1 Lwn 1 Janda Aceh Membunuh Cornelis De Houtman Di Dek Kapal Perang Belanda





TOKOH wanita asal Aceh ini memiliki pencapaian yang sangat mencengangkan. Ya, dia adalah Laksamana Malahayati. Beliau ini tercatat sebagai wanita pertama Indonesia yang pernah jadi pemimpin korps kelautan. Kiprah terbaiknya adalah berhasil bikin Portugis dan Belanda terkencing-kencing gara-gara kegarangannya.
Tak hanya pernah menjadi perwira tinggi kapal perang, Malahayati juga punya pasukan sendiri yang terdiri dari kaum janda dan para gadis. Bersama para pasukan wanita, sosok pejuang ini makin ditakuti. Pamor seorang Malahayati begitu mentereng kala itu. Orang-orang barat sampai-sampai menyamakannya dengan deretan tokoh wanita kelas dunia.
Lalu seperti apa detail tentang kehidupan dan prestasi sosok satu ini? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.
Kehidupan Malahayati
Keumalahayati lahir pada akhir abad 15 masehi. Ia merupakan keturunan dari bangsawan Aceh. Jika dilihat dari silsilah, Kemalahayati termasuk berdarah biru. Ia keluarga asli dari kerajaan Aceh Darussalam.
Ayahnya merupakan seorang Laksamana, demikian pula dengan kakeknya. Mengikuti jejak dua orang laki-laki terdekatnya, Malahayati pun akhirnya menempuh pendidikan militer untuk memperdalam ilmu kelautan di Baital Makdis. Dalam pelatihannya, Malahayati menjadi sosok yang benar-benar luar biasa. Tak hanya itu, di sana pun ia bertemu dengan calon suami yang juga seorang perwira kapal perang.
Pasangan Pejuang
Setelah lulus dari akademi, Malahayati pun menikah dengan pujaan hatinya. Tidak diketahui dengan pasti identitas suaminya itu, namun yang jelas ia juga merupakan seorang pahlawan perang. Diketahui, suami Malahayati telah melakoni banyak perang, termasuk salah satunya adalah ketika melawan Portugis di Teluk Haru. Ketika itu pasukan armada Aceh berhasil membuat Portugis menangis.
Namun sayangnya, pertempuran tersebut juga memakan banyak korban dari pihak Aceh sendiri. Setidaknya, ada sekitar seribu tentara tanah Rencong yang gugur dalam pertempuran tersebut. Lebih disayangkan lagi dalam pertempuran ini suami Malahayati juga jadi salah satu korbannya.
Armada Perempuan Janda
Sepeninggal suaminya, Malahayati tak terjebak dalam derita. Ia tetap melanjutkan hidup dengan membentuk armada yang terdiri dari para janda yang suaminya gugur dalam pertempuran melawan Portugis. Dalam armada tersebut, rupanya bukan hanya janda yang tertarik bergabung. Para gadis-gadis muda juga turut ambil bagian.
Armada tersebut pun dikenal dengan nama “Inong Balee” atau berarti perempuan janda. Pangkalannya terletak di Teluk Lamreh Krueng Raya. Mereka memiliki 100 kapal dengan kapasitas 400-500 orang. Masing-masing kapal juga sudah dilengkapi dengan meriam.
Membunuh Cornelis de Houtman
Suatu hari, dua kapal dagang Belanda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman dan Frederick datang mengunjungi Aceh pada bulan Juni 1599. Awalnya, kedatangan tersebut disambut baik oleh Sultan. Namun, setelahnya justru terjadi ketegangan. Konflik timbul hingga akhirnya peperangan melawan Belanda pun terjadi pada September 1599. Saat itu, Malahayati berhasil menghabisi nyawa Cornelis de Houtman.
Makam Laksamana Malahayati.
Setelah peperangan tersebut, hubungan antara Aceh dan Belanda pun tegang. Prins Maurits, seorang pemimpin Belanda berusaha memperbaiki hubungan tersebut. Malahayati yang juga merupakan diplomat pun dikirim untuk melakukan perundingan. Atas keberaniannya, Malahayati pun mendapat gelar Laksamana hingga kini, namanya pun diabadikan sebagai salah satu kapal perang Republik Indonesia.
Ketika masyarakat kekinian sibuk bicara soal emansipasi, Malahayati sejak dulu sudah mendobrak pakem-pakem ala wanita. Ya, alih-alih menerima nasib dengan menghabiskan hidup di kasur, dapur, dan sumur, Malahayati maju dan memimpin perang. Benar-benar sosok luar biasa yang pantas disandingkan dengan tokoh-tokoh kelas dunia. (IH)

