Pengertian Scanner Dan Fungsinya Lengkap



Sebagai media pembelajaran, kali ini saya akan membahas materi Scanner mengenai Pengertian Scanner, Fungsi Scanner, Cara Kerja Scanner dan Macam-Macam Scanner.
Pengertian Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotocopy. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio, ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC).
Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.
Apa itu Scanner? 

Scanner merupakan salah satu perangkat input komputer dan juga merupakan alat yang berfungsi untuk menduplikat objek ke dalam bentuk digital. Scanner menduplikat objek tersebut menggunakan sebuah sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Sensor yang ada pada scanner tersebut mendeteksi struktur, tulisan, maupun gambar dari objek yang discan tersebut dan dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital.

Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCIl. Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, Di antaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard (HP), EPSON, UMAX, dan masih banyak lagi Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digifal dan teknik pencahayaan.

Fungsi Scanner
Fungsi scanner adalah membaca merekam dan mengambil informasi suatu benda baik 2D atau 3D dan menghimpunnya untuk Anda dengan berbentuk gambar. Begitu juga dengan fungsi scanner komputer, berbeda dengan printer, scanner hanya bisa mengambil informasi gambar dan menampilkan pada Komputer dan bisa diambil dalam bentuk file data.

Jadi jika anda memasukkan foto maka akan menghasilkan foto itu sendiri dalam bentuk digital (gambar dalam komputer), dan jika anda memasukkan benda maka akan menghasilkan gambar itu sendiri.
 Cara Menghubungkan Komputer Dengan Scanner
Koneksi antara komputer dan scanner, menggunakan interface sebagai berikut.

1. Parrarel
2. GPIB (General Purpose Interface Bus)
3. SCSI (Smal Computer System Interface)
4. USB (Universal Serial Bus)
5. Fireware


Cara Kerja Scanner
Ketika kamu menekan tombol mouse untuk memulai scanning, yang terjadi adalah:
 
1. Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatanpada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning
 
2. Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
 
3. Nyala lampu yang terlihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
 
4. Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

5. Apabila hasil atau tampilan teks/gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe, dan lain-lain.

Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna, yaitu:

1. scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja,

2. scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa
warna. Warna-warna tersebut adalah merah, hijau, dan biru.

Scaner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit/angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna).

Nah, bila kita membutuhkan hasil yang sangat baik, maka dianjurkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.

Bentuk atau Macam-Macam Scanner
Ada beberapa bentuk atau macam scanner yang dirancang untuk format tertentu dan keperluan tertentu, di antaranya sebagai berikut.
Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.
1. Hand Held Scanner 
Fisik scanner tersebut tidak terlalu besar tetapi dapat digenggam menggunakan tangan. Cara pengoperasiannya adalah dengan menggeser-geserkan scanner pada media yang di seka menggunakan tangan.

Apabila bidang yang di seka luas, maka penyekaan dilakukan ke seluruh area dengan menggeser scanner bagian-perbagian. Hand scanner harganya cukup mahal tetapi cukup efektif, karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa ke mana-mana.
2. Slide scanner
Fungsi dari slide scanner adalah untuk pengambilan image dari slide berukuran
35 mm. Scanner tersebut pada umumnya dipergunakan untuk menyimpan image dari slide arena memiliki hasil gambar yang lebih baik dibanding bila menggunakan hasil cetak dari photography.

Pada slide scanner telah terpasang slot tempat slide yang merupakan bagian dari mekanik scanner slide. Karena scanner tersebut sangat spesialis, maka tidak dapat dipergunakan untuk pencetakan atau pada format trasnparan yang lebih besar.

3. Transparency Scanner
 
Transparency Scanner hampir mirip dengan slide scanner, termasuk dapat mengakomodir transparansi sampai ukuran 102 x 127 mm. Beberapa scanner menggunakan mekanik yang mirip dengan Scanner Flatbed kecil.



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.wendyandriyan.info/pengertian-scanner-dan-fungsinya-lengkap/?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+wendyandriyan%2FBeeB+%28Blog+Wendy%29

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pengertian Vpn Fungsi Dan Cara Kerja Vpn Lengkap

Pengertian Vpn Fungsi Dan Cara Kerja Vpn Lengkap

papar berkaitan - pada 8/4/2019 - jumlah : 238 hits
Pengertian VPN adalah sebuah koneksi private melalui jaringan publik atau internet virtual network berarti jaringan yang hanya bersifat virtual Private yaitu jaringan yang bersifat private dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya data yan...
Dewi Perssik Disebut Pelit Ini Penjelasan Lengkap Sang Suami

Dewi Perssik Disebut Pelit Ini Penjelasan Lengkap Sang Suami

papar berkaitan - pada 3/4/2019 - jumlah : 176 hits
Suami Dewi Perssik Angga Wijaya membantah kabar perihal sang istri yang disebut menjadi pelit usai menikah
Pakej Perkahwinan Lengkap Garden Wedding Lugar De La Boda Puchong

