Prinsip Prinsip Dasar Desain Grafis Secara Umum




Prinsip-Prinsip Dasar Desain Grafis Secara Umum - Setiap hal yang dibuat akan terlihat lebih baik apabila dalam pembuatannya memenuhi syarat-syarat atau prinsip-prinsip tertentu. Demikian juga dengan desain grafis. Seorang desainer grafis yang baik tidak serta merta dalam membuat sebuah karya desain, ia harus memperhatikan beberapa prinsip desain grafis dan menjadikannya sebagai acuan dalam berkarya.
Bagi orang awam, mungkin tidak mampu melihat prinsip-prinsip
yang dalam sebuah desain karena prinsip tersebut telah menyatu dalam satu kesatuan dalam desain akhir yang dihasilkan. Berbeda halnya dengan seorang desain grafis profesional yang harus mampu menuangkan setiap prinsip pada desain yang ia buat. Meskipun prinsip-prinsip tersebut bukanlah sesuatu yang mutlak harus ada dalam sebuah karya desain namun prinsip-prinsip ini sangat menunjang estetika dan efektifitas dari sebuat desain.
5 Prinsip Dasar Desain GrafisSecara umum ada lima prinsip dasar desain, diantaranya adalah kesatuan (unity), keseimbangan (balance), proporsi (proportion), irama (rhythm), dan dominasi (domination). Berikut ini penjelasan lengkap dari setiap prinsip tersebut.
1. Kesatuan (Unity)Unity adalah ukuran seberapa baik setiap elemen dari sebuah desain bekerja sama dalam menciptakan keselarasan atau keserasian. Prinsip unity dapat membantu semua elemen bersatu padu dan menghasilkan tema yang kuat, serta menciptakan sebuah hubungan yang saling mengikat.
Tujuan utama desain grafis adalah untuk mengkomunikasikan pesan tertentu, apabila desain yang Anda buat tidak memiliki kesatuan yang kuat maka komunikasi dapat terhambat. Seindah apapun desain Anda, jika tidak ada prinsip unity yang menyatukan mereka maka desain pada akhirnya akan gagal dalam tujuannya. Prinsip unity mengikat setiap elemen yang ada dalam desain sehingga desain memiliki fokus yang jelas.
2. Keseimbangan (Balance)Balance dalam desain grafis merupakan pembagian sama berat baik secara visual maupun secara optis. Balance dibutuhkan untuk menciptakan desain yang komunikatif dan memiliki estetika yang baik.
Ada dua pendekatan dasar dalam prinsip keseimbangan, yang pertama adalah keseimbangan simetris yang merupakan susunan dari elemen agar merata ke kiri dan kanan dari pusat sehingga tampak memiliki bobot visual yang sama. Keseimbangan simetris sering juga disebut sebagai keseimbangan formal.
Kedua adalah keseimbangan asimetris yang merupakan pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di setiap sisi halaman. Warna, ukuran, bentuk dan tekstur dapat digunakan sebagai unsur balancing. Keseimbangan asimetris sering juga disebut dengan keseimbangan informal.
3. Proporsi (Proportion)


Pada dasarnya, proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. Proporsi merupakan perbandingan antara bentuk elemen besar dengan elemen kecil. Proporsi menyangkut hubungan antara satu bagian dengan bagian yang lain atau bagian dengan keseluruhan, atau antara satu obyek dan obyek yang lainnya.
Proporsi yang tidak tepat, akan membuat sebuah desain menjadi tidak enak dipandang. Semua unsur yang terdapat pada sebuah karya desain, harus ditata proporsi setiap unsurnya sedemikian rupa, mulai dari garis, bidang, bentuk, warna dan seterusnya. Dalam desain grafis, semua unsur berperan menentukan proporsi, seperti hadirnya warna cerah yang diletakkan pada ruang sempit.
4. Irama (Rhythm)Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk-bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedauan, dan lain-lain.
Dalam desain grafis irama merupakan pengulangan unsur visual dengan jarak tertentu yang menciptakan pola atau tekstur pada desain. Pengulangan (mengulangi unsur serupa dengan cara yang konsisten) dan variasi (perubahan dalam bentuk, ukuran, posisi atau elemen) adalah kunci untuk menciptakan visual ritme.
5. Dominasi (Domination)Dominasi merupakan salah satu prinsip dasar tatarupa yang harus ada dalam sebuah karya seni dan desain. Dominasi berasal dari kata Dominance yang berarti keunggulan, sifat unggul dan istimewa ini menjadikan suatu unsur sebagai penarik dan pusat perhatian.
Dalam dunia desain, dominasi sering juga disebut Conter Of Interest, Focal Point dan Eye Catcher. Dominasi mempunyai bebera tujuan, yaitu untuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan, dan untuk memecah keberaturan, biasanya ditengarahi dengan emphasis.
Itulah diatas lima prinsip-prinsip dasar desain grafis secara umum. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.wendyandriyan.info/2021/09/prinsip-prinsip-dasar-desain-grafis.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pengertian Desain Grafis Dan Sejarahnya

Pengertian Desain Grafis Dan Sejarahnya

papar berkaitan - pada 22/10/2021 - jumlah : 387 hits
Pengertian Desain Grafis dan Sejarahnya Desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual untuk menyampaikan pesan tertentu Desainer grafis biasanya menggabungkan tulisan simbol dan gambar membentuk representasi visual dari p...
Pm Bakal Umum Rombakan Barisan Kabinet

