Relawan Tik Kalimantan Barat Selenggarakan Webinar Literasi Digital Pertama Tahun 2021


Alhamdulillah atas seijin Allah SWT dan ikhtiar maksimal dari tim pelaksana, Relawan TIK Kalimantan Barat sukses menyelenggarakan Webinar Literasi Digital pertama di tahun 2021 dengan tema “Peningkatan Skill Penggunaan Aplikasi Perkantoran Pengolahan Kata”.
Meskipun terkesan mepet waktu persiapan dan pelaksanaannya, Alhamdulillah dari sekitar sejumlah 300-an orang peserta hadir dalam kegiatan Webinar Literasi Digital tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa animo masyarakat masih cukup positif dengan kegiatan peningkatan skill berbasis digital seperti ini.
Untuk basis tempat pelaksanaan Webinar Literasi Digital Pertama Relawan TIK Kalbar Tahun 2021 mengambil lokasi di Gedung Yale Communication Jalan KH Abdurahman Wahid Gg. Tegal Rejo 1 Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.
Webinar Literasi Digital Bisa dianggap penyelenggaraan Webinar Literasi Digital ini menjadi pertama kali diantara seluruh agenda nasional yang telah disusun oleh Tim Pelaksana Relawan TIK Indonesia bekerjasama dengan KEMKOMINFO dan SIBERKREASI.
Webinar Literasi Digital ini dipandu oleh Ida Latifah. Dilaksanakan pada hari Selasa, (06/04/2021)  secara daring melalui zoom cloud meetings pada jam 13.00 WIB sampai selesai.
Dari daftar absen yang masuk ke panitia, kegiatan pertama Relawan TIK Kalbar di tahun 2021 ini dihadiri oleh 300-an peserta.
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan menjadi orang pertama yang memberi kata sambutan secara daring.
Image: RelawanTIK.Or.Id Menurut Semuel Abrijani Pangerapan, masyarakat harus siap menghadapi agenda transformasi digital agar dapat meningkatkan indeks literasi digital Indonesia. KEMKOMINFO bersama Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi  dan SiberKreasi serta stakeholder lainnya akan terus menghadirkan program-program literasi digital.
“Melalui berbagai macam inisiatif kegiatan, salah satunya yang sedang kita ikuti sekarang. Dengan adanya inisiatif kegiatan diharapkan dapat memfasilitasi dan semakin mendotong terwujudnya masyarakat digital Indonesia,” ungkapnya.
Baca Juga: Sekilas Mengenai Relawan TIK Indonesia
Menurut Dirjen Semuel, pandemi Covid-19 telah mengubah cara masyarakat dalam beraktivitas di berbagai lini kehidupan. Hal inilah yang mempertegas bahwa sedang terjadi era disrupsi teknologi. Oleh karena  itu, pemerintah harus dapat menyiapkan SDM Indonesia dengan keterampilan digital yang sesuai untuk menghadapi perubahan ini.
“Mari kita membawa perubahan positif untuk Indonesia yang lebih baik, kita ciptakan inovasi-inovasi berkualitas dengan mengembangkan talenta dan memaksimalkan potensi masyarakat Indonesia. Bersama kita bisa melalui pandemi, tetap semangat dan salam literasi digital,” pungkas Dirjen Semuel.
4 Pilar Literasi Digital Di sesi kata sambutan berikutnya, Ketua Bidang Sekretariat RTIK Indonesia, Muhammad Nur Fajar mengungkapkan bahwa kegiatan Webinar Literasi Digital ini merupakan salah satu upaya Relawan TIK mendukung pemerintah untuk mengajak masyarakat memahami empat pilar literasi digital, yaitu Kemampuan Digital (Digital Skills), Etika Digital (Digital Ethics), Kebudayaan Digital (Digital Culture) dan Keamanan Digital (Digital Safety).
“Empat program unggulan, tema dan pilar Gerakan Nasional Literasi Digital ini perlu kita jemput bersama, kita dukung dan realisasikan di setiap wilayah dan lingkungan kita, serta  sebagai ajang silaturahmi dan kolaborasi Stakeholder, Komunitas dan Masyarakat Pengguna Teknologi guna terciptanya sinergi dalam Pembentukan Masyarakat Informatif,” ujar Fajar.
Menurutnya, seiring perubahan zaman, teknologi di dunia pun berkembang semakin cepat. Setiap individu pun dipaksa untuk menyesuaikan perkembangan teknologi. Jika tidak, mereka pasti akan tertinggal. Dampak dari perkembangan teknologi ini tidak hanya berdampak kepada individu, namun juga pada masyarakat, dan organisasi.
Aplikasi Perkantoran Pengolahan Kata Begitupun juga dengan perkantoran, dengan pesatnya perkembangan teknologi para pegawai perkantoran harus bisa menyesuaikan keterampilan mereka mengikuti perkembangan teknologi dalam menggunakan aplikasi-aplikasi ter-update untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka, terlebih lagi di masa pandemi covid-19 saat ini meningkat pesat.
Melihat kondisi ini, maka Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi bersama dengan KEMKOMINFO RI dan SiberKreasi memilih tema “Peningkatan Skill Penggunaan Aplikasi Perkantoran Pengolahan Kata” pada penyelenggaraan pertama di Kalimantan Barat.
Image: RelawanTIK.Or.Id Dan demi mendukung kelancaran penyelenggaraan kegiatan Webinar Literasi Digital ini, turut menghadirkan dua orang narasumber lokal yaitu Ira Dwi Lestari dari Lembaga Kursus dan Pelatihan  LKP Yale Communication  dan  Ferianto, S.Hut dari Relawan TIK Kalimatan Barat.
Kedua narasumber tersebut memberikan pemahaman dan pembekalan kepada para peserta bagaimana memanfaatkan Aplikasi perkantoran seperti  LibreOffice, Open Office, Abi Word, dan Microsoft Office,  untuk pengolahan data perkantoran secara basic maupun enhancement.
Kedepannya masih ada agenda Webinar Literasi Digital lagi yang akan diselenggarakan oleh Relawan TIK Kalimantan Barat dengan tema penggunaan aplikasinya berbeda, yaitu Aplikasi Pengolah Data dan Desain Grafis. (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/relawan-tik-kalimantan-barat-selenggarakan-webinar-literasi-digital-pertama-tahun-2021/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pemakaman Muslim Modern Raudhatul Baqi Memorial Park Pertama Di Kalimantan Barat

