Cara Melunasi Utang Tidur Akibat Bergadang


Anda sering bergadang dan kerap tidur seharian keesokan harinya dengan dasar bahwa Anda sedang melunasi utang tidur kemarin? Oh, Anda keliru jika berpikir demikian.
Urusan tidur ini memang masalah banyak orang, termasuk di Amerika Serikat.
Meski para ahli menganjurkan tidur delapan jam per hari, survei National Sleep Foundation(2005) seperti dikutip Scientific American, menyatakan rata-rata orang Amerika tidur 6,9 jam per malam, 6,8 jam selama seminggu, dan 7,4 jam pada akhir pekan.
Artinya, mereka rata-rata kehilangan waktu tidur satu jam setiap malam dan dua minggu penuh dalam setahun.
Celakanya, seperti tadi disebutkan, utang tidur ternyata tak dapat dilunasi hanya dengan tidur maraton seharian.
Tubuh tetap akan membawa efek-efek negatif dari kehilangan jam tidur: otak berkabut, penglihatan memburuk, tak fokus mengemudi, dan sulit mengingat.
Efek jangka panjangnya adalah terkena obesitas, diabetes, stroke, dan penyakit jantung.
Sayangnya, banyak orang tak menyadari dan tertipu oleh semangat palsu ketika bangun dari tidur ekstra di hari berikutnya.
“Orang-orang mengumpulkan utang tidur tanpa sadar,” ujar psikiater William C. Dement, pendiri Stanford University Sleep Clinic.
Faktanya, sekitar 30 persen orang dewasa mengalami insomnia jangka pendek. Insomnia kronis yang berlangsung selama lebih dari tiga minggu diderita oleh 10 persen orang dewasa di Amerika.
Banyak dari mereka yang membutuhkan perawatan untuk menghilangkannya.
Siklus tidur dikendalikan oleh jam internal tubuh dengan pergantian pagi dan malam sebagai pengingatnya. Banyak fungsi tubuh lainnya yang merespon ritme sirkadian 24 jam.
Salah satunya adalah suhu tubuh. Normalnya, suhu paling rendah ada pada pukul 5 pagi dan tertinggi ada di pukul 5 sore. Demikian pula ekskresi natrium dan output urine, yang biasanya lebih tinggi pada siang hari daripada malam hari.
Tingkat hormon juga berfluktuasi. Sekresi kortisol paling tinggi terjadi pada pagi hari, produksi testosteron puncak ada di pagi hari, hormon pertumbuhan banyak terjadi di malam hari.
Melatonin, hormon yang membantu siklus tidur, diproduksi oleh kelenjar pineal otak pada malam hari.
Gangguan koordinasi normal antara pagi dan malam dapat menyebabkan gangguan tidur sementara, jet lag, atau gangguan kronis yang dialami pekerja shift.
Pendeknya, tubuh kita dianalogikan sebuah jam, jika satu roda salah, maka akan mempengaruhi perputaran normalnya.
Berapa Jam Kita Mesti Tidur?
Sebagian orang membutuhkan waktu 7-11 jam untuk tidur, tapi para ahli menyarankan delapan jam sebagai jam tidur ideal.
Meski begitu, sejatinya tak ada jumlah tidur normal, karena yang terpenting adalah kualitas tidur, bukan kuantitas.
Jumlah jam tidur juga selalu berubah seiring pertambahan usia. Anak-anak membutuhkan jam tidur lebih banyak dibanding orang dewasa.
