Tahun Baru 2020 Masehi Dalam Perspektif Kelahiran Yesus Dan Fenomena Muslim Merayakannya


Kalender Masehi digunakan Indonesia sejak masa perjuangan. Pada masa kemerdekaan hingga saat ini telah ditetapkan sebagai penanggalan resminya. Tidak hanya di Indonesia, Tahun Masehi juga jadi kovensi bagi dunia internasional.
Sejarah Penggunaan Kalender Masehi Merunut sejarahnya, Tahun Masehi mulai dirancang pada tahun 525, namun belum begitu luas digunakan pada abad 11 hingga abad 14. Pada tahun 1422, negara Portugis menjadi negara Eropa terakhir yang menerapkan sistem penanggalan ini, hingga akhirnya seluruh negara mengakui dan menggunakannya, untuk mempermudah komunikasi.
Kalender Masehi atau Anno Domini (Tahun Tuhan) awalnya digunakan pada Kalender Julian dan Georgian berdasarkan tahun tradisional yang dihitung sejak kelahiran Yesus, yang dalam Islam ditransliterasikan sebagai Nabi Isa AS. Bedanya, bagi umat Islam Nabi Isa AS adalah pembawa kitab suci dan dilahirkan dari seorang perawan, bukan anak Allah SWT. 
Masehi berasal dari bahasa Arab yang berarti membasuh, mengusap, atau membelai. Dalam bahasa Ibrani mereka mengucapkannya mesiah atau mesias, artinya ‘Yang Diurapi’. 
Walaupun tahun 1 dianggap sebagai tahun kelahiran Nabi Isa AS, namun bukti-bukti historis terlalu sedikit untuk mendukung anggapan tersebut. Dan hingga saat ini masih kontroversi, namun ada dijelaskan pada Alkitab untuk jadi rujukannya.
Sejarah Penggunaan Kalender Hijriah Selain Tahun Masehi sebagai penanggalan resminya, masyarakat Indonesia juga mengenal Tahun Hijriah, Tahun Imlek, dan Tahun Saka. Tahun Hijriah digunakan oleh umat muslim, Tahun Imlek digunakan oleh warga keturunan Tionghoa, dan Tahun Saka atau Tahun Jawa berasal dari penanggalan India yang saat ini digunakan oleh suku Jawa dan Bali.
Selain di Indonesia, Kalender Hijriah juga digunakan oleh negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Terutama digunakan dalam penentuan tanggal atau bulan yang menyangkut ibadah dan hari-hari penting lainnya. Kalender ini dinamakan hijriah karena pada tahun pertama kalender ini terjadi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Kota Madinah, saat itu tahun 622 Masehi. Kalender Islam mengacu pada peredaran bulan. Sehingga maju 11 hari setiap tahunnya dari Tahun Masehi yang acuannya berdasarkan rotasi matahari. 
Penetapan Kalender Masehi sebagai penanggalan resmi di Indonesia dapat diterima oleh umat muslim di Indonesia. Dalam kesehariannya lebih cenderung menggunakan penanggalan Masehi daripada penanggalan Islam. Jika ditanya secara random, mereka lebih tahu hari ini di penanggalan Masehi daripada penanggalan Islam. Dan jika ditanya kapan ia lahir, bisa dikatakan secara mayoritas mereka tahunya dalam penanggalan Masehi.
Jika umat muslim ingin menerapkan Tahun Hijriah sebagai penanggalan resmi di dunia, ini upaya yang sulit. Sesulit mengembalikan fisik matauang menjadi emas, perak, dan perunggu. Yang saat ini tetap diaplikasikan pada medali di event olahraga.
Karena begitu dekatnya keseharian umat Islam di Indonesia dengan penanggalan Masehi, menyebabkan emosionalnya lebih terbentuk pada kalender Masehi daripada kalender Islam. Bisa saja inilah penyebabnya umat Islam pada beberapa negara begitu antusias merayakan malam pergantian Tahun Baru Masehi setiap tahunnya daripada Hijriah.
Renungan bagi Umat Islam Soal Tahun Baru 2020 Masehi Pada situasi ini kita tidak bisa menyalahkan siapapun. Kurangnya ilmu pengetahuan pada sebagian umat muslim mungkin jadi akar penyebabnya. Untuk merayakan atau memperingati sesuatu baiknya kita tahu dahulu dasar alasannya. Jika tidak disyariatkan oleh Islam, untuk apa kita melakukannya. Apalagi jika perayaan itu tidak ada faedahnya sama sekali, dan malah bisa menimbulkan kemudaratan, tindakan asusila, dan perilaku negatif lainnya.
Meskipun kehadiran tahun 2020 Masehi bertepatan dengan hari libur sekolah, tapi tidak ada anjuran dari Pemerintah untuk melakukan perayaan pada malam pergantian tahun ini. Malah beberapa pemerintah daerah otonomi di Indonesia mengimbau pada masyarakatnya untuk tidak membuat perayaan atau bentuk keramaian lainnya. Walaupun belum begitu efektif, namun mereka sudah mulai menyadari kekeliruannya selama ini, terbukti menjelang malam pergantian tahun ini sudah mulai sepi kakilima menjajakan terompet, kembang api, petasan, dan lainnya.
Datangnya tahun 2020 Masehi, baiknya kita tanggapi sebagai hal yang biasa saja. Suasana liburan kita manfaatkan untuk memperbanyak ibadah, mempererat silaturahmi, dan syiar agama.
Tahun baru bagi umat Islam itu adalah Tahun Baru Hijriah. Nabi Muhammad SAW tidak menetapkan Tahun Baru Islam berdasarkan hari kelahiran atau hari Beliau diangkat jadi Rasulullah, tapi justru berlandas pada peristiwa hijrah. Dari situ bisa kita tangkap maknanya, agar umat muslim dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu, dan jadi suri teladan bagi umat manusia di dunia, sebagai bentuk dakwah yang hakiki. (*)
The post Tahun Baru 2020 Masehi dalam Perspektif Kelahiran Yesus dan Fenomena Muslim Merayakannya appeared first on IslamicTunesNews.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.islamictunesnews.com/tahun-baru-2020-masehi-dalam-perspektif-kelahiran-yesus-dan-fenomena-muslim-merayakannya/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=tahun-baru-2020-masehi-dal

