7 Tips Tipografi Untuk Desain Interface




7 Tips Tipografi Untuk Desain Interface - Tipografi memegang peranan penting dalam desain user interface. Ketika membuat sebuah desain, kita harus mampu mengkomunikasikan maksud dan tujuan dari desain tersebut kepada pembaca dan biasanya untuk mengkomunikasikan maksud dan tujuan dari desain tersebut diperlukan teks (tipografi). Artinya desain yang efektif harus disertai dengan tipografi yang baik agar dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
Bagaimana Cara Membuat Tipografi Yang Baik?
Tipografi yang baik adalah yang mampu menarik pembaca ke untuk memahami apa yang disampaikan oleh tipografi tersebut, bukan hanya sekedar untuk menikmati keindahan desain tipografi itu. Untuk membuat tipografi yang baik Anda harus memaksimalkan keterbacaan, aksesibilitas, dan keseimbangan grafis dari tipografi yang Anda buat.

Tipografi dalam desain user interface tidak boleh diabaikan. Meningkatkan desain tipografi merupakan langkah penting dalam meningkatkan user interface secara keseluruhan. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan tipografi Anda.
Tonjolkan Teks Menggunakan HierarkiPenggunaan hierarki tipografi yang baik mampu memaksimalkan keterbacaan teks. Selain itu, dengan menggunakan hirerarki tipografi Anda dapat menyorot bagian-bagian penting untuk menarik perhatian pembaca.

Dalam prakteknya penggunaan hierarki tipografi dapat Anda lakukan dengan cara membuat ukuran tajuk dua kali lebih besar dari ukuran isi. Misalnya, jika Anda menggunakan ukuran font 32px pada tajuk, maka gunakan ukuran font 16px untuk teks isi sehingga akan membuat kontras antara tajuk dengan isi.

Hierarki /hi·e·rar·ki/ /hiérarki/ n 1 urutan tingkatan atau jenjang jabatan (pangkat kedudukan); 2 organisasi dengan tingkat wewenang dari yang paling bawah sampai yang paling atas; 3 Bio deretan tataran biologis, seperti famili, genus, spesies; 4 Kat kumpulan pembesar gereja yang diatur menurut pangkat; (Sumber: KBBI){alertInfo}
Sesuaikan Ruang Kosong Pada TeksMengatur spasi huruf, tinggi baris dan panjang baris adalah proses penyesuaian ruang kosong pada tipografi. Kurangnya ruang kosong dapat membuat pembaca kesulitan dalam membedakan kata-kata yang ditempatkan berdekatan. Namun penggunaan ruang kosong yang berlebihan juga akan menyulitkan pembaca.
Tinggi Baris
Spasi baris atau tinggi baris adalah spasi antara suatu baris dengan baris yang lainnya secara vertikal atau dalam kata lain jarak antara suatu baris dengan baris selanjutnya.
Sebenarnya tidak ada angka pas yang bisa dijadikan acuan untuk mengatur tinggi baris karena tinggi baris harus disesuaikan dengan desain dan ukuran font yang digunakan, namun ada beberapa font yang berukuran 16px sangat cocok dipadukan dengan tinggi bari 1.5x. Yang pastinya Anda harus mengatur agar jarak antara suatu baris tidak terlalu berdekatan ataupun terlalu berjauhan dengan baris berikutnya.
Spasi HurufSpasi huruf dalam hal adalah antara jarak antara huruf yang suatu huruf dengan huruf yang berada didekatnya (bukan jarak antara satu kata dengan kata berikutnya).
Tidak banyak desainer yang mengeksplorasi spasi huruf, tetapi pada kenyataannya spasi huruf sangat mempengaruhi keterbacaan teks. Berikut ini beberapa pedoman dasar yang dapat Anda gunakan dalam mengatur spasi huruf;

