6 Tips Membuat Carport Di Lahan Sempit


Namun perilaku ini ternyata berdampak negatif terhadap daya dukung lahan perumahan yang semakin mahal dan sempit. Banyak masyarakat yang memiliki kendaraan tetapi tidak memiliki garasi karena keterbatasan lahan hunian. Sehingga dewasa ini penggunaan carport sebagai area parkir kendaraan roda empat semakin sering digunakan.
Carport secara definitif merupakan tempat parkir kendaraan roda empat yang memiliki atap, namun terbuka tanpa pembatas dinding.
Membuat Carport di Lahan Sempit Hal pertama yang harus perhatikan adalah luas lahan carport. faktor krusial yang menentukan laus carport adalah jenis merek kendaraan roda empatnya. Kemudian berikan ruang minimal untuk gerak maju kendaraan roda empat dan bisa memasukkan kendaraan roda dua. Lebar minimum carport adalah 2,5 meter, sedangkan lebar idealnya adalah 3 meter. Untuk standar Eropa, lebar minimumnya adalah 10 feet (3,5 meter). Sedangkan untuk panjangnya, ukuran minimal adalah 4,8 meter.
Ukuran panjang carport yang ideal untuk satu kendaraan roda empat adalah 5,5 atau 6 meter. Bila Anda memiliki kendaraan lain misalnya sepeda motor, yang diharapkan bisa parkir di samping kendaraan roda empat atau di belakangnya, tinggal ditambahkan saja lebarnya. Sebagai patokan, untuk kendaran roda dua biasa (Motor bebek), memiliki panjang sekitar 2 meter dan lebar 80 cm dengan posisi berdiri miring.1
1. Letak Carport Posisi carport bisa di samping atau tengah, sesuai desain halaman rumah. Usahakan jangan membuat carport menutupi pintu utama, karena akan mengganggu estetika dan sirkulasi orang keluar-masuk rumah. jika posisi memang harus berada di depan pintu utama, Anda dapat menyiasati kondisi ini dengan membuat pola jalan setapak menuju pintu utama, agar akses pejalan kaki tidak terganggu.2
2. Desain Carport Carport harus menjadi satu kesatuan dengan fasad bangunan rumah, sehingga desainnya pun harus selaras dan indah dipandang. Tampilan carport yang sesuai tentunya dapat meningkatkan citra rumah. Misalnya, rumah bergaya minimalis tentu akan cocok disandingkan dengan carport dari bahan kaca dengan pola grid yang simpel. Sedangkan rumah bergaya tradisional akan cocok menggunakan carport dengan konstruksi kayu dan atap genting. Satu haI yang tidak boleh dilupakan, apapun gaya desain carport yang dipilih, tetap harus mementingkan kekuatan konstruksi atap dan struktur, serta keamanannya.
3. Gunakan Struktur yang Sederhana Untuk penghematan anggaran Anda gunakanlah struktur yang sederhana seperti material berkualitas tapi masih terjangkau harganya dan sesuai dengan dompet Anda. Seperti besi, stainless steel, batu alam, dan lainnya.
Image: Google.Com Bagian yang penting dari carport tak boleh dilupakan untuk membuat desain carport sesuai gaya keinginan anda adalah lantai. Untuk mendapatkan hasil terbaik, desain lantai carport harus memenuhi syarat-syarat berikut:
Permukaan Lantai Harus Kasar atau Bertekstur Salah satu syarat untuk mendesain carport pada permukaan lantai harus kasar atau memiliki tekstur. Bertujuan untuk menjadi tidak licin pada saat terkena air atau basah Karena hujan.
Pemadatan Tanah Teknik ini bertujuan untuk menghindari adanya risiko penurunan terhadap permukaan tanah. Jika lebih mudah gunakan tanah yang tidak ekspansif sebagai pengganti permukaan tanah carport rumah anda.
Konstruksi Pondasi Perlu diperhatikan bahwa pada saat Anda membuat lantai untuk carport sebaiknya terdapat batas secara langsung dengan tanah untuk membuat taman. Bertujuan agar tanah carport tidak masuk ke area taman. Oleh Karena itu, diperlukan membuat pondasi ringan terlebih dahulu di bagian sisi pinggiran carport.
