Persiapan Umat Islam 9339



Rasulullah ﷺ


Khutbah Jumat – Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan
by Sodikin
Oleh: Ust. Agus Muhammad, ST 

Khutbah Pertama:


اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي جَعَلَ رَجَبَ مِن اْلأَشْهُرِ الْحُرُمِ الْفَاضِلَة، فَسَنَّ فِيْهِصَوْمَ النَّافِلَةِ اِسْتِعْدَادًا لِرَمَضَانَ الْــمُبَارَكَة، وأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلـهَ إلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَه، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، لاَ نَبِيَّ بَعْدَه.
اَللَّهُمَّصَلِّ وَسَلِّمْعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ إِلَى الْيَوْمِ الَّذِيْ نَلْقَاه.
أمّا بَعْدُ،فَيَا عِبَادَ اللهِ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْـمُتَّقُوْن، قَالَ اللهُ جَلَّ فِي 
عُلَاه:) يَاأَيُّهَاالَّذِينَآَمَنُوااتَّقُوااللَّهَحَقَّتُقَاتِهِوَلَاتَمُوتُنَّإِلَّاوَأَنْتُمْمُسْلِمُونَ
Jamaah jum’at yang dirahmati Allah..

Marilah senantiasa kita memanjatkan puji dan syukur kepada Allah subhanahu wataala atas segala karunia yang dilimpahkannya kepada kita. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah untuk Rasulullah shallallahu alahi wasallam, beserta seluruh keluarga, shahabat dan generasi penerusnya.

Dari mimbar jumat ini, khatib berwasiat kepada diri kami sendiri dan jamaah sekalian. Hendaklah kita bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa. Dan tetap mempertahankannya sampai kita menghadap Allah kelak. Allah ta’ala berfirman: 

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (Q.S. Ali-Imran: 102)

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah…

Tanpa terasa, hari ini kita sudah memasuki bulan Rajab. Itu artinya kurang dua bulan lagi kita akan kedatangan tamu agung, tamu istimewa yang dinanti-nantikan kedatangannya oleh setiap orang yang beriman. Dialah bulan suci Ramadhan, bulan penuh berkah. 

Maka, marilah kita perbanyak doa kepada Allah subhanahu wataala, semoga Allah memberkahi kita di bulan Rajab dan Sya’ban, dan diberi kesempatan untuk bisa menemui bulan suci Ramadhan.


اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَوَشَعْبَان، وَبَلِّغْنَا رَمَضَان 
Sebagai wujud kesungguhan kita menyambut tamu istimewa tersebut, dan sebagai bukti keseriusan kita dalam memuliakannya, tentunya kita harus mempersiapkan segala sesuatunya, jauh-jauh hari sebelum kedatangannya.

Lalu apakah yang harus kita persiapkan?

Yang pertama:di bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunah seperti membaca Al-Qur’an, berdzikir, beristighfar, shalat dhuha, shalat tahajjud dan witir, serta bersedekah. Untuk mampu melakukan hal itu semua dengan ringan dan istiqomah, kita perlu banyak berlatih. 

Di sinilah bulan Rajab dan Sya’ban menempati posisi yang sangat urgen sebagai waktu yang tepat untuk berlatih membiasakan diri beramal sunnah dengan berkelanjutan. Dengan latihan tersebut, di bulan Ramadhan kita akan terbiasa dan merasa ringan untuk mengerjakannya, sehingga tanaman iman dan amal shalih akan membuahkan takwa yang sebenarnya.

Abu Bakar al-Warraq al-Balkhi berkata:


شَهْرُ رَجَبَ شَهْرٌ لِلزَّرْعِ وَشَعْبَانُ شَهْرُ السَّقْيِ لِلزَّرْعِ وَرَمَضَانُ شَهْرُ حَصَادِ الزَّرْعِ )لطائف المعارف لابن رجب الحنبلي(
“Bulan Rajab adalah bulan menanam. Bulan Sya’ban adalah bulan menyirami tanaman. Dan bulan Ramadhan adalah bulan memanen hasil tanaman.”(Latha’if al-Ma’arif hal:30).

Dan diantara amalan yang paling urgen untuk kita latih adalah puasa. Karena bulan Ramadhan adalah bulan puasa, maka dengan membiasakan puasa sunnah sejak bulan Rajab, kita akan mampu melaksanakan puasa Ramadhan dengan baik. Sehingga di bulan Ramadhan produktifitas, kinerja, dan ibadah kita akan meningkat. Bukan justru menurun dengan alasan lemas karena puasa.