Karena tak ada jumlah normal waktu tidur, insomnia didiagnosis dari kuantitas atau kualitas tidur yang tidak cukup sehingga mengganggu fungsi normal siang hari.
Namun, pada kenyataannya, semakin besar utang tidur, semakin tubuh tidak mampu mendeteksinya. Ia hanya akan terus membawa efek-efek negatif tersebut dan menumpuknya sebagai penyakit.
University of Chicago meneliti sekelompok siswa yang tidur hanya empat jam setiap malam selama enam hari berturut-turut.
Hasilnya, relawan pada penelitian itu mengalami tekanan darah tinggi, kadar hormon stres (kortisol) lebih tinggi, dan hanya menghasilkan separuh jumlah antibodi untuk flu.
Siswa yang kurang tidur juga menunjukkan tanda-tanda resistensi insulin, yakni keadaan tubuh sebelum menderita diabetes tipe 2.
Kehilangan jam tidur juga dapat mengganggu daya pikir, seperti yang dinyatakan oleh penelitian di University of Pennsylvania dan Harvard Medical School pada 2003.
Para peneliti mempelajari 48 pria dan wanita sehat, berusia 21 sampai 38 tahun. Rata-rata, mereka tidur 7-8 jam setiap malam.
Lalu, peneliti membaginya menjadi kelompok yang diminta tidur delapan jam, enam jam, empat jam, dan tidak tidur selama tiga hari.
Saat terjaga, relawan diminta untuk menyelesaikan kuesioner evaluasi dan melakukan tes waktu reaksi, memori, serta kemampuan kognitif.
Selama dua minggu, waktu reaksi pada kelompok yang tidur delapan jam semalam menunjukkan hasil yang statis. Nilai pada memori dan tugas kognitif juga meningkat dengan baik.
Namun, nilai kelompok tidur empat jam dan enam jam mendekati kelompok keempat, yang nilainya turun drastis selama tiga hari tak tidur.
Setelah dua minggu, relawan yang tidur empat jam secara kognitif juga tidak lebih baik daripada kelompok tak tidur. Sementara itu, di akhir penelitian, nilai kinerja kelompok yang tidur enam jam dan empat jam terus menurun.
Lalu bagaimana cara memulihkan akibat utang tidur?
Dr. Lawrence J. Epstein, direktur medis dari Pusat Kesehatan Tidur yang berafiliasi dengan Harvard, menyatakan bahwa tidur cukup sama pentingnya dengan pola hidup sehat lainnya seperti diet dan olahraga.
Jika utang tidur sudah telanjur menumpuk, kita perlu melunasi utang jangka pendeknya terlebih dulu.
“Jika Anda melewatkan 10 jam tidur selama seminggu, tambahkan 3-4 jam tidur pada akhir pekan dan 1-2 jam ekstra per malam pada minggu berikutnya sampai utangnya lunas,” kata Epstein.
Utang tidur jangka panjang membutuhkan beberapa minggu untuk melunasinya. Epstein menyarankan untuk liburan dan mematikan alarm yang biasa membangunkan Anda.
Biarkan tubuh bangun di pagi hari secara alami. Pada awalnya, Anda akan tidur 12 jam atau lebih, hingga akhirnya tubuh beradaptasi kembali untuk bangun tidur secara normal.
Sumber: tirto.id


