Terungkap Alasan Dna Pro Menggunakan Skema Ponzi Dalam Menjalankan Bisnisnya


Dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jum’at (27/05/2022) Direktur Utama PT DNA Pro Akademi Daniel Abe menjelaskan mengenai alasan kenapa menggunakan skema ponzi pada aplikasi robot trading yang dijalankan oleh perusahaannya.
Alasan DNA Pro Menggunakan Skema Ponzi Menurutnya, alasan DNA Pro menggunakan skema ponzi dikarenakan sistem robot trading yang mereka buat sejak awal belum siap untuk diluncurkan. Seperti yang telah banyak diberitakan sebelumnya bahwa Daniel Abe merupakan satu dari 12 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus DNA Pro.
Daniel Abe menjelaskan bahwa sistem robot trading yang dibuat perusahaannya itu awalnya memiliki tujuan yang baik, yaitu ingin membantu orang dalam berinvestasi. Namun seiring bertambah pesatnya member dan situasi yang makin berkembang, ketidaksiapan sistem justru membuat skema piramida keuntungan bagi member malah terjadi.
Disini dia tidak menjelaskan lebih detail mengapa perusahaannya pada akhirnya memutuskan untuk menerapkan skema ponzi dalam robot trading itu. Meskipun begitu, Daniel Abe merasa menyesal karena telah melakukan tindakan tersebut.
“Saya Daniel Ade sabagai Direktur Utama DNA Pro meminta maaf kepada kolega, keluarga, kepada para korban,” demikian ucapnya singkat seperti dikutip dari laman nasional.tempo.com, Jum’at (28/05/2022).
Keuntungan Dibuat Manipulatif Masih di sesi yang sama, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Polisi Whisnu Hermawan menjelaskan bahwa keuntungan yang dibuat DNA Pro Akademi adalah manipulatif. Grafik keuntungan yang dilihat member dalam aplikasi robot trading tersebut hanyalah sebuah tipuan semata.
Whisnu menegaskan bahwa skema ponzi merupakan hal yang ilegal seperti diatur dalam Undang-Undang Perdagangan dan DNA Pro Akademi statusnya tidak terdaftar di Badan Pengawas Perdaganagan Berjangka Komoditi (Bappebti) pada Kementerian Perdagangan. Dua alasan ini menjadi dasar pihak kepolisian menindaklanjuti laporan para korban.
Sebagai informasi, skema ponzi merupakan penipuan berkedok investasi. Investor lama akan dibayar melalui dana yang dihimpun dari investor baru yang diajak. Cara tersebut menjanjikan hasil investasi dengan pengembalian yang tinggi dengan sedikit atau bahkan tanpa risiko. Ketika penyelenggara investasi sulit merekrut investor baru, maka skema ini akan rubuh.
Sempat Melarikan Diri Keluar Negeri Awalnya ketika kasus ini mulai diproses, pada tanggal 24 April 2022 pihak kepolisian langsung menetapkan Direktur Utama DNA Pro Daniel Abe sebagai tersangka. Pada saat itu dia sempat melarikan keluar negeri bersama dua rekannya, Daniel Zii dan Ferawaty aliass Fii. Abe kemudian ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta saat kembali dari luar negeri.
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa jumlah korban DNA Pro mencapai 3.621 orang dengan total kerugian mencapai sekitar kurang lebih Rp 551,72 miliar. Kasus ini sempat menyeret sejumlah nama pesohor seperti Ivan Gunawan, Rossa, Yosi Project Pop hingga Billy Syahputra.
Ramadhan menjelaskan mengenai keuntungan yang didapat oleh para member adalah manipulatif, meskipun pada saat melakukang trading dapat dilihat secara langsung grafik yang ditampilkan kepada para member. Dan karena menerapkan skema ponzi maka aktivitas bisnis DNA Pro Akademi dianggap ilegal.
Menelusuri Aliran Dana Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Polisi Whisnu Hermawan mengatakan, penyidik masih melacak aset DNA Pro yang belum ditemukan. Bersama Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), penelusuran aliran dana juga masih diupayakan.
Hermawan menjelaskan bahwa untuk saat ini para penyidik masih bekerja sama dengan teman-teman PPATK untuk melakukan tracing asset yang diduga tersimpan di dalam maupun luar negeri,” Menurutnya, jumlah uang yang diduga hasil kejahatan ini masih akan bertambah. Selain itu juga masih dicari aset berupa harta bergerak dan tidak bergerak lainnya milik para terduga pelaku.
Kesimpulan PT DNA Pro Akademi merupakan perusahaan robot trading yang dalam aktivitas usahanya menjanjikan para membernya keuntungan secara tetap dalam satu bulan. Status perusahaan ini tidak terdaftar di BAPPEBTI sehingga dianggap ilegal oleh pihak kepolisian. Sejak diproses, hingga saat ini telah ditetapkan 12 orang tersangka.
Adapun nama ke-12 orang tersangka tersebut, antara lain: Daniel Abe, Rudy Kusuma, Roby Setiadi, Russel, Yoshua, Try Sutrisno, Franky, Jerry Gunandar dan Stefanus Richard. Sedangkan dua tersangka lainnya yaitu Daniel Zii dan Ferawaty alias Fei statusnya masih buron. Mereka diduga berada di luar negeri.
Hingga saat ini kedua tersangka tersebut belum dapat ditemukan, meskipun polisi telah meminta Interpol untuk mengeluarkan perintah pencarian dan penangkapan terhadap keduanya. Kasus DNA Pro ini sempat menyeret nama sejumlah selebritis tanah air seperti Ivan Gunawan, Rossa, hingga Billy Syahputra. Ada juga nama DJ Una yang mengaku menjadi salah satu korban investasi bodong ini. (ADV)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/alasan-dna-pro-menggunakan-skema-ponzi/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kasus Dna Pro Berkas Perkara 4 Dari 11 Tersangka Sudah Dikirim Ke Kejaksaan

