Sabar Tidak Hanya Saat Ditimba Musibah Dalam Kondisi Ini Juga Dianjurkan Sabar


Kapan kita ingat harus bisa memiliki sifat sabar? Mungkin, paling sering ada saat terkena musibah. Musibah tersebut adalah taqdir Allah sudah tak bisa kita tolak.
Misalnya, kehilangan sepeda montor. Ringkasnya, saat kita sudah tidak bisa melakukan apa-apa itulah saat dimana kita harus sabar.
Tapi benarkah sifat sabar sebaiknya dimiliki hanya pada waktu ada musibah? Saat semua keinginan dapat terpenuhi perlukah kita memiliki sifat sabar? Dan sabar atas apa?
“Ketahuilah bahwa seluruh apa yang ditaqdirkan pada seorang hamba dalam hidupnya tidak lepas dari dua macam: yang sesuai dengan keinginannnya, dan yang tidak sesuai bahkan ia benci. Kedua-duanya memerlukan sifat sabar. Dalam segala keadaanya, seorang hamba tidak bisa lepas dari dua macam hal ini. Sehingga hamba tersebut tidak bisa lepas dari sifat sabar” begitulah ungkap Al-Ghazali.
Sehingga sabar mutlak terus menerus harus dimiliki. Lalu kalau yang ada di hadapan kita semuanya sudah sesuai dengan keinginan, apa yang perlu kita sikapi dengan sabar?
Al-Ghazali mencontohkan hal-hal yang sesuai keinginan manusia dengan bentuk diberi kesehatan, diberi keselamatan, memiliki harta banyak, memiliki pangkat tinggi, memiliki banyak pendukung, punya banyak hal yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal yang diinginkan, dan banyak lagi kenikmatan dunia.
Semua hal ini sebenarnya menuntut disikapi dengan sifat sabar. Sabar yang seperti apa?
Sabar dengan menahan diri agar tidak semaunya sendiri, menuruti keinginan sesaat yang berakibat berlebihan dalam menggunakan sesuatu.
Semaunya sendiri dan menuruti keinginan sesaat dapat diartikan tidak memenuhi perintah atau larangan Allah dalam nikmat yang ia berikan.
Sebab segala sesuatu memiliki hak yang harus dipenuhi. Seperti haknya harta adalah zakat dan infaq, sedang haknya perut adalah tidak diisi berlebihan sehingga membahayakan kesehatan tubuh.
Inilah yang menurut al-Ghazali disebut dengan istilah fitnah harta, pasangan (suami/istri) dan anak dalam surat al-Munafiqun ayat 9:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah harta serta anak-anak kalian membuat lupa akan Allah”
Dan surat at-Taghabun ayat 14:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ وَأَوْلَادِكُمْ عَدُوًّا لَكُمْ فَاحْذَرُوهُمْ “Sesungguhnya dalam pasangan serta anak-anak kalian ada musuh. Maka berhati-hatilah dengan mereka”
Seorang lelaki yang memiliki keislaman sempurna menurut al-Ghazali adalah lelaki yang bersabar atau dapat menahan diri dari kesejahteraan yang sempurna.
Arti dari kesabaran tersebut adalah tidak terlalu menginginkan, dapat mengontrol diri saat diberi, menjaga hak-haknya Allah dalam hartanya dengan infaq, dalam badannya dengan menolong sesame, dalam lisan dengan berkata jujur dan semacam itu dalam nikmat-nikmat Allah yang lain.
Kesabaran atas nikmat yang diberikan, menurut al-Ghazali, bertalian erat dengan sikap syukur. Dan sabar jenis ini lebih berat dari sabar sebab tidak terpenuhinya keinginan.
Karena sabar jenis ini disertai kemampuan yang mudah dilakukan untuk melanggarnya. Al-Ghazali mencontohkan, seorang yang sedang kelaparan saat ketiadaan makanan, akan lebih mudah bersabar dari seorang yang sedang kelaparan sementara di sisinya ada makanan lezat, yang bisa ia nikmati.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/sabar-tidak-hanya-saat-ditimba-musibah-dalam-kondisi-ini-juga-dianjurkan-sabar/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Gadis Ini Menolak Makan Enak Saat Diantar Ke Rumah Semua Menangis Lihat Kondisi Adik Adiknya

Gadis Ini Menolak Makan Enak Saat Diantar Ke Rumah Semua Menangis Lihat Kondisi Adik Adiknya

papar berkaitan - pada 9/9/2019 - jumlah : 277 hits
Akun Facebook bernama Padaedi Sandakan mengunggah cerita seorang gadis bernama Putri yang membuat banyak orang bersedih Cerita bermula ketika Padaedi mendapat kabar dari seorang teman bernama Mahjur Salleh bahwa ada seorang gadis yang sudah...
Hanya Menunggu Saat Dihukum Gantung Banduan Kes Bunuh Ini Bikin Kecoh Rakam Video Dakwa Tak Bersalah

