Pemerintah Atur Skema Pajak Penghasilan Orang Pribadi Tahun 2022


Di tengah upaya pemerintah menciptakan sistem perpajakan yang lebih sehat dan adil, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berencana untuk menambah layer pendapatan kena pajak dan memperbaiki tarif Pajak Penghasilan Orang Pribadi (PPh OP).
Untuk saat ini, pemerintah sedang mengatur strategi untuk sumber penerimaan pajak baru di tahun depan dimana salah satu langkah yang akan dilakukan adalah dengan mengubah skema PPh OP. Hal ini disampaikan dalam dokumen Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2022.
Skema Pajak Penghasilan Orang Pribadi Seiring dengan rencana ini, Menkeu menjelaskan bahwa perubahan skema Pajak Penghasilan Orang Pribadi akan dibarengi dengan peningkatan kualitas basis data, pelayanan, dan simplifikasi administrasi para wajib pajak orang pribadi.
Kedepannya diharapkan dengan adanya perubahan skema Pajak Penghasilan Orang Pribadi ini, penggalian potensi dan peningkatan administrasi pengelolaan bisa menambah jumlah penerimaan pajak di tahun depan.
Selama ini skema Pajak Penghasilan Orang Pribadi yang digunakan diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.
Wajib pajak orang pribadi, baik yang berstatus karyawan ataupun melakukan pekerjaan bebas, wajib melakukan penghitungan pajak terutang yang sebenarnya di akhir tahun untuk mengetahui posisi saldo pajak yang masih harus dibayar.
www.pajak.go.id
Tarif Lama PPh OP Menurut Pasal 17 UU Pajak Penghasilan telah ditetapkan 4 (empat) lapisan tarif pajak orang pribadi berdasarkan penghasilan per tahun. Berikut perinciannya:
Pertama, penghasilan kena pajak sampai dengan 50 juta rupiah dalam satu tahun maka dikenakan PPh OP sebesar 5 persen.
Kedua, penghasilan kena pajak diatas 50 juta sampai dengan 250 juta rupiah dalam satu tahun maka dikenakan PPh OP sebesar 15 persen.
Ketiga, penghasilan kena pajak diatas 250 juta sampai dengan 500 juta rupiah dalam satu tahun maka dikenakan PPh OP sebesar 25 persen.
Keempat, penghasilan kena pajak diatas 500 juta dalam satu tahun maka dikenakan skema Pajak Penghasilan Orang Pribadi sebesar 30 persen.
Target Tahun 2022 Dengan perubahan skema Pajak Penghasilan Pajak Orang Pribadi ini di tahun 2022 pemerintah menargetkan penerimaan perpajakan berkisar antara 1.499,3 triliun hingga 1.528,7 triliun rupiah. Angka ini tumbuh 9,1% sampai dengan 9,5% dari outlook penerimaan perpajakan tahun ini senilai 1.444,5 triliun rupiah.
“Reformasi perpajakan merupakan yang tidak terpisahkan dari program reformasi perpajakan yang telah diluncurkan pada tahun 2017 dengan fokus pada penyelarasan sistem perpajakan agar sesuai dengan best practices dan mampu mengantisipasi dinamika faktor sosial ekonomi jangka menengah-panjang,” demikian kata Menkeu saat Pidato Penyampaian KEM PPKF dalam Rapat Paripurna dengan DPR RI seperti dikutip dari laman nasional.kontan.co.id, Jum’at (21/04/2021).
Di tempat berbeda, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, rencana kenaikan tarif PPh OP tahun depan tertuang dalam revisi kelima Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).
Adapun revisi UU KUP tersebut telah ditetapkan DRR RI dalam program legislasi nasional (Prolegnas) 2021 dan rencananya akan dibahas pada paruh kedua tahun ini. Jadi kita nantikan info terbaru mengenai perubahan skema Pajak Penghasilan Orang Pribadi Tahun 2022 ya. (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/skema-pajak-penghasilan-orang-pribadi/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cara Daftar Program Beasiswa Bca Terbaru Tahun Ajaran 2022

Cara Daftar Program Beasiswa Bca Terbaru Tahun Ajaran 2022

papar berkaitan - pada 19/5/2021 - jumlah : 290 hits
PT Bank Central Asia Tbk kembali membuka program Beasiswa BCA untuk tahun ajaran 2022 Perusahaan menawarkan Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan dan Program Pendidikan Teknik Informatika bagi lulusan SMA SMK di seluruh Indonesia PPBP ada...
Penjara 10 Tahun Denda Rm70 000 Jika Sokong Israel

Penjara 10 Tahun Denda Rm70 000 Jika Sokong Israel

papar berkaitan - pada 18/5/2021 - jumlah : 215 hits
Oleh KOSMO Perdana Menteri Kuwait Sheikh Sabah Al Khalid sangat tegas dalam mempertahankan isu Palestin AFPKUWAIT CITY Kerajaan Kuwait mengumumkan hukuman penjara 10 tahun dan denda 5 000 Dinar terhadap mereka yang menyokong Israel secara t...
L I M A Tahun Sebelum Herd Immunity Penasihat Pm Mengaku Boleh Kalah Pru

