Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H Jatuh Tanggal 1 September 2019 Simak Amalan Yang Dianjurkan Rasulullah


Tak lama lagi, penanggalan Islam membuka lembaran baru. Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah atau 1 Muharram 1441 H segera tiba.
1 Muharram 1441 H akan jatuh pada hari Minggu, 1 September 2019.
Satu Muharram juga selalu dibarengi dengan peringatan 1 Sura/Suro dalam kalender penanggalan Jawa.
Dikutip dari islamicfinder.or, sebagai bulan pertama dalam Tahun Baru Islam, bulan Muharram memegang peranan yang sangat penting dalam Islam.
Bulan Muharram merupakan satu bulan sakral dalam kalender Islam. Muharram secara harafiah berarti “terlarang.”
Mirip dengan bulan sakral lainnya, berperang atau terlibat dalam kekerasan jenis apapun terlarang selama Muharram.
Oleh karenanya, ada beberapa kemuliaan yang bisa diamalkan pada bulan Muharram.
Amalan Pada Bulan Muharram
Bulan Muharram memiliki keistimewaan tersendiri. Satu di antaranya berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah.
Rasulullah SAW menyebut, bulan Muharram menjadi bulan yang istimewa untuk memperbanyak amalan ibadah.
Dikutip Tribunnews.com dari TribunStyle.com, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak ibadah puasa pada bulan Muharram.
Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda:
‏أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ “Puasa yang paling utama sesudah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (syahrullah) Muharram. Sedangkan shalat malam merupakan shalat yang paling utama sesudah shalat fardhu” (HR. Muslim, no. 1982).
Lantas amalan apa saja yang bisa ditunaikan di bulan Muharram 1440 H mendatang?
Berikut ulasannya dilansir Tribunnews dari berbagai sumber:
1. Puasa
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ “Puasa yang paling afdhil setelag puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah al-Muharram.”
Terdapat dua amalan puasa sunnah dalam bulan Muharram.
Puasa Tasu’a
Puasa Tasu’a merupakan puasa sebelum hari 10 Muharram atau yang dilaksanakan pada 9 Muharram.
Dalam riwayat dijelaskan di akhir hayatnya Rasulullah pernah berkeinginan jika ia masih hidup di tahun depan maka ia akan berpuasa pada 9 dan 10 Muharrram.
عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ – رضى الله عنهما – يَقُولُ: حِينَ صَامَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ, قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-: (( فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ – إِنْ شَاءَ اللَّهُ – صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ.)) قَالَ: فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّىَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-
Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma, dia berkata, “ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berpuasa di hari ‘Asyura’ dan memerintahkan manusia untuk berpuasa, para sahabat pun berkata, ‘Ya Rasulullah! Sesungguhnya hari ini adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berkata, ‘Apabila tahun depan -insya Allah- kita akan berpuasa dengan tanggal 9 (Muharram).’ Belum sempat tahun depan tersebut datang, ternyata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal.”
Puasa Asyura
