Atorvastatin Obat Kolesterol Yang Dapat Menurunkan Resiko Stroke Dan Serangan Jantung




Salah satu obat kolesterol yang paling banyak digunakan adalah Atorvastatin, Atorvastatin ternasuk  dalam kelompok obat yang disebut sebagai  inhibitor HMG CoA reductase, atau "statin." Atorvastatin digunakan sebagai obat kolesterol karena mampu mengurangi kadar kolesterol "buruk" (low-density lipoprotein, atau LDL) dan trigliserida dalam darah, yang juga sekaligus dapat meningkatkan kadar kolesterol "baik" (high-density lipoprotein, atau HDL).


Atorvastatin bukan hanya digunakan sebagai obat kolesterol tinggi, namun juga digunakan untuk menurunkan risiko stroke, serangan jantung, atau komplikasi jantung lainnya pada orang dengan diabetes tipe 2, penyakit jantung koroner, atau faktor risiko lainnya.

Atorvastatin digunakan pada orang dewasa dan anak-anak yang berusia minimal 10 tahun.

Informasi penting tentang Atorvastatin sebagai obat kolesterol
Anda sebaiknya tidak menggunakan atorvastatin jika Anda hamil atau sedang menyusui, atau jika Anda memiliki penyakit liver.

Berhenti minum obat ini dan segera beritahu dokter jika Anda ternyata sedang dalam kondisi hamil.

Interaksi obat yang serius dapat terjadi bila obat-obatan tertentu digunakan bersamaan dengan atorvastatin. Beritahu masing-masing penyedia layanan kesehatan Anda tentang semua obat yang Anda gunakan pada saat Anda harus menggunakan Atorvastatin, dan obat apa pun yang Anda mulai atau hentikan penggunaannya.

Sangat penting untuk diperhatikan, meskipun jarang terjadi, atorvastatin dapat menyebabkan kondisi yang menyebabkan hancurnya jaringan otot rangka, yang menyebabkan gagal ginjal. Segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki rasa sakit, atau kelemahan otot yang tidak dapat dijelaskan terutama jika disertai demam, kelelahan yang tidak biasa, dan urin yang berwarna gelap.

Hindari mengonsumsi makanan yang tinggi lemak atau kolesterol. Atorvastatin tidak akan efektif sebagai obat kolesterol Anda jika Anda tidak mengikuti rencana diet penurun kolesterol.

Atorvastatin merupakan bagian dari program pengobatan lengkap yang juga mencakup diet, olahraga, dan pengendalian berat badan. Ikutilah diet, pengobatan, dan rutinitas olahraga dengan sangat cermat.

Hal-hal yang penting untuk diperhatikan sebelum menggunakan obat kolesterol Atorvastatin

Dianjurkan sebelum menggunakan obat kolesterol Atorvastatin sebaiknya Anda harus mengetahui apakah Anda memiliki alergi terhadap obat ini atau jika Anda memiliki kondisi sebagai berikut:

    penyakit liver; atau    Jika Anda sedang hamil atau menyusui.
Untuk memastikan bahwa obat kolesterol atorvastatin aman untuk Anda, beritahu dokter Anda jika Anda memiliki kondisi berikut ini:

    Nyeri otot atau kelemahan;    Riwayat penyakit liver;    Riwayat penyakit ginjal;    Riwayat stroke (termasuk TIA atau "stroke ringan");    Kelainan tiroid; atau    Jika Anda minum minuman beralkohol lebih dari 2 kali setiap hari.Atorvastatin 10mg dan 20mg
Atorvastatin 40mg dan 80mg

Meskipun obat kolesterol Atorvastat cukup efektif namun obat ini dapat menyebabkan kondisi yang mengakibatkan hancurnya jaringan otot rangka, yang menyebabkan gagal ginjal. Kondisi ini mungkin lebih mungkin terjadi pada orang lanjut usia dan pada orang-orang yang menderita penyakit ginjal atau hipotiroidisme yang tidak terkontrol dengan baik (tiroid yang kurang aktif).

Obat ini bisa membahayakan janin atau menyebabkan cacat lahir. Jangan gunakan obat ini jika Anda sedang hamil. Berhenti minum atorvastatin dan segera beritahu dokter jika trnyata Anda dalam kondisi hamil. Sebaiknya gunakan alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan saat Anda menggunakan obat ini.

