3 Faedah Membaca Ayat Kursi Saat Subuh Hari Jum At


Imam Muhammad Bin Abu Bakar  menuliskan satu hadis dan hikayat yang berkaitan dengan faidah Ayat Kursi pada Hadis yang keduapuluh tiga.
Hadits ini diriwayatkan dari Sayyidina Anas Bin Malik ra. Rasullah Saw. bersabda:
ما من عبد من امتي اذا اصبح فقرأ اثنتي عشر مرة اية الكرسي ثم توضأ وصلى الفجر حفظه الله من شر الشيطان وكان بمنزلة من قرأ جميع القران ثلاث مرات وتوج يوم القيامة بتاج من نور يضيئ لاهل الدنيا كلها فقلت يا رسول الله في كل يوم قال لا بل في كل يوم الجمعة فانها تجزئك من دهرك في جمعة مرة “Barangsiapa dari umatku membaca ayat kursi sebanyak 12 kali pada subuh hari jumat. Lalu ia berwudu untuk sholat subuh, maka Allah Swt. akan menjaganya dari tipu daya setan. Hal tersebut juga setara dengan hatam quran 3 kali. Juga nanti pada hari kiamat akan diberi mahkota yang terbuat dari cahaya, yang menyinari seluruh dunia. Aku bertanya: Wahai Rasulallah, membacanya harus setiap hari? Rasulullah Saw. menjawab: Tidak, akan tetapi cukup sekali pada hari jumat. Itu sudah cukup untukmu selama sepekan.”
Dalam artian, ada tiga manfaat yang akan kita dapatkan jika mengamalkan Ayat Kursi 12 kali pada subuh hari jumat.
Pertama, dapat perlindungan khusus (protektif) dari tipu daya setan. Artinya, Allah Swt. akan memberikan perlindungan lebih pada mereka yang mengamalkan amalan tersebut.
Kedua, dengan membaca Ayat Kursi 12 kali, seakan-akan menghatamkan quran sebanyak tiga kali. Namun, bukan berarti kita mencukupkan pada amalan ini, tetap lebih utama membaca Al-Quran secara keseluruhan.
Ketiga, dengan fadhilah amalan ini, Allah Swt. akan menyediakan mahkota raja di surga. Mahkota ini terbuat dari cahaya. Sebagaimana sifat cahaya yang bersinar, mahkota sebab amalan ini akan bersinar seluas dunia.
Ayat kursi sendiri merupakan ayat yang ke-255 dari surat al-Baqoroh,
اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِندَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ “Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.” (QS. al-Baqoroh[2]: 255)
Dalam Tafsir Jalalain Juz 1/hal. 40 dijelaskan bahwa kursi memiliki 3 makna. Pertama, dimaknai sebagai ilmu Allah Swt.
Kedua, diartikan sebagai kerajaan (kekuasaan) Allah Swt. Ketiga, diartikan sebagai makna asalnya, yaitu kursi. Kursi ini termasuk makhluk Allah Swt. yang meliputi langit dan bumi dari saking besarnya.
Bahkan dalam sebuah hadits, langit yang tujuh dibandingkan kursi diibaratkan seperti 7 keping uang (dirham) dibandingkan dengan perisai/taming.
Imam Muhammad Bin Abu Bakar mencantumkan sebuah kisah umat terdahulu yang berkaitan dengan hadits di atas.
Kisah ini terjadi pada masa Nabi Musa as. Sebagaimana yang telah diwahyukan Allah Swt. dalam al-quran, watak umat terdahulu tidak akan percaya pada kenabian kecuali sudah dibuktikan dengan mukjizat atau bisa menyaksikan langsung Dzat Allah Swt.
Misal umatnya Nabi Musa as., mereka mengaku akan beriman pada beliau jika sudah bisa melihat Allah Swt. dengan mata kepala mereka sendiri. Dalam hal ini, Allah Swt. berfirman:
وَاِذْ قُلْتُمْ يٰمُوْسٰى لَنْ نُّؤْمِنَ لَكَ حَتّٰى نَرَى اللّٰهَ جَهْرَةً فَاَخَذَتْكُمُ الصّٰعِقَةُ وَاَنْتُمْ تَنْظُرُوْنَ “Dan (ingatlah) ketika kamu berkata, ‘Wahai Musa! Kami tidak akan beriman kepadamu sebelum kami melihat Allah dengan jelas,’ maka halilintar menyambarmu, sedang kamu menyaksikan.” (QS. Al-Baqoroh[2]: 55)
Dalam Tafsir Jalalain Juz 1/hal. 9 dijelaskan bahwa umat Nabi Musa as. akan beriman pada beliau ketika bisa melihat Allah secara langsung.
Seketika itu mereka langsung mati disebabkan suara keras (teriakan) yang diturunkan oleh Allah. Namun atas permintaan Nabi Musa as., mereka dihidupkan kembali oleh Allah SWT.
Setelah itu, mereka bertanya tentang sifat Allah Swt. pada Nabi Musa. “Wahai nabi, Apakah Tuhanmu tidak pernah ngantuk atau tidur (sinatun wala naum), sebagaimana yang termaktub dalam Taurat?”
Nabi Musa as. menjawab, “Iya, benar. Allah Swt. tidak tidur atau ngantuk.”
Mereka bertanya lagi, “Bagaimana mungkin Tuhanmu tidak tidur?”
Allah SWT. langsung menyuruh Nabi Musa as. untuk mengambil dua botol yang diisi air. Beliau memegang kedua botol tersebut. Tak lama kemudian Allah Swt. menidurkan Nabi Musa as. Tentunya kedua botol tersebut jatuh dan pecah.
Setelah itu, Allah Swt. berfirman pada Nabi Musa as, “Musa, katakanlah pada kaummu! Andaikan Allah Swt. tidur, maka pasti jagad raya ini hancur.”
Artinya, dalam ayat kursi terdapat inti ajaran islam, yaitu tauhid. Jangankan tidur, mengntuk pun mustahil pada Allah Swt. Kita amalkan amalan ini tanpa harus memiliki perasaan ingin melihat buktinya secara langsung.
Karena kita sudah menjadi umat terbaik, yang tidak perlu melihat langsung nabi dan mukjizatnya untuk beriman pada beliau. Wallahua’lam.
Sumber: bincangsyariah.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/3-faedah-membaca-ayat-kursi-saat-subuh-hari-jumat/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Satu Juzuk Satu Bulan Setiap Hari Umie Perdengarkan Ayat Al Quran Untuk Aisya