Tambah spasi huruf saat menggunakan huruf kapital;Kurangi spasi huruf saat menambah ukuran font;Kurangi spasi huruf saat menambah ketebalan font.
Panjang Baris
Panjang garis juga sangat mempengaruhi keterbacaan teks. Baris yang lebih pendek mampu membuat keterbacaan teks lebih optimal. Panjang baris yang disarankan untuk teks pada layar ukuran 1440px dengan ukuran 16 px adalah 60 hingga 80 karakter, dan sekali lagi ini bukan merupakan acuan mutlak. Anda tetap harus menyesuaikannya sesuai dengan ukuran huruf yang Anda gunakan.
Pilih Font Berdasarkan KonteksKetika memilih font Anda harus menyesuaikan dengan konteks yang ingin disampaikan. Ada banyak sekali jenis font yang berbeda-beda dan setiap font akan memberikan suasana tersendiri. Kinerja visual dari pemilihan font akan berpengaruh terhadap kesan pertama seseorang saat melihat sebuah desain. Pemilihan font yang tepat memungkinkan Anda dapat menyampaikan pesan lebih efektif kepada pembaca.
Pilih Font-Family Yang TepatPenggunaan beberapa jenis font satu desain memiliki risiko yang besar jika anda tidak dalam memilih font atau tipografi. Jadi untuk mencari jalan aman, saya sarankan untuk menggunakan font yang berasal dari family yang sama karena hal ini akan membuat proses desain lebih mudah dengan secara otomatis akan menciptakan tampilan yang lebih kohesif.

Anda dapat mencari font-family yang memiliki banyak variasi yang dapat anda gunakan untuk tujuan yang berbeda.
Sejajarkan ke Kiri Agar Lebih Mudah Dibaca
Dengan menggunakan perataan ke kiri mampu meningkatkan keterbacaan kalimat. Perataan kiri yang konsisten akan memberikan tempat bagi mata untuk kembali setelah menyelesaikan setiap kalimat membuat pembaca lebih mudah.
Sebagai penutup, tipografi merupakan keterampilan yang harus dikuasai setiap desainer di era digital. Apa pun tujuan proyek Anda, tipografi akan memainkan peran penting dalam desain. Jadi sangat penting apabila anda seorang desainer untuk mempelajari penggunaan tipografi yang baik.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.wendyandriyan.info/2021/09/7-tips-tipografi-untuk-desain-interface.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Tips Lantai Bilik Air Cantik Berkilat Lihat Hasilnya

Tips Lantai Bilik Air Cantik Berkilat Lihat Hasilnya

papar berkaitan - pada 14/10/2021 - jumlah : 454 hits
Tips Lantai Bilik Air Cantik Berkilat Kebiasaannya jubin dalam bilik air akan cepat kotor dan berkulat disebabkan selalu terdedah kepada air Mencuci kotoran pada jubin juga bukanlah satu pekerjaan yang mudah lebih lebih lagi jika kotoran ya...
9 Tips For Better Copywriting

9 Tips For Better Copywriting

papar berkaitan - pada 14/10/2021 - jumlah : 332 hits
We all discovered the way to write in school however in advertising there are some easy techniques that experienced writers use to convey messages with more impact and brevity Without being too educational you ll locate those 9 recommendati...
Tips Bisnes Kenapa Belum Berjaya

Tips Bisnes Kenapa Belum Berjaya

papar berkaitan - pada 13/10/2021 - jumlah : 245 hits
Assalamualaikum wbt Jangan simpan dendam benci kecewa lama lama jika nak berjaya dalam bisnes Orang kata solat tahajjud murah rezeki sales masuk laju Orang kata solat dhuha murah rezeki sales datang non stop Orang kata selawat istighfar zik...
Rafizi Kongsi Tips Berhenti Kerja Surat Letak Jawatan Yang Terbaik Saya Pernah Dapat

Rafizi Kongsi Tips Berhenti Kerja Surat Letak Jawatan Yang Terbaik Saya Pernah Dapat

papar berkaitan - pada 13/10/2021 - jumlah : 223 hits
October 12 2021 Proses meletak jawatan adalah hal yang selalu dipandang biasa bagi sesetengah orang Ada di antara kita sering menggunakan template yang telah disediakan oleh Google untuk menghantar surat meletak jawatan Namun tahukah anda b...
Hiburan Nak Melancong Ke Luar Negara Ini Tips Persediaan Dan Negara Yang Menerima Daripada Pelancong Malaysia

