Doa Akhir Tahun Dan Doa Awal Tahun Dibaca Saat Sambut Tahun Baru 2020


Selasa (31/12/2019) menjadi hari terakhir di tahun 2019 ini. Artinya tinggal menghitung hari lagi, seluruh masyarakat di dunia, akan segera merayakan datangnya Tahun Baru masehi 2020.
Umumnya, pergantian tahun baru ini diisi dengan kegiatan makan-makan, pesta kembang api, atau acara meriah lainnya.
Kemudian ditutup dengan perhitungan mundur di setiap negaranya.
Alih-alih menghabiskan waktu dengan hingar bingar pesta tahun baru, tak ada salahnya memanjatkan doa awal dan akhir tahun untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.
Rasulullah SAW menganjurkan umatnya, untuk memanjatkan doa awal tahun dan doa akhir tahun di setiap pergantian tahun baru Islam.
Akan tetapi, bagi sebagian besar ulama, doa tersebut juga dapat dipanjatkan untuk pergantian tahun baru masehi.
Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan untuk menyambut awal tahun baru dan akhir tahun yang akan berlalu.
Lantas kapan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa awal tahun dan akhir tahun baru? Berikut doa awal dan doa akhir tahun:
1. Doa Akhir Tahun
Doa akhir tahun dibaca untuk mengakhiri tahun sekarang.
اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ Latin:
Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.
Artinya:
“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu.
Sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.
Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”
2. Doa Awal Tahun
Doa awal tahun dipanjatkan setelah selesai melafalkan doa akhir tahun. Doa ini sekaligus dibaca untuk mengakhiri tahun sekarang.
Berbeda dengan doa akhir tahun, doa awal tahun dibaca pada detik-detik memasuki hari pertama awal tahun.
Biasanya doa dilafalkan tiga kali setelah sholat Maghrib. Berikut doanya:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ
اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ Latin:
Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam
Artinya:
“Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau.
Ya Allah, Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba.
Kami mohon kepada MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan.
Serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih.”
Semoga dengan datangnya tahun baru ini, kita bisa menjadi insan yang lebih baik dan bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/doa-akhir-tahun-dan-doa-awal-tahun-dibaca-saat-sambut-tahun-baru-2020/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Malam Tahun Baru 2020 M Aci Cahaya Bersama Mui Riau Sambut Kebangkitan Umat Di Akhir Zaman

Malam Tahun Baru 2020 M Aci Cahaya Bersama Mui Riau Sambut Kebangkitan Umat Di Akhir Zaman

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 488 hits
Malam pergantian tahun ke 2020 M akan berbeda dengan malam pergantian tahun sebelumnya Majelis Ulama Indonesia Provinsi Riau dengan Tim Safari Dakwah nya menjadikannya momen untuk Menyambut Kebangkitan Umat di Akhir Zaman yang akan digelar ...
Polisi Akan Tangkap Pengendara Konvoi Saat Malam Tahun Baru 2020 Di Jateng

Polisi Akan Tangkap Pengendara Konvoi Saat Malam Tahun Baru 2020 Di Jateng

papar berkaitan - pada 1/1/2020 - jumlah : 344 hits
Dia meminta petugas untuk menindak pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot dimodifikasi Sebab knalpot modifikasi menimbulkan suara bising yang ganggu kenyamanan dan ketertiban
Presiden Jokowi Akan Sambut Tahun Baru 2020 Di Yogyakarta

Presiden Jokowi Akan Sambut Tahun Baru 2020 Di Yogyakarta

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 294 hits
Jokowi ditemani putra bungsunya Kaesang Pangarep berjalan jalan depan Istana Yogyakarta Senin 30 Desember 2019 malam Dia mengunjungi beberapa lapak pedagang kaki lima mulai dari penjual pakaian seniman tato hingga penjual lukisan
Pln Catat Konsumsi Listrik Saat Natal Dan Tahun Baru Turun 30 Persen

Pln Catat Konsumsi Listrik Saat Natal Dan Tahun Baru Turun 30 Persen

papar berkaitan - pada 24/12/2019 - jumlah : 230 hits
Pelaksana tugas Direktur Utama PT PLN Sripeni Inten Cahyani memperkirakan beban puncak kelistrikan khususnya sistem Jawa Bali pada libur Natal dan Tahun Baru mengalami penurunan dibandingkan bulan bulan sebelumnya mencapai 30 persen
Armada Bus Dan Jam Operasional Transjakarta Ditambah Saat Malam Tahun Baru

Armada Bus Dan Jam Operasional Transjakarta Ditambah Saat Malam Tahun Baru

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 204 hits
PT TransJakarta mengalihkan rute armada yang melintasi jalur perayaan pergantian malam tahun 2019 pada Selasa Rute armada dialihkan meliputi Jalan Sudirman Jalan Thamrin hingga Kawasan Monas setelah Pemprov DKI melakukan car free night di k...
Nurkilan Tahun Baru 2020

Nurkilan Tahun Baru 2020

papar berkaitan - pada 2/1/2020 - jumlah : 300 hits
Lupakanlah orang yang telah menyakitimu tempoh hari kerani masih ramai orang yang sayangkan kamu setiap hari Lupakan hari lepas yang buat kamu menangis tumpukan pada hari ini dan seterusnya yang akan buat kamu tersenyum Lupakan kesakitan ya...
Sistem Satu Arah Kembali Diterapkan Cegah Macet Di Puncak Bogor Saat Tahun Baru

Sistem Satu Arah Kembali Diterapkan Cegah Macet Di Puncak Bogor Saat Tahun Baru

papar berkaitan - pada 29/12/2019 - jumlah : 275 hits
Penerapan sistem satu arah bergantian di Jalan Raya Puncak akan terus dilakukan hingga 31 Desember 2019 dengan skema yang sama seperti kerap dilakukan Polres Bogor saat akhir pekan
Panggung Jumbo Disiapkan Di Bundaran Hi Saat Car Free Night Malam Tahun Baru

Panggung Jumbo Disiapkan Di Bundaran Hi Saat Car Free Night Malam Tahun Baru

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 217 hits
Sedangkan untuk pesta kembang api merayakan pergantian malam tahun baru dipusatkan di kawasan Ancol Pesta pergantian tahun baru ini sesuai instruksi sekretaris daerah nomor 122 tahun 2019 tentang pelaksanaan perayaan pada malam tahun baru
Warga Banda Aceh Dilarang Rayakan Malam Tahun Baru 2020

Warga Banda Aceh Dilarang Rayakan Malam Tahun Baru 2020

papar berkaitan - pada 24/12/2019 - jumlah : 287 hits
Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Banda Aceh telah mengeluarkan surat edaran larangan merayakan pergantian tahun baru Surat ini sudah diedarkan ke seluruh masyarakat yang berdomisili di Kuta Raja
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak

La Dolce Vita Cranking The Vespa Gt 200 Up To Eleven

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

April 18 2024 Pesan Orang Alim

Wee Barking Up The Wrong Tree

Bersih Slams Hulu Selangor Funds Ahead Of Kuala Kubu Baharu Polls



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


First Blog Post

Pra Pesanan Samsung Ai Tv Berpeluang Memenangi Hadiah Bernilai Rm140 000

Insider Tricks Stylists Use To Make Clothes Fit Perfectly

Mobile Friendly Free Money The Community Has You Covered

Pelajar Lelaki 14 Tahun Meninggal Dunia Ketika Merentas Desa

Umur 7 Tahun Sudah Bergelar Tunangan Orang