Terapi Masalah Rezeki


ARTIKEL KE 895TERAPI BAGI YANG MEMILIKI MASALAH REZEKI  Tidak ada orang yang lepas dari masalah, karena masalah akan selalu ada selama kita hidup di dunia, yang mana semua masalah terjadi dengan izin Allah. Begitu juga dengan masalah rezeki.Yang jadi persoalan sebenarnya bukan masalahnya tapi bagaimana sikap yang benar dalam menghadapi masalah itu..


Problemnya sebenarnya bukanlah pada apa yang kita rasakan, tapi akibat dari masalah itu, yaitu karena ketidaksabaran, maka hilanglah 10 perkara yang seharusnya dimiliki, yaitu : pahala, terhapusnya dosa, keberkahan, rahmat, petunjuk, kebaikan, cinta Allah, selamat dari api neraka, masuk surga dan naiknya derajat di sisi Allah...

Umar bin Khaththab radhiyallahu 'anhu berkata :"Aku tidak perduli masalah apa yang ada padaku, apakah itu aku senangi atau tidak, karena aku tidak tahu kebaikan itu ada pada yang aku sukai atau yang aku tidak sukai"

Oleh karena itu, bagi seseorang yang memiliki masalah rezeki, hendaknya ia memiliki sikap :

1.  Beriman dan ridha kepada takdir Allah
Suka ataupun tidak, jika ketentuan itu adalah takdir Allah pasti akan terjadi. Alah menakdirkan kita di tahun ini kurang rezeki, sekalipun dapat dengan mudahnya habis dan tak bersisa. Itu adalah kenyataan yang harus kita terima. Menolak kenyataan dan komplen apalagi terus menerus bersedih dan menyesali diri tak akan merubah nasib dan mengembalikan rezeki yang menjauh tadi..
Sesungguhnya seandainya umat bersatu untuk memberimu manfaat, mereka tidak akan memberi manfaat apa pun selain yang telah ditakdirkan Allah untukmu dan seandainya bila mereka bersatu untuk membahayakanmu, mereka tidak akan membahayakanmu sama sekali kecuali yang telah ditakdirkan Allah padamu” (HR. Tirmidzi).
Silakan baca tulisan alasan mengapa bersikap ridha itu penting.
Yang paling penting adalah evaluasi diri, mengapa tahun ini sepertinya rezeki kurang berpihak pada kita? Apakah ada yang salah dalam cara kita berusaha mencari rezeki, apakah ibadah kita kurang, atau mungkin sedekahnya yang perlu ditingkatkan? Banyak alasan yang bisa jadi penyebabnya dari diri kita sendiri..

2. Tidak berputus asa dari rahmat Allah
Meskipun masalah itu demikian beratnya, kita tak boleh berputus asa dari rahmat Allah. Ketahuilah bahwa Allah itu adalah Ar Razzaq, Sang Pembagi Rezeki yang tak akan ada habisnya. Jika saat ini kita ditakdirkan susah rezeki bisa saja esok hari rezeki mengalir bak air bah bahkan datang dari arah yang tidak disangka-sangka. Berputus asa berarti sama dengan meragukan kemampuan Allah memberi kita rezeki, yang bisa membuat kita mencari penolong-penolong lain layaknya dukun dan kyai sesat. Sebagaimana Allah mengingatkan dalam Surah Al Hijr ayat 56: " Ibrahim berkata: "Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhan-nya, kecuali orang-orang yang sesat.
Apa mau termasuk dalam orang-orang yang sesat yang tidak meyakini bahwa pertolongan Allah akan datang jika kita sungguh-sungguh memintaNYA dan tak berprasangka buruk akan takdirNYA? Sungguh manusia termasuk kita-kita ini jarang sekali bersyukur, padahal rezeki itu Allah yang ngatur..

3. Tidak mengharapkan kematian.
Ada sebagian orang yang tak bisa lepas dari masalah rezeki, alih-alih mencari pertolongan Allah malah memilih untuk mengakhiri hidupnya. Karena masalah tak kunjung berhenti datangnya rasanya pengen mati saja. Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah salah seorang di antara kalian berangan-angan untuk mati karena musibah yang menimpanya. Jika memang hendak berangan-angan, hendaknya dia mengatakan, "Ya Allah, hidupkanlah aku jika kehidupan itu baik untukku. Dan matikanlah aku jika kematian itu baik bagiku (H.R. Bukhari-Muslim).
Intinya adalah kematian itu adalah hak prerogatif Allah, tidak bisa kita minta menyegerakannya atau memperlambatnya, apalagi memutuskan untuk mengakhiri hidup. Masalah diberi untuk melatih ketahanan kita, sejauh mana kondisi tersebut membuat kita mendekat atau malah menjauhi Allah. Ada juga yang membunuh anak-anaknya karena takut tak bisa memberi makan kepada mereka. Dia lupa bahwa Allah lah yang memberi makan anak-anak itu dan mereka datang membawa rezekinya sendiri. Silakan baca artikel tentang itu di "Mengapa tega membuang bayimu?