Puasa Asyura meeupakan puasa yang dilaksanakan pada 10 Muharram. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ “… dan puasa di hari ‘Asyura’ saya berharap kepada Allah agar dapat menghapuskan (dosa) setahun yang lalu.” (HR Muslim no. 1162/2746)
Puasa Asyura ini menjadi puasa yang paling dikenal masyarakat. Aisyah radhiallahu ‘anha berkata:
(كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ تَصُومُهُ قُرَيْشٌ فِي الْجَاهِلِيَّةِ ، وَكَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَصُومُهُ فَلَمَّا قَدِمَ الْمَدِينَةَ صَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ تَرَكَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ ، وَمَنْ شَاءَ تَرَكَه.) “Dulu hari ‘Asyura, orang-orang Quraisy mempuasainya di masa Jahiliyah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mempuasainya. Ketika beliau pindah ke Madinah, beliau mempuasainya dan menyuruh orang-orang untuk berpuasa. Ketika diwajibkan puasa Ramadhan, beliau meninggalkan puasa ‘Asyura’. Barang siapa yang ingin, maka silakan berpuasa. Barang siapa yang tidak ingin, maka silakan meninggalkannya.”
Selain puasa pada 9 dan 10 Muharram, ada pula ulama yang berpendapat adanya puasa sesudah 10 Muharram yakni pada 11 Muharram.
Di antara dalil yang menyatakan ini terdapat dalam hadis Ibnu Abbas.
صُومُوا يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَخَالِفُوا فِيهِ الْيَهُودَ ، صُومُوا قَبْلَهُ يَوْمًا أَوْ بَعْدَهُ يَوْمًا “Berpuasalah kalian pada hari ‘Asyura’ dan selisihilah orang-orang Yahudi. Berpuasalah sebelumnya atau berpuasalah setelahnya satu hari.” HR Ahmad no. 2153.
Kendati begitu, Syaikh Syu’aib dan Syaikh Al-Albani menghukumi hadits ini lemah.
Namun tentu saja bukan berarti berpuasa di 11 Muharram terlarang.
Puasa ini masih bisa dikerjakan karena termasuk pada bulan Muharram.
2. Perbanyak Amal Shaleh
Seperti bulan Dzulhijjah, pada bulan Muharram, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan saleh.
Tentu saja mengerjakan amalan baik di bulan istimewa akan mendapatkan pahala dan mendapatkan rahmat Allah Subhanahu wa ta’ala.
Memperbanyak amalan salehbisa dimulai dengan berzikir, bersedekah, hingga tilawatil quran dan mengamalkannya.
3. Bertaubat
Menyesali atas dosa dan bertekad untuk tidak mengulanginya kembali menjadi tugas manusia seumur hidup.
Taubat merupakan karunia dan kesempatan yang diberi Allah untuk kembali kepada-Nya.
4. Memperbanyak Sedekah
Dalam menyambut bulan Muharram diperintahkan agar memperbanyak pengeluran dari belanja kita sehari-hari untuk bersedekah, membantu anak-anak yatim, membantu keluarga, kaum kerabat, orang-orang miskin dan mereka yang membutuhkan.
Semua itu hendaknya dilakukan dengan tidak memberatkan diri sendiri dan disertai keikhlasan semata-mata mengharap keridhaan Allah.
Mengenai hal ini Rasulullah bersabda:
مَنْ وَسَّعَ عَلى عِيَالِهِ وَ أَهْلِهِ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ وَسَّعَ اللهُ عَلَيْهِ سَائِرَ سَنَتِهِ “Siapa yang meluaskan pemberian untuk keluarganya atau ahlinya, Allah akan meluaskan rizki bagi orang itu dalam seluruh tahunnya.” (HR Baihaqi, No: 3795)
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/tahun-baru-islam-1-muharram-1441-h-jatuh-tanggal-1-september-2019-simak-amalan-yang-dianjurkan-rasulullah/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Amalan Sambut Tahun Baru Islam