L I M A Tahun Sebelum Herd Immunity Penasihat Pm Mengaku Boleh Kalah Pru

papar berkaitan - pada 18/5/2021 - jumlah : 230 hits
PJ PM Muhyiddin diingatkan orang sekelilingnya termasuk menteri kemarahan rakyat semakin meningkatkerajaan gagal berkomunikasi secara berkesan dengan rakyatkerajaan mungkin tidak dapat melawan kemarahan itu kata seorang sumberkebanyakan pem...
Sop Perintah Kawalan Pergerakan Pkp Pkpb Dan Pkpp Tahun 2021

Sop Perintah Kawalan Pergerakan Pkp Pkpb Dan Pkpp Tahun 2021

papar berkaitan - pada 19/5/2021 - jumlah : 636 hits
Kerajaan telah mengumumkan pelaksanaan PKP2 0 bermula 13 Januari sehingga 26 Januari 2021 bagi beberapa buah negeri iaitu 1 Pulau Pinang2 Selangor3 Wilayah Persekutuan KL4 Wilayah Persekutuan Putrajaya5 Johor6 Wilayah Persekutuan Labuan7 Sa...
Spesies Burung Hantu Bermata Oren Ditemui Di Hutan Gunung Kinabalu Selepas 125 Tahun

Spesies Burung Hantu Bermata Oren Ditemui Di Hutan Gunung Kinabalu Selepas 125 Tahun

papar berkaitan - pada 19/5/2021 - jumlah : 647 hits
Selepas 125 tahun saintis berjaya mengesan subspesies Bornean Rajah Scops Owl di kawasan hutan di Gunung Kinabalu Spesies burung hantu bermata oren ditemui di Sabah selepas 125 tahun BUAT kali pertama dalam tempoh 125 tahun saintis berjaya ...
Hiburan Hubungan 11 Tahun Musnah Bekas Teman Wanita Dedah Syazuwan Hassan Curang Dengan Wafariena

Hiburan Hubungan 11 Tahun Musnah Bekas Teman Wanita Dedah Syazuwan Hassan Curang Dengan Wafariena

papar berkaitan - pada 19/5/2021 - jumlah : 252 hits
Sakitnya dicurangi begitulah yang terjadi kepada seorang wanita yang mendakwa dirinya pernah menjalin hubungan cinta dengan pelakon Syazuwan Hassan selama 11 tahun namun berakhir kerana bekas teman lelakinya itu berlaku curang Wanita yang m...
Video Dua Tahun Hari Raya Tanpa Raya

Video Dua Tahun Hari Raya Tanpa Raya

papar berkaitan - pada 19/5/2021 - jumlah : 211 hits
Muhyiddin menegaskan kawasan yang dahulunya dikategorikan sebagai zon hijau kian bertukar menjadi kuning dan seterusnya merah Kerajaan pada mulanya mengambil tindakan secara bersasar untuk mengekang penularan virus dalam komuniti Kita laksa...
Cara Daftar I Saraan Kwsp Bagi Yang Bekerja Sendiri Untuk Tahun 2021

Cara Daftar I Saraan Kwsp Bagi Yang Bekerja Sendiri Untuk Tahun 2021

papar berkaitan - pada 18/5/2021 - jumlah : 497 hits
Kepada yang bekerja sendiri yang tidak mempunyai pendapatan tetapi sangat dinasihatkan untuk buat carumah sukarela KWSP melalui insentif i Saraan Ini adalah cara terbaik untuk simpanan masa depan anda Cara permohonan pun mudah je KWSP biasa...
Gadis 17 Tahun Ditemukan Dalam Perahu Setelah Hanyut Selama 22 Hari

Gadis 17 Tahun Ditemukan Dalam Perahu Setelah Hanyut Selama 22 Hari

papar berkaitan - pada 17/5/2021 - jumlah : 170 hits
Seorang gadis remaja berusia 17 tahun ditemukan di dalam perahu setelah hanyut selama 22 hari di laut Gadis ini diketahui berasal dari Pantai Gading
Can Forest City Be Country S Economic Lifeboat

Diabetes Bayi Pun Boleh Kena Jenis Penyakit Yang Tak Kenal Usia

How Did Afif Know Of Alleged Rm100m Payment For Pjd Link Asks Pj Mp

Produk Nestle Naik Harga Harga Milo Dan Nescafe Akan Meningkat Ikuti Senarai Produk Nestle Malaysia

Memikirkan The Unknown

Najib Razak Mangsa Atau Pemangsa

Hotel Royal Signature Permata Baru Kuala Lumpur Setiap Bilik Menggemakan Intipati Kediaman

Dah Viral Baru Nak Terhegeh Hegeh Tak Tahu Buat Kerja Ke



Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023

Biodata Dan Umur Adik Tantari Penyanyi Lagu Viral Rindu Hatiku Rindu Pesilat Cilik

Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi


Resepi Tortilla Wrap

Datin Thalia Terkilan Dengan Sikap Buruk Pembantu Rumahnya

Jenis Pelaburan Terbaik Di Malaysia

Kenaikkan Harga Hotel Bajet Bakal Jejaskan Industri Pelancongan Negara

Persatuan Hotel Bajet Sarankan Penggunaan Pekerja Asing Untuk Industri Perhotelan

Buasir Otak Tv Main Teka Bendera Negara