Syarat Dan Cara Dapatkan Kuota Internet Gratis Kemdikbud Dikirim Ke Nomor Siswa Guru Per September


Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan membagikan kuota internet gratis bagi para siswa, guru, mahasiswa, dan dosen.
Tak tanggung-tanggung, pemerintah menganggarkan dana senilai Rp 7,2 triliun untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.
Bantuan kuota internet gratis ini akan diberikan selama empat bulan mulai September hingga Desember 2020.
Adapun besaran kuota yang diberikan per kalangan berbeda-beda. Untuk siswa akan mendapat kuota internet gratis sebesar 35 GB, sedangkan guru menerima 42 GB.
Sementara mahasiswa dan dosen juga mendapatkan kuota internet sebesar 50 GB per bulannya.
Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mendapat kuota internet gratis dari Kemdikbud?
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD-Dikdasmen) Kemendikbud, Jumeri menjelaskan, mengenai cara alokasi subsidi kuota internet.
Yakni peserta didik yang punya nomor ponsel kemudian didaftarkan oleh sekolah.
Sekolah segera mengidentifikasi nomor telepon siswa dan guru, kemudian segera dimasukkan di data pokok pendidikan (dapodik).
“Nantinya, dari dapodik akan memilah setiap operator seluler misalnya dari A sampai Z.”
“Setiap nomor, nanti akan diisi pulsa data internet,” kata dia, dikutip dari Kompas.com.
Rencananya, awal September kuota internet itu akan sampai pada nomor telepon siswa dan guru. Namun, bagaimana jika anak tidak punya ponsel dan memakai nomor orang tuanya?
Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng ini memberikan penjelasan, nomor yang didaftarkan boleh memakai nomor orang tuanya.
Tak hanya itu saja, jika nantinya masih ada siswa yang belum mendapatan subsidi kuota internet ini, maka masih ada tahapan berikutnya.
Artinya, siswa yang mengikuti PJJ semua akan mendapatkan kuota internet.
“Kami berharap, orang tua nantinya mau membimbing dan mengawasi anak-anaknya.”
“Anak tidak boleh dibiarkan. Jadi kalau kuota habis untuk hal-hal lain diluar PJJ, ya bisa meminta kuota orang tuanya,” jelas Jumeri.
Dengan kata lain, Kemendikbud meminta agar setiap orang tua dapat membimbing putra dan putrinya dalam mengakses pembelajaran jarak jauh ini.
Sementara itu, kuota internet gratis sebesar 50GB untuk mahasiswa hanya akan diberikan kepada mahasiswa aktif.
Demikian dikatakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud, Nizam dikutip dari Kompas.com.
Ia memastikan, seluruh mahasiswa aktif yang melakukan pembelajaran daring akan mendapatkan bantuan pulsa dari pemerintah.
“Bantuan pulsa rencananya diberikan kepada semua mahasiswa aktif yang mengikuti pembelajaran daring,” kata Nizam.
Terkait skema pemberian bantuan, syarat dan ketentuan untuk mahasiswa yang menerima bantuan tersebut, Nizam mengatakan sedang dipersiapkan petunjuk teknisnya (Juknis).
“Teknisnya sedang kami siapkan, juknisnya. Yang jelas, syaratnya mahasiswa aktif dan mau menerima bantuan pulsa,” ujar dia.
Dukung PJJ
Sementara itu, Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, program bantuan ini dilakukan sebagai upaya guna membantu masyarakat yang mengalami kendala pulsa kuota internet dalam mengakses pembelajaran jarak jauh.
“Pulsa ini adalah (masalah) nomor satu,” kata Nadiem di ruang rapat Komisi X DPR RI.
Demi menjalankan program tersebut, Nadiem secara rinci telah menyiapkan anggaran dana sebesar Rp 8,9 triliun.
Adapun Rp 7,2 triliun digunakan untuk memberikan kuota gratis kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen.
Sementara Rp 1,7 triliun lainnya diketahui dialokasikan untuk para para penerima tunjangan profesi guru dan tenaga kependidikan, dosen, serta guru besar.
“Kami juga sudah mengamankan tambahan penerima tunjangan profesi dosen sebesar Rp 1,7 triliun,” kata Nadiem, dikutip dari Kompas.com.
Nadiem menyebut, sumber anggaran tersebut berasal dari optimalisasi anggaran Kemendikbud serta dukungan anggaran Bagian Anggaran dan Bendahara Umum Negara (BA BUN) 2020.
Sementara untuk subsidi kuota guru berasal dari dana realokasi anggaran Program Organisasi Penggerak (POP), yang telah digeser waktu pelaksanaannya ke tahun 2021.
Selain dari dua lembaga di atas, bantuan lainnya berasal dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan BOS Kinerja.
Bantuin ini dikhususkan bagi 56.115 sekolah negeri dan swasta yang paling membutuhkan dan diperkirakan sampai ke rekening sekolah di akhir Agustus 2020.
“Rp 3,2 triliun dialokasikan untuk dana BOS Afirmasi dan Kinerja yang akan disalurkan ke 31.416 desa/kelurahan yang berada di daerah khusus,” tutur Nadiem.
Adapun kriteria daerah yang mendapatkan BOS Afirmasi dan Kinerja menurut Permendikbud Nomor 23 tahun 2020 serta Kepmendikbud Nomor 580 dan 581 Tahun 2020 adalah:
Terpencil atau terbelakang Kondisi masyarakat adat yang terpencil. Perbatasan dengan negara lain Terkena bencana COVID-19, bencana alam, bencana sosial, atau daerah yang berada dalam keadaan darurat lain. Selanjutnya, kriteria sekolah yang mendapatkan dana BOS Afirmasi dan Kinerja berdasarkan Permendikbud Nomor 24 tahun 2020 dan Kepmendikbud Nomor 746/P/2020 adalah:
Sekolah dengan proporsi siswa dari keluarga miskin yang lebih besar Sekolah yang menerima dana BOS Reguler lebih rendah Sekolah yang memiliki proporsi guru tidak tetap yang lebih besar Sumber: tribunnews.com
The post Syarat dan Cara Dapatkan Kuota Internet Gratis Kemdikbud, Dikirim ke Nomor Siswa-Guru per September first appeared on islamidia.com.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/syarat-dan-cara-dapatkan-kuota-internet-gratis-kemdikbud-dikirim-ke-nomor-siswa-guru-per-september/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Nadiem Bagikan Kuota Internet Gratis 35 Gb Per Bulan Buat Siswa Guru 42 Gb Begini Cara Mendapatkannya