Pemakaman Muslim Modern Raudhatul Baqi Memorial Park Pertama Di Kalimantan Barat

papar berkaitan - pada 14/4/2021 - jumlah : 263 hits
Melintasi Jalan Arteri Supadio Kabupaten Kubu Raya pandangan Blogger Borneo langsung tertuju pada penampakan sebuah spanduk besar bertuliskan Pemakaman Muslim Modern Raudhatul Baqi Memorial Park Seketika Blogger Borneo langsung berhenti di ...
Waktu Berbuka Puasa Dan Imsak Bagi Seluruh Negeri Melaka Bagi Tahun 2021

Waktu Berbuka Puasa Dan Imsak Bagi Seluruh Negeri Melaka Bagi Tahun 2021

papar berkaitan - pada 2/4/2021 - jumlah : 1118 hits
Waktu Berbuka Puasa Dan Imsak Bagi Seluruh Negeri Melaka bagi Tahun 2021 Assalamualaikum dan salam sejahtera Tinggal 11 hari sahaja lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan Pastinya semua mencari waktu imsak dan berbuka puasa khususnya pendud...
Cuti Penggal Persekolahan Yang Pertama March 2021

Cuti Penggal Persekolahan Yang Pertama March 2021

papar berkaitan - pada 26/3/2021 - jumlah : 254 hits
Assalammualaikum Dunia Sedar tak sedar hari nie last sekolah Suka lar kome duk rumah seminggu Okew last day Akak tak der cuti Banyak class nak pi Selepas bergelut dengan sesi persekolahan 2021 Yesss hari nie last sekolah Hari Isnin start cu...
Lugar De La Boda Bufet Ramadan Di Selangor Tahun 2021

Lugar De La Boda Bufet Ramadan Di Selangor Tahun 2021

papar berkaitan - pada 2/4/2021 - jumlah : 402 hits
Lugar De La Boda Bufet Ramadan Di Selangor Tahun 2021 Tahun lepas kita tak berkesempatan untuk menikmati kemeriahan suasana bufet ramadan seperti tahun sebelum sebelumnya kerana mematuhi Perintah Kawalan Pergerakan sempena negara dilanda wa...
Buku Pink Pertama Setelah 17 Tahun Sebelum Ni Semua Orang Cakap Saya Mandul

