Pengamat Uu Ite Untuk Koridor Ekonomi Digital Bukan Buat Membungkan Suara Kritis




Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi bersuara soal polemik Undang-Undang Nomor 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) . Semestinya polri bisa menyaring laporan-laporan yang menggunakan UU ITE sebagai dasar hukumnya.


“Bisa saja (Polri mengendalikan upaya kriminalisasi pasal UU ITE), kuncinya memang di Kepolisian. Kalau bisa di filter mana yang bisa menggunakan UU ITE dan mana yang tidak bisa diproses, tentu ini terobosan di bawah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo,” ujar Heru saat dihubungi, Senin (15/2/2021).


Pakar teknologi informasi (TI) ini mencontohkan, penggunaan Pasal 28 Ayat 1 untuk hoaks. Semestinya kepolisian tidak memprosesnya jika merupakan hoaks terkait politik atau kritik dan fakta. Sebab, Pasal 28 Ayat 1 UU ITE untuk kabar bohong yang menyangkut e-commerce dan merugikan konsumen.


“Begitu juga hate speech yang ada di Pasal 28 ayat 2. Ini yang diproses adalah ujaran kebencian yang benar-benar ada niat jahat menyebarkan kebencian terkait suku, agama, ras dan antargolongan,” jelasnya.


Ia melihat tren penggunaan pasal dalam UU ITE ini mengalami perubahan. Tadinya, bagi yang mengkritik kebijakan akan dijerat menggunakan Pasal 27 Ayat 3, dan sekarang beralih menggunakan Pasal 28 Ayat 1 atau 2, dimana pelaku bisa langsung ditahan.






“Sebab kalau pasal 27 Ayat 3 kan harus yang merasa difitnah atau dicemarkan langsung, yang melapor langsung,” terangnya.


Karena itu, Heru ingin melihat seberapa jauh janji Kapolri mengenai pasal karet UU ITE ini bisa direalisasikan. Kalau memang UU ITE masih dimaknai berbeda sesuai semangat kala UU tersebut dibuat, maka sudah semestinya UU ITE direvisi total.


“Kalau tetap pasal UU ITE dimaknai berbeda, mau tidak mau UU ini direvisi total,” tegas Heru.


Heru menekankan bahwa seharusnya UU ini memang untuk koridor ekonomi digital, bukan membungkan suara anak bangsa yang kritis atau berbeda pendapat satu dengan lainnya. Terlebih, korban UU ITE sudah banyak, karena tidak diimbangi juga dengan literasi yang baik.


“Literasi yang dilakukan bahkan hanya menghasilkan buzzer baru yang memanaskan suasana dan tim siber yang bertugas melaporkan kasus yang dianggap atau dengan dalih pencemaran nama, hoaks atau ujaran kebencian,” tandas Heru.



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://feedproxy.google.com/~r/bagibagi/cFXc/~3/hpRJGeHKAQo/pengamat-uu-ite-untuk-koridor-ekonomi.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pulihkan Ekonomi Nasional Ojk Dan Hipmi Bersinergi

Pulihkan Ekonomi Nasional Ojk Dan Hipmi Bersinergi

papar berkaitan - pada 3/2/2021 - jumlah : 137 hits
OJK berkomitmen membantu memenuhi kebutuhan pengusaha di daerah dan meminta Hipmi mendata pengusaha yang melibatkan ribuan petani peternak untuk bisa mendapatkan fasilitas KUR Klaster baik yang sudah ada ataupun yang berpotensi kedepannya
Rhenald Kasali Beberkan Strategi Banyuwangi Tingkatkan Kinerja Sosial Ekonomi

Rhenald Kasali Beberkan Strategi Banyuwangi Tingkatkan Kinerja Sosial Ekonomi

papar berkaitan - pada 3/2/2021 - jumlah : 134 hits
Hal ini disampaikan dalam bedah buku Prof Rhenald yang terbaru Road To Prosperity Mobilisasi dan Orkestrasi ala Banyuwangi secara daring Rabu pagi
Design Sijil Penyertaan Kursus Pengenalan Ekonomi Ihsani

Design Sijil Penyertaan Kursus Pengenalan Ekonomi Ihsani

papar berkaitan - pada 3/2/2021 - jumlah : 1048 hits
DesignSijil Penyertaan Kursus Pengenalan Ekonomi IhsaniBersama Dr Adi Setia Berminat untuk tempah design poster banner bunting sticker logo editing video khidmat fotografi dan videografi website hosting domain atau lain lain sila hubungi ka...
Ekonomi Bercelaru Perikatan Nasional Ternyata Gagal

Ekonomi Bercelaru Perikatan Nasional Ternyata Gagal

papar berkaitan - pada 2/2/2021 - jumlah : 179 hits
Rasmi atau tidak rasmi yang rakyat bimbangkan nawaitu sudah ada cuma belum akad Rakyat bimbang jika berdasarkan trend terkini jangkitan COVID 19 akad itu possible Beliau mengakui menyokong PKP 2 0 tetapi turut meminta ia seiring dengan lang...
Microsoft Dilaporkan Sedang Membangunkan Dompet Digital

Microsoft Dilaporkan Sedang Membangunkan Dompet Digital

papar berkaitan - pada 20/2/2021 - jumlah : 146 hits
Bersama sama laporan berkenaan LinkedIn sedang membangunkan platform khusus memfokuskan pengkarya bebas ia turut dilaporkan yang mana Microsoft sedang dalam usaha membangunkan dompet digital tersendiri Melaluinya ia akan membolehkan para pe...
Market Must Dictate Digital Economy Not Govt Says Think Tank

Market Must Dictate Digital Economy Not Govt Says Think Tank

papar berkaitan - pada 20/2/2021 - jumlah : 194 hits
When launching MyDigital and the Malaysia Digital Economy Blueprint Prime Minister Muhyiddin Yassin said he expects the digital economy to make up 22 6 of Malaysia s GDP by 2025 PETALING JAYA The Center for Market Education says that the go...
Erul Samah Hasilkan Kandungan Digital

Erul Samah Hasilkan Kandungan Digital

papar berkaitan - pada 21/2/2021 - jumlah : 147 hits
PENGGIAT seni tidak hanya terhad kepada mereka yang berada di depan kamera atau beraksi di pentas dengan memegang mikrofon saja tetapi lebih meluas termasuk mereka yang bergelar guru muzik Bagi penyanyi yang juga guru muzik Erul Samah impak...
Pesanan Buat Sang Suami

Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Thousands Rally On Labour Day Demand Better Rights

Pesanan Datin Thalia Kepada Wanita Jadilah Wanita Yang Mahal

Set Up Gig Workers Commission Quickly Says Anwar

Continuous Learning

Embark On The Journey Of Family Togetherness With Sharp This Parents Day

Pengangguran Hilang Kerja Dan Kerja Luar Bidang



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Cerita Foto Sepanjang Minggu

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting

They Travelled For Hours To Celebrate Raya With Us

Tinta Bernoktah

Peluang Bisnis Digital Apa Yang Bagus Tahun 2024