
CARA MENANAM PISANG BERANGAN Maklumat ini diperolehi daripada pengurus ladang pisang yang menjaga Ladang Pisang seluas 65 ekar di Johor 1 Setiap pokok pisang hanya dikekalkan dengan 8 daun sahaja 2 Untuk pisang berangan buah hanya dikekalka...
Azmin Pledges To Tell All On May 11

Ramai Netizen Dan Rakyat Teruja Gembira Bila Dimaklumkan Tun Mahathir Antara Yang Sedang Disiasat Sprm

Nga S Aide Chosen For Kuala Kubu Baharu After Dap Abandoned Hope Of Malay Vote

What Is The Lifespan Of Vinyl Windows And How Can You Prolong It

Big Bucks Top 10 Sellers From Bonhams Spring Stafford Sale

Berebut Kasih

Tanya Hadi Mengapa Tak Bantah Akta Laut Wilayah Mb Terengganu Diberitahu

Reaching Out



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Makanan Perlis Paling Popular

Tafsir Mimpi Gajah

Panduan Produk Kesihatan

Grab Nanyang Siang Pau 27 04 2024

Selamat Hari Gawai Maksud Dan Contoh Ucapan

Piala Thomas 2024 Senarai Pemain Malaysia Jadual Live