Pengertian Softcopy Dan Hardcopy Beserta Contohnya




Dalam dunia komputer, kita akan mengenal pengertian softcopy dan hardcopy yang merupakan bagian dari jenis file. Istilah tersebut dibuat untuk membedakan antara file yang masih mentah dengan file yang telah diolah, sehingga pengguna komputer nantinya dapat dengan mudah memahaminya.
Istilah softcopy dan hardcopy seharusnya sudah tidak asing lagi untuk di dengar, khususnya untuk kamu yang berstatus pelajar ataupun pegawai yang sering kali berurusan dengan berbagai macam bentuk file.
Tapi untuk orang awam, tentunya masih kurang familiar mengenai apa itu softcopy dan hardcopy. Mengingat pengguna komputer bukanlah orang-orang yang sudah mahir saja.
Maka dari itu pada artikel ini saya akan menjelaskan pengertian softcopy dan hardcopy beserta contohnya agar kamu lebih mengetahui perbedaannya, kelebihannya dan kekurangannya.
Pengertian SoftcopyPengertian softcopy adalah file yang dibuat menggunakan media elektronik seperti komputer dan laptop kemudian disimpan ke dalam media penyimpanan seperti harddisk atau flashdisk.
Softcopy juga merupakan salinan dari hardcopy yang masih mentah dan biasanya masih dalam proses pengolahan. Setelah selesai dibuat, selanjutnya softcopy bisa menghasilkan banyak salinan dalam bentuk hardcopy dengan cara mencetaknya melalui perangkat keras printer.
Bentuk dari softcopy adalah digital, yang artinya hanya bisa dilihat dan tidak bisa diraba. Kurang lebih mirip seperti perangkat lunak atau software.
Dari kegunaannya, softcopy biasa digunakan untuk mengirim tugas atau laporan melalui email. Cara ini menjadi alternatif saling bertukar data tanpa harus bertemu secara langsung.
Contoh SoftcopyKetika kamu membuat dokumen baru menggunakan Microsoft Word, lalu kamu menyimpannya dalam format .docx atau PDF. Ketika berhasil disimpan, file dengan format .docx tersebutlah yang dikatakan softcopy.
Dokumen seperti data pegawai dalam microsoft excel yang disimpan dalam format .xlsx dan microsoft powerpoint dalam format .ppt pun disebut dengan softcopy. Bahkan sampai file berbentuk gambar dan hasil desain photoshop pun disebut dengan softcopy.
Contoh lainnya ketika kamu menulis sebuah novel di Microsoft Word, nah file tersebut juga bisa disebut dengan softcopy.
Intinya, selama file tersebut hanya bisa dilihat secara digital saja melalui layar monitor, bisa disimpan, bisa diedit sampai selesai, maka itu disebut dengan softcopy.
Berikut adalah beberapa contoh softcopy:

.Docx.Xlsx.Ppt.PDF.PSDFile Gambar (JPG dan PNG)Dan lain sebagainya.


Kelebihan SoftcopyAdapun kelebihan softcopy yang bisa kamu rasakan ketika menggunakannya, berikut adalah kelebihannya.


Mudah untuk mengirim data melalui email maupun sosial media seperti WhatsApp.Mudah untuk menyimpan data tanpa harus memiliki tempat penyimpanan fisik.Mudah untuk menyalin data fisik ke dalam data digital.Bisa dibawa, digunakan dan di edit kapan saja.Dapat di duplikat sebanyak mungkin untuk meminimalisir kehilangan data.
Kekurangan SoftcopySatu-satunya kekurangan softcopy yang bisa kamu rasakan dampaknya adalah mudah untuk terhapus. Misalkan pada saat kamu kurang teliti saat menghapus file, komputer terkena virus ransomware, sistem komputer rusak sampai media penyimpanan harddisk error pun dapat membuat softcopy terhapus.
Tapi tenang saja, kamu masih bisa mengatasinya dengan menduplikatnya dan menyimpannya ke berbagai media penyimpanan, baik itu flashdisk, CD, harddisk eksternal sampai cloud storage.
Pengertian HardcopyPengertian Hardcopy adalah file berbentuk fisik dari hasil pengolahan softcopy melalui tahap percetakan menggunakan perangkat keras printer.
Suatu file yang berbentuk fisik, dapat dilihat dan diraba dapat disebut dengan hardcopy. Umumnya hardcopy menggunakan media fisik kertas untuk menampilkan informasi berupa persyaratan, ketentuan hingga suatu perjanjian.
Sebelum ada komputer dan printer, hardcopy dibuat menggunakan mesin ketik. Dimana hasil ketikan bisa langsung melekat pada media kertas dan media tersebutlah yang disebut dengan hardcopy.
Contoh HardcopyKetika kamu membuat sebuah makalah menggunakan Microsoft Word dan mencetaknya menggunakan printer, hasil cetakan tersebutlah yang dinamakan hardcopy. Karena sebelumnya berbentuk digital, lalu diproses hingga berbentuk fisik.
Berikut adalah beberapa contoh hardcopy:

BukuKartu NamaMajalahBannerSpandukKertas Laporan Data PegawaiHardcover SkripsiMakalahJurnal CetakKatalogDan sebagainya.
Kelebihan HardcopyBisa dijadikan sebagai bukti perjanjian sah yang terdapat tanda tangan dan materai.Sebagai media promosi dan informasi.Sebagai pengingat atau catatan.Sebagai bahan baca atau belajar.Dapat meningkatkan minat baca seseorang.Kekurangan HardcopyMembutuhkan Biaya Cetak.Kurang Efesien Waktu Ketika Mengirimkan Data.Mudah Rusak.Mudah Dibuat Hingga Dipalsukan.Sering kali malas untuk dibaca.Akhir KataSampai sini kamu sudah paham mengenai pengertian softcopy dan hardcopy beserta contoh, kelebihan dan kekurangannya. Dari bentuknya saja kamu bisa membedakannya dengan mudah. Berdasarkan penggunan kedua jenis file ini pun tergantung dari kebutuhan masing-masing orang, jadi baik softcopy maupun hardcopy saling berkaitan. Semoga bermanfaat.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.wendyandriyan.info/2021/10/pengertian-softcopy-dan-hardcopy.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Contoh Soal Geografi Kelas Xi Semester 2 Beserta Jawabannya Essay