Atorvastatin bisa masuk ke dalam ASI dan bisa membahayakan bayi. Jangan menyusui saat Anda menggunakan obat ini.

Atorvastatin tidak disetujui untuk digunakan oleh siapa pun yang berusia kurang dari 10 tahun.
Bagaimana cara menggunakan obat kolestero atorvastatin dengan benar?
Gunakanlah atorvastatin persis seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Ikuti semua petunjuk pada label resep Anda. Dokter mungkin sesekali perlu mengubah dosis Anda untuk memastikan agar Anda mendapatkan hasil terbaik. Jangan gunakan obat ini dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang dianjurkan.

Atorvastatin biasanya diminum sekali sehari, dengan atau tanpa makanan. Gunakanlah obat pada waktu yang sama setiap hari.

Jangan pecahkan atau hancurkan dalam menggunakannya.

Anda mungkin perlu berhenti menggunakan obat kolesterol dalam beberapa saat jika Anda mengalami  kondisi berikut ini:

    Kejang yang tidak terkontrol;    Ketidakseimbangan elektrolit (seperti kadar potassium tinggi atau rendah dalam darah Anda);    Tekanan darah rendah;    Infeksi parah atau penyakit; atau    Operasi atau keadaan dalam kondisi darurat medis.
Saat menggunakan obat kolesterol ini, Anda mungkin memerlukan tes darah secara rutin untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kondisi tubuh Anda.

Penggunaan Atorvastatin sebagai obat kolesterol merupakan bagian dari program pengobatan lengkap yang mungkin juga mencakup diet, olahraga, dan pengendalian berat badan. Ikutilah instruksi dokter Anda dengan sangat cermat.

Simpan pada suhu kamar dari kelembaban, panas, dan cahaya.

Apa yang yang harus saya lakukan jika saya melewatkan satu dosis Atorvastatin?
Ambillah dosis yang terlewat begitu Anda ingat. Lewatkan dosis yang terlewat jika dosis berikutnya kurang dari 12 jam. Jangan minum obat tambahan untuk mengganti dosis yang tidak terjawab.

Apa yang terjadi jika saya mengalami overdosis pada saat menggunakan obat kolesterol ini?
Carilah bantuan medis darurat secepat mungkin, untuk mengantisipasi kondisi yang lebih parah.

Apa yang harus saya hindari saat mengkonsumsi atorvastatin?
Pada saat Anda menggunakan obat kolesterol ini hindari mengonsumsi makanan yang tinggi lemak atau kolesterol. Atorvastatin tidak akan bekerja secara efektif dalam sebagai obat kolesterol jika Anda tidak mengikuti rencana diet penurun kolesterol.

Hindari minum alkohol. Ini dapat meningkatkan kadar trigliserida dan dapat meningkatkan risiko kerusakan hati.

Jus anggur maupun anggur dapat berinteraksi dengan atorvastatin dan dapat menyebabkan efek berbahaya. Diskusikan penggunaan produk berbahan anggur kepada dokter Anda.

Efek samping atorvastatin
Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi terhadap atorvastatin seperti misalnya:  gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan yang terjadi pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, atorvastatin dapat menyebabkan kondisi yang menyebabkan hancurnya jaringan otot rangka, yang menyebabkan gagal ginjal. Segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki rasa sakit atau kelemahan otot yang tidak dapat dijelaskan terutama jika disertai dengan  demam, kelelahan yang tidak biasa, dan urin berwarna gelap.

Juga hubungi dokter jika saat Anda menggunakan obat kolesterol ini  Anda mengalami kondisi berikut ini:

    Masalah ginjal – buang air sedikit atau tidak buang air kecil sama sekali, buang air kecil yang menyakitkan atau sulit, bengkak di kaki atau pergelangan kaki, merasa lelah atau sesak nafas;

    Masalah hati - mual, sakit perut bagian atas, gatal, rasa lelah, kehilangan nafsu makan, urine gelap, kotoran berwarna tanah liat, sakit kuning (menguningnya kulit atau mata); atau

    Tanda-tanda stroke - mati rasa atau kelemahan tiba-tiba (terutama di satu sisi tubuh), sakit kepala mendadak parah, bicara cadel, mengalami masalah penglihatan atau keseimbangan.