Nadiem Bagikan Kuota Internet Gratis 35 Gb Per Bulan Buat Siswa Guru 42 Gb Begini Cara Mendapatkannya

papar berkaitan - pada 29/8/2020 - jumlah : 190 hits
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bakal memberikan subsidi kuota internet kepada guru siswa dan mahasiswa Subsidi kuota internet ini diberikan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh selama Pandemi Covid 19 Subsidi kuota itu akan diberi...
Pemerintah Subsidi Kuota Internet Rp 9 Triliun Untuk Siswa Mahasiswa Guru Dan Dosen

Pemerintah Subsidi Kuota Internet Rp 9 Triliun Untuk Siswa Mahasiswa Guru Dan Dosen

papar berkaitan - pada 28/8/2020 - jumlah : 232 hits
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan pemerintah memberikan subsidi kuota internet bagi siswa guru mahasiswa dan dosen selama masa Pembelajaran Jarak Jauh sebesar Rp 9 triliun Hal ini disampaikan Nadiem dalam rapat ker...
Nadiem Siswa Dapat Kuota Internet 35 Gb Guru 42 Gb Mahasiswa 50 Gb

Nadiem Siswa Dapat Kuota Internet 35 Gb Guru 42 Gb Mahasiswa 50 Gb

papar berkaitan - pada 28/8/2020 - jumlah : 225 hits
Mendikbud Nadiem Makariem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR membeberkan pihaknya telah mendapatkan persetujuan dari Kemenkeu untuk subsidi kuota internet selama Pembelajaran Jarak Jauh atau belajar online akibat pandemi virus corona da...
Subsidi Kuota Siswa Harus Setor Nomor Hp Pengamat Ini Sangat Mengerikan

