Pengertian Vitamin Jenis Teladan Serta Fungsinya


Vitamin yaitu suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh badan kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin manusia, binatang dan makhluk hidup lainnya tidak akan sanggup melaksanakan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin sanggup memperbesar peluang terkena penyakit pada badan kita. 



Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh badan untuk sanggup bertumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat). Walau mempunyai peranan yang sangat penting, badan hanya sanggup memproduksi vitamin D dan vitamin K dalam bentuk provitamin yang tidak aktif. Sumber banyak sekali vitamin ini sanggup berasal dari makanan, menyerupai buah-buahan, sayuran, dan perhiasan makanan.

Vitamin dibutuhkan badan dalam jumlah sedikit.Walaupun dibutuhkan dalam jumlah sedikit,
namun harus tetap ada, karena diperlukan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah beberapa penyakit.

Vitamin dikelompokkan menjadi dua yaitu:

a. Vitamin yang larut dalam air (vitamin B dan C)

b. Vitamin yang larut dalam lemak ( vitamin A, D,E dan K ). Khusus vitamin D sanggup                   terbentuk ketika kulit terkena sinar matahari, alasannya yaitu di dalam badan ada pro vitamin D.

Contoh vitamin sumber vitamin serta manfaatnya.

Vitamin A
Vitamin A, yang juga dikenal dengan nama retinol, merupakan vitamin yang berperan dalam pembentukkan indra penglihatan yang baik, terutama di malam hari, dan sebagai salah satu komponen penyusun pigmen mata di retina. Selain itu, vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan imunitas tubuh.Vitamin ini bersifat gampang rusak oleh paparan panas, cahaya matahari, dan udara. Vitamin A yaitu vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin A banyak terdapat pada minyak ikan, hati sapi (bukan hatimu), susu, kuning telur, banyak sekali macam buah-buahan dan yang paling populer sebagai sumber vitamin A yaitu wortel, dan buktinya wortel mengandung banyak vitamin A dan berkhasiat untuk kesehatan mata yaitu hingga kini tidak ada kelinci yang berkacamata.

Vitamin B
Secara umum, golongan vitamin B berperan penting dalam metabolisme di dalam tubuh, terutama dalam hal pelepasan energi ketika beraktivitas. Vitamin B yaitu vitamin yang terlarut dalam air. Vitamin B banyak terdapat pada materi kuliner menyerupai bekatul, beras merah, kacang hijau, kacang kedelai, daging dan roti. Vitamin B mempunyai Banyak manfaat antara lain mencegah penyakit beri-beri(bukan strowberry), menjaga kesehatan rambut, mencegah kulit kusam, mencegah kuku gampang patah dan manfaat lainnya.

Kekurangan Vitamin B sanggup menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan, sakit kepala di bab sebelah atau migrain serta gangguan pada jantung.

Baca juga pengertian lemak lengkap

Vitamin C
Vitamin C (asam askorbat) banyak memperlihatkan manfaat bagi kesehatan badan kita. Di dalam tubuh, vitamin C juga berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya. Vitamin C merupakan senyawa antioksidan alami yang sanggup menangkal banyak sekali radikal bebas dari polusi di sekitar lingkungan kita.Vitamin C yaitu vitamin yang sanggup larut dalam air menyerupai vitamin B. Vitamin C banyak terdapat didalam buah menyerupai Jeruk, jambu biji, jambu air, semangka, nanas dan buah lainnya serta terdapatjuga dalam sayur-sayuran hijau dan cabai. Fungsi atau manfaat Vitamin C yaitu Mencegah sariawan. menjaga kesehatan kulit, menambah kekebalan badan serta mencegah infeksi.

Vitamin D
Vitamin D juga merupakan salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada kuliner hewani, antara lain ikan, telur, susu, serta produk olahannya, menyerupai keju. Bagian badan yang paling banyak dipengaruhi oleh vitamin ini yaitu tulang. Vitamin D ini sanggup membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi tulang. Sel kulit akan segera memproduksi vitamin D ketika terkena cahaya matahari (sinar ultraviolet). Bila kadar vitamin D rendah maka badan akan mengalami pertumbuhan kaki yang tidak normal, dimana betis kaki akan membentuk karakter O dan X. Vitamin D yaitu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin D banyak terdapat pada minyak ikan, ikan, susu, mentega, kuning telur dan sinar matahari. Vitamin D berfungsi untuk memperkuat tulang, membantu pembentukan tulang dan menjaga tulang dari penyakit tulang.

Vitamin E
Vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan banyak sekali jaringan di dalam tubuh, mulai dari jaringan kulit, mata, sel darah merah hingga hati. Selain itu, vitamin ini juga sanggup melindungi paru-paru insan dari polusi udara. Nilai kesehatan ini terkait dengan kerja vitamin E di dalam badan sebagai senyawa antioksidan alami.Vitamin E yaitu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin E banyak terdapat pada materi kuliner misalnya taoge, gandum, minyak, kacang-kacangan, kuning telur, hati dan susu. Vitamin E juga sanggup pencegah kemandulan.

Vitamin K
Vitamin K yaitu vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin K banyak terdapat pada kuliner menyerupai kuning telur, kacang kedelai, sayuran segar dan susu. Vitamin K banyak berperan dalam pembentukan sistem peredaran darah yang baik dan penutupan luka. Defisiensi vitamin ini akan berakibat pada pendarahan di dalam badan dan kesulitan pembekuan darah ketika terjadi luka atau pendarahan.

