Pengertian Asuransi Konvensional Atau Umum




Zonanesia - Apa sih pengertian Asuransi itu? Kata Asuransi berasal dari bahasa Belanda "assurantie" yang dalam hukum belanda disebut Verzekering yang berarti pertanggungan. Dari Istilah assurantie kemudian timbul istilah assuradeur bagi penanggung dan geassureerde bagi tertanggung. Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. Baca juga Pengertian Bank dan Fungsinya

Menurut Undang–undang No.2 tahun 1992 tanggal 11 Pebruari 1992 tentang Usaha Perasuransian (“UU Asuransi”), Asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Sedangkan definisi Asuransi menurut Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD), tentang asuransi atau pertanggungan seumurnya, Bab 9, Pasal 246: "Asuransi atau Pertanggungan adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.”

Berdasarkan definisi tersebut di atas maka Asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian risiko, dengan cara mengalihkan atau mentransfer risiko tersebut dari pihak tertanggung ke pihak penanggung, dalam hal ini adalah kepada perusahaan asuransi. Pelimpahan tersebut didasari dengan aturan-aturan hukum dan prinsip-prinsip yang berlaku secara universal, yang dianut oleh pihak tertanggung maupun pihak penanggung.



Di dalam asuransi terdapat istilah-istilah yang mungkin belum Anda tahu, misalnya "tertanggung" adalah orang atau badan yang menyalurkan risiko, "penanggung" adalah badan yang menerima risiko tersebut. Perjanjian antara kedua badan ini disebut kebijakan: ini adalah sebuah kontrak legal yang menjelaskan setiap istilah dan kondisi yang dilindungi. Sedangkan biaya yang dibayar oleh "tertanggung" kepada "penanggung" untuk risiko yang ditanggung disebut "premi", sedangkan "polis asuransi" adalah bukti tertulis atau surat perjanjian antara pihak-pihak yang mengadakan perjanjian asuransi.

Di dalam dunia asuransi ada 6 macam prinsip dasar yang harus dipenuhi, yaitu :

1. Insurable interest
Merupakan hak berdasarkan hukum untuk mempertangungkan suatu risiko yang berkaitan denga keuangan, yang diakui sah secara hukum antara tertanggung dengan sesuatu yang dipertanggungkan.

2. Itikad Baik
Dalam melakukan kontarak asuransi, pihak penaggung perlu menjelaskan secara lengkap hak dan kewajibannya selama masa asuransi. Selain itu yang harus diperhatikan adalah perlakuan dari penanggung pada saat benar-benar ada risiko yang menimpa tertanggung. Pihak penanggung harus konsisten terhadat hak dan kewajiban yang dicantumkan dalam kontrak (polis) termasuk batasan-batasan yang ada sehingga jelas apabila ada risiko yang tidak ditanggung oleh asuransi. Kewajiban dari kedua belah pihak untuk mengungkapkan fakta disebut duty of disclosure.

3. Indemnity
Mekanisme penanggung untuk mengkompensasi yang menimpa tertanggung dengan ganti rugi financial. Prinsip Indemnity tidak dapat dilaksanakan dalam asuransi kecelakaan dan kematian. Indemnity ini dapat dilakuakn dengan beberapa cara, yaitu pembayaran tunai, penggantian, perbaikan, dan pembangunan kembali.

4. Proximate Cause
Suatu sebab aktif, efisien yang menyebabkan terjadinya suatu peristiwa secara berantai atau berurutan tanpa intervensi suatu ketentuan lain, diawali dan bekerja dengan aktif dari suatu sumber baru dan independent.

5. Subrogation
Pada prinsipnya merupakan hak penanggung yang telah memeberikan ganti rugi kepada tertanggung. Untuk menuntut pihak lain yang mengakibatkan kepentingan asuransinya mengalami suatu peristiwa kerugian.

6. Kontribusi
Prinsip ini merupakan akibat wajar dari prinsip indemnity yaitu, penanggung berhak mengajak penanggung-penanggung lain yang memilki kepentingan yang sama untuk ikut bersama membayar ganti rugi kepada seorang tertanggung meskipun jumlah tanggungan masing-masing belum tentu sama besar.