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Doa Akhir Tahun Dan Doa Awal Tahun Dibaca Saat Sambut Tahun Baru 2020

Doa Akhir Tahun Dan Doa Awal Tahun Dibaca Saat Sambut Tahun Baru 2020

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 367 hits
Selasa menjadi hari terakhir di tahun 2019 ini Artinya tinggal menghitung hari lagi seluruh masyarakat di dunia akan segera merayakan datangnya Tahun Baru masehi 2020 Umumnya pergantian tahun baru ini diisi dengan kegiatan makan makan pesta...
Tangkap Dua Pengedar Bnn Jabar Gagalkan 50 Kilogram Ganja Untuk Tahun Baru 2020

Tangkap Dua Pengedar Bnn Jabar Gagalkan 50 Kilogram Ganja Untuk Tahun Baru 2020

papar berkaitan - pada 1/1/2020 - jumlah : 183 hits
Penangkapan dilakukan saat mereka berada di dalam mobil Saat didatangi petugas JA keluar dari mobil dan kabur Namun laju larinya terhenti ketika peluru menembus kakinya Mereka pun akhirnya diamankan
Petugas Akan Angkat Arca Ganesha Purbakala Dari Dieng Usai Tahun Baru 2020

Petugas Akan Angkat Arca Ganesha Purbakala Dari Dieng Usai Tahun Baru 2020

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 273 hits
Eri menjelaskan pula bahwa catatan Hindia Belanda menunjukkan banyaknya temuan peninggalan sejarah di sekitar kawasan Dieng Wetan namun hanya berupa struktur struktur
Kufaku Band Akan Rilis Single Berak Di Bakau Di Malam Tahun Baru 2020 Udah Pada Siap Dengerin

Kufaku Band Akan Rilis Single Berak Di Bakau Di Malam Tahun Baru 2020 Udah Pada Siap Dengerin

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 355 hits
Daripada malam tahun baru gabut mending dengerin lagu barunya Kufaku Band Pada tahu band ini kan
Polisi Akan Tangkap Pengendara Konvoi Saat Malam Tahun Baru 2020 Di Jateng

Polisi Akan Tangkap Pengendara Konvoi Saat Malam Tahun Baru 2020 Di Jateng

papar berkaitan - pada 1/1/2020 - jumlah : 344 hits
Dia meminta petugas untuk menindak pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot dimodifikasi Sebab knalpot modifikasi menimbulkan suara bising yang ganggu kenyamanan dan ketertiban
3 Fitur Baru Whatsapp Ini Dikabarkan Hadir Di Tahun 2020 Apa Saja

3 Fitur Baru Whatsapp Ini Dikabarkan Hadir Di Tahun 2020 Apa Saja

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 303 hits
Whatsapp terus menghadirkan berbagai fitur untuk membuat 2 miliar pengguna aktifnya di dunia makin betah
H 1 Tahun Baru 2020 Harga Cabai Naik Hingga Rp50 000 Per Kg

H 1 Tahun Baru 2020 Harga Cabai Naik Hingga Rp50 000 Per Kg

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 224 hits
Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Baru Bekasi terus mengalami peningkatan di penutupan akhir 2019 Peningkatan ini terjadi pada harga cabai yang meroket mencapai Rp50 000 per kilogram Kenaikan cabai terjadi terutama pada rawit merah
Cuaca Ekstrem Phanfone Hantui Mudik Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020

Cuaca Ekstrem Phanfone Hantui Mudik Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020

papar berkaitan - pada 24/12/2019 - jumlah : 252 hits
Momen libur Natal dan Tahun Baru kali ini dihantui oleh adanya potensi badai dan gelombang tinggi di laut Hal itu akibat adanya siklon tropis Phanfone Dampak ini bisa berupa angin kencang hujan deras berjam jam bahkan berhari hari yang dapa...
Warga Banda Aceh Dilarang Rayakan Malam Tahun Baru 2020

Warga Banda Aceh Dilarang Rayakan Malam Tahun Baru 2020

papar berkaitan - pada 24/12/2019 - jumlah : 287 hits
Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Banda Aceh telah mengeluarkan surat edaran larangan merayakan pergantian tahun baru Surat ini sudah diedarkan ke seluruh masyarakat yang berdomisili di Kuta Raja
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak

La Dolce Vita Cranking The Vespa Gt 200 Up To Eleven

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

April 18 2024 Pesan Orang Alim

Wee Barking Up The Wrong Tree

Bersih Slams Hulu Selangor Funds Ahead Of Kuala Kubu Baharu Polls



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


First Blog Post

Pra Pesanan Samsung Ai Tv Berpeluang Memenangi Hadiah Bernilai Rm140 000

Insider Tricks Stylists Use To Make Clothes Fit Perfectly

Mobile Friendly Free Money The Community Has You Covered

Pelajar Lelaki 14 Tahun Meninggal Dunia Ketika Merentas Desa

Umur 7 Tahun Sudah Bergelar Tunangan Orang