Gambaran Wajah Dan Penampilan Fisik Nabi Muhammad


“Siapa pun yang mendeskripsikan sosoknya (Nabi Muhammad saw.), pastilah berkata, ‘Belum pernah aku melihat sosok sesempurna Rasulullah,” kata Al-Hafizh al-‘Iraqi.
Nabi Muhammad saw. tidak hanya memiliki akhlak yang sempurna, tetapi juga penampilan fisik yang sempurna. Banyak sahabat yang memberikan testimoni akan ‘kesempurnaan fisik’ Nabi Muhammad saw.
Salah satunya adalah Al-Bara ibnu Azib. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan beberapa perawi seperti Tirmidzi, Bukhari, Muslim, Ibnu Majah, dan Ahmad, Al-Bara mengatakan bahwa dirinya belum pernah melihat seseorang yang lebih tampan dari pada Nabi Muhammad saw.
Dalam sebuah riwayat lain, Al-Bara mengumpamakan wajah Nabi Muhammad saw. sama indahnya seperti bulan. Bahkan sahabat yang bernama Jabir bin Samurah memberikan penilaian yang lebih tinggi lagi. Menurut Jabir, wajah Nabi Muhammad saw. lebih indah dari pada bulan purnama sekalipun.
Lantas seperti apakah sebetulnya gambaran wajah Nabi Muhammad saw.? Berdasarkan beberapa riwayat yang tercantum dalam asy-Syamail al-Muhammadiyyah (Imam at-Tirmidzi) dan buku Membaca Sirah Nabi Muhammad saw. dalam Sorotan Al-Qur’an dan Hdis-hadis Shahih (M. Quraish Shihab, 2018), Nabi Muhammad saw.  memiliki kulit yang tidak terlalu putih, juga tidak terlalu gelap atau putih kemerah-merahan.
Rambutnya tidak terlalu keriting dan tidak juga lurus tergerai. Sangat hitam pekat. Rambut Nabi Muhammad saw. lebat dan ‘cukup panjang’ sehingga ujung rambutnya menyentuh daun telinga bagian bawah.
Rambutnya paling panjang segitu dan tidak pernah melebihi bagian bawah daun telinganya. Nabi Muhammad saw. selalu merawat dan menyisir rambutnya sehingga selalu indah dan rapi.
Disebutkan kalau kepala Nabi Muhammad saw. besar dan wajahnya tidak terlalu bulat. Dahi beliau lebar dan rata. Sementara beliau memiliki mata yang lebar dengan bola mata yang sangat putih dan sangat hitam.
Bulu matanya sangat hitam dan lentik. Begitupun dengan pinggiran mata Nabi Muhammad saw., sangat hitam. Sehingga beliau seperti orang yang mengenakan celak, padahal tidak.
Adapun alis Nabi Muhammad saw. melengkung dan panjang sehingga kedua alisnya hampir menyatu. Di antara dua alisnya tersebut ada urat yang memerah kalau Nabi Muhammad saw. menahan amarah.
Nabi Muhammad saw. memiliki pandangan mata yang sangat tajam dan berwibawa. Kerlingan mata Nabi Muhammad saw. tidak pernah mengisyaratkan hal-hal yang buruk, meski kepada musuhnya sekali pun.
Nabi Muhammad saw. memiliki hidung yang mancung. Meski demikian, hidung Nabi Muhammad saw. tidak semancung hidung orang Arab pada umumnya.
Hidungnya sangat serasi dengan bentuk dan ukuran wajahnya. Bagian atas hidung Nabi Muhammad saw. bercahaya sehingga orang yang tidak memperhatikannya dengan seksama bakal mengira kalau hidung Nabi bengkok.
Pipi beliau datar. Jenggotnya tebal dan cambangnya lebat. Sedangkan mulut Nabi Muhammad saw. cenderung besar. Giginya tertata rapi meski sedikit jarang.
Nabi Muhammad saw. selalu menyikat giginya, tidak hanya sesudah dan sebelum tidur tapi juga setelah selesai makan dan juga sebelum shalat, dengan menggunakan siwak. Maka tidak heran jika gigi Nabi Muhammad saw. selalu bersih berkilau dan tidak bau.
“Gigi depan Rasulullah saw. tampak renggang. Ketika berbicara, di antara gigi depan beliau itu seperti keluar cahaya,” kata Ibnu Abbas ra.
Itulah gambaran wajah Nabi Muhammad saw. berdasarkan hadits atau riwayat yang ada. Tentu gambaran itu tidak sepenuhnya menggambarkan wajah Nabi Muhammad saw. dengan sedetil-detilnya.
Akan tetapi, mozaik-mozaik tentang gambaran wajah Nabi Muhammad saw. itu setidaknya bisa menjadi ‘bayangan’ kita tentang bagaimana keindahan fisik Nabi Muhammad saw.
Wallahu ‘alam
Sumber: nu.or.id


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/gambaran-wajah-dan-penampilan-fisik-nabi-muhammad/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Telinga Berdengung Pertanda Nabi Muhammad Sedang Kangen Sama Umatnya

