5 Tips Merawat Hamster Bagi Pemula Update Terbaru


Hamster umumnya memiliki postur tubuh gemuk dangan ekor yang lebih pendek dari badannya, telinga berambut, kaki yang lebar, dan rambut tebal serta panjang dengan warna menyesuaikan spesiesnya (hitam, abu-abu, putih, cokelat, kuning, dan merah).
Untuk bagian bawah tubuh hamster berwarna putih sampai abu-abu dan hitam. Hamster Dzhungaria, di kalangan hobiis dikenal sebagai Hamster Winter White (Phodopus Sungorus) dan hamster kerdil bergaris (Cricetulus Barabensis) memiliki garis hitam di bawah bagian tengah punggung.
Tips Merawat Hamster Hamster kerdil padang pasir (genus Phodopus) adalah hamster terkecil, dengan panjang badan 5 sampai 10 sentimeter (sekitar 2 sampai 4 inci), sedangkan hamster terbesar adalah hamster Eropa (Cricetus cricetus), dengan panjang badan lebih dari 34 sentimeter, tidak termasuk ekor pendek yang memiliki panjang 6 sentimeter.
Hamster memang termasuk hewan lucu dan menggemaskan, namun khusus bagi para pemula yang ingin memelihara binatang kecil ini harus paham cara merawatnya. Nah, berikut ini merupakan 5 (lima) tips merawat hamster yang harus diperhatikan dan dipahami.
Tips Merawat Hamster 1: Jenis Solitary Animal
Hal pertama yang harus dipahami adalah Hamster merupakan jenis “Solitary Animal” atau dengan kata lain mereka tinggal sendiri. Jadi sebaiknya jangan masukkan 2 hamster dalam 1 kandang kecuali mau bayi hamster untuk dipelihara atau dijual.
Jika diperhatikan di pet shop, biasanya memang ada beberapa hamster dimasukkan dalam 1 kandang karena masih bayi. Akan tetapi jika usianya sudah 2 bulan ke atas, mereka biasanya dipisah. Jarang sekali ada sepasang hamster (jenis kelamin sama atau beda) yang tidak akan berantem jika tinggal dalam 1 kandang, meskipun sudah berbulan-bulan hidup berdampingan.
Khusus untuk hamster Syrian, hal ini harus benar-benar diperhatikan karena mereka benar-benar tidak suka tinggal dengan hamster lain.
Tips Merawat Hamster 2: Luas Area Kandang
Secara umum, luas area kandang untuk 1 hamster itu paling kecil adalah sekitar 2.903 sentimeter persegi. Bahkan untuk jenis hamster yang paling kecil yaitu Roborovski, ukuran kandangnya minimal 75×40 sentimeter. Jika lebih kecil dianggap tidak layak dan akan menyebabkan hamsternya cepat mati dikarenakan stres.
Sebelum mati biasanya hamsternya akan terlihat bersikap aneh. Sama saja seperti manusia yang diharuskan tinggal di dalam lemari selama beberapa waktu. Apakah bisa hidup? TENTU BISA. Tapi apakah akan stres? TENTU SAJA. Jadi tolong jangan pakai kandang yang minimalis.
Kalau mau beli kandang yang bertingkat boleh, tapi salau satu lantainya HARUS memenuhi minimum luas area 2.903 sentimeter persegi. Tidak boleh lantai satu 1.000 sentimeter persegi, lantai dua 1.000 sentimeter persegi, dan lantai tiga 1.000 sentimeter persegi. Yang diperbolehkan adalah lantai satu 3.000 sentimeter persegi, lantai dua 1.000 sentimeter persegi, dan lantai tiga 1.000 sentimeter persegi.
Tips Merawat Hamster 3: Bahan Alas Kandang
Khusus untuk alas kandang, TIDAK BOLEH KAYU HALUS. Kalau kayu, hanya boleh jenis Aspen. Bedding yang terbuat dari kertas/tissue yang bebas bahan kimia/tinta sebenarnya juga aman. Tidak akan dimakan, tapi hamster terkadang suka memasukan bedding ke kantung pipi dan dipidahkan ke tempat lain.
Jika sampai tertelanpun, tissue dapat dicerna tanpa masalah (karena tidak mungkin tertelan terlalu banyak kecuali ada gangguan neurologis). Hamster tidak akan langsung mati dengan alas kayu halus, tetapi selama hidup di kandang yang beralas kayu halus, dia akan terus kesulitan bernafas dan secara perlahan akan mati.
Alas tissue juga lebih panas daripada alas serpihan kayu Aspen. Pasir zeolite belum sering dipakai di luar negeri, jadi masih belum ada informasi mengenai efek jangka panjang pemakaian pasir zeolite.
Tips Merawat Hamster 4: Tinggi Alas Minimum
Alas hamster minimum tingginya 15 sentimeter untuk Dwarf Hamster. Sedangkan untuk Syrian disarankan sekitar 30 sentimeter ke atas. Hamster suka menggali dan biasanya buat ruangan-ruangan berbeda di bawah tanah, seperti semut.
Lucu sekali jika dilihat dari kaca akuarium Jika hamster tidak bisa memenuhi keinginannya untuk menggali, dia akan sangat stress. Karena itu sangat sarankan untuk membeli bin cage (dari kontainer plastik) atau akuarium untuk hamster karena banyak kandang-kandang yang dijual di pet shop berbentuk wadah plastik bawahnya hanya sekitar 5 sentimeter saja.
Tips Merawat Hamster 5: Pasir Wangi BERBAHAYA
Jangan mengira penggunaan pasir wangi akan membuat hamster senang, justru efeknya akan sangat berbahaya karena tingkat penciumannya lebih bagus dari manusia. Menggunakan pasir wangi justru akan membuat hamster bisa stres.
Sekarang sudah banyak pasir mandi hamster yang tidak ada wanginya. Cari pasir dengan tulisan “classic” atau “original.” Jika tidak yakin, tolong tanya penjualnya. Selain pasir wangi, apapun dengan label “dust” itu berbahaya sekali untuk hamster, contohnya Chincilla Bath Dust karena partikel-partikelnya terlalu kecil dan bisa buat hamster sesak nafas.
Untuk informasi tambahan bahwa sebenarnya kotoran hamster tidak bau sama sekali jika hamster tersebut dalam kondisi sehat. Hamster juga bisa di litter/potty train jadi tidak perlu pasir wangi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kawan-kawan yang ingin memelihara hamster. (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/5-tips-merawat-hamster-bagi-pemula-update-terbaru/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=5-tips-merawat-hamster-bagi-pemula-update-terbaru