Makluman: 

Laksamana wanita pertama Asia membunuh Cornelis de Houtman dalam pertarungan satu lawan satu di atas geladak kapal perang Belanda.

Pemimpin Pasukan Inong Balee Malahayati dicatat sebagai laksamana perempuan pertama di Asia kerana keberaniannya menyerang kapal serta benteng-benteng Belanda. Dia pula yang membunuh Cornelis de Houtman (orang Belanda yang pertama tiba di Indonesia) dalam pertarungan satu lawan satu di atas geladak kapal tahun 1599. 
Di bawah pimpinannya, Inong Balee menjadi pasukan andalan di tanah Aceh. Untuk menghargai kepahlawanan Malahayati, Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan Skep/1487/XI/1977 mengabadikan namanya di kapal TNI AL dengan nomor lambung 362. 
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) juga mencatatkan Benteng Inong Balee dalam Daftar Inventaris Benda Cagar Budaya Tidak Bergerak dan Situs dengan nomor registrasi 2/01-06/C/56.
Sila rujuk;Bahagian Penerangan Persatuan Kebajikan Bangsa Aceh Malaysia (PKBAM) Kuala Lumpur. 29 Jun 2016
Lihat sebelum ini..E-Buku IH-61: P.Kebajikan B/Aceh M'sia
Hibur Hibur Sikit

Laksamana Keumala Hayati








Lihat juga Sebelum Ini..
Jom Lawat Kampung Janda Indo... Penyelesaian.Intip Lagi, Kampung Janda, Kini Di Bogor Pula..Sekitar Artis Menjanda Di Indonesia, Masuk Air?K/Janda: (1)Bunuh Ragol &Politik IndoK/Janda: (2) Bunuh Ragol &Politik IndoK/Janda Aceh: Kampung Tanpa Lelaki.Pasukan Janda Aceh, Berperang Di Jalan Al...


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://www.ibnuhasyim.com/2019/10/1-lwn-1-janda-aceh-membunuh-cornelis-de.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
K Janda Aceh Kampung Tanpa Lelaki

K Janda Aceh Kampung Tanpa Lelaki

papar berkaitan - pada 16/10/2019 - jumlah : 455 hits
Ibu ibu mangsa konflik berkumpul di kampung Cot Keeng Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya Aceh Kampung Cot Keeng dirujuk sebagai kampung balu kerana wanita di kampung itu ditinggalkan oleh suami mereka yang bertempur dengan Gerakan Ac...
Pasukan Pahlawan Janda Aceh Berperang Di Jalan Allah

Pasukan Pahlawan Janda Aceh Berperang Di Jalan Allah

papar berkaitan - pada 17/10/2019 - jumlah : 433 hits
Benteng Inong Balee Atau Janda BERJUANG dijalan Allah itulah asas kekuatan perjuangan wanita Aceh Wanita yang ditinggalkan suami atau menjadi janda Sehingga terungkaplah kekaguman HC Zentgraaff seorang Belanda kopral marsose veteran Perang ...
Genjot Kunjungan Wisatawan Plt Gubernur Aceh Undang Kapal Pesiar Singgah Ke Sabang

Genjot Kunjungan Wisatawan Plt Gubernur Aceh Undang Kapal Pesiar Singgah Ke Sabang

papar berkaitan - pada 19/10/2019 - jumlah : 90 hits
Pemerintah Aceh tengah giat gita mengembangkan bisnis wisata di Aceh Untuk meningkatkan kunjungan ke Serambi Mekkah khususnya ke Pulau Sabang Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengundang kapal kapal pesiar untuk singgah di Sabang
Harga Minyak Dunia Naik Akibat Ledakan Kapal Tanker Iran

