Agus Dashmunsyid Maknai Ketauladan Nabi Muhammad Saw Dalam Hadapi Penetrasi Budaya


Agus Dashmunsyid, Penyanyi Nasyid. (Dok. Istimewa)Kecanggihan teknologi telekomunikasi dan informasi membuat semua orang mudah untuk mengakses aktivitas dunia di berbagai bidang sesuai yang diminati mereka, baik di bidang kesenian, olahraga, politik, religi, ilmu pengetahuan, dan lainnya.
Aktivitas dunia yang diekspos melalui media sosial dan platform publikasi lainnya akan memunculkan figur yang mampu menarik perhatian dan menjadi ikutan banyak orang. Kondisi ini membuka kemungkinan bagi umat Islam terutama bagi generasimudanya jadi lupa bahwa sebenarnya ikutan yang terbaik itu adalah Rasulullah Muhammad SAW. Dan hanyalah bagi orang yang mampu secara kaffah menauladani amal saleh Beliau yang akan masuk ke surga tanpa dihisab. Agus Dashmunsyid, Penyanyi Nasyid. (Dok. Istimewa)Agus Dashmunsyid, seorang penyanyi religi yang kami wawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada hari Rabu 26 Juni 2019 menyampaikan hal senada, dan ingin generasimuda muslim agar selalu mengidolakan Nabi Muhammad SAW untuk jadi tauladan dalam menempuh kehidupan. Sebagai upaya untuk mewujudkannya, Agus Dashmunsyid merilis lagu terbarunya yang berjudul 'Ya Adnani'. Lagu ini dirilis pada tanggal 26 Februari 2019 di IslamicTunes, platform penjualan lagu dunia. 
Agus mengatakan bahwa kemajuan zaman, teknologi, arus informasi, budaya serta sosial media digital yang sangat cepat tidak bisa kita hindari sebagai bentuk kemajuan zaman. Salah satu benteng yang bisa ikut membantu generasimuda dalam memfilter budaya asing adalah pendidikan agama dalam keluarga, agar mengenal Rasulullah SAW sejak dini. Melalui pemanfaatan internet, sosmed, kajian digital, video streaming untuk mengenal sosok Rasulullah SAW, sehingga mereka dengan mudah mencari informasi dan kajian positif dengan cepat juga, sehingga generasimuda bisa lebih arif, dan terfilter dari paparan arus budaya asing yang tidak bagus, karena budaya asingpun ada yang bagus yang bisa kita contoh soal kedisiplinan waktu, etos kerja, budaya antri yang sangat tinggi, cinta lingkungan, menyanyangi flora fauna, dan alam sekitar. Agus Dashmunsyid, Penyanyi Nasyid. (Dok. Istimewa)“Manfaatkan teknologi komunikasi, informasi sosial media untuk mengembangkan dakwah islam, syiar islam, syair islam, konten islam ke dalam kehidupan generasimuda masa kini, update perkembangan zaman yang terjadi, ikuti dengan gaya budaya islami supaya mereka tidak melupakan sama sekali akar dan aturan agamanya. Melalui lagu terbaru saya ‘Ya Adnani’ saya ingin berpesan, seseorang bisa menyampaikan secara syair dan syiar shalawat untuk junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang bertujuan untuk mengingat Beliau, yang menjadi panutan kita, Rasul-nya Allah SWT dalam menyempurnakan agama Islam. Mengenalkan dan edukasi shalawat untuk Nabi kita Muhammad kepada kaum generasi milenaial, pengingat kita yang sudah melewati masanya untuk tetap mencintai dan menjaga amalan shalawat, supaya tetap tercurahkan rahmat dan kasih Nya,” kata Agus, Penyanyi nasyid asal Pengalengan, dan saat ini berdomisili di Kota Bandung. Agus Dashmunsyid, Penyanyi Nasyid. (Dok. Istimewa)Agus juga mengatakan, “Ya Adnani adalah lagu yang saya ambil dari kumpulan shalawat untuk Baginda Rasulullah Muhammad SAW. Komposisi dan penempatan liriknya saya ganti tanpa mengubah arti dan komposisi asli shalawat tersebut, diberi tambahan lirik yang tidak bertentangan dengan isi shalawat tersebut dan diberi lagu serta aransemen music yang lebih easy listening. Motivasinya saya merilis lagu ini adalah karena kerinduan terhadap Baginda Rasulullah Muhammad SAW, dan shalawat ini adalah kenangan masa kecil sewaktu belajar mengaji, sekolah madrasah, sehingga ketika ingin memproduksi lagu ini.” 