Kualitas Lantai Harus kuat menahan beban. Pilihlah kualitas lantai yang awet, tahan cuaca dan tahan pecah terhadap beban mobil kita melebihi dari dua ton.
Konstruksi Ramp Ramp merupakan landasan miring untuk mempermudah masuk dan keluarnya kendaraan. Ramp adalah langkah terakhir untuk membuat landasan miring agar mudah memasukkan kendaraan ke carport rumah karena lantai carport rumah lebih tinggi dari ukuran jalanan pada umumnya.
Jenis Lantai Syarat terakhir yang harus dipenuhi carport adalah harus tahan terhadap cuaca baik panas maupun dingin. Carport adalah ruangan semi terbuka yang berpapasan langsung dengan udara dan cuaca d iluar sana. Selain itu, lantai carport juga harus tahan terhadap lumut dan jamur. Jika belum yakin, konsultasikan dengan ahli ubin atau lantai.
4. Konstruksi Atap dan Pondasi Kekuatan konstruksi atap carport menjadi kunci idealnya sebuah carport. Konstruksi atap carport haruslah yang kuat dan aman. Pada umumnya, ukuran atap carport adalah 2,5 m, namun dapat juga dibuat 3 m sehingga carport akan lebih nyaman. Secara material, pemilihan atap carport selain mempertimbangkan sisi desain dan kekuatannya, juga harus mempertimbangkan keadaan cuaca.
Di lndonesia, intensitas curah hujan dan sinar matahari tinggi, sehingga bahan kayu biasanya digunakan bersamaan dengan material lain seperti genteng atau polikarbonat. Sesuai fungsinya, carport akan selalu dilewati kendaraan seperti motor dan mobiI yang bobotnya cukup besar. Oleh karena itu, lantai carportpun harus memiliki pondasi yang kuat sehingga dapat menopang beban.
Image: Google.Com 5. Rancang Drainase Talang air untuk mewadahi air hujan di bagian atap carport harus direncanakan sejak awal. Atap yang bentuknya datar tidak memerlukan talang, namun kemiringan dan arah jatuh air harus dirancang agar tidak menggenangi lantai carport dan teras rumah. Jika hendak memasang talang, jaringan utilitasnya harus diperhitungkan.
Sistem drainase harus diperhatikan untuk menghindari resiko air hujan yang turun dapat menggenangi carport rumah anda. Bila air terus menerus mengalir dan menimbulkan genangan, maka akan membuat konstruksi bangunan menjadi cepat rusak. Ukuran kemiringan yang paling ideal adalah sekitar 1-2 derajat, yaitu setiap satu meter panjang lantai maka permukaan lantainya turun sekitar 1 cm pada saluran pembuangan air.
Pembuangan air pada lantai carport juga harus dirancang dengan seksama. Letaknya yang berada di daerah outdoor, membuat carport akan sering terkena air, baik air hujan, air siraman tanaman, atau air cucian mobil. Jika drainase tidak dirancang dengan baik, air genangan akan cepat merusak pondasi carport.
6. Perhitungan Anggaran Hal terakhir yang harus anda perhatikan adalah perkiraan biaya. Berbagai desain carport memberikan pilihan anggaran yang berbeda-beda, tergantung pada bentuk, struktur, dan material yang akan digunakan. jika ingin melakukan penghematan saat akan membual carport, dapat memilih material yang ekonomis dan struktur yang sederhana, namun rangka carport harus dibuat sesuai ketentuan umum agar tetap aman dan kuat.
Estimasi biaya yang dibutuhkan membangun carport antara 5 – 25 juta rupiah. Harga tersebut sangat dipengaruhi dari pemilihan jenis struktur dan material yang digunakan. Bila dana terbatas, fokus kembali ke fungsi utama carport yaitu melindungi kendaraan dari panas dan hujan. Juga memastikan bahan lantai kokoh dan aman digilas roda kendaraan. (HH)
Referensi:
https://www.homify.co.id/ruangan/carport http://kearsipanonline.com/6-tips-dan-cara-membuat-carport-rumah-sendiri-yang-murah-dan-minimalis/

