Sistem Ekonomi Yang Dianut Indonesia Saat Ini




Apa sih sistem ekonomi itu? Yang dimaksud sistem ekonomi adalah suatu cara untuk mengatur dan mengorganisasi segala aktivitas ekonomi dalam masyarakat baik yang dilakukan oleh pemerintah atau swasta berdasarkan prinsip tertentu dalam rangka mencapai kemakmuran atau kesejahteraan. Dengan demikian istilah tersebut dapat dimaknai sebagai sebuah sistem atau perpaduan dari berbagai aturan dan aspek serta mekanisme yang saling bergantungan satu sama lain dan memiliki tujuan untuk menyalurkan atau mengalokasikan seluruh kekayaan atau sumber daya yang dimiliki negara kepada seluruh rakyat Indonesia secara adil dan merata. Meskipun pada kenyataannya tujuan tersebut masih belum direalisasikan dengan baik. Baca Juga Sistem Pemerintahan Indonesia Saat Ini

Sistem Ekonomi yang dianut Indonesia Saat Ini

Sejak berdirinya negara RI, sudah banyak tokoh-tokoh negara pada saat itu yang telah merumuskan bentuk perekonomian yang tepat bagi bangsa Indonesia, baik secara individu maupun diskusi kelompok. Seperti Bung Hatta sendiri, semasa hidupnya mencetuskan ide, bahwa dasar perekonomian Indonesia yang sesuai cita-cita tolong menolong adalah koperasi namun bukan berarti semua kegiatan ekonomi harus dilakukan secara koperasi, pemaksaan terhadap bentuk ini justru telah melanggar dasar ekonomi koperasi. Demikian juga dengan tokoh ekonomi Indonesia saat itu, Sumitro Djojohadikusumo, dalam pidatonya di Amerika tahun 1949, menegaskan bahwa yang dicita-citakan adalah ekonomi semacam campuran. Menurut UUD 1945, sistem perekonomian Indonesia tercantum dalam pasal-pasal 23, 27, 33 & 34. Demokrasi Ekonomi dipilih karena memiliki ciri-ciri positif yang di antaranya adalah (Suroso, 1993) Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan.



Secara normatif landasan idiil sistem ekonomi Indonesia adalah Pancasila dan UUD 1945. Dengan demikian maka sistem ekonomi Indonesia adalah sistem ekonomi yang berorientasi kepada Ketuhanan Yang Maha Esa (berlakunya etik dan moral agama, bukan materialisme); Kemanusiaan yang adil dan beradab (tidak mengenal pemerasan atau eksploitasi); Persatuan Indonesia (berlakunya kebersamaan, asas kekeluargaan, sosio-nasionalisme dan sosio-demokrasi dalam ekonomi); Kerakyatan (mengutamakan kehidupan ekonomi rakyat dan hajat hidup orang banyak); serta Keadilan Sosial (persamaan/emansipasi, kemakmuran masyarakat yang utama – bukan kemakmuran orang-seorang).

Dari butir-butir di atas, keadilan menjadi sangat utama di dalam sistem ekonomi Indonesia. Keadilan merupakan titik-tolak, proses dan tujuan sekaligus. Pasal 33 UUD 1945 adalah pasal utama bertumpunya sistem ekonomi Indonesia yang berdasar Pancasila, dengan kelengkapannya, yaitu Pasal-pasal 18, 23, 27 (ayat 2) dan 34.

Berdasarkan TAP MPRS XXIII/1966, ditetapkanlah butir-butir Demokrasi Ekonomi (kemudian menjadi ketentuan dalam GBHN 1973, 1978, 1983, 1988), yang meliputi penegasan berlakunya Pasal-Pasal 33, 34, 27 (ayat 2), 23 dan butir-butir yang berasal dari Pasal-Pasal UUD tentang hak milik yuang berfungsi sosial dan kebebasan memilih jenis pekerjaan. Dalam GBHN 1993 butir-butir Demokrasi Ekonomi ditambah dengan unsur Pasal 18 UUD 1945. Dalam GBHN 1998 dan GBHN 1999, butir-butir Demokrasi Ekonomi tidak disebut lagi dan diperkirakan “dikembalikan” ke dalam Pasal-Pasal asli UUD 1945.