Telinga Berdengung Pertanda Nabi Muhammad Sedang Kangen Sama Umatnya

papar berkaitan - pada 9/6/2019 - jumlah : 296 hits
Banyak sekali umat Islam yang menanyakan kenapa tiba tiba telinganya berdengung Ini adalah kejadian yang sering kita alami dan menjadi pertanyaan banyak remaja bahkan orang dewasa dan orang tua Jawabannya secara medis ini adalah tinnitus ya...
Ini Orang Paling Dekat Dengan Nabi Muhammad Di Akhirat Nanti

Ini Orang Paling Dekat Dengan Nabi Muhammad Di Akhirat Nanti

papar berkaitan - pada 10/6/2019 - jumlah : 247 hits
Nabi Muhammad mengajarkan kepada umatnya bahwa kedudukan manusia dihadapan Allah adalah sama atau setara baik pejabat atau rakyat bos atau seorang jongos kyai atau santri raja atau golongan sudra konglomerat atau orang melarat yang membedak...
Lelaki Mengaku Bersalah Hina Nabi Muhammad

Lelaki Mengaku Bersalah Hina Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 14/6/2019 - jumlah : 229 hits
KUALA LUMPUR Seorang lelaki yang sebelum ini mengaku tidak bersalah atas dua pertuduhan menghina Nabi Muhammad SAW agama Islam dan Presiden PAS Datuk Seri Abdul Hadi Awang di laman sosial Facebook menukar pengakuan kepada bersalah di Mahkam...
Inilah Gunung Emas Di Akhir Zaman Yang Pernah Dikabarkan Nabi Muhammad

Inilah Gunung Emas Di Akhir Zaman Yang Pernah Dikabarkan Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 9/6/2019 - jumlah : 456 hits
Nama sungai Eufrat telah disebutkan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam sebagai salah satu pertanda akhir zaman Sungai ini dikenal dengan nama Al Furat dalam bahasa arab yang artinya air paling segar Menurut Dr Syauqi Abu Khalil dalam Ath...
Mau Selamat Dunia Akhirat Ikuti 4 Pesan Nabi Muhammad Ini

Mau Selamat Dunia Akhirat Ikuti 4 Pesan Nabi Muhammad Ini

papar berkaitan - pada 11/6/2019 - jumlah : 274 hits
Rasulullah adalah teladan bagi setiap umat Islam Nasehat beliau terkadang penuh dengan kata kiasan namun sarat akan makna Seperti saat beliau menasehati sahabat Abu Dzar Al Ghifari tentang empat hal yang harus diperhatikan ketika hidup di d...
Polisi Tangkap Aktor Di Balik Tersebarnya Ajaran Sesat Nabi Sensen Di Garut

Polisi Tangkap Aktor Di Balik Tersebarnya Ajaran Sesat Nabi Sensen Di Garut

papar berkaitan - pada 17/6/2019 - jumlah : 181 hits
H ditangkap di rumahnya di Kampung Saga Desa Purbayani Kecamatan Caringin Kabupaten Garut
Kutip Hadis Nabi Yusril Minta Mk Tolak Permohonan Kubu Prabowo

Kutip Hadis Nabi Yusril Minta Mk Tolak Permohonan Kubu Prabowo

papar berkaitan - pada 19/6/2019 - jumlah : 171 hits
Yusril menilai Tim Prabowo Sandi tak mampu membuktikan tuduhan adanya kecurangan secara terstruktur sistematis dan masif di Pilpres 2019
Mui Ingin Nabi Palsu Sensen Dibawa Ke Rumah Sakit Jiwa

Mui Ingin Nabi Palsu Sensen Dibawa Ke Rumah Sakit Jiwa

papar berkaitan - pada 22/6/2019 - jumlah : 137 hits
Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Garut KH Sirojul Munir meminta agar pemerintah daerah membawa Sensen Komara pria yang mengaku Rasul Allah itu ke rumah sakit jiwa Hal tersebut menurutnya harus dilakukan agar pengikut setianya tidak a...
Petua Mengubat Penyakit Gout Dengan Pokok Ara Tanah Atau Susu Nabi

Petua Mengubat Penyakit Gout Dengan Pokok Ara Tanah Atau Susu Nabi

papar berkaitan - pada 16/6/2019 - jumlah : 1636 hits
Alhamdulillah Gout ayah semakin pulih petua ini saya dapat dari orang asli Pahang masa buat kajian disana alhamdulillah selepas mengamalkan petua ini cukup berkesan Manfaat Pokok Ara Tanah Ramai yang tidak tahu pokok ini dapat menghilangkan...
Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Pesanan Datin Thalia Kepada Wanita Jadilah Wanita Yang Mahal

Thousands Rally On Labour Day Demand Better Rights

Set Up Gig Workers Commission Quickly Says Anwar

Embark On The Journey Of Family Togetherness With Sharp This Parents Day

Pengangguran Hilang Kerja Dan Kerja Luar Bidang

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja

The Hardest Singing Show



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Di Mana Letaknya Negeri Syam Sekarang

Influencer Marketing For Businesses

Konsert Cinta Di Awan Siti Nurhaliza Tambah Lagi Sehari

Contoh Inspirasi Poster Ucapan Selamat Hari Pekerja 2024

Buah Sukun 6 Khasiat Yang Tak Ramai Orang Tahu

Aepul Roza I L U Chord