4. Mengharap kepada Allah jalan keluar, serta yakin akan pertolongan dari-Nya.
Berharaplah bahwa setiap masalah yang beri pasti ada jalan keluarnya. Itu sebabnya Allah memberi kita otak untuk berpikir, berkreasi, tanpa lupa memohon petunjuk dan pertolonganNYA sebelum akhirnya tawakkal atas nasib diri. Tak ada yang susah bagi Allah, Dia Maha Kuasa dan gunung emas pun bisa Dia bawa ke pangkuan kita jika Dia menghendakinya dan kita dianggap pantas menerimanya. Cara keluar dari kemiskinan itu tidak instant tapi butuh proses. Hanya saja kita seringkali tidak sabar menjalani proses itu dan malah banyak protes pada Allah jika yang diterima tak sesuai harapan. Allah tahu apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Jadi, bisa saja sebenarnya pertolongan Allah datang tapi kita tak menyadarinya karena mata kita tertutup oleh sesuatu yang kita inginkan yang ternyata tak ditakdirkan menjadi milik kita. tak jarang karena keputus asaan akhirnya memilih jalan sesat dengan mencari pertolongan dukun, jin ataupun mahluk halus lainnya. Sungguh jalan ini bukan hanya akan menjauhkan rezeki tapi menjadikan kita musyrik yang dosanya tak terampunkan. Sebaiknya kita menjauhkan diri dari dukun dan tindakan yang menduakan Allah jika ingin selamat di dunia, lancar rezekinya dan selamat di akhirat.

5. Memperkuat kesabaran, sebab mengeluh dan menggerutu hanya menambah derita, bukan menghilangkan musibah dan masalah.
Sabar akan masalah yang dihadapi bukan berarti pasrah. Sabar di sini diartikan ikhlas menerima ketentuan yang ada sambil terus berusaha memperbaiki diri. Rezeki itu Allah yang atur dan jika ditakdirkan menjadi milik kita tak ada yang bisa menghalanginya. Hanya saja datangnya sesuai dengan ketentuan Allah. Bisa sebentar, esok, seminggu, atau setahun. Tak usah menunggu-nunggu yang sudah pasti akan datang, berusaha saja yang terbaik dan nikmati rezeki yang diberi hari ini. Banyak sedikit itu masalah perasaan saja, tergantung dari rasa syukurnya.
Mungkin merasa gajinya kecil di tempat kerja yang sekarang, terus menggerutu dan berniat pindah kerja. Padahal percaya atau tidak, dimanapun kamu bekerja, rezeki yang ditetapkan Allah untukmu tetap sama. Mau di kantor A yang gajinya kecil atau di kantor B yang gajinya lumayan. Karena rezeki bukan tergantung nominalnya tapi tergantung syukurnya. Jika bersyukur, nominal yang kecil pun jadi terasa banyak. Baca menyikapi rezeki yang kurang dan apa adanya.

Bagaimana caranya bersyukur? Memahami bahwa masalah rezeki yang menimpa tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan segala pemberian dan nikmat dari Allah, kemudian menghibur diri dengan melihat dan mengingat masalah orang lain yang ternyata lebih berat dari kita. Jangan lupa mengingat pahala yang besar di sisi Allah bagi orang yang sabar dan ridha serta tidak mengedepankan perasaan dan emosi, sehingga melakukan sesuatu yang lebih banyak mudharat daripada manfaatnyaPahami bahwa bisa jadi dengan masalah seperti itu lebih baik untuknya dalam penilaian Allah daripada tanpa adanya masalah. Ingatlah selalu bahwa hidup itu butuh masalah..

Dan "Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya..."
(QS. Ath-Thalaq [65]: 2-3).

"Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya"
(QS. Ath-Thalaq [65]: 4).

Wallahu alam.



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://lancarrezeki.blogspot.com/2019/12/terapi-masalah-rezeki.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Isteri Jangan Kedekut Doakan Suami Itulah Sumber Utama Rezeki Meriah Hidup Bahagia

Isteri Jangan Kedekut Doakan Suami Itulah Sumber Utama Rezeki Meriah Hidup Bahagia

papar berkaitan - pada 26/12/2019 - jumlah : 399 hits
Sesungguhnya rezeki itu milik Allah SWT Kita sebagai manusia boleh berusaha berdoa dan tawakal agar dipermudahkan rezeki Sokongan isteri sangat penting bagi memberi semangat buat si suami untuk mencari rezeki untuk keluarga Jika tidak dapat...
Polisi Sebut Masalah Anggota Dprd Pekanbaru Soal Bisnis Apartemen Berakhir Mediasi

