5 Langkah Kreatif Membangun Personal Branding Di Instagram


Bicara soal personal branding, memilih platform yang tepat adalah tahap krusial. Tiap platform digital mempunyai karakteristik unik yang harus disesusaikan dengan ‘siapa diri Anda’. Salah satu opsi yang bisa Anda pilih adalah personal branding di Instagram.
Instagram adalah salah satu sosial media terpopuler di dunia. Di Indonesia sendiri, Instagram menjadi wadah para influencer mengekspresikan diri mereka. Bahkan netizen memiliki istilah khusus untuk menyebut orang-orang yang populer di Instagram: selebgram.
Sisi menariknya adalah, Anda tidak harus jadi artis untuk bisa terkenal di Instagram.
Keunggulan Instagram untuk Personal Branding Apalagi kalau Anda mempunyai keahlian di bidang tertentu. Membangun personal branding dan memamerkan hasil karya di Instagram adalah cara ampuh mendongkrak reputasi dan popularitas. Sebelumnya, kenali dulu karakteristik dan ciri khas Instagram dibandingkan platform lain.
Ada banyak cara untuk mempromosikan diri di dunia maya. Instagram selalu masuk dalam daftar rekomendasi platform untuk personal branding karena 3 alasan:
1. Fokus Konten Visual Sebagian besar platform memfokuskan layanannya pada konten teks. Lihat saja Facebook, LinkedIn, dan Twitter. Jenis konten yang dominan di 3 platform tersebut adalah teks.
Padahal, visual berbicara lebih keras daripada kata-kata.
Inilah salah satu keunggulan personal branding di Instagram: memprioritaskan visual sebagai konten utama. Dibandingkan mempromosikan diri lewat teks, penggunaan gambar dan video terbukti lebih efektif. Jenis konten visual lebih menarik pengguna sekaligus lebih ‘menjual’.
Pahamilah fakta bahwa manusia adalah makhluk yang malas. Menghadapi puluhan baris kalimat akan langsung menghilangkan atensi audiens. Mereka malas membaca teks yang terlalu panjang.
Sedangkan ketika dihadapkan pada konten visual, orang-orang lebih mudah tertarik untuk menyimak dan memahami apa yang Anda sampaikan.
2. Fitur Branding Terlengkap Instagram menyediakan banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk memperkuat personal branding. Post di Instagram bisa dibuat berupa single image atau carousel. Anda bisa merangkai beberapa gambar sekaligus ke dalam satu post dan menjadikannya satu seri informasi.
Selain carousel, personal branding di Instagram juga bisa dilakukan lewat story. Anda bisa mengunggah informasi apa pun yang akan bertahan selama 24 jam. Untuk story yang sifatnya penting, Anda bisa menampilkannya di halaman profil secara permanen.
Story di Instagram juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Anda bisa membuat polling untuk mendapatkan insight dari followers Anda. Ada juga fitur kuesioner untuk mengumpulkan berbagai macam informasi.
Yang paling ampuh adalah fitur Live dan IG TV. Kedua fitur ini mengandalkan layanan video streaming. Anda bisa menggunakannya untuk berinteraksi langsung dengan followers Anda. Hari ini di Instagram, semua orang bisa tampil di channel TV pribadinya masing-masing.
Dengan semua fitur di atas, tak heran jika personal branding di Instagram diakui sebagai yang paling ampuh.
3. IG Ads Ingin personal branding Anda lebih ampuh dan cepat? Gunakan layanan iklan Instagram.
Dibandingkan iklan digital lainnya, IG Ads termasuk yang paling efektif karena beberapa alasan:
Iklan di Instagram lebih menarik secara visual Iklan ditampilkan ke orang yang tepat Biaya iklan relatif lebih terjangkau dan bisa disesuaikan dengan budget Berapa pun modal promosi yang Anda miliki, Instagram siap membantu Anda dengan menampilkan iklan visual menarik yang disebarkan tepat sasaran pada target market Anda.
Personal Branding di Instagram Jika Anda ingin mulai melakukan personal branding di Instagram, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan terlebih dahulu, antara lain:
1. Tentukan Siapa Diri Anda Personal branding artinya mempromosikan value diri Anda pada orang lain. Langkah pertama untuk memulai personal branding adalah menentukan value tersebut.
Singkatnya, Anda harus berkenalan dengan diri sendiri sebelum memperkenalkannya pada orang lain.
Tentukan, Anda ingin orang lain mengenal Anda sebagai apa dan siapa? Apakah Anda seorang penulis, desainer, fotografer, programmer, atau yang lainnya?
