Tips Puasa Agar Tak Loyo Tetap Sehat Dan Segar Sepanjang Hari


Puasa sangat menyehatkan untuk tubuh, asalkan dijalankan dengan benar. Sayangnya, tidak sedikit yang melakukan kesalahan, sehingga puasajustru membuat badan loyo.
Pramono, ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin dalam tulisannya yang dikutip Tribunnews.com dari Gerakan Sadar Gizi menyarankan agar saat menjalankan puasa sebaiknya menghindari sejumlah kesalahan ini. Apa sajakah itu?
Jangan Abaikan Sahur
Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda: “Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
“Bantulah (kekuatan fisikmu) untuk berpuasa di siang hari dengan makan sahur, dan untuk shalat malam dengan tidur siang” (HR. Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya) .
Dan dalam sebuah riwayat lain Rasulullah juga mengingatkan agar pada waktu sahur lebih utama jika makan sahur itu diakhirkan waktunya, sehingga mengurangi rasa lapar dan haus ketika berpuasa.
Melihat hadist tersebut dapat diartikan betapa pentingnya makan sahur untuk menjaga kebugaran kita selama berpuasa akan tetapi ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika kita makan sahur .
Minum Dengan Minuman Manis 
“Makanan yang manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan. Padahal kita harus menahan puasa selama 14 jam jadi akan ada waktu 12 jam kondisi tubuh akan lemas,”
Utamakan air, vitamin, dan elektrolit. Artinya, minum air putih dan buah-buahan, atau jus buah tanpa gula. Air kelapa juga boleh.
Caranya minum air kelapa dulu, dan karena sifat elektrolit di air kelapa , maka kita akan masih merasa haus baru dilanjutkan dengan minum air putih. Ketika tidur tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg, dan itu adalah air. Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah langkah yang baik.
Minuman manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Fungsi insulin adalah memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.
Untuk menjaga pencernaan yang bagus sebaiknya makan tidak buru-buru. Begitu juga dengan sahur sebaiknya dilakukan 1 jam sebelum waktu imsak.
Makan Makanan yang Pedas Atau Makanan yang Menimbulkan Gas
Hindari makan makanan yang asin dan terlalu merangsang lambung seperti terlalu pedas atau asam atau bergas seperti kol, lobak.Makanan yang akan menimbulkan masalah dalam lambung tersebut dapat mengganggu kekhusukan ibadah puasa kita.
Makan Makanan yang Terlalu Asin
Makanan asin akan menyebabkan anda kehausan karena natrium yang tinggi akan menyebabkan air yang di dalam sel ditarik keluar sehingga anda akan merasa haus.
Makan Terlalu Kenyang
Makan yang terlalu kenyang menyebabkan gangguan pencernaan : makan secara berlebihan dalam Islam jelas dilarang Nabi SAW telah memberi tuntunan bahwa perut sebaiknya terdiri tiga bagian 1/3 bagian makanan, 1/3 air dan yang penting juga 1/3 udara.
Jika jumlah makanan dalam lambung terlalu banyak atau melebihi kapasitas enzim pencernaan yang yang diproduksi, maka makanan tidak tercerna dengan sempurna.
Makanan yang tidak tercerna sempurna ini kemudian masuk ke usus dan menyebabkan fermentasi, salah cerna, dan menimbulkan gas.
Akibat makan berlebihan dapat juga timbul gejala berupa rasa sakit perut dan perut dirasakan penuh dan membengkak, hal ini dibuktikan dengan bersendawa (belching) yang keras bertubi-tubi.
Simtom ini terutama ditemukan pada meraka yang bergantian menelan dan mengeluarkan udara. Bila tidak dapat bersendawa, maka perut akan terasa kembung (meteorismus) dan kentut (flatus) yang tidak berbau.
Selain perut menjadi tidak enak juga dapat berakibat muntah dan diare. Menurunnya kebugaran.
Makan berlebihan secara sunah jelas menyalahi dimana proporsi 1/3 makanan, 1/3 air dan 1/3 udara menjadi tidak terpenuhi.
Hal tersebut mengakibatkan saluran pencernaan menjadi kerja keras sehingga tubuh jadi lemas dan malas.
Selain itu kenikan gula darah yang melonjak yang mengakibatkan produksi insulin melimpah ruah memicu asam amino masuk kedalam otak kita dan akibatnya kita menjadi mengantuk, jadi tidak heran jika kita kenyang maka kawannya adalah mengantuk.
Makan Makanan Goreng-gorengan
Hindari makanan yang digoreng (deep fried) karena dapat menimbulkan keluhan kesehatan seperti mual, heart burn, kembung, dan peningkatan berat badan.
Makan Sahur Terlalu Malam
Sebaiknya makan sahur dilakukan paling cepat 1 jam sebelum waktu Imsyak.
Waktu sahur yang masih lama dari waktu Imsyak menyebabkan perut tidak terisi lebih lama sehingga dapat mempengaruhi kebugaran kita.
Minum Teh, Kopi Atau Minuman Ringan dan Minuman Lain yang Mengandung Kafein
Minum kopi ketika sahur sebaiknya dihindari karena kopi seperti juga soft drinks adalah diuretik yang bukannya memberikan air untuk tubuh tapi malah menghabiskannya.
Ini karena pemrosesan gula tingkat tinggi memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh. jangan minum minuman yang mengandung kafein karena bersifat diuretik dan dapat menimbulkan keluhan sakit kepala akibat dari efek adiksi.
Tidak Mengonsumsi Sayuran atau Buah
Tidak mengkonsumsi sayur/buah ketika sahur akan berdampak pada kurangnya asupan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan sebagai sumber zat pengatur dalam metabolisme zat-zat gizi.
Jika vitamin dan mineral kurang tentu saja metabolisme zat gizi juga akan tidak optimal yang berdampak pada menurunnya kebugaran kita disamping itu dapat berakibat terjadinya spesifik defisiensi zat gizi yang dapat menimbulkan penyakit.
Sayur dan buah merupakan sumber serat, yang sangat bermanfaat mencegah konstipasi juga menahan insulin agar tidak cepat keluar, sehingga kadar gula darah akan dalam kondisi normal dampaknya tubuh kita jadi bugar.
 
