Waspada Kadang Tanpa Sadar Kita Melewati 3 Jalan Menuju Neraka Ini


Dalam surah al-Mudatsir ayat 42-45, Alquran dengan sangat menarik menceritakan perbincangan di antara para penghuni surga dan penghuni neraka pada hari kiamat.
Penghuni surga bertanya kepada penghuni neraka, ‘apa jalan yang membawamu masuk neraka?’ Penghuni neraka kemudian menjawab, ‘dulu kami tidak termasuk golongan orang-orang salat. Dan kami tidak memberi makan orang miskin. Dan kami menggunjing bersama para penggunjing’ (Q.S. Almudatsir: 42-45).
Percakapan yang sangat menarik dalam Alquran ini mengandaikan orang yang mengalami kehancuran spiritual dan karenanya masuk neraka Saqor, disebabkan oleh sikap abainya terhadap nilai-nilai agama dan sosial.
Dalam ayat ini, Alquran dengan ringkas menjelaskan sedikitnya ada tiga jalan menuju neraka yang amat berbahaya dan harus dihindari oleh setiap manusia yang beriman.
Hal demikian harus dihindari agar tidak dianggap sebagai abai terhadap nilai-nilai religius dan sosial yang akan menjerumuskan seseorang ke dalam neraka atau kehancuran secara spritual.
Ayat tersebut menjelaskan bahwa jalan pertama yang mempermudah dan memperlancar jalan menuju neraka ialah meninggalkan salat.
Nabi Muhammad sedari awal sudah mewanti-wanti secara keras dan tegas bahwa perbedaan muslim dan kafir dapat dilihat dari salat atau tidaknya seseorang.
Salat merupakan tiang sekaligus fondasi dasar agama. Orang yang tidak salat dengan sendirinya dapat dikategorikan sebagai orang yang tidak memiliki tiang agama dan karenanya rapuh secara keislaman dan keimanan.
Ibarat sebuah rumah yang mudah hancur karena fondasi dan tiangnya rapuh, seorang muslim yang tidak melakukan salat akan sangat rentan terjerumus ke dalam kehancuran spiritual. Terkait hal ini Nabi bersabda,
“Perbedaan kafir atau tidaknya seseorang ditentukan berdasarkan pada salatnya” (HR. Bukhari).
Namun perlu diperhatikan bahwa melaksanakan salat saja tidak cukup untuk jaminan terhindar dari siksa neraka. Artinya, harus ada pengejawantahan nilai-nilai yang terkandung dalam salat.
Salat itu menyimbolkan dua hubungan sekaligus; pertama, hubungan baik kita dengan Allah yang disimbolkan dengan takbiratul ihram; kedua, hubungan baik kita dengan manusia yang disimbolkan dengan menengok ke kanan dan ke kiri saat salam di akhir salat.
Orang yang tidak salat bisa jadi merupakan orang yang bersikap acuh tak acuh terhadap nilai-nilai spiritual dan sosial dan karenanya pantas untuk masuk neraka.
Berdasarkan pada dua simbol yang memiliki makna spiritual dan sosial sekaligus dalam salat ini, maka jalan kedua yang dapat menjerumuskan seseorang untuk masuk neraka ialah orang yang terkadang memperhatikan simbol pertama dalam salat (hablum minalllah) namun mengabaikan simbol kedua (hablun minannas).
Karena itu, jalan kedua yang membawa seseorang masuk ke neraka harus diperhatikan juga; yakni, tidak memberi makanan kepada orang miskin.
Bila ada seorang muslim memberi makan orang miskin tetapi tidak salat, ia akan masuk neraka Saqor.
Juga, bila ada orang Islam yang suka salat tetapi tidak pernah memberi makanan kepada orang miskin, dia pun akan masuk neraka Saqor.
Jadi jalan kedua yang menjerumuskan seseorang ke dalam neraka ialah tidak memiliki kepedulian sosial dan tidak peka terhadap masalah kemasyarakatan.
Dengan demikian, agar terhindar dari masuk neraka, kita harus memiliki sikap kepedulian sosial yang tinggi dan peka terhadap problem ketimpangan sosial.
Seorang muslim bukan seorang yang hidup soliter, hidup menyendiri dan mengasingkan diri dari dunia sekeliling.
Seorang muslim ialah seorang yang mampu membaca ketimpangan-ketimpangan sosial yang terjadi di sekelilingnya dan karenanya ia bertindak untuk mengatasi persoalan tersebut.
Memberi makan orang miskin merupakan salah satu solusi untuk mengatasi problem-problem sosial kemasyarakatan. Dan jika seseorang abai terhadap problem sosial ini, maka neraka Saqor adalah ancamannya.
Jalan ketiga yang dapat memperlancar perjalanan menuju neraka Saqor ialah menggunjing orang lain. Menurut para ahli tafsir perbuatan yang termasuk dalam kategori ini ialah mengadu domba, menyakiti hati orang lain atau menyebarkan desas-desus.
Melakukan obrolan-obrolan semacam ini akan melapangkan jalan bagi seseorang untuk masuk neraka. Dalam Alquran disebutkan, kalau kita mendengar obrolan semacam itu, ‘janganlah kamu duduk bersama mereka sampai obrolannya pindah kepada topik yang lain’ (Q.S. Annisa: 140).
Menggunjing kejelekan orang lain, mengadu domba, menyebar fitnah atau desas-desus dapat dikategorikan sebagai usaha untuk memperkeruh hubungan baik antara sesama elemen masyarakat.
Sementara itu, Alquran selalu menegaskan bahwa menggunjing kejelekan orang lain sama saja dengan memakan dagingnya secara mentah-mentah dan itu juga sama saja artinya dengan menganggu stabilitas sosial.
Jika seorang muslim melakukan itu, meski ia salat dan memberi makan orang miskin, ia tetap akan masuk neraka.
Dengan demikian ketiga jalan masuk neraka yang disebut Alquran ini merupakan peringatan sekaligus nasihat untuk kita semua agar selalu menghindarinya dan melakukan amalan-amalan sebaliknya.
Hal demikian dilakukan agar kita semua mendapat surganya;
Melaksanakan salat baik sunnah maupun wajib dengan memahami betul-betul bahwa tujuan daripada salat ialah mencegah dari perbuatan keji dan munkar Sering berderma kepada kaum papa dan peduli kepada problem ketimpangan sosial. Melakukan hubungan baik dengan orang lain dengan tidak mengadu domba, menyakiti hati orang lain atau menyebarkan desas-sesus. Tiga hal ini, yang merupakan kebalikan dari tiga jalan menuju neraka, merupakan nilai yang harus kita tanam kuat-kuat dalam diri kita agar kehidupan kita selalu dalam naungan, berkah dan rahmat dari Allah SWT.
Allahu A’lam.
Sumber: bincangsyariah.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/waspada-kadang-tanpa-sadar-kita-melewati-3-jalan-menuju-neraka-ini/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pengamat Nilai Pemerintah Tak Perlu Buat Jalur Lrt Menuju Bandara Cengkareng