Satu Juzuk Satu Bulan Setiap Hari Umie Perdengarkan Ayat Al Quran Untuk Aisya

papar berkaitan - pada 30/9/2019 - jumlah : 405 hits
Pelakon terkenal Datin Seri Umie Aida menggunakan pendekatan memperdengarkan ayat al Quran selama sebulan untuk satu juzuk kepada anaknya Aisya Humaira Umie 46 atau nama sebenarnya Umi Khalsum Rahmad Ali berkata method yang digunakan Ustaz ...
Membaca Surat Yasin Tiap Malam Jum At Akan Dikabulkan Semua Keinginan Kita

Membaca Surat Yasin Tiap Malam Jum At Akan Dikabulkan Semua Keinginan Kita

papar berkaitan - pada 4/10/2019 - jumlah : 166 hits
Banyak informasi yang beredar bahwa siapa saja yang membaca Surat Yasiin sepenuhnya dan pada ayat ke 58 surah itu SALAAMUN QAULAN MIN RABBIN RAHIM Diulang sejumlah 7 kali untuk 7 kemauan baik InsyaAllah dengan izin Yang Maha Esa dan Maha Ku...
Normalkah Jika Pria Tidak Mengalami Ereksi Saat Bangun Pagi Hari

Normalkah Jika Pria Tidak Mengalami Ereksi Saat Bangun Pagi Hari

papar berkaitan - pada 3/10/2019 - jumlah : 256 hits
Berdasar penjelasan dari dr Fiona Amelia MPH dari KlikDokter jika suatu pagi kamu tidak mengalami NPT ini mungkin dikarenakan tidak terbangun dalam fase REM
Terbang Ke Amerika Saat Karhutla Gubernur Jambi Hadiri Hari Pramuka Dunia