Buku Pink Pertama Setelah 17 Tahun Sebelum Ni Semua Orang Cakap Saya Mandul

papar berkaitan - pada 30/3/2021 - jumlah : 333 hits
Alhamdulillah ini buku pink yang pertama setelah 17 tahun menunggu ustaz Doakan saya semoga sepanjang kehamilan ini dipermudahkan Allah Ini antara luahan dari hati seorang isteri selepas melalui saat saat yang cukup perit dengan kata kata o...
Majlis Ilmu Tazkirah Menyambut Ramadan Fasa Perintah Kawalan Pergerakan Pemulihan Tahun 2021

Majlis Ilmu Tazkirah Menyambut Ramadan Fasa Perintah Kawalan Pergerakan Pemulihan Tahun 2021

papar berkaitan - pada 30/3/2021 - jumlah : 326 hits
28 Mac 2021 Surau Al Ikhwan Taman Kasih Putera BahauPenceramah Al Fadhil Ustaz Hj SabriHari Setiap Ahad minggu kedua dan ke 4Tarikh 28 03 2021Masa Selepas MagribTempat Surau Al Ikhwan Taman Kasih Putera
Tempahan Sampul Duit Raya Koporat Dan Kad Raya Tahun 2021 Telah Dibuka

Tempahan Sampul Duit Raya Koporat Dan Kad Raya Tahun 2021 Telah Dibuka

papar berkaitan - pada 31/3/2021 - jumlah : 1061 hits
Tempahan sampul duit raya koporat tahun 2021 telah pun dibuka Min order cuma 100 pack dan penghantaran dibuat ke seluruh Malaysia melalui kurier Anda boleh buat cop emas pada sampul raya logo dan alamat website anda Design adalah terhad Dap...
Jejak Rasul 2021 Pertama Kalinya Di Malaysia

Jejak Rasul 2021 Pertama Kalinya Di Malaysia

papar berkaitan - pada 2/4/2021 - jumlah : 570 hits
Jejak Rasul rancangan TV paling popular di sepanjang bulan Ramadan di TV3 Zaman kanak kanak dulu suka betul tengok Jejak Rasul sebelum berbuka Jejak RasulSebuah rancangan dokumentari Islam yang ditayangkan di TV3 sejak 12 Februari 1994 Pern...
Soalan Lazim Bpr Faq Pembayaran Fasa 2 Tahun 2021

Soalan Lazim Bpr Faq Pembayaran Fasa 2 Tahun 2021

papar berkaitan - pada 14/4/2021 - jumlah : 436 hits
Soalan Lazim BPR fasa 2 FAQ Pembayaran Fasa 2 Tahun 2021 Sebelum itu anda boleh semak soalan lazim bpr bagi fasa 1 sebelum ini seperti di bawah Senarai Soalan Lazim BPR Fasa 1 Pada 24 Februari lepas bayaran telah pun bermula seperti yang di...
Irma Hasmie Enggan Komen Status Perkahwinan Apa Yang Penting Allah Jaga Hati Fikiran Kami

Salah Besar Kalau Kembali Kepada Quran Dan Sunnah Saja Tambah Ulil Amri

Panduan Dan Cara Atasi Sembelit Bagi Dewasa Kanak Kanak Dan Selepas Bersalin

Cheah Liek Hou

Adapting To Consumer Behavior

Mcmc S Police Report Against Writer Murray Hunter Is High Handed And Has A Chilling Effect On Freedom Of Speech

Keluarga Berang Terima Kiriman Jenazah Individu Lain

Kenyataan Wan Rosdy Bakar Semangat Penyokong Pakatan Harapan Di Prk Dun Kuala Kubu Bharu



5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Racun Rihanna Slot Samarinda TV3


Family Camping Journey Kami Repeat Lagi Camping 3h2m Di Dusun Pak Abu Campsite

Papagomo Ditahan Aibkan Agong

Tergamak Petik Al Quran Kaki Fitnah Dipanggil Pejuang Rakyat

Normani S Legs And Feet In Tights 5

Jadwal Puasa Sunnah Mei 2024

Wanita Maut Ditikam 30 Kali Di Sepanyol