Pengamat Nilai Pemerintah Tak Perlu Buat Jalur Lrt Menuju Bandara Cengkareng

papar berkaitan - pada 24/6/2019 - jumlah : 137 hits
Ada baiknya pemerintah mengoptimalkan transportasi yang sudah ada ketimbang membuka opsi baru Sebab akses ke bandara sendiri selain sudah ada KA bandara ada juga transportasi bus seperti Damri
Benarkah Ulmwp Menuju Kehancuran

Benarkah Ulmwp Menuju Kehancuran

papar berkaitan - pada 4/7/2019 - jumlah : 189 hits
Apakah benar the United Liberation Movement for West Papua sedang diambang kehancuran Tulisan analisa seorang tokoh Papua MY tentang Kehancuran ini terjadi karena mengumumkan hasil Kongres Luar Biasa yakni terbentuknya Tentara West Papua ya...
Pemerintah Catat Ikan Indonesia Sudah Diekspor Ke 157 Negara Terbesar Menuju Amerika

Pemerintah Catat Ikan Indonesia Sudah Diekspor Ke 157 Negara Terbesar Menuju Amerika

papar berkaitan - pada 5/7/2019 - jumlah : 146 hits
Kementerian Kelautan dan Perikanan menyatakan ekspor produk perikanan Indonesia terus menunjukkan tren yang positif Buktinya saat ini produk perikanan tersebut telah diekspor ke lebih dari 150 negara di dunia Pada Januari hingga April untuk...
Pemerintah Gratiskan Tarif Bus Damri Menuju Bandara Kertajati Selama Setahun