Landasan normatif-imperatif ini mengandung tuntunan etik dan moral luhur, yang menempatkan rakyat pada posisi mulianya, rakyat sebagai pemegang kedaulatan, rakyat sebagai umat yang dimuliakan Tuhan, yang hidup dalam persaudaraan satu sama lain, saling tolong-menolong dan bergotong-royong.

Sistem ekonomi Indonesia saat ini adalah sistem demokrasi ekonomi yaitu sistem perekonomian nasional yang merupakan perwujudan dari falsafah Pancasila dan UUD 1945 yang berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan dari, oleh dan untuk rakyat dibawah pimpinan dan pengawasan pemerintah. Sistem ekonomi ini memiliki landasan idiil Pancasila serta landasan konstitusional UUD 1945.

Ciri ciri sistem perekonomian demokrasi ekonomi :

Perekonomian disusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan.Cabang cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyatHak milik peorangan diakui pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan masyarakat.Fakir miskin dan anak anak terlantar berhak memperoleh jaminan sosial.

Dalam sistem perekonomian Indonesia yang harus di hindarkan di antaranya sebagai berikut :
Sistem free fight liberalism, yakni yang menumbuhkan eksploitasi terhadap manusia dan bangsa lainSistem etatisme yang memberikan kesempatan bagi pemerintah untuk mendominasi perekonomian sehingga akan mematikan potensi dan daya kreasi masyarakat.Sistem monopoli yang memusatkan kekuasaan ekonomi pasa satu kelompok yang akan merugikan masyarakat.

Di dunia ini sistem ekonomi yang ada dapat dibagi atas tiga yaitu, sistem ekonomi kapitalis yang berorientasi pada kebebasan dan penumpukkan modal, sistem ekonomi sosialis yang fokus pada pemerataan dan kesejahteraan bersama, serta sistem ekonomi campuran yang merupakan gabungan dari dua sistem ekonomi di atas. Nah, Indonesia merupakan Negara yang termasuk menganut sistem ekonomi campuran yaitu menggabungkan antara sistem ekonomi kapitalis dengan liberal. Lebih tepatnya Indonesia menganut sistem demokrasi ekonomi yang perwujudannya berasal dari falsafah Pancasila dan UUD 1945 yang berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan dari, oleh dan untuk rakyat dibawah pimpinan dan pengawasan pemerintah.

Dalam suatu negara, proses dinamika pembangunan ekonomi dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu internal (domestik) dan eksternal (global). Yang termasuk ke dalam faktor internal yaitu kondisi fisik (iklim), lokasi geografi, jumlah dan kualitas SDA, SDM yang dimiliki, dan kondisi awal perekonomian. Sedangkan faktor eksternal meliputi perkembangan teknologi, kondisi perekonomian dan politik dunia, serta keamanan global.

Sistem ekonomi syariah di Indonesia
Sistem ekonomi syariahatau Islam merupakan salah satu sistem ekonomi yang juga ada di Indonesia. Sistem ekonomi syariah merupakan sistem ekonomi Indonesia yang pada dasarnya bersumber dari syariat Islam. Dalam pelaksanaannya, sistem ekonomi syariah ini tidak begitu mengharapkan pada jumlah laba yang besar namun mengedepankan pada menghindari riba atau hal-hal tidak baik lainnya dalam perekonomian. sistem ekonomi syariah di Indonesia berkembang sangat pesat dengan bukti nyata bahwa hampir seluruh bank di Indonesia memiliki program syariah bagi nasabahnya.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.zonanesia.com/2020/03/sistem-ekonomi-yang-dianut-indonesia.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
6 Pokok Kebijakan Bank Indonesia Jaga Rupiah Dan Ekonomi Ri Saat Ada Wabah Corona

6 Pokok Kebijakan Bank Indonesia Jaga Rupiah Dan Ekonomi Ri Saat Ada Wabah Corona

papar berkaitan - pada 6/4/2020 - jumlah : 153 hits
Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan untuk melakukan stabilisasi nilai tukar Rupiah sejak merebaknya pandemi virus corona atau covid 19 Pada saat yang sama kebijakan bank sentral diupayakan mencegah pemburukan ekonomi lebih lanj...
Korona Dan Krisis Ekonomi Dorong Balkanisasi Indonesia