Kemudian, apa yang menjadi ciri khas Anda? Adakah sesuatu yang membuat Anda terlihat ‘berbeda’ dari orang lain? Apa nilai jual tertinggi yang ada pada diri Anda?
Ambil kertas dan buat daftar karakteristik untuk mendefinisikan diri Anda. Definisi inilah yang akan menentukan langkah-langkah selanjutnya.
2. Lakukan Riset Setelah berhasil memahami diri Anda sendiri, langkah selanjutnya adalah melakukan riset terhadap orang-orang yang serupa dengan Anda. Mereka sudah memulai personal branding di Instagram, jadi lihat dulu siapa saja kompetitor Anda di sana.
Kalau Anda adalah seorang fotografer, cari akun fotografer lain dan pelajari karakteristiknya. Perhatikan bagaimana mereka mempromosikan diri dan menampilkan karya-karya mereka. Simak bagaimana cara mereka membangun interaksi dengan followers.
Lakukan riset seluas mungkin untuk mendapatkan ide tentang cara personal branding terbaik. Hasil riset ini akan memberikan gambaran tentang teknis personal branding yang harus Anda lakukan.
3. Buat Konsep Visual Instagram mengandalkan konten visual. Sebelum memulai branding, tentukan dulu konten visual seperti apa yang ingin Anda berikan pada followers. Istilah mudahnya adalah tema.
Ini meliputi kombinasi warna, jenis huruf, penggunaan ilustrasi, ukuran elemen, dan aspek desain lainnya. Buatlah konsep visual yang unik dan berbeda agar orang-orang langsung mengenali diri Anda ketika menemukan konten tersebut.
Setelah konsep Anda sudah matang, lanjutkan ke tahap selanjutnya: eksekusi personal branding di Instagram.
4. Jadwalkan Posting Rutin Personal branding butuh konsistensi. Kalau Anda melakukan branding di Instagram, maka Anda harus berusaha untuk mengunggah konten secara rutin. Buat jadwal posting yang sanggup Anda laksanakan, minimal 1 post per minggu.
Lebih sering lebih baik. Semakin intens aktivitas Anda di Instagram, semakin cepat profil Anda dikenal orang.
Jenis konten juga harus direncanakan dengan matang. Ada istilah soft-selling dan hard-selling.
Soft-selling adalah mempromosikan diri Anda dengan membahas topik-topik yang berkaitan dengan diri Anda. Bagi seorang fotografer, memberikan tips-tips fotografi di Instagram adalah salah satu bentuk soft-selling. Istilah umumnya adalah berjualan secara halus.
Sedangkan hard-selling adalah berpromosi secara terang-terangan. Anda harus mempertegas siapa diri Anda pada orang-orang. Katakan bahwa Anda adalah fotografer profesional yang dibuktikan dengan karya-karya yang Anda pajang di Instagram.
Ingat, kalau sudah membuat jadwal posting, lakasanakan secara rutin. Konsistensi adalah kunci personal branding di Instagram.
5. Pertimbangkan IG Ads
Ini bersifat opsional, tapi sangat disarankan. Mendapatkan followers secara alami dengan mempromosikan konten memang memerlukan waktu lama. Anda harus rajin dan konsisten mengunggah dan menyebarkan konten, bisa memakan waktu beberapa bulan bahkan bertahun-tahun.
Jalan pintasnya adalah IG Ads.
Dengan mengiklankan profil di Instagram, personal branding akan lebih cepat membuahkan hasil. Iklan Instagram ditampilkan pada target market yang spesifik. Misalnya, jika Anda adalah seorang fashion designer, maka iklan Anda juga akan ditampilkan pada orang-orang  yang tertarik pada dunia fashion.
Strategi ini menawarkan peluang personal branding beberapa ratus persen lebih maksimal.
Jangan Tunda Personal Branding di Instagram Setiap hari, jumlah pengguna Instagram terus bertambah. Banyak kompetitor Anda yang sudah sukses di Instagram, sisanya sedang dalam proses branding.
Semakin lama menunda, persaingan akan semakin ketat.
Karena teknologi menawarkan kecepatan, ekesekusi Anda juga harus dipercepat. Seperti kata pepatah, siapa cepat dia dapat. Jadi, jangan menunda lebih lama untuk segera memulai personal branding. Jutaan orang di Instagram adalah peluang bisnis yang tidak bisa ditolak.
Kalau Anda bertanya kapan waktu yang tepat untuk memulai personal branding di Instagram, jawabannya singkat: sekarang! (CW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/personal-branding-di-instagram/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
9 Contoh Personal Branding Tokoh Sukses Nasional Dan Internasional

