Prinsip Syirkah Dan Penerapannya Dengan Bisnis Bank


Prinsip Syirkah dan Penerapannya dengan Bisnis Bank Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,
Syirkah dibangun di atas prinsip wakalah dan amanah. Sehingga jika ada 2 orang bergabung dalam kerja sama syirkah, misal si A dan si B, lalu mereka kerja bersama, maka si A menjadi wakil dan penerima amanah dari si B, dan sebaliknya.
Ibnu Qudamah mengatakan,
وشركة العنان مبنية على الوكالة والأمانة لأن كل واحد منهما يدفع المال إلى صاحبه أمنه وبإذنه له في التصرف وكله
Syirkah inan dibangun di atas prinsip akad wakalah dan amanah. Karena masing-masing memberikan modal dana kepada kawan anggota kongsi lainnya, memberi amanah kepadanya dan dengan izinnya kawannya bisa mentransaksikannya. (al-Mughni, 5/129)
Konsekuensi dari akad wakalah dan amanah,
[1] Karena si A adalah wakil dari si B maka aktifitas si A disejajarkan dengan aktifitas si B. Sehingga si A dibenarkan melakukan apapun terhadap objek syirkah, meskipun objek itu, sebagian kepemilikannya adalah milik si B.
[2] Karena si A adalah penerima amanah dari si B dalam objek syirkah, maka dia harus berusaha menjaga objek syikah dengan baik, dan jangan sampai membuat kebijakan yang membahayakan objek syirkah.
Dalam penjelasan mengenai Manajemen Syirkah yang dijelaskan AAOIFI dinyatakan,
3.1.3.1. Pada dasarnya setiap anggota syirkah berhak hak mengelola syirkah untuk menjual, membeli, membayar dengan kontan atau tempo, menerima barang, menyerahkan barang, menitipkan, menggadaikan, mengambil jaminan, menuntut hutang dan menetapkannya, menggugat, memperkarakan di pengadilan, membatalkan akad dan menolak cacat barang, menyewa, mengalihkan hutang, berhutang, dan setiap hal yang mendatangkan mashlahat bisnis yang biasa dilakukan. Anggota syirkah tidak berhak mengelola sesuatu yang tidak mendatangkan manfaat bagi syirkah atau bahkan mendatangkan mudharat, seperti : hibah atau memberikan piutang –kecuali bila ada izin dari anggota syirkah yang lain-, atau dalam jumlah uang yang sedikit dan tempo yang singkat menurut kebiasaan.
Penerapan Kaidah: Bisnis Properti dan Bank:
Prinsip syirkah di atas bisa kita terapkan dalam dunia perbankan di negara kita.
Seperti yang kita pahami, bagian dari regulasi perbankan di negara kita, bahwa bank tidak diperkenankan memiliki persediaan (stok). Sehingga bank paling alergi untuk membeli barang sebagai persediaan, sementara konsumennya belum jelas.
Kita akan lihat dalam kasus bisnis properti. Hampir semua konsumen properti, membayar dengan cara dicicil. Mengingat nilainya yang cukup besar. Dan hampir semua developer, merasa keberatan jika harus menangani konsumen yang bayarnya nyicil. Disamping ini sangat mengganggu cash flow perusahaan, ini juga beresiko. Mengingat perusahaan properti tidak memiliki keahlian dalam bidang tagih-menagih utang.
Mereka butuh lembaga intermediate, itulah bank.
Hanya saja, kita punya batasan syariah, bahwa utang tidak boleh disyaratkan ada keuntungan. Sementara dalam hal ini, posisi bank adalah lembaga pembiayaan, melalui akad utang piutang.
Bisa Kasih Saran untuk Bank Syariah?
Saya tidak tahu, apakah saran ini masih melanggar regulasi OJK ataukah tidak.
Bank syariah sebagai pemegang modal, agar bisa menjual rumah tanpa harus memiliki persediaan, apa yang harus dilakukan?
Ada 2 pilihan di sana, mendekat ke nasabah ataukah mendekat ke developer?
Jika bank syariah mendekat ke nasabah, akad yang bisa dilakukan adalah jual beli. Sehingga, agar bank bisa memiliki keuntungan jual beli yang legal, bank syariah harus memiliki rumah itu, dan menguasainya. Baru kemudian dijual ke nasabah. Bank tidak boleh menyerahkan uang ke nasabah. Tapi bank harus menyerahkan rumah. Namun, lagi-lagi ini terhambat regulasi OJK.
Pilihan kedua, bank mendekat ke developer dan melakukan musyarakah satu proyek perumahan.
Bentuknya, bank ikut terlibat sebagai pemegang saham salah satu proyeknya. Misalnya, bank syariah menyediakan dana untuk akuisisi tanah.
Bank syariah tidak harus menyerahkan dalam bentuk tanah. Cukup developer yang melakukannya, selanjutnya bank syariah yang mendanainya. Yang diserahkan oleh bank bisa dalam bentuk uang, dan TIDAK harus barang. Sehingga bank TIDAK harus memiliki persediaan. Saya tidak tahu, bagaimana bunyi laporan yang tepat untuk ini. Apakah dilaporkan bank memiliki persediaan ataukah bank memberikan pembiayaan ke developer.
Selanjutnya, karena akad antara bank syariah dan developer adalah musyarakah, maka posisi mereka adalah wakil bagi pihak lainnya. Sehingga bank bisa menjadi wakil developer, dan developer bisa menjadi wakil bank dalam mentransaksikan perumahan itu.
Berangkat dari prinsip ini, ketika developer telah mulai membangun perumahan, bank boleh menjual rumah itu kepada nasabahnya sebagai wakil bagi developer, tanpa harus menunggu rumah jadi. Karena posisi developer adalah produsen, sehingga bisa dilakukan akad istishna’. Sementara dalam akad istishna’ – menurut pendapat yang lebih kuat – transaksi sudah bisa dilakukan meskipun barang belum diproduksi atau masih dalam proses produksi.
Semoga penjelasan saya bisa memahamkan.
Demikian, Allahu a’lam.
Ditulis oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasisyariah.com)
Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!
Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK KONFIRMASI DONASI hubungi: 087-738-394-989