Yang kedua: kita perlu menyiapkan diri dari sisi keilmuan, yaitu dengan mendalami ilmu yang terkait dengan ibadah Ramadhan. Banyak orang yang berpuasa, tapi tidak menghasilkan apa-apa selain lapar dan dahaga.

Hal ini disebabkan karena puasanya tidak dilandasi dengan ilmu yang cukup. Seorang yang beramal tanpa ilmu hanya akan menghasilkan kesia-siaan belaka. Dan Rasulullah shallallahu alahi wasallam jauh-jauh hari sudah memperingatkan umatnya agar jangan sampai puasa mereka sia-sia. 

Rasulullah ﷺ bersabda:


رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الجُوْعُ وَالعَطَشُ (رواه الحاكم وغيره وصححه الألباني)
“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (H.R. al-Hakim dan dishahihkan oleh Syekh al-Albani).

Kita bisa mendapatkan banyak referensi buku-buku yang mengupas tentang seputar Ramadhan atau masalah seputar bahasan puasa ditulis para ulama-ulama klasik misalnya dalam Fathul Bari ditulis oleh Ibn Hajar al-Asqalani, Kitab Zadul- Ma’ad ditulis oleh Ibn Qoyyim al-Jauziyyah, dan lain-lain.

Begitu juga kita bisa dapatkan buku-buku karya ulama kontemporer sekarang ini seperti buku Fiqh Puasa ditulis oleh as-Syaikh Yusuf Al-Qardhawi, Durus Ramadhaniyyah ditulis oleh as-Syaikh Salman bin Fahd Al-Audah, Sifat Puasa Nabi ditulis oleh as-Syaikh Salim bin Ied Al-Hilali & as-Syaikh Ali Hasan, Pedoman Puasa ditulis oleh Prof. Dr. T.M. Hasbi Ash- Shiddieqy, atau di Fiqh Sunnah Sayyid Sabiq Bab Puasa, dan sebagainya.

Bisa juga dengan mengikuti kajian fiqh Ramadhan yang diselenggarakan di masjid-masjid atau majelis ilmu yang lain.

Yang ketiga:Ramadhan adalah syahrul quran, bulan diturunkannya Al Qur’an. 

Allah ta’ala berfirman:


شَهْرُرَمَضَانَالَّذِيأُنْزِلَفِيهِالْقُرْآَنُهُدًىلِلنَّاسِوَبَيِّنَاتٍمِنَالْهُدَىوَالْفُرْقَانِ
“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (Q.S. al-Baqarah: 185)

Agar dibulan Ramadhan kita bisa memaksimalkan interaksi dengan dengan al-Quran, mari kita tingkatkan kemesraan kita dengan al quran sejak sekarang. Mulai saat inilah kesempatan kita untuk belajar membaca al-Quran bagi yang belum bisa. Juga untuk memperbaiki bacaan bagi yang belum baik bacaannya. Dan bagi yang sudah mampu membaca dengan baik sesuai kaidah tajwid, maka bulan ini kita bisa gunakan untuk menambah hafalan, menambah pemahaman, memperbanyak tilawah.

Yang keempat:Allah subhanahu wataala berfirman pada ayat selanjutnya:


وَإِذَاسَأَلَكَعِبَادِيعَنِّيفَإِنِّيقَرِيبٌأُجِيبُدَعْوَةَالدَّاعِإِذَادَعَانِفَلْيَسْتَجِيبُوالِيوَلْيُؤْمِنُوابِيلَعَلَّهُمْيَرْشُدُونَ
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Q.S al-Baqarah: 186)

Bulan Ramadhan adalah bulan kita bermunajat kepada Allah. Maka marilah kita perbanyak doa kepada Allah, dalam berbagai kesempatan. Sehingga saat Ramadhan tiba, waktu-waktu istimewa yang mustajab, tidak kita lewatkan begitu saja tanpa munajat kepada Allah subhanahu wataala. Untuk memohon dan mengadukan segalanya kepada Allah. Saat waktu sahur, menunggu shalat, setelah shalat, menjelang berbuka dan waktu-waktu lain yang diberikan disebutkan keutamaannya oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Yang kelima: Allah subhanahu wataala berfirman pada ayat selanjutnya:


أُحِلَّلَكُمْلَيْلَةَالصِّيَامِالرَّفَثُإِلَىنِسَائِكُمْهُنَّلِبَاسٌلَكُمْوَأَنْتُمْلِبَاسٌلَهُنَّعَلِمَاللَّهُأَنَّكُمْكُنْتُمْتَخْتَانُونَأَنْفُسَكُمْفَتَابَعَلَيْكُمْوَعَفَاعَنْكُمْفَالْآَنَبَاشِرُوهُنَّوَابْتَغُوامَاكَتَبَاللَّهُلَكُمْوَكُلُواوَاشْرَبُواحَتَّىيَتَبَيَّنَلَكُمُالْخَيْطُالْأَبْيَضُمِنَالْخَيْطِالْأَسْوَدِمِنَالْفَجْرِ
Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma’af kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu…”

Bulan Ramadhan adalah kesempatan kita menguatkan kedekatan dengan keluarga. Istri kita adalah pakaian bagi kita, dan kita adalah pakaian bagi istri kita. Mari kita kondisikan istri dan ana-anak kita, agar bersiap menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan.

Dan yang terakhir:masih pada ayat yang sama, Allah melanjutkan firman-Nya:


ثُمَّأَتِمُّواالصِّيَامَإِلَىاللَّيْلِوَلَاتُبَاشِرُوهُنَّوَأَنْتُمْعَاكِفُونَفِيالْمَسَاجِدِتِلْكَحُدُودُاللَّهِفَلَاتَقْرَبُوهَاكَذَلِكَيُبَيِّنُاللَّهُآَيَاتِهِلِلنَّاسِلَعَلَّهُمْيَتَّقُونَ
“…dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.”(Q.S al-Baqarah: 187)

Ramadhan tidak bisa dipisahkan dari I’tikaf di masjid. Rasulullah mengajarkan untuk melakukan I’tikaf pada sepuluh hari terkhir dari bulan Ramadhan. Artinya, kita diajarkan untuk menjadikan Ramadhan sebagai kesempatan untuk meningkatkan kecintaan kita dengan masjid.

Maka mari kita latih mulai dari sekarang, mari kita tingkatkan frekuensi interaksi kita dengan masjid, baik dari sisi durasinya maupun kualitasnya. Mari kita biasakan shalat jamaah di masjid, dan menjadi orang yang pertama duduk kita di masjid, agar saat Ramadhan tiba, hati kita pun sudah tertambat dengan masjid.

Demikianlah persiapan yang seharusnya kita lakukan agar bulan Ramadhan tahun ini lebih berkualitas dari Ramadhan-ramadhan sebelumnya.


بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْم،أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرّحِيْم.
Khutbah Kedua:


اَلْحَمْدُ لله عَلَى إِحْسَانِهِ، وَالشُّكْرُ لَهُ عَلَى تَوْفِيْقِهِ وَامْتِنَانِه، وَأَشهَدُ أَن لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ تَعْظِيْمًا لِشَأْنِه، وأَشهدُ أنَّ نَبِيَّنَا مُحمَّدًا عَبدُهُ وَرَسُولُهُ اَلدَّاعِي إِلى رِضْوَانِه، أَمَّا بَعْدُ :
فَيَا عَبَادَ الله، اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ، وَلاَ تَـمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُون:
Jamaah Jumat yang dirahmati Allah…

Pada khutbah kedua ini, mari kita berdoa kepada Allah, semoga Allah mengabulkan semua permohonan kita, dan semoga kita diberi kesempatan untuk bisa berjumpa dengan bulan Ramadhan, dan semoga dimudahkan dan diringankan dalam mempersiapkan perbekalan menyambut datangnya tamu agung bulan suci Ramadhan.


﴿إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً﴾
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إنَّكَ حَمِيْدٌ مَـجِيْد، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ الْـخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْن، أَبِيْ بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيّ، وَعَنِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعَيْن، وَعَنَّا مَعَهُمْ بِمَنـِّكَ وَكَرِمِكَ يَا أَكْرَمَ الْأَكْرَمِيْن .
اللَّهُمَّ أَعِزَّ الْإسَلَامَ وَالْـمُسْلِمِيْن وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَالْـمُشْرِكِيْن .
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. والْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ،
أَقِيْمُوا الصَّلَاة…
[]
SUMBER: IKADI.OR.ID
https://www.islampos.com/khutbah-jumat-persiapan-menyambut-bulan-ramadhan-143490/?