Pakej Perkahwinan Lengkap Garden Wedding Lugar De La Boda Puchong

papar berkaitan - pada 5/4/2019 - jumlah : 758 hits
Pakej Perkahwinan Lengkap Garden Wedding Lugar De La Boda Puchong Iday rasa baru lagi ke tahun lepas Hanana Group Sdn Bhd sekarang dah lancarkan satu lagi dewan perkahwinan iaitu Lugar De La Boda Garden Wedding Puchong Memang terbaik la Tap...
Harga Burung Kenari Lengkap Terbaru April 2019

Harga Burung Kenari Lengkap Terbaru April 2019

papar berkaitan - pada 2/4/2019 - jumlah : 492 hits
Harga kenari menjadi topik utama pada kesempatan kali ini dan kami akan mencoba membagikan daftar harga terbarunya kepada sobat semua Kenari merupakan salah satu jenis burung yang saat ini sedang dalam masa popularitas sehingga hal ini menj...
Penjelasan Lengkap Ridho Rhoma Kembali Dipenjarakan Ma

Penjelasan Lengkap Ridho Rhoma Kembali Dipenjarakan Ma

papar berkaitan - pada 26/3/2019 - jumlah : 189 hits
Ridho Rhoma harus kembali ke penjara karena kasus narkotika yang pernah menjeratnya pada tahun 2017 silam Rupanya kasus tersebut belum usai
Nota Lengkap Dan Padat Geografi Pt3 Tingkatan 1 Tingkatan 3

Nota Lengkap Dan Padat Geografi Pt3 Tingkatan 1 Tingkatan 3

papar berkaitan - pada 25/3/2019 - jumlah : 876 hits
Nota Lengkap dan Padat Geografi PT3 Tingkatan 1 Tingkatan 3 Berikut dikongsikan Nota padat dan ringkas untuk pelajar pelajar menengah rendah yang bakal menduduki PT3 Nota ini merangkumi semua Bab dari tingkatan 1 hingga tingkatan 3
Harga Iphone 8 Lengkap Dengan Spesifikasinya

Harga Iphone 8 Lengkap Dengan Spesifikasinya

papar berkaitan - pada 25/3/2019 - jumlah : 201 hits
iPhone 8 ponsel ini memang dikeluarkan beberapa tahun lalu namun tetap saja pesonanya masih merebak hingga sekarang Pada dasarnya iPhone 8 adalah penerus dari generasi iPhone 7 sebagai penerus tentu saja iPhone 8 memiliki beberapa perubahan...
Panduan Lengkap Solat Tahajjud

Panduan Lengkap Solat Tahajjud

papar berkaitan - pada 26/3/2019 - jumlah : 1056 hits
Original Content Apa Itu Solat Tahajjud Solat sunat tahajud atau sembahyang tahajud dikenali sebagai solat malam Ia dilakukan pada waktu malam selepas tidur Waktu solat tahajjud adalah selepas daripada waktu isyak sehingga terbit fajar Pali...
Komentar Di Tata Cara Shalat Istikharah Niat Doa Dan Panduan Lengkap Oleh Muchlisin Bk

Komentar Di Tata Cara Shalat Istikharah Niat Doa Dan Panduan Lengkap Oleh Muchlisin Bk

papar berkaitan - pada 7/4/2019 - jumlah : 334 hits
Wa alaikum salam warahmatullah Perbaiki ibadah dan perbanyak doa Doakan suami agar dibimbing Allah dan diberiNya taufiq untuk bertaubat Semoga Allah mengembalikan keluarga Bu Oktaviana menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah
Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

Anak Batuk Lama Sangat Jangan Biarkan Kesan Pada Anak Ni Mak Ayah Kena Tahu

Ultimate Guide To Ghibli Park

Tanding Pakaian Janda Kerja Gila 1 Mei Tuntut Naik Gaji

Boycott Gone Sour Malays Returning To Mcdonald S Insulted And Called Dogs Pigs By Fellow Malays

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah



Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online


Tular Gambar Pelupusan Beras Amp Barang Dapur Di Temerloh Pahang Bekas Mp Kuala Krau Tampil Mengaku Bertanggungjawab

Noorkhiriah Disangka Sudah Meninggal Dunia Hanya Kerana Akak Hidup Lagi Dik Baru 5 Hari Kau Dah Arwah Kan Akak

Dua Kali Ditangkap Khalwat Janda Anak Satu Jadi Wanita Pertama Kena Hukuman Sebat Di Terengganu

209 Doa Para Nabi

207 Chapter Master You Words

Coretan Dari Tingkat 2 Wad 29 Katil 18 Hprz 2