Hiburan Nak Melancong Ke Luar Negara Ini Tips Persediaan Dan Negara Yang Menerima Daripada Pelancong Malaysia

papar berkaitan - pada 12/10/2021 - jumlah : 244 hits
Pastinya semua rakyat Malaysia teruja dan menyambut baik keputusan kerajaan untuk membenarkan perjalanan rentas negeri yang telah bermula sejak semalam 11 Oktober ARTIKEL BERKAITAN AdvertisementManakan tidak sudah hampir 2 tahun rakyat tida...
Tips Mudah Bila Tayar Motor Pancit Di Tengah Jalan

Tips Mudah Bila Tayar Motor Pancit Di Tengah Jalan

papar berkaitan - pada 12/10/2021 - jumlah : 713 hits
Jangan panic bila tayar motor pecah dikawasan yang tiada orang Berhenti di tepi jalan dan periksa tayar anda Kebiasaanya tayar T100 atau yang bersaiz besar masih boleh bergerak walaupun pecah Cari bahan lembut seperti pakaian surat khabar r...
Copywriting Tips

Copywriting Tips

papar berkaitan - pada 14/10/2021 - jumlah : 166 hits
Within this newsletter nowadays on copywriting tips we re going to have a look at how you can acquire more clients as well as enhance your writing competencies Improving those two abilties will assist you to have a meteoric upward thrust wi...
Copywriting Tips That Will Make Your Visitors Buy

Copywriting Tips That Will Make Your Visitors Buy

papar berkaitan - pada 14/10/2021 - jumlah : 262 hits
You would not accept as true with what number of net web sites do not ask for the sale After all of the paintings people positioned into their salescopy describing the blessings in their product and main human beings thru their income proce...
8 Tips Membeli Mobil Bekas Yang Ramah Kantong Tapi Kualitasnya Ok

8 Tips Membeli Mobil Bekas Yang Ramah Kantong Tapi Kualitasnya Ok

papar berkaitan - pada 15/10/2021 - jumlah : 209 hits
Beli mobil bekas yang nggak harus bolak balik masuk bengkel karena perawatan Bisa
Ulangtahun Kelahiran Dak Kakak Dan Gerakan Reformasi

Perlis Issues Fatwa First State To Declare Gisbh A Deviant Group

Spinning The Wheel Of Fortune A Deep Dive Into Online Roulette Strategies

Gadis Diarah Tanggal Pakaian Sebagai Bukti Bukan Lelaki

Brand Names Case Studies

Ubisoft Di Ambang Kejatuhan Pelabur Mahu Ambil Alih Dan Pecat Ceo

Aktiviti Kunjungan Gerakan Daerah Barat Daya Pulau Pinang Ke Ppim Ppim 20 09 2024

Terlalu Padu Eagles Menyerang Balik


echo '';
10 Fakta Biodata Ustaz Wadi Annuar Wadi Anuar Termasuk Kisah Kahwin Bercerai Dan Bekas Isteri

Biodata 30 Peserta Muzikal Lawak Superstar 2024 Musim 4 Astro Warna

Biodata Ojen Aiwah Usahawan Kunafa Terkenal Personaliti TikTok Dan Penyanyi Lagu Hubb

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Hai Cinta Dengarkanlah Slot Akasia TV3

10 Drama Melayu Terbaru TV3 2024 Best Mesti Tonton Juga Tersedia Online


Mengapa Khidmat Tukang Rumah Penting Di Lembah Klang

1 2 Rakyat S Pura Pindah Johor Up Dap Pap

Makan Malam Di Kampung Baru

Operation Grim Beeper In Lebanon

Trusted Scam Verification Services For Enhanced Online Safety

The Colours Of Life Selamat Kembali Ke Sekolah Bagi Penggal 3