Kasus Dna Pro Berkas Perkara 4 Dari 11 Tersangka Sudah Dikirim Ke Kejaksaan

papar berkaitan - pada 29/5/2022 - jumlah : 88 hits
Sedangkan untuk tujuh orang tersangka lainnya akan dikirimkan ke pihak Kejaksaan pada Senin mendatang
Cara Mudah Unbrick Realme 7 Realme 6 Narzo 20 Pro Menggunakan Sp Flash Tool

Cara Mudah Unbrick Realme 7 Realme 6 Narzo 20 Pro Menggunakan Sp Flash Tool

papar berkaitan - pada 3/6/2022 - jumlah : 225 hits
Tutorial lengkap Unbrick Unbrick Realme 7 Realme 6 Narzo 20 Pro dan tutorial ini juga dapat digunakan untuk semua ponsel realme mediatek Diuji dan berfungsi di realme 7 asia Tutorial ini juga menyertakan bypass mediatek security bootloader ...
Ultimate Pain Point Killer Honor Magic4 Pro Empowered By World S First 1920 Hz Pwm Dimming Ltpo

Ultimate Pain Point Killer Honor Magic4 Pro Empowered By World S First 1920 Hz Pwm Dimming Ltpo

papar berkaitan - pada 28/5/2022 - jumlah : 391 hits
Save the date for Malaysia Official Launch on June 1st rebuilding the eye care benchmark of smartphone industry HONOR Magic4 Pro features the most powerful display of HONOR is coming your way this June 1st catch up the livestream via HONOR ...
Kecewa Prestasi Ph Punca Ahli Pkr Tak Keluar Undi Kata Kumpulan Pro Anwar

Kecewa Prestasi Ph Punca Ahli Pkr Tak Keluar Undi Kata Kumpulan Pro Anwar

papar berkaitan - pada 29/5/2022 - jumlah : 130 hits
Faiz Zainudin May 29 2022 8 00 AM Kumpulan Otai Reformis berkata keahlian PKR sebanyak 1 2 juta orang sebenarnya tidak tepat dan jumlah itu menyebabkan peratusan keluar mengundi pada pemilihan parti kali ini kelihatan rendah PETALING JAYA K...
Pihak Saya Bertanggungjawab Masalah Teknikal Ketika Buat Persembahan Netizen Puji Dayang Nurfaizah Handle Cara Pro