Terbang Ke Amerika Saat Karhutla Gubernur Jambi Hadiri Hari Pramuka Dunia

papar berkaitan - pada 24/9/2019 - jumlah : 234 hits
Apani mengungkapkan apa yang dituduhkan kepada Fachori tidak benar Bahkan seperti dibuat buat yang seolah olah warganya membenci Fachori
Absen Wali Kota Solo Tak Dampingi Jokowi Saat Peringatan Hari Batik Nasional

Absen Wali Kota Solo Tak Dampingi Jokowi Saat Peringatan Hari Batik Nasional

papar berkaitan - pada 3/10/2019 - jumlah : 238 hits
Wakil Wali Kota Solo memastikan tidak ada masalah antara pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo dua periode tersebut Apalagi jika dikait kaitkan dengan pencalonan putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka menjadi Wali Kota Solo
7 Petua Masak Nasi Lambat Basi Boleh Tahan Sampai 2 Hari Suri Rumah Wajib Tahu

7 Petua Masak Nasi Lambat Basi Boleh Tahan Sampai 2 Hari Suri Rumah Wajib Tahu

papar berkaitan - pada 4/10/2019 - jumlah : 341 hits
Hairan juga kalau nasi yang kita masak cepat betul basi Sedangkan nasi bungkus yang kita beli di warung nasi lambat basi walaupun tidak disimpan dalam peti sejuk Apa rahsia mereka agaknya Dengan 7 petua masak nasi lambat basi ini anda juga ...
Siapkan Carrot Cake Tanpa Gula Garam Untuk Hari Jadi Anak Hebatnya Ibu Ni Memang Superb

Siapkan Carrot Cake Tanpa Gula Garam Untuk Hari Jadi Anak Hebatnya Ibu Ni Memang Superb

papar berkaitan - pada 5/10/2019 - jumlah : 465 hits
Kebiasaannya apabila tiba hari lahir anak kek biasanya dibeli sahaja dengan beraneka rupa dan bentuk bagi merasaikan hari istimewa ini Namun tak kurang juga yang menyediakan kek sendiri buat anak anak tanda hari istimewa ini Tidak ketinggal...
Masuk Masjid Tanpa Lepas Sepatu 2 Anggota Polri Ditahan 14 Hari

Masuk Masjid Tanpa Lepas Sepatu 2 Anggota Polri Ditahan 14 Hari

papar berkaitan - pada 5/10/2019 - jumlah : 222 hits
Awalnya Bripda H yang ditemukan sebagai pelaku sesuai video yang beredar Dia menjalani sidang disiplin dan telah masuk patsus sejak empat hari lalu Menyusul Bripda S yang baru diketahui identitasnya setelah melibatkan Inafis dan Labfor
Bayi 4 Bulan Meninggal Selepas 5 Hari Demam Tak Dirawat Awal

Bayi 4 Bulan Meninggal Selepas 5 Hari Demam Tak Dirawat Awal

papar berkaitan - pada 5/10/2019 - jumlah : 367 hits
Mari kita baca perkongsian dari fb ibu arwah adik Anaqi Tsaqeef Bin Muhammad IkhwanANAQI TSAQEEF ANAK SYURGA IBU BABAH 18 Sept 2019 Pagi tu anak ibu bangun senyum gelak2 mcm biasa makan minum pon mcm biasa Tapi tengahari dlm pukul 12 tiba2 ...
Court Allows Forfeiture Of Rm1 1mil From Illegal Deposit Taking Scheme Investors

Wanita Mca Calls On Govt To Tackle Brain Drain Generate Job Opportunities

Keningau Fa Buat Kejutan Gol Awal

Muda Slams Pro Israel Us Professor S Remark At Local Varsity Talk

Beli Rak Rempah 3 Tingkat

Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji

Wordless Wenesday 115 Diy Baju Kurung Lama

Kelam Kabut Semua Buat Sendiri Daler Yusof Kongsi Pengalaman Urus Isteri Pertama Kali Berpantang Di Malaysia



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan


Bulan Yang Sibuk

Repair Kereta Terus Ke Rumah Anda Untuk Penduduk Di Sekitar Kuantan

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Apakah Semua Musik Itu Haram

Motivating Remote Teams

Mengenali Ciri Individu Toksik Tempat Kerja Toksik