Penyebab Mcb Turun Ketika Menyalakan Pompa Air


Kondisi dimana MCB listrik langsung turun saat menyalakan mesin pompa air sudah sering terjadi, dan hal ini juga sudah sangat familiar untuk didengar oleh telinga masyarakat luas pada umumnya yang mana mereka meng-istilahkannya dengan sebutan "jeglek" (listrik padam mendadak karena MCB turun). Memang istilah jeglek sendiri tak hanya terjadi pada unit mesin pompa air namun juga pada semua perangkat listrik lainnya sehingga istilah tersebut sering disebut-sebut atau diperbincangkan.
Source images : en.wikipedia.org Dalam kasus pompa air sendiri kita juga mengenal istilah jeglek atau MCB yang turun saat menyalakan mesin pompa air. Lalu mungkin anda bertanya-tanya apakah sebenarnya yang menyebabkan listrik padam ketika pompa air tersebut dinyalakan?

Pada dasarnya MCB yang turun bisa disebabkan oleh adanya hubung singkat (konslet) pada bagian tertentu dari rangkaian kelistrikan rumah termasuk kabel instalasi dan peralatan rumah tangga yang digunakan. MCB bisa turun atau memadamkan sumber listrik ini menandakan bahwa terdapat gangguan listrik pada mesin pompa air anda dan MCB bertugas mengamankannya dengan respon memutuskan aliran listrik secara keseluruhan.

Jika bicara soal penyebabnya maka ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab utama dari masalah turunnya MCB ketika pompa air dinyalakan. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat MCB turun saat mesin pompa air dinyalakan.

Penyebab MCB Turun (Listrik Padam) Ketika Menyalakan Pompa Air

1. MCB Turun Sebab Kelebihan Daya

Jika anda punya banyak peralatan listrik dirumah maka sebaiknya gunakan peralatan tersebut dengan teratur yakni setidaknya dengan menggunakannya secara bergantian terutama bagi anda yang memiliki golongan daya listrik tingkat rendah, tentu saja hal ini bertujuan agar MCB listrik tidak turun (jeglek). Mesin pompa air sendiri tergolong sebagai peralatan listrik rumah yang berdaya besar dan jika alat ini digunakan berbarengan dengan peralatan lainnya maka bisa saja listrik akan langsung padam apabila daya yang terpakai telah melebihi batasan maksimal dari MCB atau meteran listrik anda.

Jadi, pastikanlah bahwa daya listrik yang terpakai pada seluruh peralatan listrik dirumah anda termasuk penggunaan pompa air telah cukup tidak melebihi batas misalnya jika MCB yang anda punya memiliki batas maksimal 450 watt maka jangan pakai peralatan listrik sampai melebihi angka tersebut, untuk pompa air konvensional biasanya menyedot daya sebesar 125 watt hingga ada juga yang 200 watt sampai 300 keatas.

Apabila memang penyebabnya dari kelebihan daya listrik maka untuk memastikannya akan sangat mudah yakni dengan cara menghidupkan mesin pompa airnya saja saat semua peralatan listrik rumah dikondisikan dalam keadaan mati/off atau bisa juga dengan menggunakan alat ukur watt meter.

2. Terdapat Short Circuit (Konslet) Pada Kabel Maupun Dinamo

Jika telah dipastikan tidak ada kelebihan daya listrik namun masih saja MCB turun (jeglek) ketika pompa air dinyalakan maka kemungkinan penyebabnya adalah karena disebabkan oleh konsleting listrik pada kabel maupun dinamo mesin pompa air. Short circuit atau dalam bahasa indonesia-nya disebut hubungan pendek arus listrik (konslet) merupakan salah satu penyebab utama dari masalah MCB yang turun (jeglek), jika dalam kasus pompa air kemungkinan besar konsleting bisa terjadi pada kabel atau mesin pompa air-nya.

Untuk itu, periksalah pada bagian kabel pompa air sepanjang jalur saklar hingga pada unit pompa air tidak ada konsleting antara kabel netral dengan kabel fasa, periksalah dengan seksama barangkali ada kabel yang sambungannya longgar atau terkelupas sehingga berpotensi membuat konsleting listrik.

Jika kondisi kabel telah dinyatakan aman tanpa ada gangguan konsleting listrik, namun pompa air masih saja membuat MCB listrik padam maka kemungkinan besar penyebab lainnya adalah karena konslet pada bagian dinamo pompa air itu sendiri. Dinamo yang sudah konslet pada dasarnya tidak memungkinkan lagi untuk diperbaiki secara biasa karena mengingat kerusakan tersebut tergolong sebagai kerusakan yang parah dan memerlukan perbaikan khusus yaitu dengan rewinding atau menggulung ulang kawat dinamo-nya.

Dalam hal ini sayangnya anda tak bisa melakukan apapun selain mempercayakan kepada ahlinya yaitu jasa rewinding dinamo yang sudah lebih berkompeten tentunya untuk mengatasi masalah kerusakan dinamo.

