Sedekah Bisa Mengantarkan Ke Neraka Karena Kesalahan Ini



Sedekah memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dapat menghapus dosa dan kesalahan kita. Namun, sedekah juga bisa mengantarkan kita ke neraka, karena kesalahan fatal dalam melakukannya.
Salah satu dalilnya adalah hadis shahih riwayat Muslim yang menyebutkan bahwa salah satu dari 3 orang yang pertama masuk neraka adalah seorang yang bersedekah.
“Berikutnya (yang diadili) adalah orang yang diberikan kelapangan rezeki dan berbagai macam harta benda. Ia didatangkan dan diperlihatkan kepadanya kenikmatan-kenikmatannya, maka ia pun mengenalinya (mengakuinya). Allah bertanya, ‘Apa yang engkau telah lakukan dengan nikmat-nikmat itu?’ Dia menjawab, ‘Aku tidak pernah meninggalkan shadaqah dan infaq pada jalan yang Engkau cintai, melainkan pasti aku melakukannya semata-mata karena Engkau.’ Allah berkata, ‘Engkau dusta! Engkau berbuat yang demikian itu supaya dikatakan seorang dermawan (murah hati) dan memang begitulah yang dikatakan (tentang dirimu).’ Kemudian diperintahkan (malaikat) agar menyeretnya atas mukanya dan melemparkannya ke dalam neraka,” [HR. Muslim].
Lantas kesalahan fatal apa yang membuat sedekah kita malah mengantarkan masuk ke neraka ini? Syekh Maulana Muhammad Zakariyya al-Kandahlawi dalam kitabnya Fadhilah Amal menerangkan, dalam banyak hadis dan ayat-ayat Al-Qur’an diterangkan tentang keburukan riya, yakni beramal untuk diperlihatkan kepada orang lain. Perbuatan itu dikatakan sebagai perbuatan syirik yang dapat menghilangkan pahala. Bahkan, riya itu mengakibatkan dosa.
Riya adalah melakukan perbuatan untuk menunjukkan kebesaran, kemasyhuran, dan kehebatan dirinya agar dihormati dan dimuliakan manusia. Inilah salah satu bentuk kesalahan fatal orang beramal atau bersedekah, yang berubah menjadi dosa.
Selain itu, ada beberapa kesalahan fatal dalam bersedekah yang mungkin tanpa sadar dilakukan oleh kita. Kesalahan tersebut, seperti dinukil dari buku ‘400 Kebiasaan Keliru Dalam Hidup Muslim’ karya Abdillah Firmanzah Hasan, antara lain :
1. Mencari pujian makhluk
Salah satu kesalahan manusia dalam bersedekah adalah untuk mencari pujian makhluk. Seringkali hal ini tak disadari dan terbesit begitu saja dalam hati.Kalau begitu, meskipun kita bersedekah sebesar Gunung Uhud tapi jika niatnya bukan mencari ridha-Ny. Sia-sialah ibadah tersebut.
Bahkan dalam sebuah hadis disebutkan bahwa orang-orang yang bersedekah untuk mendapatkan pujian makhluk, maka tempatnya adalah di neraka, seperti dijelaskan dalam hadis riwayat Muslim di atas.
2. Menunda-nunda sedekah
Nikmat sehat dan lapang merupakan salah satu nikmat yang seringkali melalaikan manusia. Di waktu tersebut, kita kadang lupa atau bahkan menunda untuk berbuat baik, salah satunya adalah sedekah. Barulah ketika dalam kondisi sakit, kekurangan harta dan hidup tidak berguna lagi, manusia menyesal seutuhnya.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, bahwa ia berkata,
“Seseorang bertanya kepada Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling afdhal?’ Beliau menjawab, ‘Engkau bersedekah ketika masih dalam keadaan sehat lagi kaya, sangat ingin menjadi kaya dan khawatir miskin. Jangan kau tunda hingga ruh sudah sampai di kerongkongan, baru berpesan, ‘Untuk si fulan sekian dan untuk si fulan sekian.’ Padahal harta itu sudah menjadi hak si fulan (ahli waris).” (HR. Bukhari).
3. Tidak sedekah dari orang terdekat terlebih dahulu
Allah Ta’ala berfirman,
يَسْـَٔلُونَكَ مَاذَا يُنفِقُونَ ۖ قُلْ مَآ أَنفَقْتُم مِّنْ خَيْرٍ فَلِلْوَٰلِدَيْنِ وَٱلْأَقْرَبِينَ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا۟ مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِيم
“Mereka bertanya tentang yang mereka nafkahkan. Jawablah, ‘Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.’ Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.” (QS. Al-Baqarah:215).
Ayat tersebut diturunkan saat sahabat bernama Amr bin Jamuh bertanya kepada Rasulullah tentang kepada siapa harta hendaknya diinfakkan. Sesuai ayat di atas, sedekah paling utama adalah kepada orangtua, baru kemudian kerabat dan seterusnya.
“Sesungguhnya sedekah kepada orang miskin pahalanya satu sedekah, sedangkan sedekah kepada kerabat pahalanya dua, yaitu pahala sedekah dan pahala menjalin hubungan kekerabatan.” (HR. Nasa’I, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).
4. Perhitungan dalam sedekah
Ketika berbelanja kebutuhan sehari-hari kita pasti akan mengkalkulasi uang yang akan dikeluarkan dengan jumlah uang yang kita miliki. Begitupun dengan bersedekah, sebaiknya tidak berlebihan namun juga tidak pelit atau kikir dan harus disesuaikan dengan kemampuan kita.
Sedekah hendaknya tidak dihitung-hitung hingga merisaukan hati. Karena sesungguhnya jika kamu mengetahui balasan Allah maka apa yang kita keluarkan tak ada nilainya sama sekali. Rasulullah bersabda, “Bersedekahlah kamu dan jangan menghitung-hitung karena Allah akan menghitung-hitung pula pemberian-Nya kepadamu dan jangan kikir karena Allah akan kikir pula kepadamu.” (HR. Muslim).
5. Mengungkit sedekah
Kebiasaan buruk yang seringkali dimiliki orang yang bersedekah adalah mengungkit kembali kebaikannya. Ia merasa berjasa atas pemberian yang dilakukan. Jika suatu hari terjadi konflik dengan seseorang yang disedekahkan, biasanya pemberi sedekah ankan mulai mengungkit-ungkit kebaikannya.
Ada baiknya sikap ini bisa dihindari, karena jika berlanjut akan bisa menghapus pahala sedekah itu sendiri. Seperti dijelaskan dalam firman Allah Ta’ala; “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima)……..” (QS. Al-Baqarah: 264).
Wallahu a’lam.
Artikel asli : sindonews.com
The post Sedekah Bisa Mengantarkan ke Neraka Karena Kesalahan Ini appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/11/27/sedekah-bisa-mengantarkan-ke-neraka-karena-kesalahan-ini/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Doni Monardo Pemberian Masker Di Acara Rizieq Karena Kerumunan Tak Bisa Dicegah

