Papua Kembali Memanas 1 Anggota Tni Tewas Terkena Panah


Aksi demo warga Papua menyikapi peristiwa di Surabaya kembali berlangsung di Papua.
Kali ini di Kabupaten Deiyai, Rabu (28/8/2019) hari ini.
Unjuk rasa jilid 2 ini berlangsung setelah sebelumnya unjuk rasa yang berakhir rusuh terjadi pada 24 Agustus lalu yang memakan korban.
Unjuk rasa hari ini, satu anggota TNI dikabarkan tewas setelah terkena panah masyarakat. Sementara korban masyarakat belum diketahui.
Sumber di Kodam XVII Cenderawasih yang namanya enggan disebut, membenarkan adanya peritiwa itu.
“Ada anggota Polri dan TNI tang terkena panah, dan yang gugur anggota TNI. Lebih detailnya coba cek Kapendam,” ujar dia.
Menurut informasi kejadian itu berlangsung di Kantor Bupati Deiyai.
Ribuan massa menggelar aksi demo sekitar pukul 15.00 WIT. Aksi massa menjadi anarkis dengan menyerang aparat keamanan.
Akibatnya 1 anggota TNI meninggal terkena panah dan 2 anggota TNI dan Polri terluka.
Hingga kini dikabarkan kontak senjata masih berpangsung.
Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Letkol Inf Eko Daryanto saat dikonfirmasi belum bersedia mengangkat telepon selulernya.
Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal juga tidak bersedia mengangkat telepon selulernya.
Ajakan Dialog Panglima TNI
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjhajanto mengatakan TNI siap membuka dialog dengan kelompok pemberontak Papua Egianus Kogoya, untuk menghentikan konflik dan menciptakan Papua yang damai dan terus membangun.
Hal itu dikatakan Panglima TNI usai menggelar tatap muka dengan tokoh Papua pada Selasa (27/8/2019) malam di Jayapura guna menyikapi perkembangan situasi Papua.
“Saya ingin berdialog dengan kelompok Egianus Kogoya Cs. Hal itu sudah saya sampaikan kepada pendeta Livinua Biniluk salah seorang tokoh Papua. Supaya kita semua mengetahui dan memahami akar permasalahan,”ujar Panglima.
Dengan mengetahui dan memahami persoalan yang ada, maka akan bisa dicari solusi yang tepat.
“Sehingga persoalan yang kita ketahui nantinya akan diselesaikan dari sudut pandang Papua,” ujar Panglima.
Yang jelas, semua persoalan akan diselesaikan secara menyeluruh dan dari perspektif Papua.
“Apabila kita mengetahui permasalahannya kita tidak akan salah mengambil keputusan,” tandas Panglima.
Menurut Panglima, tawaran itu disambut positif.
“Tanggapan mereka positif untuk membuka dialog, kami siap bantu mereka, entah itu tenaga kesehatan tenaga pertanian, guru, semua kami bantu,” ujarnya.
Sementara itu Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, penambahan pasukan ke Kabupaten Nduga masih terus dilakukan, karena situasinya belum kondusif.
“Ada penambahan pasukan di Nduga untuk menyikapi peristiwa pembantaian 34 karyawan Istaka Karya yang sedang membangun jalan dan jembatan disana. Sebelumnya sudah ada peristiwa-peristiwa kekerasan tapi kita tak tambah pasukan, tapi kejadian 34 ini menghentakan kita semua, sehingga menambah pasukan untuk mengamankan daerah itu, sambil juga kami lakukan penegakan hukum,” ujar Kapolri.
Bila ada permintaan penarikan pasukan, sangat tak televan dengan kondisi yang terjadi di Nduga.
“Kalau ada penarikan pasukan, pertanyaannya adalah apakah ada yang bisa menjamin bahwa situasinya akan betul-betul aman, kemudian Egianus Kogoya cs tidak melakukan kekerasan.  Kalau ada pejabat atau tokoh yang kredibe menjamin keamanan disana, kami bisa saja tarik pasukan dari sana. Nah kalu tidak ada yang bisa menjamin bagaimana,” tanya Kapolri.
Jika ada dialog semua siap, termasuk Panglima.
“Kalau ada dialog kita siap, bahkan Panglima TNI juga siap dialog. Intinya agar Papua ini tetap aman dan Damai sehingga pembangunan bisa jalan,” ucap Kapolri.
Tanggapan OPM terkait wacana dialog tersebut.
“Kami tidak punya urusan dengan panglima TNI, tapi Tentara Pembebasana Nasional Papua Barat (TPNPB) akan melakukan perundingan dibawa mediasi pihak ketiga yaitu PBB dengan pemerintah Indonesia dibawah delegasi President Indonesia,” ujar Juru Bicara OPM Sebby Sambon saat di konfirmasi mealui media sosialnya, Rabu 28 Agustus.
OPM menuntut Merdeka.