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Update Terbaru Arab Saudi Disebut Bakal Kurangi Kuota Haji

Update Terbaru Arab Saudi Disebut Bakal Kurangi Kuota Haji

papar berkaitan - pada 15/6/2020 - jumlah : 93 hits
Arab Saudi kemungkinan bakal tetap membolehkan ibadah haji dilakukan tahun ini Namun jumlah jamaah akan dikurangi secara drastis Hal itu dilakukan demi menekan penyebaran wabah virus corona yang sudah menginfeksi lebih dari 100 000 orang di...
Update Kasus Covid 19 Di Jakarta 19 Juni 9 525 Positif 4 682 Sembuh

Update Kasus Covid 19 Di Jakarta 19 Juni 9 525 Positif 4 682 Sembuh

papar berkaitan - pada 19/6/2020 - jumlah : 49 hits
Dari data itu juga tercatat total Pasien Dalam Pengawasan per hari ini sebanyak 16 513 orang dengan rincian 962 masih dirawat sedangkan 13 582 telah selesai perawatan Untuk Orang Dalam Pemantauan berjumlah 64 551 orang
Update Kamis 18 Juni Odp 36 698 Dan Pdp 17 923

Update Kamis 18 Juni Odp 36 698 Dan Pdp 17 923

papar berkaitan - pada 18/6/2020 - jumlah : 55 hits
Pasien tersebut akan berpotensi menambah jumlah angka pasien positif Covid 19 baru di kemudian hari Sejauh ini pasien yang terkonfirmasi positif Covid 19 di Indonesia mencapai 42 762 orang Hal ini berkat tambahan pasien positif pada hari in...
Update 19 Juni 2020 Total 36 464 Odp Covid 19 Dan Pdp 13 211