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://konsultasisyariah.com/33601-prinsip-syirkah-dan-penerapannya-dengan-bisnis-bank.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Duit Dalam Bank Hilang Atau Berkurangan Kenapa Dan Apa Nak Buat

Duit Dalam Bank Hilang Atau Berkurangan Kenapa Dan Apa Nak Buat

papar berkaitan - pada 27/10/2018 - jumlah : 157 hits
Pernah tak korang tengok baki akaun bank tiba tiba kurang Atau korang baru sedar yang duit dalam akaun tiba tiba je hilang Mesti panikkan Ye kalau saya pun mesti panik Nak nak pulak kalau jumlahnya besar Sebagai seorang bekas pegawai bank y...
Hadapi Digital Banking 2019 Bank Mandiri Bakal Buka Pekerjaan Ini

Hadapi Digital Banking 2019 Bank Mandiri Bakal Buka Pekerjaan Ini

papar berkaitan - pada 27/10/2018 - jumlah : 47 hits
Direktur Kepatuhan dan Human Capital Bank Mandiri Agus Dwi Handaya tak memungkiri bahwa banyak karyawan yang akan tergantikan posisinya oleh teknologi digital khususnya dari bagian middle end dan back end Sebab menurutnya posisi tersebut mu...
Kuartal Iii 2018 Laba Bersih Bank Permata Turun 30 16 Persen

Kuartal Iii 2018 Laba Bersih Bank Permata Turun 30 16 Persen

papar berkaitan - pada 27/10/2018 - jumlah : 47 hits
PT Bank Permata Tbk membukukan laba bersih sebesar Rp 494 15 miliar atau Rp 17 62 per saham hingga September 2018 Perolehan laba bersih Perseroan tersebut turun 30 16 persen dari Rp 707 51 miliar per September 2017
Najib Berkata Pemilik Akaun Tersebut Dilindungi Akta Kerahsiaan Bank

Najib Berkata Pemilik Akaun Tersebut Dilindungi Akta Kerahsiaan Bank

papar berkaitan - pada 28/10/2018 - jumlah : 106 hits
Datuk Seri Najib Razak mengakui beliau tidak memeriksa dari mana sumber atau pemilik wang berjumlah RM2 6 bilion yang dimasukkan ke dalam akaun peribadinya Bekas Perdana Menteri itu hanya mengagak sumbangan itu dari Arab Saudi selepas Raja ...
Jokowi Jangan Sampai Mobil Ditarik Dealer Sertifikat Diambil Bank