“Lagu Ya Adnani ini diaransemen oleh Muhammad Gian Ginanjar Arial, seorang penyandang disabilitas yang luar biasa talenta bermusiknya, ia telah melahirkan ratusan karya, tidak hanya di dalam negeri, tapi juga hingga Malaysia dan Thailand, ia salah satu keponakan yang multitalenta dalam bermusik. Lagu ini diproduksi di studionya yang berlokasi di Asrama Sekolah SLB Wiyata Guna Bandung. Lagu Ya Adnani berkonsep musik simple, easy listening, mudah di hafalkan, ada sentuhan sedikit orkestra di bagian interlude seperti di kebanyakan lagu yang sudah saya buat dan menjadi khas,” kata Agus. Agus Dashmunsyid, Penyanyi Nasyid. (Dok. Istimewa)Lebih lanjut Agus mengatakan, “Saya mulai menyukai dunia menyanyi sejak masuk Paduan Suara saat di bangku Sekolah Menengah Atas, lalu sambil bekerja dan kuliah mengikuti event festival, ajang pencarian bakat, lalu nyanyi di Cafe, dan wedding. Kemudian bergabung dengan komunitas positif Smule Dashmunsyid dan menemukan jalan untuk berkarya di musik. Dari latar belakang hobi, akhirnya memutuskan untuk fokus menekuni dunia Nasyid. Ketika saya ikut bergabung dengan Komunitas DashSmunsyid pada bulan Juli 2016 lalu saya bentuk Grup Nasyid Dashmunsyid yang sebelumnya belum ada secara pakem grup nasyid yang dibentuk menggunakan nama komunitas tersebut, bertepatan dengan menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 H, tepatnya tanggal 20 Agustus 2018 dengan beberapa teman, sahabat dan panel yang telah lama bergabung di komunitas DashSmunsyid, kami membentuk Grup Nasyid Dashmunsyid). Sebelumnya tidak bergabung dengan tim musik manapun, hanya solois atau vokal freelance di cafe dan wedding. Lagu perdana saya berjudul ‘Menanti Cinta’ dirilis pada tanggal 13 Maret 2019 di IslamicTunes.” 
“Melihat perkembangan musik di Indonesia dan dunia, nasyid mengalami perubahan yang sangat cepat, musik nasyid zaman sekarang atau disebut zaman milenial tidak hanya membawakan unsur musik arabic, melayu, qosidah, rebana atau gambus, tapi berkembang ke jenis musik pop, jazz, dangdut, tradisional bahkan slow rock juga, inti dari nasyid terletak pada kandungan syair dan lirik yang bermuatan ajakan positif, saling mengingatkan, muhasabah diri, renungan, ke IIlahi-an, shalawat, isi kutipan hadis, isi kutipan ayat suci Alquran bahkan ada syair- syair pengingat kebaikan, renungan yang bisa kita jadikan sebagai lagu, iringan jenis musik bisa dari pelbagai jenis musik pop, dangdut, tradisional, jazz atau bahkan mengambil unsur asli musik arabic, melayu, qosidah dan rebana, gambus, dari situlah pola fikir saya terbuka untuk mengembangkan potensi yang saya miliki dengan pengalaman juara di beberapa event pop dan juga nasyid saya ingin bernasyid diiringi jenis musik apapun, dengan dukungan platform digital terbesar dunia saat ini seperti Islamic Tunes yang dengan mudah mempromosikan dan mengenalkan lagu yang kita miliki pada dunia,” kata Agus. Agus Dashmunsyid, Penyanyi Nasyid. (Dok. Istimewa)Selain itu Agus juga mengatakan, “Saya memasarkan lagu di IslamicTunes karena merupakan platform digital terbesar dunia mampu memberi impact positif bagi tren pasar musik digital seperti sekarang dalam pemanfaatan globalisasi digital untuk mensuplay kebutuhan musik islami dan religious. Insya Allah dalam bimbingan dan rahmat serta tuntutan Allah SWT akan menjadi jalan untuk berdakwah.” 
“Dengan mengharapkan bimbingan dari-Nya, semoga dipermudah semua urusan dunia dalam berdakwah, sesuai dengan kemampuan, keahlian masing-masing yang bisa saling bersinergi dan melengkapi. Dan semoga IslamicTunes semakin sukses dan menjadi pioner konten digital musik store islami dunia. Aamiin,” kata Agus sebelum menutup wawancara. 
(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli - Reporter IslamicTunesNews)