Contoh Soal Geografi Kelas Xi Semester 2 Beserta Jawabannya Essay

papar berkaitan - pada 28/10/2021 - jumlah : 180 hits
Melajutkan Contoh Soal Geografi Kelas XI Semester 2 Beserta Jawabannya Essay bagian kedua Berikut ini soal essay Geografi dan jawabannya 41 Mengapa pemerintah perlu menerapkan strategi pengelolaan lingkungan hidup yang baik Jawaban karena p...
Contoh Soal Geografi Kelas Xii Semester 1 Beserta Jawabannya Part 3

Contoh Soal Geografi Kelas Xii Semester 1 Beserta Jawabannya Part 3

papar berkaitan - pada 28/10/2021 - jumlah : 150 hits
Contoh soal Geografi lengkap dalam bentuk essay kelas xii semester 1dengan jawabannya ini merupakan kelanjutan dari materi geografi Pilihan Ganda sebelumnya yaitu bagian pertama soal nomor 1 sampai dengan 20 bisa Anda baca disini bagian ked...
Contoh Soal Pai Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya Pilihan Ganda

Contoh Soal Pai Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya Pilihan Ganda

papar berkaitan - pada 28/10/2021 - jumlah : 168 hits
Melanjutkan Contoh Soal PAI Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya Pilihan Ganda bagian pertama bagian yang kedua soal agama Islam kelas 10 semester 1 kurikulum 2013 berisikan materi tentang Berpakaian Sesuai Syari at Baca juga materi yang ...
Oooo Kami Faham Kami Faham Cari La Kalau Kalau Ada Ahli Sendiri Yang Lebih Baik Kat Yadim Contohnya Entah Apa Depa Buat

Oooo Kami Faham Kami Faham Cari La Kalau Kalau Ada Ahli Sendiri Yang Lebih Baik Kat Yadim Contohnya Entah Apa Depa Buat

papar berkaitan - pada 17/10/2021 - jumlah : 180 hits
October 17 2021 Pengerusi TH letak jawatan kerana tekanan politik Ini kisahnya Timbalan Menteri di Jabatan Perdana Menteri Datuk Ahmad Marzuk Shaary menjelaskan ketika Tan Sri Muhyiddin Yassin menjadi Perdana Menteri Pengerusi Tabung Haji T...
Contoh Soal Pai Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya Pilihan Ganda

Contoh Soal Pai Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya Pilihan Ganda

papar berkaitan - pada 28/10/2021 - jumlah : 210 hits
Bagian pertama pilihan ganda contoh soal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 kelas X Semester 2 beserta jawabannya berisikan materi yang sama dengan soal essay bagian pertama yaitu tentang Beriman Kepada Malaikat Berikut ...
Contoh Soal Geografi Kelas Xii Semester 2 Beserta Jawabannya

Contoh Soal Geografi Kelas Xii Semester 2 Beserta Jawabannya

papar berkaitan - pada 28/10/2021 - jumlah : 175 hits
Contoh Soal Geografi Kelas XII Semester 2 Beserta Jawabannya berisikan materi soal yang berbeda dengan soal essay geografi semester genap kelas 12 bagian ke 1 sampai bagian ke 6 dimana bagian ketujuh tulisan ini merupakan materi yang diambi...
100 Perkataan Loghat Johor Beserta Maksud Yang Mungkin Dah Jarang2 Didengar

100 Perkataan Loghat Johor Beserta Maksud Yang Mungkin Dah Jarang2 Didengar

papar berkaitan - pada 29/10/2021 - jumlah : 222 hits
Bahasa Johor tidak banyak loghat yang sukar difahami Ini kerana bahasa dari kebangsaan Johor Riau ni lebih kurang dengan Bahasa Malaysia Bahasa yang biasa di gunakan di TV Tapi ada juga loghat daerah yang lebih halus lagi seperti dari daera...
Can Forest City Be Country S Economic Lifeboat

How Did Afif Know Of Alleged Rm100m Payment For Pjd Link Asks Pj Mp

Memikirkan The Unknown

Najib Razak Mangsa Atau Pemangsa

Dah Viral Baru Nak Terhegeh Hegeh Tak Tahu Buat Kerja Ke

Hotel Royal Signature Permata Baru Kuala Lumpur Setiap Bilik Menggemakan Intipati Kediaman

Jenis Pelaburan Terbaik Di Malaysia

Kenaikkan Harga Hotel Bajet Bakal Jejaskan Industri Pelancongan Negara



Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023

Biodata Dan Umur Adik Tantari Penyanyi Lagu Viral Rindu Hatiku Rindu Pesilat Cilik

Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan


Effective Market Research On A Budget

Lirik Lagu Sulit Betrand Putra Onsu

Buah Tin 10 Khasiat Kepada Kesihatan Lelaki Wanita

Waktu Solat Aidil Adha Bila Waktu Sesuai Untuk Bertakbir

Himpunan Resepi Ayam Masak Black Pepper Yang Simple Dan Sedap

Easter Egg Mayat Ant Man Di Paparkan Dalam Trailer Terbaru Deadpool Wolverine