Manfaat dan Keuntungan memiki Asuransi yang dapat kita peroleh adalah sebagai berikut :
1. Rasa aman dan perlindungan.
Polis asuransi yang dimiliki oleh tertanggung akan memberikan rasa aman dari resiko atau kerugian yang mungkin timbul. Kalau risiko atau keruguan tersebut benar-benar terjadi,pihak tertanggung (insured) berhak atas nilai kerugian sebesar nilai polis yang ditentukan.
2. Pendistribusian biaya dan manfaat yang lebih adil.
Prinsip keadilan diperhitungkan untuk menentukan nilai pertanggungan dan premi yang harus ditanggung oleh pemegang polis secara periodikdengan memperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh dalam asuransi tersebut. Untuk mendapatkan nilai pertanggungan, pihak penanggung sudah membuat kalkulasi yang tidak merugikan kedua belah pihak.Semakin besar nilai pertanggungan semakin besar pula premi periodik yang harus dibayar oleh tertanggung.
3. Polis asuransi dapat dijadikan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit.
4. Berfungsi sebagai tabungan dan sumber pendapatan.
Premi yang dibayarkan setiap periode memiliki substansi yang sama dengan tabungan. Pihak penanggung juga memperhitungkan bunga atas premi yang dibayarkan dan juga bonus (sesuai dewngan perjanjian dari kedu belah pihak).
5. Alat penyebaran risiko.
Risiko yang seharusnya ditanggung oleh tertanggung ikut dibebankan juga pada penanggung dengan imbalan sejumlah premi tertentu yang didasarkan atas nilai pertanggungan.
6. Membantu meningkatkan kegiatan usaha.
Investasi yang dilakukan oleh para investor dibebani dengan resiko kerugian yang bisa diakibatkan oleh berbagai macam sebab (pencurian, kebakaran, kecelakan dan lain sebagainya). Baca juga Manfaat Asuransi secara Umum

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.zonanesia.com/2021/01/pengertian-asuransi-konvensional-atau.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pengertian Ppc Atau Pay Per Click

Pengertian Ppc Atau Pay Per Click

papar berkaitan - pada 9/1/2021 - jumlah : 186 hits
Pengertian PPC atau Pay Per Click Salah satu cara untuk menghasilkan uang atau dollar lewat internet yang paling terkenal adalah lewat ppc Lalu apa sih pengertian ppc itu PPC atau Pay Per Click adalah sebuah metode kerjasama periklanan onli...
Adakah Berpantang Itu Perlu Atau Tidak Tepuk Dada Tanya Selera

Adakah Berpantang Itu Perlu Atau Tidak Tepuk Dada Tanya Selera

papar berkaitan - pada 24/12/2020 - jumlah : 215 hits
Setiap orang mempunyai pendapat yang berbeza beza begitu juga mengenai cara berpantang tradisional moden atau tidak berpantang langsung Ia terserah kepada individu Ada wanita yang baru melahirkan anak dijaga oleh keluarga mereka seperti ibu...
Doktor Mana Yang Lebih Baik Whole Grain Atau Multigrain

Doktor Mana Yang Lebih Baik Whole Grain Atau Multigrain

papar berkaitan - pada 24/12/2020 - jumlah : 295 hits
DOKTOR MANA YANG LEBIH BAIK WHOLE GRAIN ATAU MULTIGRAIN Assalamualaikum Doktor saya keliru dengan perkataan Whole Grain dan Multigrain Makanan yang manakah lebih baik Adakah yang dilabelkan sebagai whole grain atau multi grain Terima kasih ...
Noor Hisham Jawab Najib Kuarantin 10 Atau 14 Hari Tak Banyak Beza

Noor Hisham Jawab Najib Kuarantin 10 Atau 14 Hari Tak Banyak Beza

papar berkaitan - pada 24/12/2020 - jumlah : 288 hits
PETALING JAYA Ketua Pengarah Kesihatan Dr Noor Hisham Abdullah mempertahankan keputusan untuk kuarantin individu yang pulang dari luar negara selama 10 hari menjelaskan kajian mendapati tidak ada banyak perbezaan antara kuarantin 10 hari da...
Fitnah Exco Wanita Psap Di Gesa Mohon Maaf Atau Bakal Di Ambil Tindakan Undang Undang

