Tak Bisa Diam Dan Suka Lompat Lompat Berbahagialah Itu Tanda Anak Anda Punya Kecerdasan Kinestetik Tinggi


Ada delapan jenis cerdasan menurut Howard Gardner. Linguistik, matematik, visual-spasial, musik, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan kinestesik.
Dari sekian jenis itu, kecerdasan kinestesik mungkin yang terdengar asing.
Menurut Gardner, jika anak sangat pintar menggunakan kemampuan motoriknya, semisal mahir menari, bermain sepak bola, atau berenang, itu pertanda anak Anda punya kecerdasan kinestetik tinggi.
Gampangnya, kecerdasan kinestesik adalah kecerdasan dalam melakukan gerakan tubuh dan anggota badan.
Itu artinya, jika anak Anda tak bisa diam, suka melompat, berlari, menari, berjoget, naik sepeda, dan lain sebagainya, mungkin kecerdasan kinestetiknya bagus sehingga perlu distimulasi supaya berkembang lebih maksimal.
Tak hanya itu, anak yang punya kecerdasan kinestesik tinggi biasanya menyukai permainan yang melibatkan fisik, seperti mengendarai sepeda, berenang, melempar dan menangkap bola, bermain di area permainan, memiliki koordinasi mata dan tangan yang baik, lebih mudah belajar dengan praktik, pandai menggunakan bahasa tubuh, dan sebagainya.
Tapi sebaliknya. Jika kecerdasan kinestetik anak biasa-biasa saja, umumnya mereka lebih suka dengan aktivitas yang tidak melibatkan terlalu banyak gerak anggota tubuh.
Namun, bukan berarti kita mendiamkannya saja, justru harus kita rangsang anak untuk lebih banyak bergerak karena di dalam bergerak anak bisa mempelajari dan meningkatkan kemampuannya.
Cara mudah melihatnya adalah dengan memerhatikan aktivitas anak yang tidak bisa diam, senang berlarian, melompat-lompat, naik-naik ke kursi, selalu menggerakkan tangan atau kakinya ketika duduk, berjoget, dan sebagainya.
Biasanya, anak yang cerdas kinestetik butuh penyaluran energi gerak yang lebih tinggi dibandingkan anak lain yang biasa-biasa saja.
Jika lebih diperhatikan, biasanya anak cerdas kinestetik tidak memiliki masalah dengan kemampuan menjumput, menempel, menggunting, menulis, meronce, menaiki tangga, semuanya tumbuh sesuai dengan tahapan perkembangannya, bahkan lebih cepat.
Di dalam kelas, biasanya anak yang cerdas kinestetik tidak mau diam berlama-lama, pasti ada saja gerakan yang ia buat, seperti: berdiri, menggoyang-goyangkan kepala, bahkan berjalan-jalan di dalam kelas.
Penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Eastern, Finlandia pun menemukan, banyak siswa yang aktif di kegiatan kinestetik, seperti atletik, ternyata memiliki kemampuan membaca dan matematika lebih baik.
Dua kemampuan ini adalah kemampuan dasar akademik yang nantinya akan mendukung mereka untuk mencapai nilai akademik lebih baik di mata pelajaran yang lain.
Itu manfaat aktif bergerak untuk kecerdasan anak. Selain itu, aktif bergerak juga membuat anak tumbuh lebih sehat.
Soalnya, bergerak akan meningkatkan kinerja berbagai organ tubuh yang akan melancarkan sistem peredaran darah dan metabolisme tubuh.
Ketika anak berlari dengan waktu tertentu, misal, detak jantungnya pasti akan meningkat, sehingga membuat jantung lebih kuat, peredaran darah lebih lancar, dan suplai sari makanan ke berbagai area tubuh pun semakin baik.
Tubuh juga akan terasa lebih bugar dan fit. Biasanya, energi akan terkuras, anak butuh nutrisi untuk kebutuhan tubuhnya demi mengembalikan energi yang terkuras tadi.
Dengan begitu, pertumbuhan anak pun akan berlangsung lebih optimal.
Jadi, tak perlu khawatir lagi kan, kalau anak tak bisa diam dan selalu berlarian ke sana kemari? Karena itu tanda anak punya kecerdasan kinestetik tinggi.
Sumber: intisari.grid.id


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/tak-bisa-diam-dan-suka-lompat-lompat-berbahagialah-itu-tanda-anak-anda-punya-kecerdasan-kinestetik-tinggi/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ada Masa Diam Di Media Sosial Itu Lebih Baik

Ada Masa Diam Di Media Sosial Itu Lebih Baik

papar berkaitan - pada 8/10/2018 - jumlah : 447 hits
Sebagai netizen dan keyboard warrior yang bebas bersuara tak salah untuk kita menyuarakan pandangan dan pendapat kita terhadap sesuatu isu Namun ada masanya adalah lebih baik jika kita menahan diri dari mengulas atau memberi komen pada sesu...
Itu Jawatan Pm Ahmad Albab Yang Punya