Update 19 Juni 2020 Total 36 464 Odp Covid 19 Dan Pdp 13 211

papar berkaitan - pada 19/6/2020 - jumlah : 39 hits
Sementara pasien sembuh terjadi penambahan sebanyak 551 pasien Total akumulatifnya menjadi 17 349 pasien
5 Keseruan Baru Yang Bisa Jadi Bakal Kamu Dapatkan Pas Update Ke Android 11 Siap Siap Aja Nih

5 Keseruan Baru Yang Bisa Jadi Bakal Kamu Dapatkan Pas Update Ke Android 11 Siap Siap Aja Nih

papar berkaitan - pada 22/6/2020 - jumlah : 92 hits
Dalam beberapa bulan lagi kita bakal menyongsong hadirnya sistem terbaru dari Android nih Kayaknya sih bakal seru banget fiturnya
Instagram Update 3 July 2020

Instagram Update 3 July 2020

papar berkaitan - pada 3/7/2020 - jumlah : 64 hits
A lot of people gathered their hearts to celebrate my birthday You all are really wonderful people I learned a lot Thank you and I love you The Ji Chang Wook DC Gallery collected 5 000 000 won
Court Sets Sept 4 For Update On Ex Goldman Banker S 1mdb Case In Us

Court Sets Sept 4 For Update On Ex Goldman Banker S 1mdb Case In Us

papar berkaitan - pada 30/6/2020 - jumlah : 71 hits
The Kuala Lumpur High Court has set Sept 4 for mention to update on the status of former Goldman Sachs banker Roger Ng who is still in the United States facing 1MDB linked criminal charges there Justice Mohamed Zaini Mazlan set the date dur...
Update Nasional Covid 19 14 Juni 38 277 Positif 14 531 Sembuh 2 134 Meninggal

Update Nasional Covid 19 14 Juni 38 277 Positif 14 531 Sembuh 2 134 Meninggal

papar berkaitan - pada 14/6/2020 - jumlah : 68 hits
Juru Bicara Pemerintah Percepatan Penanganan Covid 19 Achmad Yurianto mengungkap penularan Covid 19 masih terjadi di Indonesia
Jam Wear Os Kini Ada Harapan Untuk Ketahanan Bateri Lebih Lama Dengan Snapdragon 4100 Terbaru

Jam Wear Os Kini Ada Harapan Untuk Ketahanan Bateri Lebih Lama Dengan Snapdragon 4100 Terbaru

papar berkaitan - pada 1/7/2020 - jumlah : 53 hits
Salah satu kelemahan utama untuk jam pintar Wear OS dari Google adalah disebabkan ketahanan bateri yang rata ratanya lemah Bab perisian mungkin boleh menjadi satu faktor yang lain Namun apa yang pasti untuk model mercu ia menggunakan cip ya...
Detik Detik Penangkapan Artis Hana Hanifah Terkait Dugaan Prostitusi Di Medan

Sajat Lelaki Atau Wanita

Dia Nak Keluarkan Kenyataan Apa Apa Ke Lantak Dialah Lufya Omar Tampil Buka Mulut Isu Cerai

Ini Perkara Yang Perlu Anda Tahu Untuk Elak Kan Kucing Berak Dikawasan Rumah

Kecoh Lelaki Bvnuh Kucing Di Kedai Dobi Wanita Berpurdah Ini Tampil Jelaskan Siapa Sebenarnya Suspek

3 Perkara Allah Sembunyikan

Remaja Maut Terkena Renjatan Elektrik Di Taman Perumahan Bandar Sierra

Th Musnah Kerana Propaganda Ph



Info Dan Sinopsis Drama Syurga Untukmu Slot Samarinda

5 Gereja Yang Dahulunya Merupakan Masjid

Resepi Kek Mentega Brownie Brownie Butter Cake Paling Lembut dan Gebu

Resepi Popia Pepero Kegemaran Ramai

Resepi Kek Keju Tom Jerry Tom Jerry Cheesecake Viral


Hari 01 Cabaran Kurus 30 Hari Tidak Ambil Minuman Manis

Mecan Trade Untuk Mereka Yang Ingin Tambahkan Pendapatan Secara Digital

Demi Populariti Dalam Saluran Youtube Dia Sanggup Tarik Biawak

Aset Tabung Haji Tidak Dijual Kepada Cina Saifuddin

Putera Asia Masih Berbisa Lee Kwangsoo Terima Banyak Hadiah Hari Jadi Daripada Peminat Luar Negara

Mahathir Buka Parti Baru