Pihak Saya Bertanggungjawab Masalah Teknikal Ketika Buat Persembahan Netizen Puji Dayang Nurfaizah Handle Cara Pro

papar berkaitan - pada 30/5/2022 - jumlah : 194 hits
Penyanyi Dayang Nurfaizah mengambil tanggungjawab sepenuhnya terhadap masalah teknikal yang dihadapinya sewaktu membuat persembahan di Anugerah MeleTOP Era 2021 yang berlangsung malam tadi Menerusi laman sosial Instagram Dayang berkongsi lu...
Honor Magic4 Pro Rasmi Snapdragon 8 Gen 1 Untuk Rm3 999

Honor Magic4 Pro Rasmi Snapdragon 8 Gen 1 Untuk Rm3 999

papar berkaitan - pada 1/6/2022 - jumlah : 151 hits
HONOR Malaysia sebentar tadi melancarkan HONOR Magic4 Pro yang mula menerima pratempahan jam 5 petang 1 Jun 2022 nbsp hingga 10 Jun Telefon kelas andalan ini diperkenalkan dengan cip Snapdragon 8 Gen 1 dengan RAM 8GB bersama storan sebesar ...
Gofar Hilman Jadi Penyiar Baru Prambors Tuai Pro Kontra Warganet

Gofar Hilman Jadi Penyiar Baru Prambors Tuai Pro Kontra Warganet

papar berkaitan - pada 24/5/2022 - jumlah : 103 hits
Meskipun masih lekat dengan sosok yang problematik Prambors mengaku punya alasan khusus ketika memilih Gofar Hilman sebagai penyiar mereka
Anya Geraldine Jadi Juri Puteri Indonesia 2022 Tuai Pro Kontra Warganet

Anya Geraldine Jadi Juri Puteri Indonesia 2022 Tuai Pro Kontra Warganet

papar berkaitan - pada 29/5/2022 - jumlah : 132 hits
Keterlibatan Anya sebagai juri dinilai belum cocok oleh warganet karena disandingkan dengan para pejabat hingga tokoh publik
Pakai Simbol Pro Perang Di Podium Gimnas Rusia Digantung Setahun

Pakai Simbol Pro Perang Di Podium Gimnas Rusia Digantung Setahun

papar berkaitan - pada 19/5/2022 - jumlah : 130 hits
Pakai simbol pro perang di podium gimnas Rusia digantung setahun nbsp Dikemas kini 1 jam yang lalu Diterbitkan pada 19 May
53 Tempat Makan Menarik Di Melaka Restoran Sedap Best

36 Tempat Makan Menarik Di Kajang Syurga Makanan Best Untuk Foodie

30 Tempat Makan Menarik Di Langkawi Restoran Paling Best

Idea Bisnes Dari Rumah Dan Pinjaman Perniagaan

Pengaruh Skrin Kepada Remaja

5 Sensational Cycles From Bonhams Summer Sale

Dalam Jkom Ada Penentang Kerajaan

Prapesan Bespoke Jet Bot Combo Steam Today Pembersih Udara Pintar Samsung Percuma



10 Fakta Biodata Aniq Durar Pelakon Drama Berepisod Dua Darjat Slot Akasia TV3 Gandingan Sharifah Rose

Info Dan Sinopsis Hierarchy Netflix TV Series Kdrama 2024

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dua Darjat Slot Akasia TV3

Pakej Halal Murah Acheh Pulau Sabang Indonesia 4H 3M Tahun 2024

10 Filem Korea Terbaru Best 2023 2024 Boleh Tonton Secara Online


Waktu Doa Mustajab Hari Arafah 1445h 2024m Dan Doa Doa Yang Terbaik Pada Hari Arafah

Tech Mendahului Wall Street Ke Paras Rekod Nasdaq S P 500 Catat Tahap Tinggi

Al Sultan Abdullah Berkenan Meluangkan Masa Menziarahi Menteri Besar Pahang Di Ijn Semalam

Cuti Sakit Pun Tetap Kena Masak

Banana Bread

Hiburan Kau Datang Sini Buat Semak Gagal Bayar Bil Sewa Rm124 Selama 8 Bulan Wanita Duduk Ppr Tengking Pihak Dbkl