Pm Bakal Umum Rombakan Barisan Kabinet

papar berkaitan - pada 21/10/2021 - jumlah : 235 hits
October 21 2021 Spekulasi sedang bertiup kencang bakal berlaku rombakan kecil di koridor kuasa Putrajaya apabila Perdana Menteri Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob dikatakan mahu menyusun barisan Kabinetnya semula Ismail Sabri dijangka akan mem...
Elfira Loy Umum Hamil Anak Kedua Ramai Netizen Dah Dapat Agak Nampak Baby Bump Kat Langkawi

Elfira Loy Umum Hamil Anak Kedua Ramai Netizen Dah Dapat Agak Nampak Baby Bump Kat Langkawi

papar berkaitan - pada 20/10/2021 - jumlah : 375 hits
Pelakon Elfira Loy mended4hkan dia kini sedang hamil anak kedua Menerusi laman sosial Instagram Elfira atau nama sebenarnya Nurul Elfira Loy Ahmad Sabri 27 membuat pengumuman tersebut untuk tatapan umum To my family and beloved friends can ...
Wali Kota Makassar Dampingi Prabowo Beri Kuliah Umum Mahasiswa Uki Toraja

Wali Kota Makassar Dampingi Prabowo Beri Kuliah Umum Mahasiswa Uki Toraja

papar berkaitan - pada 18/10/2021 - jumlah : 186 hits
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Danny Pomanto menyambut kedatangan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kabupaten Tana Toraja Provinsi Sulawesi Selatan Senin
Artis Terima Komen Buruk Yg Entertainment Umum Bakal Ambil Tindakan

Artis Terima Komen Buruk Yg Entertainment Umum Bakal Ambil Tindakan

papar berkaitan - pada 15/10/2021 - jumlah : 223 hits
YG Entertainment telah mengambil tindakan undang undang untuk pelbagai perkara yang melibatkan artis mereka Pada 14 Oktober agensi hiburan tersebut mengeluarkan kenyataan berikut Ini adalah YG Entertainment Pertama sekali kami mengucapkan t...
Hiburan Anjur Baby Shower Bersama Keluarga Kak Km Umum Bakal Timang Anak Perempuan

Hiburan Anjur Baby Shower Bersama Keluarga Kak Km Umum Bakal Timang Anak Perempuan

papar berkaitan - pada 21/10/2021 - jumlah : 291 hits
Usahawan kosmetik terkenal Liana Rosli yang mesra disapa sebagai Kak KM dilaporkan ada menganjurkan majlis gender reveal bagi bayi yang kini sedang dikandungnya semalam Kak KM yang tampil seksi dengan gaun merah mengumumkan bahawa dia bakal...
Mac Cosmetics Umum Koleksi Baru Rekaan Lisa Blackpink

Mac Cosmetics Umum Koleksi Baru Rekaan Lisa Blackpink

papar berkaitan - pada 21/10/2021 - jumlah : 211 hits
Pengilang kosmetik Kanada dan jenama kecantikan terkenal MAC Cosmetics telah mengumumkan bahawa Lisa BLACKPINK telah merancang koleksi baru Tahun lalu Lisa menjadi duta global untuk MAC Cosmetics idola K Pop pertama yang mendapat gelaran in...
B I Umum Album Terbaru Cosmos Dengan Teaser What Is Your Cosmos

B I Umum Album Terbaru Cosmos Dengan Teaser What Is Your Cosmos

papar berkaitan - pada 22/10/2021 - jumlah : 284 hits
B I akan mengeluarkan album separuh baharu Pada 22 Oktober pada tengah malam 131 LABEL iaitu agensi kepada B I telah mengeluarkan teaser yang bertajuk What Is Your COSMOS Menurut keterangan di dalam teaser album COSMOS yang akan datang ini ...
Walkie Talkie Serangan Teknologi Baru Pbb Israel As Kalah

Aeon Mall Bukit Tinggi Klang Meriah Dengan Pameran Transformers One

Apa Maknanya Jika Mengalami Kencing Berbuih

Ulangtahun Kelahiran Dak Kakak Dan Gerakan Reformasi

Doa Naik Kapal Laut

Bagaimana Populariti Boleh Mengubah Persepsi

Penyakit Darah Tinggi Dikatakan Antara Penyakit Pembunuh Senyap

Perlis Issues Fatwa First State To Declare Gisbh A Deviant Group


echo '';
10 Fakta Biodata Ustaz Wadi Annuar Wadi Anuar Termasuk Kisah Kahwin Bercerai Dan Bekas Isteri

Biodata 30 Peserta Muzikal Lawak Superstar 2024 Musim 4 Astro Warna

Biodata Ojen Aiwah Usahawan Kunafa Terkenal Personaliti TikTok Dan Penyanyi Lagu Hubb

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Hai Cinta Dengarkanlah Slot Akasia TV3

10 Drama Melayu Terbaru TV3 2024 Best Mesti Tonton Juga Tersedia Online


The Colours Of Life Selamat Kembali Ke Sekolah Bagi Penggal 3

Dinner Sate Dan Siakap Stim Lemon

Wahyu F Giri Feat Era Syaqira Malik Wektu Chord

The Nuen N1 S A Production Ready Electric Motorcycle From Vietnam

Op Global Dedah Anomali Ini Kronologi Kes Gisbh

Hiburan Kena Cuci Kencing Berak Anak Orang Atasan Gisbh Dedah Ibu Terseksa Lalui Pelbagai Trauma