Penjelasan Mui Soal Viral Dukhan Tanda Kiamat Di 15 Ramadhan Juma T 8 Mei 2020 Itu Hadis Palsu


Berikut penjelasan MUI soal viral lewat jejaring sosial di dunia maya sebuah kalimat hadis akan munculnya dukhan/dukhon pada 15 Ramadan yang jatuh pada hari Jumat (8/5/2020).
Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas mengatakan fenomena dukhan (bahasa Arab: kabut/asap tebal) sebagai pertanda hari akhir yang disebut-sebut pada 15 Ramadhan Hijriah, sejatinya tidak dapat dibenarkan karena waktu pasti kiamat hanya Allah SWT yang tahu.
Ada anggapan umum terdapatnya hadis Nabi SAW bahwa dukhan merupakan kabut asap yang gelap, tebal, tidak ada oksigen dan panas sehingga memicu bumi gelap gulita yang erat kaitan dengan tanda datangnya hari kiamat.
Sejumlah ulama berpendapat hadis tersebut adalah hadis palsu karena tidak memiliki riwayat perawi yang baik dan secara substansi tidak tepat sehingga kebenarannya disangsikan.
Karena yang beredar ini adalah hadis palsu, MUI meminta Masyarakat tidak panik dalam menanggapi beredarnya kabar tidak benar tersebut.
“Kiamat itu urusan Allah dan bukan urusan kita. Jadi mari kita urusi apa yang menjadi tugas kita dan jangan kita urusi apa yang menjadi urusan Allah,” kata Anwar Abbas.
“Menurut saya, yang tahu kapan kiamat itu akan tiba hanya Tuhan saja yang tahu. Nabi Muhammad SAW pun yang dicintai dan disayangi oleh Allah SWT tidak dikasih tahu oleh-Nya,” kata Buya Anwar.
Secara substansial, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu mengajak umat Islam dan masyarakat untuk selalu mempersiapkan diri dengan amalan baik.
Sehingga kapanpun kiamat itu terjadi akan siap karena tidak ada petunjuk tanggal pasti hari akhir.
Umat Islam, kata dia, selalu mengimani jika kiamat memiliki dua jenis yaitu kiamat kecil dan kiamat besar.
Kiamat besar adalah hari akhir sesungguhnya, sementara kiamat kecil itu sebagaimana kematian dari masing-masing individu manusia.
“Oleh karena itu, yang penting bagi kita lakukan adalah bagaimana kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi kiamat kecil yaitu kematian dari diri kita masing-masing,” katanya.
Maka dari itu, Anwar mengajak umat dan masyarakat untuk tidak panik dengan viralnya soal dukhan serta terus fokus dengan perbaikan diri dan melakukan segala urusan secara seimbang.
Adapun kabar mengenai dukhan sebagai salah satu tanda akan datangnya hari akhir, yang belakangan viral di media sosial.
Sejumlah ulama memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang dukhan.
Pertama, sebagian menyebut itu sebagai salah satu tanda hari kiamat yang belum terjadi.
Kedua, dukhan adalah khayalan yang menimpa kaum Quraisy ketika mereka mengalami kelaparan ekstrem atas doa Nabi SAW.
Ketiga, dukhan adalah debu yang mengepul di hari kemenangan kaum Muslimin atas kota Mekkah sehingga materi kecil itu menutupi langit.
Selain keterangan dari MUI, sebelumnya Ustaz Syafiq Riza Basalamah menyebutkan hadist palsu ini sengaja disebarkan karena pada Ramadan tahun ini, pertengahan Ramadan bertepatan di hari Jumat.
Padahal hadist ini adalah palsu. Hukum hadist ini palsu alias munkar tidak punya dasar dari perawi yang tsiqah.
“Ibnul Jauzi mengatakan, hadist ini palsu atas nama Nabi Muhammad SAW. Syaikh Albani juga mengatakan hadist ini palsu. Maka hadist palsu tidak boleh diamalkan,” ujarnya.
Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah menjelasakan bahwa:
“Hadis tersebut tidak memiliki dasar dari keshahihannya. Bahkan hadis ini batil dan dusta. Betapa banyak tahun-tahun yang telah berlalu dari kaum muslimin yang di dalamnya ada momen dimana malam Jumat bertepatan dengan malam pertengahan bulan Ramadan.
Namun, Alhamdulillah tidak pernah terjadi huru-hara sebagaimana yang telah disebutkan para pendusta tersebut baik yang berupa suara dahsyat atau yang lainnya.
Maka dari itu, perlu dicamkan oleh siapa saja yang telah mengetahui penjelasan ini, bahwasanya tidak boleh baginya menyebarkan hadis batil tersebut. Bahkan wajib baginya merobek, membinasakan, dan memperingatkan (orang lain) akan kebatilannya.”
Syaikh Muhammad Shalih al-Munajjid hafidzahullah juga mengomentari hadis tentang huru-hara dan malapetaka yang konon akan terjadi pada tanggal 15 Ramadan apabila bertepatan dengan hari Jumat, beliau berkata:
هذا الحديث منكر لا يصح، لم يرد بسند مقبول، ولم يثبت من كلام النبي صلى الله عليه وسلم، كما أن الواقع يكذبه ويرده، فقد وافق في أعوام كثيرة سابقة مجيء يوم الجمعة في الخامس عشر من رمضان، ولذلك حكم عليه العلماء بالوضع والكذب “Hadis ini merupakan hadis yang munkar, tidak shahih. Sanadnya pun tidak bisa diterima. Tidak pula ada kepastian berasal dari ucapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Dan fakta realitanya juga ternyata tidak membenarkan hal tersebut dan bahkan justru membantahnya.
Sungguh hal ini sudah sering kali terjadi di tahun-tahun sebelumnya, yaitu hari Jumat bertepatan dengan tanggal 15 Ramadan (namun hal tersebut tidak terjadi-red). Maka dari itu para ulama menghukumi hadis tersebut palsu dan dusta.”
Al-‘Uqailiy rahimahullah berkata:
ليس لهذا الحديث أصل من حديث ثقة، ولا من وجه يثبت “Hadis ini tidak memiliki dasar yang bisa dipercaya, tidak pula didapati hadis lain yang mendukung (keshahihannya).” (Adh-Dhu’afa al-Kabir 3/52).
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/penjelasan-mui-soal-viral-dukhan-tanda-kiamat-di-15-ramadhan-jumat-8-mei-2020-itu-hadis-palsu/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Viral Munculnya Fenomena Dukhan Tanda Kiamat Jumat 8 Mei 2020 Ini Komentar Mui