Efek samping atorvastatin yang umum terjadi dapat meliputi:

    Nyeri otot atau sendi;    diare; atau    sakit perut.
Daftar efek samping obat kolesterol Atorvastatin bukanlah merupakan daftar lengkap efek samping dan efek samping lainnya mungkin bisa terjadi. Hubungi dokter Anda untuk mendapatkan saran medis tentang efek samping.

Informasi dosis atorvastatin
Dosis Dewasa Biasa untuk Pencegahan Penyakit Kardiovaskular:

Dosis awal: 10 mg sampai 80 mg per oral sekali sehari.

Dosis awal atorvastatin yang direkomendasikan untuk pasien ini dalam pencegahan penyakit kardiovaskular adalah 10 mg sampai 80 mg per oral sekali sehari. Dosis dapat diberikan kapan saja tanpa memperhatikan makanan.

Penyesuaian dosis harus dilakukan pada interval 2 sampai 4 minggu.

Studi telah menunjukkan bahwa pengobatan dengan atorvastatin dikaitkan dengan pengurangan risiko kardiovaskular endpoint dan stroke yang signifikan pada berbagai populasi pasien untuk pencegahan primer dan sekunder.

Untuk pencegahan primer, pengobatan atorvastatin efektif pada pasien hipertensi dengan kadar kolesterol normal atau agak tinggi serta pada pasien diabetes tipe II. Pasien memiliki tingkat kolesterol yang relatif rendah pada awal percobaan. Namun, pengobatan dengan obat ini masih menghasilkan penurunan signifikan pada hasil kardiovaskular dan stroke.

Untuk pencegahan sekunder, terapi penurunan lipid intensif dengan atorvastatin 80 mg / hari dikaitkan dengan manfaat klinis inkremental yang signifikan di luar terapi dengan 10 mg / hari pada pasien dengan penyakit jantung koroner yang stabil. Hal itu juga terbukti secara signifikan mengurangi risiko hasil klinis pada pasien penyakit jantung koroner versus perawatan medis biasa.

Dosis Dewasa Biasa untuk Hyperlipidemia:

Dosis awal: 10, 20 atau 40 mg per oral sekali sehari. Dosis awal 40 mg direkomendasikan untuk pasien yang membutuhkan pengurangan kolesterol LDL lebih dari 45%.

Penyesuaian dosis harus dilakukan pada interval 2 sampai 4 minggu.

Dosis Atorvastatin pemeliharaan: 10 sampai 80 mg per oral sekali sehari.

Dosis Atorvastatin Pediatrik Biasa untuk Heterozygous Familial Hypercholesterolemia:

10 sampai 17 tahun:
10 mg per hari (dosis maks adalah 20 mg per hari). Penyesuaian harus dilakukan pada interval 4 minggu atau lebih.

Apa obat lain yang akan mempengaruhi atorvastatin?
Beberapa obat lain dapat meningkatkan risiko masalah otot yang serius, dan sangat penting bagi dokter untuk mengetahui jika Anda sedang menggunakan salah satu dari obat tersebut. Beritahu dokter Anda tentang semua obat yang saat ini Anda gunakan dan setiap Anda memulai atau berhenti menggunakannya, terutama ketika Anda menggunakan obat-obat berikut ini:

    Obat antibiotik atau antijamur;    Pil KB;    Obat penurun kolesterol lainnya;    Obat jantung; atau    Obat untuk mengobati HIV atau AIDS.Baca juga: Jenis-Jenis Obat Penurun Kolesterol

Daftar ini tidak bukanlah merupakan daftar lengkap. Obat lain dapat berinteraksi dengan atorvastatin, termasuk resep dan obat bebas, vitamin, dan produk herbal. Tidak semua kemungkinan interaksi tercantum dalam panduan pengobatan ini. (Disclaimer Medis)

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://realifact.blogspot.com/2017/04/atorvastatin-obat-kolesterol-yang-dapat.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Serangan Jantung Bisa Jadi Ancaman Ketika Perjalanan Panjang Di Pesawat