“Perang TPNPB dan OPM adalah menuntut hak kemerdekaan penuh, oleh karena itu penyelesaiannya melalui perundingan segitiga, bukan dialog dengan Panglima TNI,” tutupnya.
Dikabarkan Tewas
Baku tembak antara aparat keamanan gabungan TNI dan Polri dengan Kelompok Bersenjata di Kota Wamena, tepatnya di Pasar Jibama, terjadi Jumat 23 Agustus sekitar pukul 11.30 WIT.
Satu anggota kelompok bersenjata tewas dan 4 lainnya berhasil kabur.
Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal dan Kapolres Jayawijaya AKBP Tony Ananda Swadaya mengatakn bahwa kelompok bersenjata itu adalah anggota Egianus Kogoya yang bermarkas di kabupaten Nduga. Namun hal itu dibantah oleh Juru Bicara OPM Sebby Sambon.
“Itu kami belum terima laporan, tapi anggota Egianus Kogoya tidak mungkin. Karena anggota TPNPB tidak mungkin ke Wamena kota, tapi mereka semua di tempat perang, yakni dari Habema sampai Yuguru Kenyeam,”ujar Sebby melalui pesan elektroniknya dari Papua Nugini.
Malah Sebby mengklaim, pihaknya terlibat kontak senjata dengan pasukan TNI di Habema Wamelah Birik pada 21 Agustus lalu dan menyebut banyak anggota TNI yang tewas.
Sementara itu menyikapi peristiwa baku tembak di Pasar Jibama persekutuan gereja dan Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Jayawijaya mengajak masyarakat tetap tenang dan menjaga kedamaian.
Ketua PGGJ Kabupaten Jayawijaya, Yoram Yogobi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan tidak muda terpancing oleh isu yang menyesatkan, serta jangan mudah terprovokasi oleh siapapun.
Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk memanjatkan Syukur dan doa kepada Tuhan, agar Kota Wamena Kabupaten Jayawijaya selalu diberkati dan selalu dalam keadaan aman dan damai.
“Terkati masalah-masalah yang terjadi terutama masalah yang terjadi di Pasar Jibama Wamena, mari masyarakat Jayawijaya jangan mudah terprovokasi, serahkan kepada penegak hukum penanganannya,”ajak dia.
Sekretaris FKUB Kabupaten Jayawijaya, Alex Mauri menyatakan, akan menggelar KKR bersama aeluruh komponen masyarakat Jayawijaya. “Dengan KKR bersama masyarakat kuta doakan Jayawijaya tetap aman dan kondusif,”ujarnya.
Jika semua masyarakat turut menjaga kedamaian, maka Kota Wamena akan tetap tenang dan aman. “Semua peduli, maka Wamena aman dan damai,”tuturnya.
Anggota kelompok bersenjata berhasil ditembak oleh tim patroli gabungan TNI dan Polri di Pasar Jibama Jl. J.B Wenas Kampung Hetuma Distrik Hubikiak Kabupaten Jayawijaya.
Sementara TNI melalui Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Letkol Eko Daryanto, menyebut bahwa kejadian tersebut terjadi pada hari Jumat, 23 Agustus 2019 sekitar pukul 10.45 WIT ketika Tim Patroli Gabungan TNI/Polri melintas di pasar Jibama.
Kelompok KSB yang berjumah 5 orang diduga dari kelompok Egianus Kogoya melakukan aksi gangguan keamanan/teror di Pasar Jibama dengan menodongkan senjata kepada masyarakat dan sempat melepaskan tembakan kearah Tim Patroli Gabungan yang sedang melaksanakan patroli.
Setelah melakukan aksi teror dengan menodongkan tembakan di plataran pasar Jibama, 5 orang pelaku (KSB) berusaha melarikan diri setelah melihat Tim Patroli Gabungan TNI/Polri dan 1 orang pelaku berusaha melarikan diri dengan bersembunyi di dalam kendaraan Mobil Kijang Angkot Nopol DS 7227 BB yang selanjutnya berhasil dilumpuhkan oleh Tim Patroli Gabungan.
Selain mendapatkan senjata pistol jenis Revolver juga didapatkan 1 munisi aktif dan 4 butir kelongsong munisi.
Dalam aksi pengejaran terhadap pelaku aksi teror oleh KSB mengakibatkan 1 orang anggota Polres Jayawijaya an. Ipda Iwan terkena tembakan di paha dan 1 orang anggota Pospol Jibama mengalami luka tembak di perut sedang dalam penanganan medis.
“Sampai dengan saat ini masih dilakukan pengejaran terhadap 4 orang pelaku penembakan yang berhasil melarikan diri dan untuk mengantisipasi aksi teror/gangguan keamanan pasca insiden tersebut aparat TNI/Polri wilayah Kodim 1702/Jayawijaya melaksanakan siaga 1,”kata Kapendam.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/papua-kembali-memanas-1-anggota-tni-tewas-terkena-panah/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Unjuk Rasa Di Papua Ricuh 1 Anggota Tni Tewas Dan 3 Polisi Luka