Fitnah Exco Wanita Psap Di Gesa Mohon Maaf Atau Bakal Di Ambil Tindakan Undang Undang

papar berkaitan - pada 24/12/2020 - jumlah : 287 hits
MARAN Pergerakan Pemuda UMNO Bahagian Maran mendesak Pertubuhan Suara Anak Pahang menarik balik dan memohon maaf secara terbuka atau berhadapan dengan tindakan undang undang atas kenyataan panas yang dibuat terhadap pemimpin UMNO bahagian i...
Kedai Kopi Sepadae Atau Sempadan Buat Penggemar Kopi

Kedai Kopi Sepadae Atau Sempadan Buat Penggemar Kopi

papar berkaitan - pada 23/12/2020 - jumlah : 365 hits
Kedai Kopi Sepadae yang terlwtak di sempadan Terengganu dan Kelantan merupakan cafe kecil yang mungkin nampak biasa tetapi ada penggemarnya yang tersendiri Bagi peminat kopi ia merupakan satu kegilaan untuk menikmati kopi yang sebenar Lain ...
Bila Nak Umum Sop Syed Saddiq Tegur Dan Beri Cadangan Susulan Pengumuman Pkp Di 6 Buah Negeri Oleh Perdana Menteri

Bila Nak Umum Sop Syed Saddiq Tegur Dan Beri Cadangan Susulan Pengumuman Pkp Di 6 Buah Negeri Oleh Perdana Menteri

papar berkaitan - pada 12/1/2021 - jumlah : 271 hits
Tan Sri Muhyiddin Yassin pada hari ini mengumumkan perlaksanaan Perintah Kawalan Pergerakan selama 14 hari yang akan bermula pada Rabu 13 Januari sehingga 26 Januari di 6 buah negeri iaitu Pulau Pinang Selangor Wilayah Persekutuan Kuala Lum...
Cara Semak Nombor Akaun Atau Nombor Telefon Scammer Secara Online

Cara Semak Nombor Akaun Atau Nombor Telefon Scammer Secara Online

papar berkaitan - pada 23/12/2020 - jumlah : 665 hits
Elak Kena Tipu Dengan Semak Nombor Akaun Atau Nombor Telefon Scammer Secara Online Assalamualaikum dan Salam Sejahtera semua Sudah lama wujud isu scammer di negara kita tetapi ianya masih berleluasa hingga kini Bukan hanya scammer semakin r...
Salah Faham Sumber Terbuka Bekas Penggodam 1 Sen Menyebar Fakta Atau Falasi

Salah Faham Sumber Terbuka Bekas Penggodam 1 Sen Menyebar Fakta Atau Falasi

papar berkaitan - pada 25/12/2020 - jumlah : 304 hits
Salah Faham Sumber Terbuka Bekas Penggodam 1 Sen Menyebar Fakta Atau Falasi Terdapat coretan akhbar baru baru ini mengaitkan penggunaan Perisian Sumber Terbuka atau OpenSource Software mengakibatkan sistem keselamatan perbankan kita tidak s...
Drama Framed Lakonan Mimi Lana Meerqeen

Absolute Power Corrupts Absolutely

Mesyuarat Negara Negara Asean Dalam Bidang Sains Dan Teknologi Kuantum

Potensi Pemulihan Ringgit Terancam Jika Data Pekerjaan As Mengejutkan Negatif

Igp Chief Editor Of English Portal To Be Questioned Over Forest City Casino Claim

10 Toner Untuk Kulit Berminyak 2024

Overcoming Funding Challenges

Samsung Knox Empowering Consumer Security In The Galaxy A55 5g



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan


Help Shape Ai With Malaysian Values Says Anwar

Friendly Fire Between Umno Youth Head And Bersatu Counterpart Opens A Can Of Worms

Negeri Sembilan Akan Menaikan Gaji Penjawat Awam

Gaji Mei 2024 Tarikh Pembayaran Gaji Penjawat Awam

Bella Astillah Feat Didi Astillah Bermanja Manja Chord

Perjalanan Mendapat Haji Yang Mabrur