Viral Munculnya Fenomena Dukhan Tanda Kiamat Jumat 8 Mei 2020 Ini Komentar Mui

papar berkaitan - pada 7/5/2020 - jumlah : 256 hits
Fenomena Dukhan sebagai penanda kiamat viral di medsos Kabar viral tentang fenomena Dukhan pada hari Jumat 15 Ramadhan 1441 H atau 8 Mei 2020 mendatang ditanggapi Majelis Ulama Indonesia Dukhan yang dalam bahasa Arab adalah kabut atau asap ...
Apa Yang Menarik Juadah Berbuka Puasa Di Ikea Sepanjang Bulan Ramadhan Ini Sehingga 23 Mei 2020

Apa Yang Menarik Juadah Berbuka Puasa Di Ikea Sepanjang Bulan Ramadhan Ini Sehingga 23 Mei 2020

papar berkaitan - pada 14/5/2020 - jumlah : 841 hits
Assalamualaikum dan salam sejahtera Berbuka puasa dengan IKEA pada bulan Ramadan ini Menu baru merangkumi rasa kegemaran Malaysia yang menenangkan Sudah tiba masanya untuk korang menikmati makanan kegemaran tempatan sambil memuaskan keingin...
Telefilem Khas Ramadhan 10 Malam Terakhir 16 Mei 2020 Jam 8 00 Malam Di Saluran Tv Okey Rtm

Telefilem Khas Ramadhan 10 Malam Terakhir 16 Mei 2020 Jam 8 00 Malam Di Saluran Tv Okey Rtm

papar berkaitan - pada 14/5/2020 - jumlah : 1116 hits
Telefilem khas Ramadhan 10 Malam Terakhir 16 Mei 2020 jam 8 00 malam di saluran TV Okey RTM Lakonan Syafie Naswip Aedy Ashraf Liyana Jasmay Nik Adam Mika Laila Nasir Bohari Ibrahim Saidi Sabri Amirulhafiz
Pemakluman Berita Palsu 27 4 2020 Kkm Pkp Covid19 Ramadankareem Ramadhan Ramadanmubarak Pdrm Gerakmalaysia Malaysia