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/tips-puasa-agar-tak-loyo-tetap-sehat-dan-segar-sepanjang-hari/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Tips Sahur Agar Segar Seharian Dan Tidak Cepat Haus Saat Puasa

Tips Sahur Agar Segar Seharian Dan Tidak Cepat Haus Saat Puasa

papar berkaitan - pada 5/5/2019 - jumlah : 66 hits
Bulan Ramadan sebentar lagi tiba dan seluruh umat Muslim akan menunaikan ibadah puasa satu bulan lamanya Apa saja persiapan Anda untuk menyambut bulan suci ini Tidak makan dan minum mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari namun tetap ...
Lewatkan Sahur Minum Air Banyak Susu Tak Drop Ibu Bertenaga Puasa Sepanjang Hari

Lewatkan Sahur Minum Air Banyak Susu Tak Drop Ibu Bertenaga Puasa Sepanjang Hari

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 116 hits
Buat ibu ibu menyusu cuba untuk berpuasa tu bukan sekadar cuba tahan lapar dan dahaga sahaja Ibu ibu juga patut cuba buat persiapan Ramai ibu ibu menyusu yang tidak berpuasa kerana rukhsah Ya memang benar rukhsah itu dibenarkan jika ibu bim...
Buat 5 Tips Ini Sepanjang Ramadan Duit Berkepuk Menjelang Hari Raya

Buat 5 Tips Ini Sepanjang Ramadan Duit Berkepuk Menjelang Hari Raya

papar berkaitan - pada 8/5/2019 - jumlah : 140 hits
Ikut logik akal sepanjang bulan puasa perbelanjaan kita semakin berkurangan
Tips Cara Simpan Uang Di Rumah Agar Tak Dimakan Rayap

Tips Cara Simpan Uang Di Rumah Agar Tak Dimakan Rayap

papar berkaitan - pada 1/5/2019 - jumlah : 43 hits
Pilih tempat yang kering saat akan menyimpan uang di rumah Misalnya saja di tempat berbahan besi atau tempat kering yang sulit dirusak oleh rayap
Hukuman Bagi Orang Yang Ponteng Puasa Sepanjang Bulan Ramadhan