Doni Monardo Pemberian Masker Di Acara Rizieq Karena Kerumunan Tak Bisa Dicegah

papar berkaitan - pada 15/11/2020 - jumlah : 86 hits
Doni mengakui kerumunan sudah tidak bisa dihindari lagi dalam acara tersebut Karena itu Satgas berinisiatif membagikan masker
Binatang Dari Neraka

Binatang Dari Neraka

papar berkaitan - pada 14/11/2020 - jumlah : 124 hits
Dikisahkan dalam sebuah buku bahawa ketika Hari Kiamat tiba seekor binatang akan keluar dari Neraka yang disebut Huraisy yang panjangnya adalah jarak antara langit dan bumi dan lebarnya dari timur ke barat Ketika dia keluar maka malaikat Ji...
Tazkirah 302 Kanun Kesiksaan Dan Neraka Selamanya Ustaz Ahmad Jailani

Tazkirah 302 Kanun Kesiksaan Dan Neraka Selamanya Ustaz Ahmad Jailani

papar berkaitan - pada 18/11/2020 - jumlah : 114 hits
DAPATKAN APPLIKASI ANDROID RASMI ZONKULIAH di PLAY STORE HARI INI PERCUMA TANPA IKLAN www zonkuliah my apps Bantu Projek Zonkuliah Akaun Maybank Islamic 557250054584 Paypal https www paypal com paypalme2 Dana
Tahukah Anda 4 Orang Ini Yang Tidak Tersentuh Api Neraka