Harga Minyak Dunia Naik Akibat Ledakan Kapal Tanker Iran

papar berkaitan - pada 12/10/2019 - jumlah : 174 hits
Harga minyak naik tajam pada akhir perdagangan Jumat karena investor mengamati dengan cermat perkembangan terbaru dari dua ledakan yang menghantam kapal tanker minyak Iran di Laut Merah yang memicu kekhawatiran atas gangguan dalam produksi ...
Pelni Uji Coba Pergerakan Tiga Kapal Km Gandha Nusantara

Pelni Uji Coba Pergerakan Tiga Kapal Km Gandha Nusantara

papar berkaitan - pada 13/10/2019 - jumlah : 108 hits
Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro mengatakan bahwa kapal rede tersebut akan dipergunakan untuk melayani penumpang di sekitar pangkalan dan tempat tujuan sesuai dengan Jaringan SK Rute Kapal Rede Tahun 2019
Alasan Menteri Susi Pilih Tenggelamkan Kapal Pencurian Ikan Dibanding Dilelang

Alasan Menteri Susi Pilih Tenggelamkan Kapal Pencurian Ikan Dibanding Dilelang

papar berkaitan - pada 14/10/2019 - jumlah : 134 hits
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai penenggelaman kapal menjadi langkah efektif memberi efek jera pelaku pencurian ikan Dia lebih suka menenggelamkan dibanding melelang kapal para pencuri ikan Menteri Susi menjelaskan ka...
Cara Isi Nama Ketika Membuat Penempahan Tiket Kapal Terbang

Cara Isi Nama Ketika Membuat Penempahan Tiket Kapal Terbang

papar berkaitan - pada 11/10/2019 - jumlah : 1715 hits
Di Twitter sebelum ini ada nitezen berkongsikan pengalaman beliau dimana nama yang tertera di tiket kapal terbang milik beliau tidak sama dengan nama yang ditulis di passport Sekali gus telah memberikan sedikit kesukaran kepada beliau sehin...
Kira Kira 11 Kapal Terbang Bawa Komrad Ultras Malaya Suarakan Amaran Sedia Serang Vietnam

Kira Kira 11 Kapal Terbang Bawa Komrad Ultras Malaya Suarakan Amaran Sedia Serang Vietnam

papar berkaitan - pada 11/10/2019 - jumlah : 360 hits
Kekuatan bagi sesebuah pasukan bola sepak sememangnya bergantung kepada aksi yang dipamerkan oleh seluruh pemain ketika beraksi Walaupun begitu sokongan padu yang diberikan oleh penyokong penyokong turut memberikan impak yang besar terhadap...
Bos Bukit Asam Harap Perang Dagang As China Segera Usai Agar Harga Batu Bara Naik

Bos Bukit Asam Harap Perang Dagang As China Segera Usai Agar Harga Batu Bara Naik

papar berkaitan - pada 28/10/2019 - jumlah : 174 hits
Perusahaan tak bisa memprediksi kapan trend penurunan harga batu bara ini akan berakhir Sebab batu bara sendiri merupakan salah satu komoditi yang secara hukum ekonomi bergantung pada suplai dan demand
The Evolution Of Adult Entertainment

Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Pelepasan Cukai Sukan 2024 Senarai 103 Sukan Tersenarai

Apabila Sang Profesor Datang Melawat

Surah Al Ikhlas Bacaan Rumi Terjemahan

Isn T Akmal S Call To Reject Passport Renewal Based On Bm Fluency A Disservice Amid Looming Kkb Polls

Honor X7b Telefon Pintar 5g Kini Di Kedai Seluruh Negara Pada Rm899



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


Kwsp Akaun 3 Apa Yang Perlu Anda Tahu

Umpama Makan Nasi Tanpa Lauk

Calon Pn Kuala Kubu Baru Ceo Syarikat Tutup

Big Bucks Top 10 Sellers From Bonhams Spring Stafford Sale

Dashi Packet Recipe

Hiburan Betul Ke Tak Melayan Acah Suci Masih Berhubung Dengan Aliff Aziz Sophia Al Barakbah Pula Jadi Sasaran Sarah