Polisi Sebut Masalah Anggota Dprd Pekanbaru Soal Bisnis Apartemen Berakhir Mediasi

papar berkaitan - pada 6/12/2019 - jumlah : 193 hits
Penyidik Reskrim Polresta Pekanbaru menyebutkan anggota DPRD Kota Pekanbaru berinisial I pernah melaporkan seorang pria berisial A terkait pembelian apartemen properti di Jakarta Hubungan keduanya hanya merupakan rekan bisnis
Masalah Scar Di Wajah Murad Invisiscar Resurfacing Treatment Kan Ada

Masalah Scar Di Wajah Murad Invisiscar Resurfacing Treatment Kan Ada

papar berkaitan - pada 6/12/2019 - jumlah : 458 hits
MASALAH SCAR DI WAJAH MURAD INVISISCAR RESURFACING TREATMENT KAN ADA Assalamaualaikum semua Salam sejahtera Apa khabar Sihat ke tu Cakap bab sihat masa musim jerebu aritu kulit mummy tak berapa nak sihat naik jerawat pasir banyak nak mattey...
Dah Salin Lampin Masih Meragam Tengok Warna Najis Anak Jadi Petunjuk Masalah

Dah Salin Lampin Masih Meragam Tengok Warna Najis Anak Jadi Petunjuk Masalah

papar berkaitan - pada 6/12/2019 - jumlah : 347 hits
Biarpun sudah disalin lampinnya dan diberi makan bayi masih menangis seolah olah dia merasa kurang selesa Sebenarnya ketika anak membuang air besar anda boleh melihat warna najis mereka Keadaan najis boleh memberi anda petunjuk masalah yang...
4 Sumber Rezeki Mengikut Al Quran

4 Sumber Rezeki Mengikut Al Quran

papar berkaitan - pada 25/12/2019 - jumlah : 356 hits
4 sumber rezeki mengikut Al Quran Hai sahabat cikla Selamat pagi Cikla masih lagi di kampung ni tunggu encik suami datang amik Korang balik kampung gak ke tu Cuti sekolah pun dah nak sampai ke penghujung kan Kejap pulak rasanya cuti kali ni...
Rezeki Mini Neelofa Ayah Tak Sangka Naura Tumpang Aura Glamour Neelofa

Rezeki Mini Neelofa Ayah Tak Sangka Naura Tumpang Aura Glamour Neelofa

papar berkaitan - pada 25/12/2019 - jumlah : 256 hits
Ayah kepada mini Neelofa Che Fadhullah akui masih tidak mempercayai impian anaknya itu sudah menjadi kenyataan Menurut Che Fahdhullah anaknya Che Naura Auni memang sebelum ini telah menyimpan hasrat untuk bertemu dengan idolanya itu View th...
Naqiu Dan Hady Mirza Sudah Tertulis Rezeki Mereka

Naqiu Dan Hady Mirza Sudah Tertulis Rezeki Mereka

papar berkaitan - pada 23/12/2019 - jumlah : 314 hits
Kita hendak bising bising pun kita bukan dapat apa apa kan Lainlah kalau bila tunjuk ketidakpuasan hati hadiah itu boleh dapat kepada kita hahaha Tapi makcik memang beremosi sedikit dengan senikata lagu Srikandi Cintaku itu Menyentuh hati D...
Rezeki Bukan Duit Saja Dapat Pasangan Memahami Anak Yang Baik Pun Kira Bertuah

Rezeki Bukan Duit Saja Dapat Pasangan Memahami Anak Yang Baik Pun Kira Bertuah

papar berkaitan - pada 24/12/2019 - jumlah : 399 hits
Murah rezeki bukan soal duit semata mata Anak yang baik mertua yang memahami jiran yang selalu membantu kereta yang tak pernah rosak dapat solat jemaah sama sama makan yang tak pernah putus dan paling tidak masih dapat melihat suami dan ist...
Dimaki Penumpang Mufti Doa Rezeki Pemandu Wanita Bas Rapid Kl Bertambah

Dimaki Penumpang Mufti Doa Rezeki Pemandu Wanita Bas Rapid Kl Bertambah

papar berkaitan - pada 24/12/2019 - jumlah : 461 hits
KUALA LUMPUR 24 Dis Mufti Wilayah Persekutuan menegur sikap seorang wanita yang memaki hamun pemandu bas wanita Rapid KL yang membrek kenderaan itu secara mengejut Datuk Seri Zulkifli Mohamad menegaskan penumpang itu bersikap kurang manis d...
Towards More Comprehensive Pension Reform

Makanan Perlis Paling Popular

Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Panduan Produk Kesihatan

Tafsir Mimpi Gajah

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia

Sungai Muda Sempadan Pulau Pinang Kedah



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Lyodra Tak Selalu Memiliki Chord

No Campaign Elements In Kkb Hari Raya Open House Selangor Mb Tells Bersih

Should Stakeholders Sue Bloomberg To Prove 2nd Casino Licence Claim For Johor S Forest City Is Sheer Slander

Essential Guide To Safe Well Water Maintenance

Drama Dia Pria Terhebat

Jambu Batu Kandungan Nutrisi Dan Manfaatnya Untuk Kesihatan