Tahukah Anda 4 Orang Ini Yang Tidak Tersentuh Api Neraka

papar berkaitan - pada 26/11/2020 - jumlah : 70 hits
Alhamdulillah bertemu lagi kita harini diber nafas syukur tidak terkira tahukah anda semua ada 4 jenis orang seperti ini tidak akan tersentuh api neraka berikut adalah 4 orang tersebut 1 Klik Tajuk Untuk Pembacaan Selanjutnya
Ternyata Melarang Suami Menikah Lagi Dosa Besar Dan Dapat Masuk Neraka Ini Buktinya

Ternyata Melarang Suami Menikah Lagi Dosa Besar Dan Dapat Masuk Neraka Ini Buktinya

papar berkaitan - pada 3/12/2020 - jumlah : 77 hits
Islam memiliki sifat syamil atau menyeluruh memang tidak bisa hanya dipandang sebagai agama privat Islam bukan hanya mengatur ritual peribadahan seperti shalat dan puasa Islam pun mengajarkan kaidah dan adab banyak hal dalam hubungan sesama...
Istri Dan Anaknya Meninggal Dunia Karena Covid 19 Bupati Demak Berduka

Istri Dan Anaknya Meninggal Dunia Karena Covid 19 Bupati Demak Berduka

papar berkaitan - pada 3/12/2020 - jumlah : 83 hits
Tahun 2020 menjadi masa kelabu bagi Bupati Demak HM Natsir Betapa tidak setelah anak kesayangannya Aris Abdul Aziz dinyatakan meninggal karena terpapar Covid 19 pada Juni lalu istri tercinta Suntari dipanggil sang pencipta pada usia 56 tahu...
Kapolda Jateng Belum Dicopot Karena Kerumunan Massa Fpi Sudahlah Hrs Aja Ha Er Es

Kapolda Jateng Belum Dicopot Karena Kerumunan Massa Fpi Sudahlah Hrs Aja Ha Er Es

papar berkaitan - pada 2/12/2020 - jumlah : 48 hits
Dua kerumunan besar di Jawa Tengah belum berimbas pada pencopotan Kapolda Jateng hingga kini Beda dengan pencopotan Kapolda Metro FPI pun mempertanyakan itu Melalui akun Twitter Front Pembela Islam kabar fpi Senin mempertanyakan kasus kerum...
Usai Lahiran Ibu Di Lebak Terpaksa Ditandu Saat Pulang Ke Rumah Karena Jalan Rusak

Usai Lahiran Ibu Di Lebak Terpaksa Ditandu Saat Pulang Ke Rumah Karena Jalan Rusak

papar berkaitan - pada 26/11/2020 - jumlah : 132 hits
Kepala Puskesmas Kecamatan Bojongmanik Alwani membenarkan peristiwa Siti ditandu saat hendak pulang ke rumah usai melahirkan bayinya di Puskesmas Bojongmanik
Ternyata Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia Saat Istri Sedang Hamil 4 Bulan

Di Kerat Di Rebus Roh Man Yee Merayau Dalam Apartment

Doktor Kagum Rawat Pesakit Kental Datang Minta Ubat Gatal Pkp 1 0 Hilang Kerja Pkp 2 0 Lebih Tragis Nasibnya

Pemurtadan Terang Terangan Risuli Lubis

Pkp Kasihan Rakyat Kelantan Sebab Exco Cerdik Sangat

Pemimpin Umno Ada Kes Mahkamah Perlu Berundur

23 Warga Emas Maut Beberapa Hari Lepas Terima Suntikan Vaksin Pfizer Di Norway

Istri Berikan Teguran Karena Merokok Di Samping Anak Sang Suami Malah Cekik Bayinya Yang Masih 40 Hari



Resepi Keropok Nasi Paling Mudah

Resepi Keropok Nasi Paling Mudah

8 Cara Dahsyat Apple Lindungi Produk Yang Belum Dikeluarkan

Berapa Berat Segumpal Awan

Kajian Terbaru Menunjukkan Kopi Decaf Tidaklah Sebagus Yang Disangka


Tips Kewangan Pelaburan Unit Amanah Jangka Masa Panjang

Warung Lang Buana Walaupun Tersorok Tapi Mendamaikan Di Kg Panchur Merah Setiu Terengganu

Skin Ps5 Jersey Bola

Warung Sepahtu

Video Ac Mizal Kongsi Video Cikgu Maryam Ajar Lagu Bahasa Korea Buat Netizen Terhibur Lisa Doktor Join Sekaki

Kapal British Lama Dipercayai Tahun 1800 An Ditemui Di Sungai Lipis