Sabar Tidak Hanya Saat Ditimba Musibah Dalam Kondisi Ini Juga Dianjurkan Sabar


Kapan kita ingat harus bisa memiliki sifat sabar? Mungkin, paling sering ada saat terkena musibah. Musibah tersebut adalah taqdir Allah sudah tak bisa kita tolak.
Misalnya, kehilangan sepeda montor. Ringkasnya, saat kita sudah tidak bisa melakukan apa-apa itulah saat dimana kita harus sabar.
Tapi benarkah sifat sabar sebaiknya dimiliki hanya pada waktu ada musibah? Saat semua keinginan dapat terpenuhi perlukah kita memiliki sifat sabar? Dan sabar atas apa?
“Ketahuilah bahwa seluruh apa yang ditaqdirkan pada seorang hamba dalam hidupnya tidak lepas dari dua macam: yang sesuai dengan keinginannnya, dan yang tidak sesuai bahkan ia benci. Kedua-duanya memerlukan sifat sabar. Dalam segala keadaanya, seorang hamba tidak bisa lepas dari dua macam hal ini. Sehingga hamba tersebut tidak bisa lepas dari sifat sabar” begitulah ungkap Al-Ghazali.
Sehingga sabar mutlak terus menerus harus dimiliki. Lalu kalau yang ada di hadapan kita semuanya sudah sesuai dengan keinginan, apa yang perlu kita sikapi dengan sabar?
Al-Ghazali mencontohkan hal-hal yang sesuai keinginan manusia dengan bentuk diberi kesehatan, diberi keselamatan, memiliki harta banyak, memiliki pangkat tinggi, memiliki banyak pendukung, punya banyak hal yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal yang diinginkan, dan banyak lagi kenikmatan dunia.
Semua hal ini sebenarnya menuntut disikapi dengan sifat sabar. Sabar yang seperti apa?
Sabar dengan menahan diri agar tidak semaunya sendiri, menuruti keinginan sesaat yang berakibat berlebihan dalam menggunakan sesuatu.
Semaunya sendiri dan menuruti keinginan sesaat dapat diartikan tidak memenuhi perintah atau larangan Allah dalam nikmat yang ia berikan.
Sebab segala sesuatu memiliki hak yang harus dipenuhi. Seperti haknya harta adalah zakat dan infaq, sedang haknya perut adalah tidak diisi berlebihan sehingga membahayakan kesehatan tubuh.
Inilah yang menurut al-Ghazali disebut dengan istilah fitnah harta, pasangan (suami/istri) dan anak dalam surat al-Munafiqun ayat 9:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah harta serta anak-anak kalian membuat lupa akan Allah”
Dan surat at-Taghabun ayat 14:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ وَأَوْلَادِكُمْ عَدُوًّا لَكُمْ فَاحْذَرُوهُمْ “Sesungguhnya dalam pasangan serta anak-anak kalian ada musuh. Maka berhati-hatilah dengan mereka”
Seorang lelaki yang memiliki keislaman sempurna menurut al-Ghazali adalah lelaki yang bersabar atau dapat menahan diri dari kesejahteraan yang sempurna.
Arti dari kesabaran tersebut adalah tidak terlalu menginginkan, dapat mengontrol diri saat diberi, menjaga hak-haknya Allah dalam hartanya dengan infaq, dalam badannya dengan menolong sesame, dalam lisan dengan berkata jujur dan semacam itu dalam nikmat-nikmat Allah yang lain.
Kesabaran atas nikmat yang diberikan, menurut al-Ghazali, bertalian erat dengan sikap syukur. Dan sabar jenis ini lebih berat dari sabar sebab tidak terpenuhinya keinginan.
Karena sabar jenis ini disertai kemampuan yang mudah dilakukan untuk melanggarnya. Al-Ghazali mencontohkan, seorang yang sedang kelaparan saat ketiadaan makanan, akan lebih mudah bersabar dari seorang yang sedang kelaparan sementara di sisinya ada makanan lezat, yang bisa ia nikmati.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/sabar-tidak-hanya-saat-ditimba-musibah-dalam-kondisi-ini-juga-dianjurkan-sabar/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Hanya Menunggu Saat Dihukum Gantung Banduan Kes Bunuh Ini Bikin Kecoh Rakam Video Dakwa Tak Bersalah

Hanya Menunggu Saat Dihukum Gantung Banduan Kes Bunuh Ini Bikin Kecoh Rakam Video Dakwa Tak Bersalah

papar berkaitan - pada 11/9/2019 - jumlah : 76 hits
KECOH mengenai video yang kini tular menunjukkan seorang lelaki mendakwa dirinya banduan yang dijatuhi hukuman gantung kerana membunuh dia bagaimanapun mendakwa dirinya tidak bersalah di atas dalam kes tersebut Lelaki berusia 37 tahun itu m...
Gadis Ini Menolak Makan Enak Saat Diantar Ke Rumah Semua Menangis Lihat Kondisi Adik Adiknya