Hanya Menunggu Saat Dihukum Gantung Banduan Kes Bunuh Ini Bikin Kecoh Rakam Video Dakwa Tak Bersalah

papar berkaitan - pada 11/9/2019 - jumlah : 423 hits
KECOH mengenai video yang kini tular menunjukkan seorang lelaki mendakwa dirinya banduan yang dijatuhi hukuman gantung kerana membunuh dia bagaimanapun mendakwa dirinya tidak bersalah di atas dalam kes tersebut Lelaki berusia 37 tahun itu m...
Di Balik Kemarahan Presiden Jokowi Saat China Pilih Vietnam Untuk Investasi

Di Balik Kemarahan Presiden Jokowi Saat China Pilih Vietnam Untuk Investasi

papar berkaitan - pada 6/9/2019 - jumlah : 162 hits
Jokowi kembali mengatakan bahwa pada 2017 73 perusahaan di Jepang juga memilih relokasi ke Vietnam dari pada Indonesia Kala itu dia menyebut ada 43 perusahaan investasi ke Vietnam sementara Indonesia hanya 10 perusahaan
Kisah Yanti Sopir Wanita Yang Selalu Bawa Bayinya Saat Narik Angkot Di Bandung

Kisah Yanti Sopir Wanita Yang Selalu Bawa Bayinya Saat Narik Angkot Di Bandung

papar berkaitan - pada 6/9/2019 - jumlah : 191 hits
Bukan tanpa alasan Nuryanti HR alias Yanti bekerja menjadi wanita sopir angkot di Bandung Yanti viral di media sosial dan jadi perhatian lantaran membawa bayinya Adryan yang masih berusia tiga bulan saat bekerja jadi sopir angkot di Bandung...
Kemenhub Minta Masyarakat Disiplin Saat Melewati Perlintasan Sebidang

Kemenhub Minta Masyarakat Disiplin Saat Melewati Perlintasan Sebidang

papar berkaitan - pada 6/9/2019 - jumlah : 104 hits
Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan statistik menunjukkan bahwa perlintasan sebidang ini berkontribusi terhadap kecelakaan transportasi secara umum dan masih signifikan
Suami Tak Ada Di Rumah Saat Ibu Bunuh Bayinya Di Bandung

Suami Tak Ada Di Rumah Saat Ibu Bunuh Bayinya Di Bandung

papar berkaitan - pada 6/9/2019 - jumlah : 189 hits
FM yang terindikasi psikologinya terguncang sudah diperiksa oleh ahli kejiwaan Hanya saja sejauh ini pihak kepolisian belum bisa mengungkap kronologi peristiwa tragis itu karena tersangka sulit untuk dimintai keterangan
Protes Dihina Miskin Driver Gojek Pakai Kawasaki Ninja 250 Saat Demo Di Kedubes Malaysia

Protes Dihina Miskin Driver Gojek Pakai Kawasaki Ninja 250 Saat Demo Di Kedubes Malaysia

papar berkaitan - pada 6/9/2019 - jumlah : 258 hits
Sekitar 400 orang yang berprofesi driver Gojek melakukan aksi demo di depan kantor Kedubes Malaysia Kuningan Jakarta Senin Kedatangan mereka menuntut permintaan maaf secara langsung oleh Shamsubahrin Ismail bos Big Blue Taxi Malaysia yang t...
Polisi Periksa Rekan Dan Panitia Terkait Mahasiswa Tewas Saat Diksar Menwa

Polisi Periksa Rekan Dan Panitia Terkait Mahasiswa Tewas Saat Diksar Menwa

papar berkaitan - pada 7/9/2019 - jumlah : 150 hits
Kasatreskrim Polres Banyuasin AKP Wahyu Maduransyah mengungkapkan empat saksi tersebut rekan rekan korban dan panitia kegiatan Menurut dia jika diperlukan saksi lain akan dimintai keterangan lebih lanjut
The Evolution Of Adult Entertainment

Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Pelepasan Cukai Sukan 2024 Senarai 103 Sukan Tersenarai

Apabila Sang Profesor Datang Melawat

Surah Al Ikhlas Bacaan Rumi Terjemahan

Honor X7b Telefon Pintar 5g Kini Di Kedai Seluruh Negara Pada Rm899

Azmin Pledges To Tell All On May 11



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


Cara Hilangkan Parut Jerawat Dengan Cepat

Kwsp Akaun 3 Apa Yang Perlu Anda Tahu

Umpama Makan Nasi Tanpa Lauk

Calon Pn Kuala Kubu Baru Ceo Syarikat Tutup

Big Bucks Top 10 Sellers From Bonhams Spring Stafford Sale

Dashi Packet Recipe