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/membuat-carport-di-lahan-sempit/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Tips Membuat Air Nabeez Dari Dr Zaidul Akbar

Tips Membuat Air Nabeez Dari Dr Zaidul Akbar

papar berkaitan - pada 11/5/2019 - jumlah : 595 hits
Senyumperawat com Air nabeez menjadi sangat populer saat bulan Ramadhan Banyak kaum muslimin yang membuat air nabeez ini untuk menu berbuka dan sahur Pasalnya selain rasanya manis juga membuat badan lebih segar karena kandungan kurma yang t...
Ini Antara Tips Kecantikan Yang Anda Idamkan Di Hari Raya Dengan Keluaran Produk Japan

Ini Antara Tips Kecantikan Yang Anda Idamkan Di Hari Raya Dengan Keluaran Produk Japan

papar berkaitan - pada 14/5/2019 - jumlah : 333 hits
Setiap wanita menginginkan kulit yang cantik dan sempurna Kulit sihat membantu dalam memberikan aura dan mood cantik di pagi raya Tambahan lagi The post appeared first on
Temuduga Spa Dah Dekat Nak Lulus Temuduga Baca 7 Tips Ini Untuk Membantu Anda Lulus Temuduga Kerja Kerajaan

Temuduga Spa Dah Dekat Nak Lulus Temuduga Baca 7 Tips Ini Untuk Membantu Anda Lulus Temuduga Kerja Kerajaan

papar berkaitan - pada 13/5/2019 - jumlah : 783 hits
Anda Perlukan Tips Untuk Lulus Temuduga Baca 7 Tips Ini Untuk Membantu Anda Lulus Temuduga Kerja Kerajaan Mahupun Swasta Tahniah jika anda adalah calon temuduga bagi mana mana jawatan yang ditawarkan
Tips Beli Makanan Di Bazar Ramadhan

Tips Beli Makanan Di Bazar Ramadhan

papar berkaitan - pada 14/5/2019 - jumlah : 637 hits
Jangan tengok makanan je menarik kena tengok penjual dan gerainya juga Kalau tak bersih penjualnya juga tak bersih baik jangan beli Seram kan kalau beli Apa pun Beli ikut apa yang dimakan Sesekali nak jumpa payah kan Kecuali bulan Ramadhan ...
Tips Karir Ketahui 4 Keahlian Perlu Anda Siapkan Sebelum Jadi Pemimpin

Tips Karir Ketahui 4 Keahlian Perlu Anda Siapkan Sebelum Jadi Pemimpin

papar berkaitan - pada 14/5/2019 - jumlah : 201 hits
Tips karir kali ini akan membahas keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin atau bos Butuh banyak aspek dalam diri seorang pimpinan yang baik seperti ketegasan keberanian sifat pantang menyerah dan memiliki banyak pengalaman
6 Tips Berburu Kontrakan Bagi Pasutri Baru Yang Belum Mampu Beli Rumah Harus Selektif

6 Tips Berburu Kontrakan Bagi Pasutri Baru Yang Belum Mampu Beli Rumah Harus Selektif

papar berkaitan - pada 14/5/2019 - jumlah : 263 hits
Cari rumah kontrakan buat tinggal bareng pasangan itu nggak semudah main cap cip cup aja Jangan sampai nyesel di tengah jalan deh pokoknya
Tips Pilih Buah Durian Cara Beli Durian Yang Bagus

Tips Pilih Buah Durian Cara Beli Durian Yang Bagus

papar berkaitan - pada 13/5/2019 - jumlah : 631 hits
Buah Durian sumber photo Mesti ramai diantara kita peminat tegar durian kan Kalau saya nak kata minat tu tidak la tapi nak makan tu boleh Untuk pengetahuan korang buah durian ni mempunyai banyak jenis ada D101 D24 Raja kunyit Durian Udang M...
Tips Melatih Anak Kecil Untuk Berpuasa

Tips Melatih Anak Kecil Untuk Berpuasa

papar berkaitan - pada 14/5/2019 - jumlah : 331 hits
Alhamdulillah hampir seminggu umat islam telah berpuasa di bulan Ramadhan entry kalini ni saya nak share tips buat ibu bapa yang sedang mendidik anak2 supaya belajar berpuasa bukan senang nak melatih anak berpuasa yer bila ye had umur yang ...
Practical Tips For Creating Cool Wordpress Websites

Practical Tips For Creating Cool Wordpress Websites

papar berkaitan - pada 13/5/2019 - jumlah : 324 hits
If you are looking for a website which is a complete content management system and has plugins for social media then WordPress would be a good choice Initially a tool for bloggers WordPress has seen continous growth and today it is used bro...
Jkn Pahang Rampas Produk Ubat Tidak Berdaftar Kosmetik Tiada Notifikasi Bernilai Rm1 Juta

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja

The Hardest Singing Show

Cerita Foto Sepanjang Minggu

Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Jadilah Wanita Yang Mahal Thalia Baiduri Harap Wanita Jaga Darjat Jangan Bergaduh Kerana Buaya

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting

Jpsm Mengesahkan Kegiatan Pembalakan Di Bukit Beserah Berlaku Dalam Kawasan Tanah Persendirian



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Tips Mudah Jadi Miskin

Baby Car Seat Malaysia Safety Standards What Parents Need To Know

Antara Momen Yang Umi Akan Rindu

From Dreadful To Delightful Conquering Gear Engagement In Dodge Transmissions

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

Leave Pang Alone Skjcs Aren T Illegal Umno Man Tells Fadhli