Baiklah mungkin cukup sekian dulu untuk pembahasan mengenai penyebab MCB turun saat pompa air dinyalakan, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan membantu masalah anda. Jika ada yang ingin disampaikan silahkan gunakan kotak komentar dibawah.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://ambooyat5.blogspot.com/2020/05/penyebab-mcb-turun-listrik-padam-ketika.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Analisa Penyebab Pompa Air Debit Semburannya Kecil

Analisa Penyebab Pompa Air Debit Semburannya Kecil

papar berkaitan - pada 4/5/2020 - jumlah : 80 hits
Pernahkah anda alami mesin pompa air dirumah debit semburannya melemah atau mengalir kecil Jika iya maka tentunya hal ini akan cukup menggangu anda apabila kebutuhan air dirumah sangatlah banyak atau jika kebutuhan air tersebut sedang mende...
Penyebab Lilitan Dinamo Mesin Pompa Air Terbakar

Penyebab Lilitan Dinamo Mesin Pompa Air Terbakar

papar berkaitan - pada 10/5/2020 - jumlah : 127 hits
Dari sekian banyaknya macam kerusakan pada mesin pompa air salah satu kerusakan yang tergolong paling parah dan juga paling dikawatirkan oleh pengguna pompa air adalah kerusakan pada bagian dinamo Bagaimana tidak lilitan dinamo itu sendiri ...
Penyebab Mesin Pompa Air Selalu Minta Dipancing Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mesin Pompa Air Selalu Minta Dipancing Dan Cara Mengatasinya

papar berkaitan - pada 2/5/2020 - jumlah : 285 hits
Salah satu masalah kerusakan pada mesin pompa air yang sering kali dikeluhkan oleh kebanyakan orang ialah mesin pompa air yang selalu minta dipancing terlebih dahulu sebelum mampu menghisap atau mengeluarkan air Nah mungkin anda juga pernah...
Tanda Tanda Kerusakan Bearing Pada Mesin Pompa Air

Tanda Tanda Kerusakan Bearing Pada Mesin Pompa Air

papar berkaitan - pada 6/5/2020 - jumlah : 161 hits
Tak dapat dipungkiri bahwa sewaktu waktu mesin pompa air juga akan mengalami yang namanya kerusakan hal ini memang akan selalu terjadi mengingat pompa air juga memiliki usia pakainya sendiri Jadi seiring dengan berjalannya waktu pompa air y...
Cara Mudah Mengecek Pompa Air Yang Masuk Angin

Cara Mudah Mengecek Pompa Air Yang Masuk Angin

papar berkaitan - pada 6/5/2020 - jumlah : 145 hits
Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada pompa air adalah mesin pompa air yang tidak mampu menghisap atau menyedot air Masalah ini biasa disebabkan oleh adanya kebocoran pada bagian pipa hisap sehingga pompa air mengalami masuk angi...
Tips Meningkatkan Semburan Pompa Air Dengan Cara Mengatur Pipa

Tips Meningkatkan Semburan Pompa Air Dengan Cara Mengatur Pipa

papar berkaitan - pada 5/5/2020 - jumlah : 150 hits
Jika dianalisa ternyata banyak diantara kita yang mengalami masalah pompa air semburan lemah dalam penggunaan sehari hari untuk itu pada artikel kali ini saya ingin membahas mengenai tips meningkatkan semburan pompa air dengan cara pengatur...
Cara Setting Pressure Switch Pada Pompa Air

Cara Setting Pressure Switch Pada Pompa Air

papar berkaitan - pada 7/5/2020 - jumlah : 158 hits
Dulu sekali sebelum pompa air umum digunakan kita sudah biasa menimba air di sumur untuk kebutuhan sehari hari ketika itu menimba air di sumur telah menjadi alternatif utama dalam hal memenuhi kebutuhan air bersih dan segar Akan tetapi untu...
Spesifikasi Perbandingan Antara Pompa Air Shimizu Sanyo Dan Panasonic

Spesifikasi Perbandingan Antara Pompa Air Shimizu Sanyo Dan Panasonic

papar berkaitan - pada 7/5/2020 - jumlah : 190 hits
Untuk bisa memenuhi kebutuhan air setiap hari dengan mudah dan praktis maka tentunya anda akan lebih memilih menggunakan peralatan yang praktis dan mendukung yaitu mesin pompa air ketimbang menggunakan timba air yang dulu sering kali kita g...
Cara Terbaik Memilih Jasa Service Pompa Air Terdekat Anda

Cara Terbaik Memilih Jasa Service Pompa Air Terdekat Anda

papar berkaitan - pada 9/5/2020 - jumlah : 107 hits
Mesin pompa air yang setiap hari digunakan tentunya sewaktu waktu dapat mengalami yang namanya masalah atau kerusakan sehingga terkadang kita harus mencari dan memanggil seorang teknisi servis khusus pompa air di daerah sekitar apabila kita...
Ustaz Ahmad Rozaini Di Mana Allah

Muhyiddin Atau Mahiaddin Apa Ada Pada Nama

Being More Present In Life Writing Challenge

Resepi Sotong Masak Ala Thai

10 Artis Yang Pernah Ditangkap Polisi Karena Ganja Ada Yang Kariernya Sedang Naik

Popia Cheese Mix Vege

Telefilem Kontra

Peluang Sambung Belajar Selepas Spm Di Kolej Poly Tech Mara Alor Setar



Ejen Dua Muka Paling Bahaya Buat FBI dan CIA Robert Hanssen

Kenapa Superman Pakai Seluar Dalam Merah Di Luar

Tembok Besar Hijau China Rancangan China Menghalang Ancaman Ribut Pasir Gurun Gobi

7 Perisian Komputer Paling Mahal di Dunia

Resepi Begedil Ayam Paling Terbaik


Resepi Kubis Bungkus Inti Ayam Chicken Cabbage Rolls

Konsep Asalkan Ada Suami

Fungsi Cara Menggunakan Pulse Oximeter Alat Untuk Mengetahui Kadar Oksigen Dalam Darah

Resepi Tauhu Telur Jepun Simple

Ustaz Cakap Tak Serupa Bikin

Lirik Berjumpa Saat Berpisah Yoga Vhein Yollanda