Itu Jawatan Pm Ahmad Albab Yang Punya

papar berkaitan - pada 19/10/2018 - jumlah : 357 hits
Bersihkan nama secara Islam secara mudah lakukanlah tanpa dolak dalik
10 Cara Nak Tahu Lelaki Suka Kita Dalam Diam

10 Cara Nak Tahu Lelaki Suka Kita Dalam Diam

papar berkaitan - pada 17/10/2018 - jumlah : 752 hits
Ada pepatah mengatakan bahawa Cinta Itu Buta Jatuh cinta antara perempuan dan lelaki adalah lumrah alam didunia ini tidak mengenal umur paras rupa dan darjat Kadang kadang kita pernah perasan bahawa seseorang itu menyukai diri kita Tapi apa...
Mencecah 3 Tahun Bila Ajar Anak Mereka Tak Fokus Dan Suka Main 3 Ciri Ini Ibu Kena Faham

Mencecah 3 Tahun Bila Ajar Anak Mereka Tak Fokus Dan Suka Main 3 Ciri Ini Ibu Kena Faham

papar berkaitan - pada 25/10/2018 - jumlah : 405 hits
Biasanya bila di rumah ajar anak membaca menulis mak ayah rasa sedikit tercabar Ramai yang selalu suarakan Saya tak boleh nak ajar anak rasa nak marah je lagi lagi sekejap fokus sekejap nak main Kenapa kita rasa macam ni Sebab utama kita ta...
Pakar Bahasa Kongsi Cara Kenal Pasti Tanda Awal Anak Lewat Bercakap 3 Tip Ini Mungkin Membantu

Pakar Bahasa Kongsi Cara Kenal Pasti Tanda Awal Anak Lewat Bercakap 3 Tip Ini Mungkin Membantu

papar berkaitan - pada 17/10/2018 - jumlah : 333 hits
Setiap ibu bapa mengambil berat mengenai perkembangan bahasa pertuturan anak anak Berikut adalah beberapa tanda awal yang mungkin dan patut di perhatikan oleh ibu bapa Jika ada sebarang masalah pada artikel ini di facebook sila klik type ka...
Patutlah Anak Anak Suka Dengan Ayah Mereka Mungkin Ini Antara Sebabnya

Patutlah Anak Anak Suka Dengan Ayah Mereka Mungkin Ini Antara Sebabnya

papar berkaitan - pada 25/10/2018 - jumlah : 424 hits
Anak anak kalau dijaga dengan bapa memang kebanyakannya suka Entahlah kenapa seronoknya Mungkin perkara yang diutarakan ini menjadi faktor penyebab bapa menjadi kegemaran anak anak Karakter cara berfikir antara bapa dan ibu selalunya memang...
Terkait Bencana Sulteng Ilmuan Dunia Sangat Tidak Mungkin Gempa Saja Bisa Menghasilkan Tsunami Sebesar Itu

Terkait Bencana Sulteng Ilmuan Dunia Sangat Tidak Mungkin Gempa Saja Bisa Menghasilkan Tsunami Sebesar Itu

papar berkaitan - pada 7/10/2018 - jumlah : 271 hits
Gempa dan Tsunami yang terjadi di Palu Sulawesi Tengah pada Jumat lalu sontak menyita perhatian seluruh masyarakat baik dalam maupun luar negeri Para ilmuwan dunia heran atas tsunami yang terjadi di wilayah Palu akibat gempa tersebut Sebab ...
Catat Ini Tanda Anak Cerdas Yang Terlihat Sejak Usia 2 Tahun

Catat Ini Tanda Anak Cerdas Yang Terlihat Sejak Usia 2 Tahun

papar berkaitan - pada 8/10/2018 - jumlah : 291 hits
Kecerdasan anak memang harus diasah sejak usia dini Kecerdasan pun tak hanya semata kecerdasan akademik Menurut Howard Gardner pakar perkembangan anak ada delapan jenis kecerdasan linguistik matematika visual spasial musik interpersonal int...
Azmin Pledges To Tell All On May 11

Selepas Menjadi Penumpang Umno Bakal Terkubur Pada Pru16

Nga S Aide Chosen For Kuala Kubu Baharu After Dap Abandoned Hope Of Malay Vote

Honor X7b Telefon Pintar 5g Kini Di Kedai Seluruh Negara Pada Rm899

Utilizing Crowdfunding For Business

What Is The Lifespan Of Vinyl Windows And How Can You Prolong It

Ramai Netizen Dan Rakyat Teruja Gembira Bila Dimaklumkan Tun Mahathir Antara Yang Sedang Disiasat Sprm

Malaysia S Ex Pm Mahathir Faces Anticorruption Probe



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Ask Your Idol About Ops Lalang Don T Be A Hypocrite Fahmi To Saddiq

How Much Longer For Mou On Allocations For Opposition Mps Says Syed Saddiq

Kemeriahan Aidilfitri Bila Anak Anak Pulang Beraya Bersama Keluarga

Beraya Di Kuantan Dan Melaka

Lirik Lagu Katakan Saja Nabila Razali

Jadual Dan Keputusan Piala Thomas Piala Uber 2024