Hukuman Bagi Orang Yang Ponteng Puasa Sepanjang Bulan Ramadhan

papar berkaitan - pada 1/5/2019 - jumlah : 132 hits
Awal Ramadhan bakal menjengah umat Islam dalam beberapa hari saja lagi dan kita diwajibkan berpuasa selama sebulan bermula dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari berserta niat Di Selangor Jabatan Agama Islam Selangor akan melaksanaka...
Tafsir Ayat Puasa Akhirnya Dibolehkan Hubungan Intim Di Malam Hari Ramadhan

Tafsir Ayat Puasa Akhirnya Dibolehkan Hubungan Intim Di Malam Hari Ramadhan

papar berkaitan - pada 7/5/2019 - jumlah : 132 hits
Akhirnya dibolehkan hubungan intim pada malam hari Ramadhan setelah sebelumnya dilarang sebagaimana dijelaskan dalam surah Al Baqarah ayat 187 yang dibahas kali ini Posting ditampilkan lebih awal di
Tips Rutin Harian Cikgu Pada Bulan Puasa Di Dalam Bilik Darjah

Tips Rutin Harian Cikgu Pada Bulan Puasa Di Dalam Bilik Darjah

papar berkaitan - pada 3/5/2019 - jumlah : 80 hits
Ramadan al Mubarak kini menjengah lagi Marilah kita melafazkan rasa syukur yang tidak terhingga ke Hadrat Ilahi justeru dengan Inayah dan Kurnia Nya kita masih diberi kesempatan panjang umur dan murah rezeki untuk menjalani ibadah yan
Tips Minum Air Di Bulan Puasa

Tips Minum Air Di Bulan Puasa

papar berkaitan - pada 7/5/2019 - jumlah : 182 hits
Saja Ummi nak share Tips Minum Air di Bulan Puasa Almaklumlah sekarang musim panas tambahan bulan puasa Jadi pastikan pengambilan air yang mencukupi sepanjang bulan
4 Tips Agar Produktif Tanpa Korbankan Waktu Luang

4 Tips Agar Produktif Tanpa Korbankan Waktu Luang

papar berkaitan - pada 6/5/2019 - jumlah : 49 hits
Setiap orang memiliki kegiatan setiap hari baik itu bekerja maupun bersekolah pastinya Anda punya jadwal tersendiri di tiap harinya Namun sebagai manusia pada biasanya tentu Anda memiliki hobi yang harus Anda lakukan untuk mengurangi stres ...
Kerajaan Jin Bukit Bauk Ditahan

Kenapa Edit Caption Aliff Syukri Sindir Isteri Di Instagram Datin Shahida Tinggalkan Komen

Pukui Ulaq Yang Sudah Mati

Cara Aman Untuk Mendapatkan Kehamilan Untuk Pasangan Yang Sudah Menikah

Penaklukan Syaitan

Tip Macam Mana Nak Pilih Pengasuh Anak

Ikan Masak Kicap Mudah Dan Senang

5403 Aktiviti Perbincangan Tuntutan Pewaris Atas Lot Tanah Ppim 16 10 2019



5 Bandar Rahsia Yang Dahulunya Disembunyikan Dari Peta

Ini Sebab Kenapa Manny Pacquiao Layak Digelar Manusia Hebat

Kisah Bagaimana Lelaki Ini Menjadi Guru Terbaik Dunia Peter Tabichi

Kisah Rekod Palsu Terhebat Dalam Sejarah Maraton Bawah 2 Jam

Biodata Nina Amin Peserta Dewi Remaja 2019


Nak Cantik Tapi Tak Perlu Keluar Belanja Berlebihan Tiru 5 Tips Ini

Dua Hari Amalkan Rendam Kaki Dalam Ais Tak Sangka Banyak Kebaikannya

Tips Beli Rumah Pertama

Jangan Sombong

Kereta Untuk Di Jual

Konvoi Ke Langkawi Singgah Pekena Roti Bakartelur Goyang Sebelum Naik Feri Di Jeti Kuala Perlis