9 Contoh Personal Branding Tokoh Sukses Nasional Dan Internasional

papar berkaitan - pada 17/3/2021 - jumlah : 364 hits
Jaman sekarang personal branding sangat penting untuk menunjang karir dan kesuksesan seseorang Tanpa personal branding tidak ada yang kenal dan tahu siapa Anda Akan sangat bermanfaat bila kita melihat contoh personal branding yang sukses di...
Linkedin Personal Branding 4 Cara Jitu Tampil Lebih Profesional

Linkedin Personal Branding 4 Cara Jitu Tampil Lebih Profesional

papar berkaitan - pada 14/3/2021 - jumlah : 286 hits
Di era sekarang hampir semua orang memiliki profil di platform digital Kamu bisa dengan mudah menemukan informasi tentang seseorang lewat sosial media Ini merupakan peluang untuk meningkatkan kredibilitas dan reputasi sebagai seorang profes...
Hiburan Sharnaaz Ahmad Muat Naik Lagu Sedih Waiting In Vain Di Instagram Story

Hiburan Sharnaaz Ahmad Muat Naik Lagu Sedih Waiting In Vain Di Instagram Story

papar berkaitan - pada 20/3/2021 - jumlah : 312 hits
Spekulasi percintaan Noor Nabila dan Engku Emran akhirnya terjawab apabila mereka telah sah bernikah pagi ini Berita pernikahan tersebut dimaklumkan sendiri oleh selebriti terkenal Neelofa apabila beliau memuat naik beberapa video sekitar m...
Facebook Sedang Membangunkan Aplikasi Instagram Untuk Mereka Yang Berumur Dibawah 13 Tahun

Facebook Sedang Membangunkan Aplikasi Instagram Untuk Mereka Yang Berumur Dibawah 13 Tahun

papar berkaitan - pada 19/3/2021 - jumlah : 215 hits
Instagram kini merupakan salah satu aplikasi sosial yang popular dan ditawarkan kepada mereka yang berusia 13 tahun dan ke atas Apa pun kini dalam usaha memastikan pengguna kanak kanak turut dapat menikmati perkhidmatan berkenaan Facebook k...
Saya Block Sahaja Akaun Itu Aishah Akui Sekat Instagram Siti Nurhaliza

Saya Block Sahaja Akaun Itu Aishah Akui Sekat Instagram Siti Nurhaliza

papar berkaitan - pada 18/3/2021 - jumlah : 227 hits
Beberapa hari lepas penyanyi legenda Aishah diberi tanggungjawab untuk membawa lagu Aku Bidadari Syurgamu nyanyian asal oleh Dato Sri Siti Nurhaliza atau lebih mesra disapa TokTi pada Anugerah Juara Lagu ke 35 lalu Ternyata persembahannya
Whatsapp Dan Instagram Menghadapi Masalah Untuk Diakses

Whatsapp Dan Instagram Menghadapi Masalah Untuk Diakses

papar berkaitan - pada 20/3/2021 - jumlah : 169 hits
Dua perkhidmatan yang dimiliki oleh Facebook kini nampaknya seperti menghadapi masalah teknikal dan kesukaran untuk diakses 8211 iaitu Instagram dan juga WhatsApp Untuk WhatsApp pengguna dilihat tidak dapat menghantar dan menerima mesej sem...
Cara Paling Berkesan Elak Instagram Kena Hack

Cara Paling Berkesan Elak Instagram Kena Hack

papar berkaitan - pada 19/3/2021 - jumlah : 392 hits
Cara Paling Berkesan Elak Instagram Kena Hack Peristiwa Instagram hampir di hack beberapa hari lepas memang buat aku tak senang duduk Selalu lah kita dengar berita akaun peribadi Instagram terutama golongan influncer dan selebriti digodam R...
Ringgit Plus Personal Loan March Special Promotion For Alliance Bank

Ringgit Plus Personal Loan March Special Promotion For Alliance Bank

papar berkaitan - pada 9/3/2021 - jumlah : 219 hits
Ringgit Plus Personal Loan March Special Promotion for Alliance BankApply Now
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Penyalahgunaan Kuasa Penyakauan Harta Rakyat Oleh Mahathir Wajib Didedahkan

Bersih Slams Hulu Selangor Funds Ahead Of Kuala Kubu Baharu Polls

Wee Barking Up The Wrong Tree

Zus Coffee Ice Green Tea Latte

Let S Be Reasonable Tun M Don T Call The Kettle Black

Membongkar Kejayaan Pembayaran Dan Pemenang Di Wecopytrade Dan Wemastertrade

Isu Buang Beras Sardin Semuanya Sudah Rosak Busuk Bekas Ahli Parlimen Kuala Krau



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


Pengertian Pungli Contoh Dan Hukumannya

Lelaki Bunuh Bakar Saudara Sendiri

Filem Reversi

Pucuk Manis Khasiat Dan Kesan Sampingan

Arief Apa Salahku Chord

8 Tanda Tanda Buasir Berdarah Mungkin Sebenarnya Kanser Usus