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://news.islamictunes.net/2019/06/agusdashmunsyid-penyanyi-nasyid.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Hukum Berdiri Saat Pembacaan Maulid Nabi Muhammad Saw

Hukum Berdiri Saat Pembacaan Maulid Nabi Muhammad Saw

papar berkaitan - pada 1/7/2019 - jumlah : 375 hits
Photo Embrio Ulama NusantaraBagaimana hukumnya berdiri pada waktu membaca Maulud Nabi SAW Apakah hal itu telah menjadi adat kebiasaan yang ditetapkan oleh syara sehingga pelaksanaannya tidak berbeda beda di segala tempat atau merupakan adat...
Dzikir Dengan Jaminan Masuk Surga Yang Diajarkan Nabi Muhammad

Dzikir Dengan Jaminan Masuk Surga Yang Diajarkan Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 30/6/2019 - jumlah : 266 hits
Berzikir merupakan amalan yang paling mudah untuk dilakukan meski terkadang rasa malas membuat kita berat melakukannya Padahal zikir bisa dipanjatkan dimanapun dan tidak pula disyaratkan harus suci dari hadas Di antara zikir tersebut ada ya...
Gambaran Wajah Dan Penampilan Fisik Nabi Muhammad

Gambaran Wajah Dan Penampilan Fisik Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 20/6/2019 - jumlah : 299 hits
Siapa pun yang mendeskripsikan sosoknya pastilah berkata Belum pernah aku melihat sosok sesempurna Rasulullah kata Al Hafizh al Iraqi Nabi Muhammad saw tidak hanya memiliki akhlak yang sempurna tetapi juga penampilan fisik yang sempurna Ban...
Lelaki Mengaku Bersalah Hina Nabi Muhammad

Lelaki Mengaku Bersalah Hina Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 14/6/2019 - jumlah : 229 hits
KUALA LUMPUR Seorang lelaki yang sebelum ini mengaku tidak bersalah atas dua pertuduhan menghina Nabi Muhammad SAW agama Islam dan Presiden PAS Datuk Seri Abdul Hadi Awang di laman sosial Facebook menukar pengakuan kepada bersalah di Mahkam...
Bantahan Filem Innocence Of Muslim Dan Kartun Nabi Muhammad S A W

Bantahan Filem Innocence Of Muslim Dan Kartun Nabi Muhammad S A W

papar berkaitan - pada 2/7/2019 - jumlah : 365 hits
BANTAHAN FILEM INNOCENCE OF MUSLIM DAN KARTUN NABI MUHAMMAD S A WSAYA SEBAGAI SEORANG UMAT ISLAM MEMBANTAH DENGAN SEKERAS KERASNYA DENGAN PENGELUARAN FILEM TERSEBUT DAN JUGA KARTUN NABI MUHAMMAD YAND DITERBITKAN OLEH AKHBAR MINGGUAN PERANCI...
Agar Bertemu Kanjeng Nabi Saw

Agar Bertemu Kanjeng Nabi Saw

papar berkaitan - pada 13/6/2019 - jumlah : 315 hits
Syarat Agar Bertemu Nabi Muhammad SAWSyarat bermimpi yang benar adalah bersikap jujur dan menjauhkan diri dari khayalan khayalan buruk Allah memuliakan para pecinta Nabinya dengan kemampuan melihat Rasulullah SAW ketika tidur sebagai perwuj...
Anak Anak Tak Pernah Silap Lelaki Ini Kongsi Cara Hadapi Teletah Anak Kurang Ajar

Anak Anak Tak Pernah Silap Lelaki Ini Kongsi Cara Hadapi Teletah Anak Kurang Ajar

papar berkaitan - pada 24/6/2019 - jumlah : 295 hits
Ke mana tumpahnya kuah kalau tidak ke nasi Bagaimana acuan begitulah kuihnya Antara peribahasa yang begitu sinonim dan acap kali digunakan oleh masyarakat kita Ia cukup membuktikan bahawa setiap ibu bapa itu ibarat pelukis yang begitu penti...
Jika Tenang Hadapi Polemik Imb Reklamasi Anies Dinilai Bisa Jadi Barometer Nasional

Jika Tenang Hadapi Polemik Imb Reklamasi Anies Dinilai Bisa Jadi Barometer Nasional

papar berkaitan - pada 25/6/2019 - jumlah : 131 hits
Dalam sepekan terakhir polemik penerbitan IMB Pulau Reklamasi Teluk Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ramai dibicarakan
Paip Utama Pecah Di Loji Rawatan Air Pulau Pinang 200 Ribu Pengguna Dijangka Hadapi Gangguan Bekalan

Paip Utama Pecah Di Loji Rawatan Air Pulau Pinang 200 Ribu Pengguna Dijangka Hadapi Gangguan Bekalan

papar berkaitan - pada 25/6/2019 - jumlah : 277 hits
George Town Kira kira 200 000 pengguna dijangka mengalami gangguan bekalan berikutan kejadian paip pecah di Loji Rawatan Air Sungai Dua loji rawatan air terbesar di Pulau Pinang petang tadi Ketua Pegawai Eksekutif Perbadanan Bekalan Air Pul...
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak

La Dolce Vita Cranking The Vespa Gt 200 Up To Eleven

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

April 18 2024 Pesan Orang Alim

Wee Barking Up The Wrong Tree

Bersih Slams Hulu Selangor Funds Ahead Of Kuala Kubu Baharu Polls



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


Insider Tricks Stylists Use To Make Clothes Fit Perfectly

Mobile Friendly Free Money The Community Has You Covered

Pelajar Lelaki 14 Tahun Meninggal Dunia Ketika Merentas Desa

Umur 7 Tahun Sudah Bergelar Tunangan Orang

Zus Coffee Ice Green Tea Latte

Bila Kau Rajin Nak Tolong Kerja Orang