Demikian artikel berjudul Pengertian Vitamin, Jenis, Contoh Serta Fungsinya supaya sanggup bermanfaat bagi agan sekalian.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://ambooyat5.blogspot.com/2018/11/pengertian-vitamin-jenis-teladan-serta.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kultur Jaringan Pengertian Jenis Teknik Dan Manfaat

Kultur Jaringan Pengertian Jenis Teknik Dan Manfaat

papar berkaitan - pada 2/3/2019 - jumlah : 292 hits
Timesquest com akan memberikan pembahasan lengkap tentang kultur jaringan Untuk lebih jelasnya perhatikan pembahasan di bawah ini Pengertian Kultur Jaringan Kultur jaringan terdiri dari dua kata yaitu kultur dan jaringan Kultur berarti budi...
Sistem Reproduksi Manusia Alat Reproduksi Pria Dan Wanita Serta Fungsinya

Sistem Reproduksi Manusia Alat Reproduksi Pria Dan Wanita Serta Fungsinya

papar berkaitan - pada 2/3/2019 - jumlah : 295 hits
Sahabat timesquest com kali ini kita akan membahasan tentang sistem reproduksi pada pria maupun wanita Perhatikan baik baik penjelasan di bawah ini Pengertian Reproduksi Reproduksi atau berkembang biak merupakan kemampuan untuk menghasilkan...
Galaksi Sejarah Pengertian Jenis Dan Proses Terbentuknya

Galaksi Sejarah Pengertian Jenis Dan Proses Terbentuknya

papar berkaitan - pada 2/3/2019 - jumlah : 245 hits
Pelajaran click akan memberikan pembahasan tentang galaksi Galaksi merupakan tempat di mana kita dapat melihat hamparan bintang bintang di langit yang luas Pembahasan secara lengkap sebagai berikut Sejarah Galaksi Dahulu kala peneliti melak...
Jenis Burung Cendrawasih Yang Paling Banyak Diburu

Jenis Burung Cendrawasih Yang Paling Banyak Diburu

papar berkaitan - pada 21/2/2019 - jumlah : 515 hits
Burung cendrawasih adalah burung unggulan ketimbang aves lainnya Hal ini pastinya terletak pada keanggunan keelokan dan kemerduannya Kita dapat menjumpai burung ini hidup bebas di Indonesia bagian Timur atau area sekitar selat Tores Menurut...
Inilah Perbezaan 7 Jenis Susu Di Pasaran Yang Mana Elok Untuk Keluarga Kita

Inilah Perbezaan 7 Jenis Susu Di Pasaran Yang Mana Elok Untuk Keluarga Kita

papar berkaitan - pada 21/2/2019 - jumlah : 949 hits
Ramai orang suka minum susu tak kiralah yang muda yang tua atau anak anak kecil Disebabkan itu juga bermacam macam jenis susu dipakejkan untuk memikat hati pengguna Tak dinafikan juga susu merupakan sumber kalsium yang amat baik selain turu...
6 Jenis Kucing Popular Untuk Dipelihara Di Malaysia

6 Jenis Kucing Popular Untuk Dipelihara Di Malaysia

papar berkaitan - pada 19/2/2019 - jumlah : 1756 hits
Kucing sememangnya adalah haiwan paling popular menjadi pilihan rakyat Malaysia namun begitu terdapat beratus jenis kucing di dunia ini Jadi jika anda tercari cari baka kucing apa yang mahu dipelihara berikut antara yang menjadi pilihan rak...
7 Jenis Makanan Menyeimbangkan Hormon Dalam Tubuh

7 Jenis Makanan Menyeimbangkan Hormon Dalam Tubuh

papar berkaitan - pada 18/2/2019 - jumlah : 318 hits
Tahukah anda bahawa makanan yang kita makan setiap hari turut berperanan dalam menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh Makanan sebenarnya berfungsi dalam mengawal mood tenaga pencernaan metabolisme dan ghairah seksual anda Di bawah ini a...
4 Jenis Pastri Dan Kesesuaian Menu Yang Boleh Dibuat Darinya

4 Jenis Pastri Dan Kesesuaian Menu Yang Boleh Dibuat Darinya

papar berkaitan - pada 18/2/2019 - jumlah : 3346 hits
Perkataan pastri kata asalnya dari paste yang bermaksud campuran tepung gandum air dan lemak mentega Tapi pastri ni ada banyak jenis yang bersesuaian untuk produk pastri yang mahu dibuat Kredit foto scratchingcanvas comMudah kata ada yang m...
Pas Anggap Terlalu Awal Bincang Pertukaran Mb Perlis

Opening Young People S Eyes To Workers Rights

Calon Bersatu Prk Kkb Tidak Dapat Sokongan Parti Pas

Dumbing Down Our Education System Via Politicians And Theocrats

Penyokong Diseru Jalankan Tanggungjawab Sebagai Pemilik Sabah Fc

Bila Duit Nak Masuk

Perasaan Bila Orang Namakan Kucing Mereka Dgn Nama Anda

Deep Dive 5 Historic Lots From Gooding S Geared Online Sale



Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia


Sambutan Ulang Tahun Ke 30 Dan Pelancaran 4 Model Motosikal Ktm Duke

First Impressions Make A Powerful Impact With A Creative Digital Business Card

Restoran Di Jepun Buang 25 Set Nasi Lemak Kena Tipu Ejen Dari Malaysia

Kumpulan Pro Palestin Kecam Kehadiran Syarikat Bekal Senjata Kepada Israel

Prk Kkb Boleh Tak Umno Tarik Undi Melayu

Bonus R 5000 Jogue Ca A T Queis Onlin