Serangan Jantung Bisa Jadi Ancaman Ketika Perjalanan Panjang Di Pesawat

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 230 hits
Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito A Damay menerangkan ada penanganan saat penumpang mengalami serangan jantung di pesawat
Gara Gara Meneran Terlalu Kuat Ketika Berak Lelaki Ini Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung

Gara Gara Meneran Terlalu Kuat Ketika Berak Lelaki Ini Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung

papar berkaitan - pada 17/1/2020 - jumlah : 637 hits
The ReporterSeorang lelaki berusia 72 tahun meninggal dunia akibat serangan jantung akibat meneran terlalu kuat ketika sedang membuang air besar Difahamkan warga emas bernama Zhu dari Wenzhou Zhejiang China itu sememangnya mempunyai sejarah...
Ziarah Ke Gunung Kemukus Warga Bandung Tewas Terkena Serangan Jantung

Ziarah Ke Gunung Kemukus Warga Bandung Tewas Terkena Serangan Jantung

papar berkaitan - pada 4/1/2020 - jumlah : 251 hits
Rosimin warga Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat meninggal dunia saat sedang berziarah ke makam Pangeran Samudro di Gunung Kemukus Kabupaten Sragen Jawa Tengah Kamis Rosimin diduga mengalami serangan jantung saat berjalan menuju sendang O...
Cara Hadapi Serangan Jantung Pakar Kongsi Tips Berguna

Cara Hadapi Serangan Jantung Pakar Kongsi Tips Berguna

papar berkaitan - pada 5/1/2020 - jumlah : 228 hits
Kematian secara mengejut individu yang aktif bersukan mungkin memeranjatkan kerana masalah jantung sering dikaitkan dengan tabiat tertentu seperti tidak bersenam atau menjaga makan namun hakikatnya serangan jantung atau penyakit kardiovasku...
8 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Turunkan Kolesterol Hingga Cegah Stroke

8 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Turunkan Kolesterol Hingga Cegah Stroke

papar berkaitan - pada 8/1/2020 - jumlah : 279 hits
Minyak zaitun memiliki banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan Hingga kini telah banyak penelitian yang membuktikan manfaat minyak zaitun
7 Manfaat Wedang Ronde Hilangkan Mabuk Hingga Cegah Risiko Serangan Jantung

7 Manfaat Wedang Ronde Hilangkan Mabuk Hingga Cegah Risiko Serangan Jantung

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 202 hits
Manfaat wedang ronde bagi kesehatan memang belum banyak diketahui Namun dibalik rasa nikmatnya meneguk satu cangkir wedang ronde memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia
Bukan Penyakit Jantung Ini Penyebab Meninggalnya Lina Mantan Istri Sule

Bukan Penyakit Jantung Ini Penyebab Meninggalnya Lina Mantan Istri Sule

papar berkaitan - pada 4/1/2020 - jumlah : 365 hits
Lina dikabarkan meninggal dunia karena penyakit jantung Namun hal itu diluruskan oleh anak sulungnya Rizky Febian
World War 3 Iran Islam Trending Di Twitter Serangan Diarahkan Trump Sendiri

World War 3 Iran Islam Trending Di Twitter Serangan Diarahkan Trump Sendiri

papar berkaitan - pada 4/1/2020 - jumlah : 286 hits
Nampaknya ramai yang mula risau dengan apa yang akan berlaku selepas ini berikutan dengan terbunuhnya komander tertinggi tentera elit Kor Pengawal Revolusi Iran iaitu Mejar Jeneral Qassim Suleimani Kerisauan ini dapat dilihat apabila perkat...
Pesanan Buat Sang Suami

Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Kisah Bekas Pekerja Kfc Dan Boikot

Parents More Involved In Autistic Children S Learning Post Pandemic

Thousands Rally On Labour Day Demand Better Rights

Set Up Gig Workers Commission Quickly Says Anwar

Continuous Learning

Pesanan Datin Thalia Kepada Wanita Jadilah Wanita Yang Mahal



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Tinta Bernoktah

Peluang Bisnis Digital Apa Yang Bagus Tahun 2024

The Hardest Singing Show

Dato Azizul Khamis Feat Alyah Joget Celoteh Raya Chord

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja

Jkn Pahang Rampas Produk Ubat Tidak Berdaftar Kosmetik Tiada Notifikasi Bernilai Rm1 Juta