Pemerintah Gratiskan Tarif Bus Damri Menuju Bandara Kertajati Selama Setahun

papar berkaitan - pada 7/7/2019 - jumlah : 192 hits
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menyatakan tol Cisumdawu diperkirakan selesai pada pertengahan 2020 Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait percepatan pembangungan tol Cisumdawu
Adakah Orang Yang Disiksa Di Neraka Akan Mati

Adakah Orang Yang Disiksa Di Neraka Akan Mati

papar berkaitan - pada 11/7/2019 - jumlah : 236 hits
Soalan Adakah orang yang dihumban ke dalam api neraka itu akan mati pada akhirnya Bagaimanakah hakikat sebenar orang yang disiksa Bolehkah dijelaskan kepada saya Jawapan Sesungguhnya penciptaan manusia itu bukanlah sesuatu pekerjaan yang si...
Tolak Karaoke Plus Plus Miliknya Ditutup Mukhlis Saya Takut Neraka Sepi

Tolak Karaoke Plus Plus Miliknya Ditutup Mukhlis Saya Takut Neraka Sepi

papar berkaitan - pada 10/7/2019 - jumlah : 261 hits
Beredar video pengakuan seorang pemilik karaoke plus plus di Kabupaten Demak Tengah yang menolak lapaknya ditutup paksa oleh aparat setempat Alasan si pemilik menolak karaoke miliknya ditutup agar neraka tidak sepi Video pengakuan pemilik k...
3 Cahaya Di Hari Kiamat Perisai Api Neraka Dan Syafaat Di Akhirat

3 Cahaya Di Hari Kiamat Perisai Api Neraka Dan Syafaat Di Akhirat

papar berkaitan - pada 22/6/2019 - jumlah : 560 hits
3 Cahaya Di Hari Kiamat Marilah kita renungkan perkongsian tazkirah di bawah ini Yang mana ia berkaitan soal hidup sesudah mati di waktu kita sudah tak ada apa apa yang boleh membantu kita kecuali amal soleh ketika di dunia Kita hidup kat d...
Suami Akan Dilempar Ke Neraka Jika Membiarkan Isterinya Tidak Menutup Aurat

Suami Akan Dilempar Ke Neraka Jika Membiarkan Isterinya Tidak Menutup Aurat

papar berkaitan - pada 27/6/2019 - jumlah : 263 hits
Dalam sesuatu rumah tangga seseorang suami menggambarkan pemimpin untuk keluarganya dia bertanggung jawab penuh terhadap isteri dan juga anak anaknya Karna seluruh yang diperbuat anak dan juga isterinya dikala nanti hendak dimintai pertangg...
Lirik Lagu Carilah Aku Di Neraka Nyanyian Fadzli Fareast Ft Maliq Suhaimi

Lirik Lagu Carilah Aku Di Neraka Nyanyian Fadzli Fareast Ft Maliq Suhaimi

papar berkaitan - pada 2/7/2019 - jumlah : 719 hits
LIRIK LAGU CARILAH AKU DI NERAKA NYANYIAN FADZLI FAREAST FT MALIQ SUHAIMILIRIK LAGU CARILAH AKU DI NERAKA Lagu ini di nyanyikan oleh Fadzli Fareast dan juga Maliq Suhaimi diterbitkan oleh Inteam Digital Lagu yang dilancarkan pada bulan Mei ...
E Jamin Judiciary Bar Agree On Proposal To Reinstate Similar E Bail System

Video Suspek Serang Balai Polis Ulu Tiram Maut Ditembak

Adakah Batuk Membatalkan Solat Ust Azhar Idrus

Buasir Otak Tv Hadiah Hari Guru Ikut Kerja Bapa Be Like

More Than 20 Ji Members In Johor Igp

Nepal Haram Produk Rempah Dari India Selepas Hong Kong Singapura

Kidzania Goodday Charge Smoothie Gym Kanak Kanak Pertama Di Malaysia

T18c24 Bayi Aina Muntah Susu Beku Macam Keju



Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya

Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan


Drama Anggun Mikayla Lakonan Alya Iman Nabil Aqil

Punca Otot Kejang

Aktiviti Majlis Forum Dan Pelancaran Buku Halatuju Nasionalis Ppim 18 05 2024

Status Hartanah Hakmilik Sementera Kekal Freehold Leasehold

Proses Pengubahsuaian Malaykord Baru

Pantangnya Dicampur Belacan