Beresheet Jatuh ke Bulan, Hancurkan Mimpi Israel Taklukkan Antariksa
by Sodikin
WAHANA antariksa Israel Beresheet dikabarkan telah jatuh ke bulan dan mengalami kerusakan parah usai diterbangkan dari Amerika Serikat (AS). Beresheet memegang ‘kapsul waktu’ dari kumpulan file yang didigitalkan. Isinya merupakan gambar oleh anak-anak Israel, Alkitab, lagu kebangsaan, doa, lagu-lagu, peta negara, hingga barang-barang budaya negara mereka.

Dilansir dari Reuters, Jumat (12/4/2019), hancurnya Beresheet sekaligus menghancurkan harapan pendaratan bersejarah di Israel
BACA JUGA: PM Pakistan: Para Pemimpin Israel Bangkrut Secara MoralRobot pendarat tak berawak itu mengalami kerusakan mesin dan komunikasi berkala selama 21 menit atau lebih dari urutan pendaratan
Beresheet, yang namanya bahasa Ibrani, telah melakukan perjalanan melalui ruang angkasa selama tujuh minggu dalam serangkaian orbit yang mengembang di sekitar Bumi sebelum menyeberang ke gravitasi bulan. Beresheet adalah proyek yang dikembangkan oleh swasta, bukan pemerintah Israel. Sebagian besar dana untuk pengembangan wahana antariksa bersumber sumbangan privat dari miliarder seperti Morris Kahn dan Adelson Family Foundation. Proyek ini dipelopori oleh SpaceIL dan Israel Aerospace Industries
Sebagai informasi, Beresheet merupakan perangkat robotik ukuran 1.5 x 2 meter dengan bobot [berat] 585 kilogram. Ia akan melalui perjalanan panjang ke Bulan selama dua bulan menempuh jarak sejauh 6.5 juta kilometer sampai mendarat di sana. Beresheet akan melintasi ruang hampa dengan kecepatan 10 kilometer per detik
BACA JUGA: PM Israel: Membunuh 300 Warga Palestina adalah Langkah BijaksanaManuver terakhir pada hari Rabu (10/4/2019) membawanya ke orbit elips yang ketat di sekitar bulan, 15-17 km (9-10,5 mil) dari permukaan terdekat. Sejauh ini, hanya tiga negara yang berhasil melakukan pendaratan ‘lunak’ di permukaan bulan: Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Cina. []https://www.islampos.com/beresheet-jatuh-ke-bulan-hancurkan-mimpi-israel-taklukkan-antariksa-143493/?





Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://peceq.blogspot.com/2019/04/persiapan-umat-islam-9339.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Salam Isra Mikraj 1440h Buat Seluruh Umat Islam

Salam Isra Mikraj 1440h Buat Seluruh Umat Islam

papar berkaitan - pada 4/4/2019 - jumlah : 405 hits
Israk Mikraj 1440HApakah Peristiwa Isra Mi raj Jom kita refresh balik ilmu kita Nukilan Rasa
Isu Ceo Spv Tabung Haji Bukan Islam Berbangsa Cina

Isu Ceo Spv Tabung Haji Bukan Islam Berbangsa Cina

papar berkaitan - pada 4/4/2019 - jumlah : 395 hits
Oleh Dr Zaharuddin Abd RahmanIni adalah isu terbaru yang dipolitikkan dan dimanipulasi dalam bentuk yang tidak bertanggungjawab sebenarnya Lebih teruk lagi ada yang mengatakan CEO Tabung Haji itu sendiri adalah bukan Islam padahal CEO atau ...
Masjid Muhammadi Kota Bharu Mercu Tanda Islam Di Kelantan

Masjid Muhammadi Kota Bharu Mercu Tanda Islam Di Kelantan

papar berkaitan - pada 4/4/2019 - jumlah : 922 hits
Tak sah kalau anda bercuti di Kelantan lebih lebih lagi andai hotel atau homestay penginapan anda berada sekitar Kota Bharu untuk tidak singgah atau menziarah Masjid Muhammadi Kota Bharu Ia merupakan masjid yang terkenal dan ada sejarah yan...
Biarkan Anak Saya Bersemadi Sebagai Orang Islam Rayu Ibu