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/cara-melunasi-utang-tidur-akibat-bergadang/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
3 Cara Malaysia Bayar Utang Yang Sudah Menggunung

3 Cara Malaysia Bayar Utang Yang Sudah Menggunung

papar berkaitan - pada 11/10/2018 - jumlah : 285 hits
PM Mahathir punya cara cara untuk melunasi utang negara sebesar 1 triliun ringgit atau setara Rp 3 600 triliun lebih Begini cara caranya
Awas Muka Lumpuh Sebelah Akibat Kerap Tidur Dengan Rambut Basah

Awas Muka Lumpuh Sebelah Akibat Kerap Tidur Dengan Rambut Basah

papar berkaitan - pada 13/10/2018 - jumlah : 506 hits
Kita seringkali mendengar nasihat daripada orang yang lebih tua untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum tidur Pernahkah anda terfikir apakah sebabnya Awas Muka lumpuh sebelah akibat kerap tidur dengan rambut basah
Cara Unik Dan Kompak Warga Banjarnegara Dukung Asian Para Games 2018

Cara Unik Dan Kompak Warga Banjarnegara Dukung Asian Para Games 2018

papar berkaitan - pada 12/10/2018 - jumlah : 287 hits
Dengan kreativitasnya warga desa Jenggawur Banjarnegara tunjukkan dukungan terhadap gelaran Asian Para Games 2018
Cara Merawat Lovebird Muda Anakan Agar Rajin Berkicau

Cara Merawat Lovebird Muda Anakan Agar Rajin Berkicau

papar berkaitan - pada 12/10/2018 - jumlah : 358 hits
Burung lovebird yang masih mudah lebih diminati karena memiliki harga yang relatif lebih murah dan terjangkau harga burung ini berkisar antara Rp 200 000 sampai Rp 300 000 untuk seekor burung yang berumur 4 bulan Harga ini adalah harga buru...
Cara Memberikan Pakan Meloloh Anakan Lovebird Yang Baru Menetas

Cara Memberikan Pakan Meloloh Anakan Lovebird Yang Baru Menetas

papar berkaitan - pada 12/10/2018 - jumlah : 414 hits
Perlu Anda ketahui bahwa bayi lovebird tidak akan bisa makan sendiri maka dari itu di sini peran sang breeder sangatlah dibutuhkan untuk merawat bayi burung ini Untuk bayi burung yang baru lahir memang wajar jika tidak bisa makan sendiri ka...
Sekjen Pbb Puji Cara Indonesia Tangani Bencana

Sekjen Pbb Puji Cara Indonesia Tangani Bencana

papar berkaitan - pada 12/10/2018 - jumlah : 197 hits
Sekjen PBB mengatakan bahwa masyarakat Indonesia memiliki resiliensi yang tinggi dan mengapresiasi respons cepat pemerintah sehingga situasi dapat diatasi dalam waktu yang singkat Beliau mengatakan selalu tidak mudah kita bekerja pada saat ...
Cara Bacaan Isymam Pada Kalimah Dalam Surah Yusuf Ayat 11 8357

Cara Bacaan Isymam Pada Kalimah Dalam Surah Yusuf Ayat 11 8357

papar berkaitan - pada 12/10/2018 - jumlah : 1774 hits
Islam Agama Ku Perkongsian rakaman yang diambil oleh pelajar Malaysia cara bacaan Isymam pada kalimah dalam Surah Yusuf ayat 11 oleh Syeikh Hasan Rejab Beliau merupakan tenaga pengajar di Maahad Qiraat Shoubra Mesir Seorang pencinta al Qura...
Cara Terbaik Merawat Burung Cipoh

Cara Terbaik Merawat Burung Cipoh

papar berkaitan - pada 12/10/2018 - jumlah : 335 hits
Burung Cipoh atau di beberapa daerah disebut dengan Burung Sirtu merupakan burung hutan yang memiliki suara menarik serta unik Burung ini banyak ditemukan di semak belukar mencari makanan yang terdiri atas serangga telur serangga atau biji ...
Azmin Pledges To Tell All On May 11

Nga S Aide Chosen For Kuala Kubu Baharu After Dap Abandoned Hope Of Malay Vote

Utilizing Crowdfunding For Business

Ramai Netizen Dan Rakyat Teruja Gembira Bila Dimaklumkan Tun Mahathir Antara Yang Sedang Disiasat Sprm

What Is The Lifespan Of Vinyl Windows And How Can You Prolong It

Big Bucks Top 10 Sellers From Bonhams Spring Stafford Sale

Tanya Hadi Mengapa Tak Bantah Akta Laut Wilayah Mb Terengganu Diberitahu

World Bank Report Says Malaysian Children Not Learning Enough In Schools



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


The Cultural Impact Of Online Casino Gaming On Filipino Society

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut

Polis Tahan Pemandu Peribadi Kerana Melakukan Khianat Dan Memukul

Pn Talks Of Gov T Change After Kkb Azmin Holds Back On Revelations Against Ph

We Are Not Subject Of Macc Investigation Say Two Of Mahathir S Sons

Apam Lenggang Rangup Manis Berlemak