Amalan Sambut Tahun Baru Islam

papar berkaitan - pada 1/9/2019 - jumlah : 524 hits
Selamat Menyambut Tahun Baru Islam Untuk semua yang Beragama Islam Semoga kita menjadi insan yang baik dan ummah sejahtera Amalan Harian Yang Boleh diamalkan 1 Berzikir Kepada Allah swt2 Berselawat Untuk Rasulullah saw3 Sentiasa Beristighfa...
Peringati Tahun Baru Islam Dki Gelar Jakarta Muharram Festival

Peringati Tahun Baru Islam Dki Gelar Jakarta Muharram Festival

papar berkaitan - pada 29/8/2019 - jumlah : 211 hits
Peringati Tahun Baru Islam DKI Gelar Jakarta Muharram Festival Rekayasa lalu lintas akan diadakan dari Jalan Medan Merdeka Barat sampai Dukuh Hari Jumat 30 Agustus 2019 mulai pukul 14 00 21 00 WIB Hari Sabtu 31 Agustus 2019 mulai pukul 14 0...
1 September 2019 Awal Muharram Ini Dzikir Yang Disunahkan Dibaca Pada Awal Muharam

1 September 2019 Awal Muharram Ini Dzikir Yang Disunahkan Dibaca Pada Awal Muharam

papar berkaitan - pada 30/8/2019 - jumlah : 306 hits
Di hari pertama Muharram atau awal tahun Hijriyah kita dianjurkan untuk memperbanyak berdoa dan berzikir kepada Allah Di antara zikir di awal tahun Hijriyah yang dianjurkan oleh para ulama adalah membaca ayat kursi sebanyak 360 kali dengan ...
Anies Insyaallah Tahun Baru Islam Memberikan Keberkahan Bagi Kita

Anies Insyaallah Tahun Baru Islam Memberikan Keberkahan Bagi Kita

papar berkaitan - pada 1/9/2019 - jumlah : 165 hits
Setiap pergantian tahun adalah refleksi dari kita dari apa yang sudah kita kerjakan kata Anies
Ratusan Orang Di Makassar Gelar Pawai Rayakan Tahun Baru Islam

Ratusan Orang Di Makassar Gelar Pawai Rayakan Tahun Baru Islam

papar berkaitan - pada 2/9/2019 - jumlah : 228 hits
Ratusan orang yang tergabung dalam Forum Silaturrahim Dai dan Takmir Masjid Makassar menggelar pawai memperingati perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H Minggu
S Nurhaliza Terima Anugerah Dunia Islam Rania 2019 Wajarkah

S Nurhaliza Terima Anugerah Dunia Islam Rania 2019 Wajarkah

papar berkaitan - pada 7/9/2019 - jumlah : 346 hits
HALAMAN HIBURANSiti diiktiraf selebriti Islam berpengaruhKL Penyanyi nombor satu negara Datuk Seri Siti Nurhaliza menerima Anugerah Dunia Islam Rania 2019 pada sebuah majlis di ibu negara malam tadi Siti Nurhaliza Tarudin 40 menerima anuger...
Daihatsu Indonesia Adu Keahlian Di World Skill Competition 2019 Di Kazan Rusia

Daihatsu Indonesia Adu Keahlian Di World Skill Competition 2019 Di Kazan Rusia

papar berkaitan - pada 22/8/2019 - jumlah : 294 hits
Daihatsu berpartisipasi untuk mengharumkan nama Indonesia di World Skill Competition di Kazan Rusia Usman Roshid Mashuri yang bekerja di PT Astra Daihatsu Motor maju sebagai delegasi di cabang car painting
Perghh Berpantang Maut Sebelum Ajal Budak 4 Tahun Jatuh Dari Tingkat 2 Tak Patah Tulang

Perghh Berpantang Maut Sebelum Ajal Budak 4 Tahun Jatuh Dari Tingkat 2 Tak Patah Tulang

papar berkaitan - pada 21/8/2019 - jumlah : 634 hits
Berpantang maut sebelum ajal budak 4 tahun jatuh dari tingkat 2 tak patah tulang Adik kata nak tidur dulu saya takut dia tutup mata Kanak kanak berusia empat tahun dikejarkan ke hospital selepas terjatuh dari tingkat dua pangsapuri 17 tingk...
Malaysia Weighs Casino Licence To Revive Forest City

High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Of Second Rate White People And Malaysia Pushing For Genocide

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

Ministers Hit Out At Us Academic S Safety Claim



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Masdo Perih Jerih Chord

Apabila Sang Profesor Datang Melawat

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Isn T Akmal S Call To Reject Passport Renewal Based On Bm Fluency A Disservice Amid Looming Kkb Polls

Saat Jenazah Berada Di Liang Lahad

The Evolution Of Adult Entertainment