Gadis Ini Menolak Makan Enak Saat Diantar Ke Rumah Semua Menangis Lihat Kondisi Adik Adiknya

papar berkaitan - pada 9/9/2019 - jumlah : 72 hits
Akun Facebook bernama Padaedi Sandakan mengunggah cerita seorang gadis bernama Putri yang membuat banyak orang bersedih Cerita bermula ketika Padaedi mendapat kabar dari seorang teman bernama Mahjur Salleh bahwa ada seorang gadis yang sudah...
Laga Seru Sarat Gengsi Bakal Tersaji Saat Timnas Indonesia Hadapi Malaysia

Laga Seru Sarat Gengsi Bakal Tersaji Saat Timnas Indonesia Hadapi Malaysia

papar berkaitan - pada 5/9/2019 - jumlah : 26 hits
Laga seru sarat gengsi bakal dilakoni Timnas Indonesia ketika menghadapi Malaysia Keduanya bakal berlaga pada partai pertama Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta Kamis
Bandara Kertajati Dinilai Saat Ini Makin Sepi Inilah Faktanya

Bandara Kertajati Dinilai Saat Ini Makin Sepi Inilah Faktanya

papar berkaitan - pada 5/9/2019 - jumlah : 20 hits
Tingkat keterisian Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Majalengka Jawa Barat kurang memuaskan Saat ini tingkat keterisian Bandara Kertajati disebut turun menjadi 58 persen dari sebelumnya 66 persen Salah satu penyebab BIJB semakin...
Mahasiswa Uin Palembang Tewas Saat Ikuti Diksar Menwa

Mahasiswa Uin Palembang Tewas Saat Ikuti Diksar Menwa

papar berkaitan - pada 6/9/2019 - jumlah : 13 hits
Hebat Sangaji merupakan mahasiswa semester satu Fakultas Syariah
Protes Dihina Miskin Driver Gojek Pakai Kawasaki Ninja 250 Saat Demo Di Kedubes Malaysia

Protes Dihina Miskin Driver Gojek Pakai Kawasaki Ninja 250 Saat Demo Di Kedubes Malaysia

papar berkaitan - pada 6/9/2019 - jumlah : 26 hits
Sekitar 400 orang yang berprofesi driver Gojek melakukan aksi demo di depan kantor Kedubes Malaysia Kuningan Jakarta Senin Kedatangan mereka menuntut permintaan maaf secara langsung oleh Shamsubahrin Ismail bos Big Blue Taxi Malaysia yang t...
Di Balik Kemarahan Presiden Jokowi Saat China Pilih Vietnam Untuk Investasi

Di Balik Kemarahan Presiden Jokowi Saat China Pilih Vietnam Untuk Investasi

papar berkaitan - pada 6/9/2019 - jumlah : 33 hits
Jokowi kembali mengatakan bahwa pada 2017 73 perusahaan di Jepang juga memilih relokasi ke Vietnam dari pada Indonesia Kala itu dia menyebut ada 43 perusahaan investasi ke Vietnam sementara Indonesia hanya 10 perusahaan
Kau Berahi Sorang Sorang Apahal

Dalam Ramai Ramai Kawan Mesti Ada Sorang Jadi Palaotaologist

15 Magical Diy Fall Decor Ideas You Should Be Already Crafting

Aidan 3 Bulan 10 Hari Di Kenduri Makcik Hukiza

Sedekah Dalam Beli Nanti Allah Bagi Lebih Lagi Kat Kita

Setelah 11 Tahun Tulang Besi Benar Ulama2 Pas Penipu

Tokki Berpindah Ke Felda Bukit Rokan Utara Kali Kedua

Foodpanda Kini Di Temerloh



8 Makanan Yang Boleh Membunuh Secara Perlahan Lahan

Biodata Dan Latar Belakang Pelakon Zul Huzaimy

Ini Sebab Wasabi Sebenar Tersangat Mahal Dan Sukar Didapati

Pelari Olimpik Ini Menang Pingat Emas Selepas Disahkan Mati

Biodata Elvina Mohamad Pelakon Drama Demi Rindumu


Prinsip Ahli Jualan Pelaku Reseller

Netflix Dedah Pandangan Pertama Filem Seram Eli Arahan Ciar N Foy

Joker Dijangka Atasi Rekod Venom Catat Kutipan Tertinggi Minggu Pembukaan Bulan Oktober

Piagam Pas Umno Takut Pada Mca Dan Mic Bukan Dgn Allah Swt

Resepi Rempah Perapan Kambing Ayam Daging Perap Satay Pun Boleh

Kesihatan Selamatkah Hujan Jerebu