Unjuk Rasa Di Papua Ricuh 1 Anggota Tni Tewas Dan 3 Polisi Luka

papar berkaitan - pada 29/8/2019 - jumlah : 172 hits
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan awalnya jumlah demonstran hanya berjumlah 150 orang TNI Polri yang dikerahkan ke lokasi mencoba bernegosiasi dengan pengunjuk rasa
Kapolri Satu Perusuh Di Papua Tewas Kena Panah Kelompok Sendiri

Kapolri Satu Perusuh Di Papua Tewas Kena Panah Kelompok Sendiri

papar berkaitan - pada 29/8/2019 - jumlah : 169 hits
Kapolri Satu Perusuh di Papua Tewas Kena Panah Kelompok Sendiri Tito menjelaskan penyerang yang tewas akibat terkena panah Tito pun menegaskan TNI Polri tidak pernah menggunakan panah
Kronologi Tni Polri Tembak Anggota Kkb Papua Karena Ancam Warga

Kronologi Tni Polri Tembak Anggota Kkb Papua Karena Ancam Warga

papar berkaitan - pada 24/8/2019 - jumlah : 213 hits
Pasukan gabungan TNI Polri berhasil melumpuhkan salah satu anggota KKB Papua Begini kronologinya
Kasus Rasisme Mahasiswa Papua Di Surabaya Dua Anggota Tni Diduga Indisipliner

Kasus Rasisme Mahasiswa Papua Di Surabaya Dua Anggota Tni Diduga Indisipliner

papar berkaitan - pada 29/8/2019 - jumlah : 175 hits
Satu dari dua orang yang diperiksa intensif kata Imam adalah Komandan Koramil 0831 02 Tambaksari Hasilnya penyelidikan beberapa orang yang di tempat acara itu sudah kelihatan dua orang yang patut diduga merugikan disiplin TNI kata Kepala Pe...
Tni Janji Tak Lindungi Anggota Terlibat Rasisme Di Asrama Mahasiswa Papua Surabaya

Tni Janji Tak Lindungi Anggota Terlibat Rasisme Di Asrama Mahasiswa Papua Surabaya

papar berkaitan - pada 22/8/2019 - jumlah : 159 hits
Kasdam V Brawijaya Brigjen Bambang Ismawan berjanji tidak akan menutupi hasil penyelidikan jika nantinya ditemukan adanya keterlibatan personel TNI di asrama mahasiswa Dia juga memastikan institusi TNI tidak akan melindungi anggotanya jika ...
Pendemo Tewas Saat Kerusuhan Di Deiyai Papua Diduga Usai 10 Senpi Tni Dirampas

Pendemo Tewas Saat Kerusuhan Di Deiyai Papua Diduga Usai 10 Senpi Tni Dirampas

papar berkaitan - pada 1/9/2019 - jumlah : 160 hits
Menurutnya sempat terjadi kontak tembak setelah senpi milik TNI dikuasai pendemo
Polisi Sebut Foto Mahasiswa Papua Di Surabaya Tewas Dipukuli Hoaks

Polisi Sebut Foto Mahasiswa Papua Di Surabaya Tewas Dipukuli Hoaks

papar berkaitan - pada 19/8/2019 - jumlah : 172 hits
Mabes Polri melalui akun media sosial Divisi Humas Polri memberikan klarifikasi Menurut Polri foto itu hoaks Foto tersebut adalah korban kecelakaan lalu lintas yang meninggal di Jalan Trikora Tepatnya di depan TK Paut DOK V Atas Distrik Jay...
Massa Di Sorong Papua Kembali Demo Desak Insiden Di Surabaya Dan Malang Dituntaskan

Massa Di Sorong Papua Kembali Demo Desak Insiden Di Surabaya Dan Malang Dituntaskan

papar berkaitan - pada 20/8/2019 - jumlah : 169 hits
Massa pendemo hari ini masih turun ke jalan melakukan blokade dan membakar ban di sejumlah titik Kota Sorong yakni di Jalan Kawasan Jupiter Sorpus Aspen dan depan toko Thio
Malam Ini Wiranto Panglima Tni Dan Kapolri Bertolak Ke Papua

Malam Ini Wiranto Panglima Tni Dan Kapolri Bertolak Ke Papua

papar berkaitan - pada 22/8/2019 - jumlah : 137 hits
Malam Ini Wiranto Panglima TNI dan Kapolri Bertolak ke Papua Dia menuturkan ke Papua untuk mengobarkan rasa kedamaian Juga untuk mengajak bersatu lagi sebagai bangsa
Azmin Pledges To Tell All On May 11

Ramai Netizen Dan Rakyat Teruja Gembira Bila Dimaklumkan Tun Mahathir Antara Yang Sedang Disiasat Sprm

Nga S Aide Chosen For Kuala Kubu Baharu After Dap Abandoned Hope Of Malay Vote

What Is The Lifespan Of Vinyl Windows And How Can You Prolong It

Big Bucks Top 10 Sellers From Bonhams Spring Stafford Sale

Berebut Kasih

Tanya Hadi Mengapa Tak Bantah Akta Laut Wilayah Mb Terengganu Diberitahu

Reaching Out



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Makanan Perlis Paling Popular

Tafsir Mimpi Gajah

Panduan Produk Kesihatan

Grab Nanyang Siang Pau 27 04 2024

Selamat Hari Gawai Maksud Dan Contoh Ucapan

Piala Thomas 2024 Senarai Pemain Malaysia Jadual Live