Pemakluman Berita Palsu 27 4 2020 Kkm Pkp Covid19 Ramadankareem Ramadhan Ramadanmubarak Pdrm Gerakmalaysia Malaysia

papar berkaitan - pada 28/4/2020 - jumlah : 528 hits
PEMAKLUMAN BERITA PALSU 27 4 2020 TAK PASTI JANGAN KONGSI Dapatkan info yang sahih di Telegram Rasmi MKN COVID19 StayAtHome MovementControlOrder PerintahKawalanPergerakan KitaMestiMenangKEMENTERIAN KESIHATAN MALAYSIAKementerian Komunikasi d...
15 Ramadhan Tahun Ini Kiamat Atau Tidak Terpenting Siapkan Bekal

15 Ramadhan Tahun Ini Kiamat Atau Tidak Terpenting Siapkan Bekal

papar berkaitan - pada 5/5/2020 - jumlah : 437 hits
Wabah corona masjid masjid di seluruh penjuru sebagian besar kosong Ka bah dan Masjidil Haram digembok Ibadah umrah dan haji ditiadakan Adalah kondisi buruk bagi umat Islam Batin umat Islam merintih dan menangis Gelisah Sudah begitu ada ust...
Sri Mulyani Catat Telah Salurkan Blt Rp63 25 Miliar Hingga 7 Mei 2020

Sri Mulyani Catat Telah Salurkan Blt Rp63 25 Miliar Hingga 7 Mei 2020

papar berkaitan - pada 9/5/2020 - jumlah : 242 hits
Sri Mulyani mengatakan mayoritas dana BLT tersebut atau sebesar 86 82 persen disalurkan secara non tunai melalui rekening perbankan sedangkan sisanya diserahkan secara tunai terhadap masyarakat yang tidak memiliki rekening perbankan
Ramadhan Pkp 2020 Macam Mana Nak Bayar Zakat

Ramadhan Pkp 2020 Macam Mana Nak Bayar Zakat

papar berkaitan - pada 14/5/2020 - jumlah : 282 hits
Alhamdulillah dalam keadaan Perintah Kawalan Pergerakan kerana Covid19 pada tahun ini kita masih lagi mampu berpuasa dengan selesa dan tetap meriah walau hanya duduk di rumah sahaja sebenarnya besar hikmah musibah Covid19 yang hadir ni jika...
Mulai 7 Mei 2020 Denda Rp 100 Juta Dan Penjara 1 Tahun Diberlakukan Bagi Warga Yang Nekat Mudik

Mulai 7 Mei 2020 Denda Rp 100 Juta Dan Penjara 1 Tahun Diberlakukan Bagi Warga Yang Nekat Mudik

papar berkaitan - pada 26/4/2020 - jumlah : 272 hits
Banyaknya masyarakat yang masih nekat dan bersikeras pulang menuju kampung halaman telah dikecam secara tegas Tak hanya melarang mudik kini pemerintah akan terapkan ancaman dan denda bagi warga yang masih nekat mudik di masa pandemi Bukan t...
Permohonan Bantuan Prihatin Nasional Dilanjutkan Sehingga 31 Mei 2020

Permohonan Bantuan Prihatin Nasional Dilanjutkan Sehingga 31 Mei 2020

papar berkaitan - pada 10/5/2020 - jumlah : 459 hits
Sebentar tadi baru sahaja selesai Perutusan Khas Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin dan antara pengisian yang disampaikan adalah pelanjutan permohonan Bantuan Prihatin Nasional sehingga 31 Mei ini Perkara ini diputuskan selepas meliha
Jkn Pahang Rampas Produk Ubat Tidak Berdaftar Kosmetik Tiada Notifikasi Bernilai Rm1 Juta

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja

The Hardest Singing Show

Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Cerita Foto Sepanjang Minggu

Jadilah Wanita Yang Mahal Thalia Baiduri Harap Wanita Jaga Darjat Jangan Bergaduh Kerana Buaya

Jpsm Mengesahkan Kegiatan Pembalakan Di Bukit Beserah Berlaku Dalam Kawasan Tanah Persendirian

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Baby Car Seat Malaysia Safety Standards What Parents Need To Know

Antara Momen Yang Umi Akan Rindu

From Dreadful To Delightful Conquering Gear Engagement In Dodge Transmissions

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

Leave Pang Alone Skjcs Aren T Illegal Umno Man Tells Fadhli

Titah Hasrat Dan Pandangan Tuanku