Korona Dan Krisis Ekonomi Dorong Balkanisasi Indonesia

papar berkaitan - pada 19/3/2020 - jumlah : 172 hits
Oleh Data pemerintah jumlah penderita korona saat ini tidak banyak tetapi virus ini menyebar cepat dan menjadi ketakutan besar bagi banyak orang Banyak kegiatan dihentikan pelayanan publik ditunda dan atau dikerjakan secara online Dampak ya...
Bank Indonesia Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020

Bank Indonesia Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020

papar berkaitan - pada 19/3/2020 - jumlah : 165 hits
Penurunan proyeksi ini merupakan akibat dari melambatnya pertumbuhan ekonomi akibat penyebaran virus corona di dunia
Tanggapan Bank Indonesia Soal Pelemahan Rupiah Saat Ini

Tanggapan Bank Indonesia Soal Pelemahan Rupiah Saat Ini

papar berkaitan - pada 19/3/2020 - jumlah : 129 hits
Bank Indonesia mencatat hingga 18 Maret 2020 Rupiah mengalami pelemahan rerata 5 18 persen dibandingkan dengan Februari 2020 Rupiah dibandingkan dengan level akhir 2019 terdepresiasi sekitar 8 77 persen Pelemahan Rupiah terjadi seiring deng...
Bank Indonesia Nilai Mudik Buat Skenario Buruk Ekonomi Jadi Kenyataan

Bank Indonesia Nilai Mudik Buat Skenario Buruk Ekonomi Jadi Kenyataan

papar berkaitan - pada 2/4/2020 - jumlah : 128 hits
Pemerintah telah memaparkan skenario berat hingga terburuk yang bisa menimpa perekonomian nasional akibat wabah virus corona Di antaranya pertumbuhan ekonomi yang mengalami kontraksi hingga 0 4 persen serta nilai tukar rupiah yang mencapai ...
Sri Mulyani Beberkan Upaya Indonesia Keluar Dari Tekanan Ekonomi Global

Sri Mulyani Beberkan Upaya Indonesia Keluar Dari Tekanan Ekonomi Global

papar berkaitan - pada 27/3/2020 - jumlah : 115 hits
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan apa yang diperkirakan IMF tersebut memang bakal terjadi di tahun 2020 Terlebih saat ini hampir seluruh negara negara berkembang telah terjangkit virus Corona atau Covid 19
Selain Puasa Ini 3 Amalan Yang Bisa Dilakukan Saat Malam Nisfu Sya Ban

Selain Puasa Ini 3 Amalan Yang Bisa Dilakukan Saat Malam Nisfu Sya Ban

papar berkaitan - pada 6/4/2020 - jumlah : 160 hits
Ada amalan lain yang bisa dilakukan selain berpuasa adalah membaca doa Jangan ragu untuk banyak membaca doa pada malam Nisfu Sya ban karena telah dijelaskan bahwa Allah SWT akan menjawab setiap doa umatnya pada malam malam tersebut
Bikin Mudah Saat Pandemi Covid 19 Toyota Hadirkan Program Toyotaadauntukanda

Bikin Mudah Saat Pandemi Covid 19 Toyota Hadirkan Program Toyotaadauntukanda

papar berkaitan - pada 7/4/2020 - jumlah : 125 hits
Toyota Astra Motor senantiasa memberikan layanan terbaik untuk menunjang mobilitas masyarakat Indonesia saat pandemi Covid 19 ini Untuk itu Toyota menghadirkan semangat ToyotaAdaUntukAnda yang berisi berbagai kegiatan
Cerita Foto Sepanjang Minggu

Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Konsert Cinta Di Awan Siti Nurhaliza Tambah Lagi Sehari

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting

Saya Harap Isu Aliff Aziz Tak Jejaskan Saya Cari Rezeki Di Malaysia Aaron Aziz

They Travelled For Hours To Celebrate Raya With Us

Dibunuh Kerana Tak Mahu Rujuk Selepas Bercerai Mayat Disumbat Dalam Bagasi

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Drama My Stolen First Kiss

Emy Yusuf Feat Driant Kenyang Beraya Chord

Dani Kurama Sumpah Kali Ini Chord

Kedai Mamak Sorok Minyak Masak And Then

This Five Cylinder Puch Proves There S No Replacement For Displacement

Aafiyah Minta Datuk Siti Nurhaliza Doa Supaya Dapat Adik Perempuan Di Makkah Curi Perhatian Warga Maya