Jokowi Jangan Sampai Mobil Ditarik Dealer Sertifikat Diambil Bank

papar berkaitan - pada 26/10/2018 - jumlah : 52 hits
Presiden Joko Widodo menyerahkan 5 000 sertifikat tanah kepada warga Kaltim dan Kaltara di halaman parkir GOR Sempaja Samarinda Kalimantan Timur Dia meminta sertifikat tanah itu tidak sampai kemudian diambil bank
Banyak Rekening Pns Diblokir 2 Bank Dilaporkan Satgas Saber Pungli Ke Ridwan Kamil

Banyak Rekening Pns Diblokir 2 Bank Dilaporkan Satgas Saber Pungli Ke Ridwan Kamil

papar berkaitan - pada 26/10/2018 - jumlah : 51 hits
Dua bank diduga melakukan pemblokiran dana rekening nasabah kredit secara sepihak Hal itu disampaikan Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat Irjen Widiyanto Poesoko saat bertemu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kota Bandung Kamis
Ccris Bukanlah Laporan Senarai Hitam Untuk Peminjam Bank

Ccris Bukanlah Laporan Senarai Hitam Untuk Peminjam Bank

papar berkaitan - pada 25/10/2018 - jumlah : 116 hits
CCRIS Bukanlah Laporan Senarai Hitam Untuk Peminjam Bank Ramai yang salah faham sebenarnya Mereka ingatkan CCRIS adalah laporan senarai hitam kepada kalangan peminjam di Malaysia Mereka merasakan jikalau nama mereka tersenarai dalam sistem ...
Sri Mulyani Hibahkan 500 Unit Laptop Bekas Pertemuan Imf World Bank Pada Tiga Daerah

Sri Mulyani Hibahkan 500 Unit Laptop Bekas Pertemuan Imf World Bank Pada Tiga Daerah

papar berkaitan - pada 25/10/2018 - jumlah : 49 hits
Untuk pembagian secara rinci sebanyak 200 unit laptop dan 125 unit printer dihibahkan kepada instansi pendidikan di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali 200 unit laptop dan 125 unit printer NTB dan 100 unit laptop dan 50 unit printer dihibah...
Satpam Bank Bukopin Diduga Kuras Rp 1 5 Miliar Dari Brangkas

Satpam Bank Bukopin Diduga Kuras Rp 1 5 Miliar Dari Brangkas

papar berkaitan - pada 25/10/2018 - jumlah : 32 hits
Satpam Bank Bukopin diduga kuras Rp 1 5 miliar dari brangkas HEP yang disebut sebagai warga Jalan Bandulan Kecamatan Sukun Kota Malang melakukan aksi pencurian Jumat malam Namun baru diketahui Senin lantaran Sabtu dan Minggu tutup kantor
Kedai Makan Di Sungai Bakap Yang Pelayan Nya Kurang Ajar

Misteri Binaan Piramid Terjawab Dalam Al Quran

Mekdi Panggilan Tempatan Bagi Mcdonald S Kini Jelas Terpampang Di Restoran Mcdonald S Bukit Bintang

Kerana Cemburu Tunang Simbah Asid

Wow Temperature Kereta Naik Pengantin Tetap Cool Akhirnya Dapat Gambar Kahwin Di Overseas

Awis Spin Menelusuri Rindu Lirik

Produk Pekasam Annur Sedap Menghantui Hingga Ke Akhir Suapan Sudah Semestinya

Update Miui 10 3 9 0 Pfgmixm Redmi Note 7 Telah Tersedia



Asal Usul Petua Halau Kucing Dengan Botol Air Merah

2 Saintis Gila Buang 12 000 Tan Kulit Limau Tetapi Hasilnya Mengagumkan

7 Sebab Anda Boleh Menjadi Gila Apabila Bekerja di Kilang iPhone

Orang Sabian Golongan Ahli Kitab Yang Jarang Diceritakan

7 Fakta Dahsyat Tentang Kes Rampasan Pesawat Oleh D B Cooper


Lagi Report Polis Kerana Keluarkan Kata Kata Kesat Terhadap Yb Fuziah Salleh

Jadual Waktu Upsr 2019

Asus Keluarkan Smartphone Khas Untuk Gamer

Issey Kongsi Foto Terakhir Arwah Ibu

Teknik Ajar Anak Lelaki Dan Anak Perempuan Ringan Tulang

Great Service Fantastic Food By Master Chef Jit