Subsidi Kuota Siswa Harus Setor Nomor Hp Pengamat Ini Sangat Mengerikan

papar berkaitan - pada 2/9/2020 - jumlah : 154 hits
Subsidi kuota internet bagi siswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dinilai lebih banyak bahayanya ketimbang manfaat Salah satu bahayanya adalah data siswa bisa saja dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk kepentingan...
Cara Beli Kuota Internet Belajar Online Murah Telkomsel Indosat Xl Axiata Dkk

Cara Beli Kuota Internet Belajar Online Murah Telkomsel Indosat Xl Axiata Dkk

papar berkaitan - pada 29/8/2020 - jumlah : 238 hits
Di masa pandemi virus corona saat ini berbagai operator seluler di Indonesia seperti Telkomsel Indosat Ooredoo XL Axiata dan Tri mengeluarkan sejumlah paket khusus untuk membantu para siswa belajar online di rumah Paket ini diharapkan bisa ...
Subsidi Internet Siswa Dapat 35gb Dan Mahasiswa 50gb Per Bulan

Subsidi Internet Siswa Dapat 35gb Dan Mahasiswa 50gb Per Bulan

papar berkaitan - pada 30/8/2020 - jumlah : 237 hits
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim akan memberikan subsidi pulsa atau kuota internet kepada guru dosen pelajar Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Sutan...
Nyali Nadiem Makarim Dipertanyakan Sebagai Menteri Masih Ragu Internet Gratis Bagi Siswa

Nyali Nadiem Makarim Dipertanyakan Sebagai Menteri Masih Ragu Internet Gratis Bagi Siswa

papar berkaitan - pada 17/8/2020 - jumlah : 457 hits
Mantan CEO Gojek Nadiem Makarim terlihat seperti tidak yakin dengan posisinya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Perspektif itu muncul lantaran Nadiem ragu dalam mengeluarkan kebijakan yang sangat dibutuhkan rakyat Salah satunya keti...
Kpai Usul Nomor Absen Siswa Ditempel Di Meja Dan Kursi Antisipasi Covid 19

Kpai Usul Nomor Absen Siswa Ditempel Di Meja Dan Kursi Antisipasi Covid 19

papar berkaitan - pada 20/8/2020 - jumlah : 180 hits
Komisi Perlindungan Anak Indonesia meminta seluruh sekolah di Tanah Air agar menempelkan nomor absen siswa di masing masing meja dan kursi agar tidak ada anak didik bertukar tempat selama belajar guna mencegah kemungkinan penyebaran Covid 1...
Bukti Kebaikan Nyata Saat Pandemi Siswa Boleh Internetan Gratis Di Kantor Polisi Dan Pos Kamling

Bukti Kebaikan Nyata Saat Pandemi Siswa Boleh Internetan Gratis Di Kantor Polisi Dan Pos Kamling

papar berkaitan - pada 16/8/2020 - jumlah : 221 hits
Di tengah kesulitan ternyata banyak pihak seperti kepolisian sampai warga biasa memberi bantuan untuk para siswa Salut
Jalan Penghubung Bandar Utama Di Pahang Perlu Dinaiktaraf

Jom Melabur Dalam Amanah Hartanah Bumiputera

Terengganu Fc Umum Harga Tiket Agarbomb Performance Cup 2024

Bnm Says Will Keep Malaysian Financial Markets In Order

Ocrevus Transforming Multiple Sclerosis Treatment Landscape In Malaysia

Iran S Assault On Israel Mixes Appreciation Among Gaza Palestinians

Hada Labo Hydrating Water Gel

Cops Fire 5 Shots During 70km Car Chase Near Baling



10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Kuih Muah Tonton

10 Filem Indonesia Terbaru Best 2023 2024 Juga Tersedia Online

10 Filem Melayu Terbaru Best Di Platform Online Netflix Malaysia 2024 Mesti Tonton


Koleksi Video Melawat Taiping 2024

Dua Bersaudara Maut Tiga Cedera Parah Nahas 4wd

Lirik Lagu Semua Tentangmu Sufian Suhaimi

Abyad Sofi

Elica Paujin Oh Huminodun Chord

Kemuliaan Surah Al Fatihah Sebagai Ummul Quran Dan Bersifat Ruqyah