Biarkan Anak Saya Bersemadi Sebagai Orang Islam Rayu Ibu

papar berkaitan - pada 4/4/2019 - jumlah : 421 hits
Predeep Nambiar GEORGE TOWN Ibu kepada K Surinder Kaur hari ini merayu supaya jenazah anaknya dibiarkan bersemadi bersama bapa dan abangnya yang beragama Islam Nazirah Bibi 68 berkata anak perempuan bongsu itu baru baru ini memberitahu seor...
Kami Hanya Penuhi Hasrat Keluarga Kebumi Wanita Cara Islam Kata Mufti

Kami Hanya Penuhi Hasrat Keluarga Kebumi Wanita Cara Islam Kata Mufti

papar berkaitan - pada 4/4/2019 - jumlah : 498 hits
Predeep Nambiar GEORGE TOWN Mufti Pulau Pinang berkata pihak berkuasa agama hanya memenuhi hasrat keluarga dan tiada niat jahat dalam keputusan mereka membenarkan pengebumian cara Islam bagi seorang wanita Sikh selepas beberapa pemimpin Sik...
4871 Galak Pertumbuhan Ekonomi Islam Utusan Malaysia 2 4 19

4871 Galak Pertumbuhan Ekonomi Islam Utusan Malaysia 2 4 19

papar berkaitan - pada 3/4/2019 - jumlah : 235 hits
KUALA LUMPUR 2 April Persatuan Pengguna Islam Malaysia komited untuk menggalakan pertumbuhan ekonomi Islam dengan mengadakan Kempen Beli Produk Muslim di negara ini Ketua Aktivis PPIM Datuk Nadzim Johan berkata kempen hasil kerjasama dengan...
4873 Misi Kemanusiaan Kali Ke 12 Majlis Perundingan Pertubuhan Islam Malaysia Ke Syria Klia 3 4 19

4873 Misi Kemanusiaan Kali Ke 12 Majlis Perundingan Pertubuhan Islam Malaysia Ke Syria Klia 3 4 19

papar berkaitan - pada 3/4/2019 - jumlah : 283 hits
SEPANG 3 April Majlis Perundingan Pertubuhan Islam Malaysia akan membina sebuah Perkampungan Ummah di Idlib Syria khas untuk pelarian di negara terbabit Ketua Pegawai Eksekutif Mapim Dr Ahmad Sani Araby Al Kahery berkata sebanyak 100 buah r...
Sultan Mizan Bimbang Tindakan Menyentuh Kesucian Islam Institusi Diraja Sesetengah Pihak

Sultan Mizan Bimbang Tindakan Menyentuh Kesucian Islam Institusi Diraja Sesetengah Pihak

papar berkaitan - pada 2/4/2019 - jumlah : 364 hits
Sultan Terengganu Sultan Mizan Zainal Abidin menzahirkan rasa bimbang dengan tindakan pihak tertentu yang berani menyentuh kesucian agama Islam di samping memperlekehkan institusi diraja Baginda bertitah pelbagai perkara yang berlaku di neg...
Sikh Woman S Conversion To Islam Disputed

Sikh Woman S Conversion To Islam Disputed

papar berkaitan - pada 2/4/2019 - jumlah : 316 hits
A Sikh woman s conversion to Islam has been disputed by certain quarters after her brother allegedly claimed that she is a Muslim following her death on April 1 due to a head injury Surinder Kaur Bedi s conversion was purportedly confirmed ...
Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

Anak Batuk Lama Sangat Jangan Biarkan Kesan Pada Anak Ni Mak Ayah Kena Tahu

Ultimate Guide To Ghibli Park

Tanding Pakaian Janda Kerja Gila 1 Mei Tuntut Naik Gaji

Boycott Gone Sour Malays Returning To Mcdonald S Insulted And Called Dogs Pigs By Fellow Malays

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah



Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online


Tular Gambar Pelupusan Beras Amp Barang Dapur Di Temerloh Pahang Bekas Mp Kuala Krau Tampil Mengaku Bertanggungjawab

Noorkhiriah Disangka Sudah Meninggal Dunia Hanya Kerana Akak Hidup Lagi Dik Baru 5 Hari Kau Dah Arwah Kan Akak

Dua Kali Ditangkap Khalwat Janda Anak Satu Jadi Wanita Pertama Kena Hukuman Sebat Di Terengganu

209 Doa Para Nabi

207 Chapter Master You Words

Coretan Dari Tingkat 2 Wad 29 Katil 18 Hprz 2